√ Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban buku siswa tematik tema 6 Cita-citaku kelas 4 halaman 129, 130, 131, 133, 134 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita pembelajaran 3 kurikulum 2013 (K13) revisi berikut ini kami siapkan buat adik-adik maupun orang tua yang saat ini sedang mengisi soal-soal latihan pada buku pelajaran siswa dan tugas tersebut harus segera dikumpukan kepada guru. Kami berharap alternatif jawaban yang telah kami buat dan sediakan ini bisa membantu dan menjadi solusi bagi adik-adik semuanya.

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4

Kami tahu betul bahwa akhir-akhir memang cukup banyak yang mencari kunci jawaban dari soal-soal latihan yang ada pada buku siswa atau buku tematik. Mengingat sekarang ini memang sedang berlangsungnya kegiatan sekolah dan ditambah dengan keadaan seperti sekarang ini yang mengharuskan siswa banyak belajar di rumah. Hal tersebut tentu membuat guru lebih banyak memberikan tugas-tugas rumah atau PR kepada siswanya. Dan tentu dengan banyaknya tugas yang diberikan dari bebrapa mata pelajaran akan membuat siswa merasa letih. Namun tentu itu sudah menjadi tugas siswa tersebut untuk mengerjakan dan menyelesaikannya.


Sebenarnya, pada postingan kami yang lalupun, kami sudah banyak sekali berbagi Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Cita-citaku yang bisa adik-adik lihat juga, atau mungkin adik-adik telah melihatnya dan menjadikan sebagai alternatif jawaban untuk mengisi soal-soal yang ada. Jika belum melihatnya, silahkan lihat pada postingan kami dengan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126. Dan pastinya kamipun berharap kunci jawaban tersebut banyak membantu dan banyak benarnya, sehingga adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dari soal-soal latihan yang dikumpulkan kepada guru.

Berbicara tentang buku tematik siswa tema 6 kelas 4, tentu adik-adik tahu bahwa buku siswa tema 6 dengan judul Cita-citaku ini merupakan buku materi pertama yang dipelajari pada semester genap atau semester 2. Ada 4 buku tema yang nantinya akan adik-adik pelajari pada semester genap setelah sebelumnya pada semester ganjil menyelesaikan 5 buku tema. Dan tentunya tak hanya buku tema saja, ada beberapa pelajaran juga yang nantinya akan adik-adik pelajari. Pada buku tema 6 kelas 4 ini ada 3 subtema dengan judul berbda, dan pada masing-masing subtema terdapat 6 kegiatan pembelajaran yang harus adik-adik selesaikan nantinya.

Jawaban lainnya :
Pada akhir pembelajaran inilah nantinya seorang guru akan memberikan tugas yang ada pada buku pelajaran. Tugas ini bisa berupa tugas individua tau tugas perorangan, maupun tugas yang dikerjakan secara kelompok. Dan semua tugas ini bisa saja dikerjakan di sekolah maupun di rumah. Namun seperti keadaan sekarang ini, tentu banyak guru memberikan tugas rumah. Dan dalam tugas ini ada beberapa jenis tugas, tak hanya tentang soal-soal latihan saja, namun ada beberapa jenis tugas lainnya juga, seperti membuat sebuah karya tangan, melakukan pengamatan dan percobaan, dan lainnya.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4Halaman 129, 130, 131, 133, 134

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa memang sudah menjadi tanggung jawab siswa untuk mengerjakan dan menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru. Dan kami disinipun hadir untuk memberikan alternatif jawaban yang mungkin saja bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan semua tugasnya. Kami membuat semua jawaban ini terntu berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal-soal yang ada. Namun kami ingin katakan, bahwa kami disini tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami buat ini semuanya benar, mungkin saja masih ada jawaban yang perlu perbaikan atau masih belum tepat.

Maka dari itu, kami selalu menghimbau adik-adik untuk selalu memeriksa kembali semua jawaban yang ada sebelum jawaban tersebut ditulis dan dikumpulkan kepada guru. Dan kami juga menghimbau agar adik-adik terus giat dalam belajar di rumah. Jangan sampai dengan kami sediakan jawaban seperti ini malah membuat adik-adik malas dalam belajarnya. Harusnya dari sekarang adik-adik sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan penilaian akhir semester yang nanti akan adik-adik ikuti.

Nah berikut ini, kami telah siapkan lengkap buat adik-adik semua, alternatif jawaban yang bisa digunakan sesuai dengan halaman soal-soal latihan yang ada. Kerjakan dengan sungguh-sungguh, dan ingat cek dan periksa lagi jawaban tersebut, baru kemudian ditulis pada buku. Lihat jawaban berikut ini berdasarkan halaman tugas yang saat ini adik-adik kerjakan.

Kunci Jawaban Halaman 129 Tema 6 Kelas

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas.

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4

Alternatif jawaban :
Cita-cita Frederich Silaban adalah menjadi arsitek.
Halangan yang dihadapi adalah :
  • Harus bersaing dengan 30 arsitek pada seleksi awal sayembara membuat desain maket Masjid Istiqlal  dan menjadi pemenang setelah bersaing dengan 22 arsitek.
  • Meskipun bukan lulusan sekolah arsitektur, Beliau dapat memenangkan sayembara tersebut.
  • Memerlukan waktu 17 tahun untuk menyelesaikan karyanya.
Sikap yang dimiliki adalah :
  • Tekun belajar
  • Suka bekerja keras
  • Pantang menyerah
  • Gigih
Usaha  yang dilakukan Frederich Silaban adalah :
  • Berusaha memenangkan sayembara pembangunan Masjid Istiqlal meski bukan lulusan sekolah arsitek.
  • Merancang dan membangun 700 bangunan di seluruh Indonesia.
Apa saja prestasi yang telah diraih Frederich Silaban dengan usaha dan kerja kerasnya?
  • Memenangkan sayembara membuat desain maket Masjid Istiqlal yang diadakan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1955.
  • Merancang pembangunan Masjid Istiqlal pada tahun 1978.
  • Merancang Gedung Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta pada tahun 1962.
  • Merancang Monumen Pembebasan Irian Barat di Jakarta pada tahun 1963.
  • Merancang Monumen Nasional atau Tugu Monas di Jakarta pada tahun 1960.
  • Merancang Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta pada tahun 1953.
  • Merancang Tugu Khatulistiwa di Pontianak pada tahun 1938.
Apa kesimpulanmu terhadap usaha Frederich Silaban untuk meraih cita-citanya?
Kesimpulan saya adalah Frederich Silaban berusaha meraih cita-citanya sebagai arsitek meski bukan lulusan sekolah arsitektur. Beliau menyelesaikan karya-karya besarnya dengan gigih dan pantang menyerah.

Kunci Jawaban Halaman 130, 131 Tema 6 Kelas

Amatilah daerah sekitarmu. Bersama dengan teman sekelompokmu,
lakukanlah kegiatan berikut.
  1. Kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok, mencari informasi tentang dua tempat ibadah keagamaan.
  2. Carilah informasi tentang rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia.
  3. Carilah gambar tentang rumah ibadah tersebut. Cari tahu makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.
  4. Dengan menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.
  5. Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.
  6. Aturlah sedemikian rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya.
  7. Jelaskan kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.
  8. Presentasikan hasil karyamu di depan kelas.
  9. Catatlah informasi penting yang kamu dapatkan dari kelompok lain.
Alternatif jawaban :

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4

Sejarah singkat:
Masjid Istiqlal (arti harfiah: Masjid Merdeka) adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas), di pusat ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal mulai dibangun pada tanggal 24 Agustus 1961 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 februari 1978 oleh Presiden Soeharto. Masjid Istiqlal ialah masjid terbesar di Asia Tenggara. Di seberang Timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta.  Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno. Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.

Makna bagian bangunan :
Kubah berdiameter 45 meter merupakan simbol tahun kemerdekaan RI yakni 1945. Sedangkan 12 pilar melambangkan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu 12 Rabiul Awal. Adapun kemuncak yang memahkotai menara Istiqlal memiliki tinggi 30 meter sesuai jumlah juz dalam Al-Qur'an. Jumlah lantainya sebanyak lima lantai, yang melambangkan rukun islam.

Kegunaan:
Sebagai tempat ibadah umat Muslim

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4

Sejarah singkat:
Pembangunan tempat ibadah di Puja Mandala ini berdiri secara bertahap. Lahan yang berasal dari bantuan pihak BTDC (Bali Tourism Development Corporation) ini dibanguni tempat ibadah pada tahun 1994. Tahun 1997 akhirnya disahkan oleh Menteri Agama dimana saat itu yang menjabat adalah Bapak Tarmidzi Taher.Pada tahun 1997, yang disahkan baru Masjid Ibnu Batutah, Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa, dan Gereja Kristen Protestan Bukit Doa. Kemudian diikuti pada tahun 2003, Vihara Buddha Guna dan tahun 2005, Pura Jagat Natha.
Makna bagian bangunan :
-

Kegunaan:
Sebagai tempat ibadah umat Budha

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 133 Tema 6 Kelas

Ayo Mencoba
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
  1. Bekerjalah bersama anggota kelompokmu yang terdiri atas tiga orang.
  2. Kamu dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahmu.
  3. Mintalah peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu kepada gurumu.
  4. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan.
  5. Tandailah daerah itu dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau tumbuhan tertentu.
Alternatif jawaban :
Contoh peta pesebaran sumber daya hewan dan tumbuhan.

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 134 Tema 6 Kelas

6. Lakukan hal yang sama untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan atau hewan lainnya.
7. Jelaskan manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.
8. Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apa saja yang paling banyak dihasilkan di daerahmu.
9. Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Alternatif jawaban :
7.  Manfaat Sumber Daya Hewan dan Tumbuhan :
  • Untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia dan hewan
  • Sumber energi dan bahan bakar
  • Sumber energi pembangkit listrik
  • Untuk pengembangan teknologi
  • Untuk menjaga keseimbangan alam
  • Sebagai penyuplai oksigen
  • Sumber mata pencaharian dan pendapatan
  • Sebagai cadangan devisa
8.  Kesimpulan
Dengan adanya sumber daya tumbuhan dan hewan sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Beberapa sumber daya tumbuhan dan hewan yang ada di daerah.
Sumber daya tumbuhan dan hewan :
- Kelapa sawit
- Peternakan Sapi

Ayo Membaca
Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alamku” pada pembelajaran pertama.
Berilah tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya. Kemudian, latih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan. Deklamasikan puisi tersebut di hadapan teman sebangkumu. Mintalah pendapatnya, kemudian lakukan perbaikan berdasarkan pendapatnya.

Alternatif jawaban :

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4

Ayo Renungkan
Ceritakanlah bagaimana kamu bekerja sama dengan temanmu untuk menyelesaikan tugasmu hari ini. Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan untuk bekerja sama?
Nilai dan sikap yang saya kembangkan atau gunakan dalam berkerja sama dengan teman saya ialah saling menghargai, menerima pendapat teman, menerima keputusan bersama.
Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?
Selain berdoa, sholat yang saya lakukan di tempat dibadah ialah mengaji.
Apa yang kamu rasakan ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?
Ketenangan dan ketentraman jiwa.

Adik-adik sekalian, itulah ulasan kami pada artikel kami ini terkait kumpulan Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 kelas 4. Semoga dengan kami siapkan jawaban seperti ini, adik-adik akan merasa senang dan terbantu. Serta kami harap jawaban ini bisa benar semuanya dan adik-adik juga bisa mendapatkan nilai yang lebih bagus lagi dari nilai sebelumnya. Sehingga nilai tersebut dapat membantu adik-adik pada nilai akhir di raport semester kelak.

Setelah ini, jangan lupa pula untuk adik-adik melihat alternatif jawaban untuk tugas lainnya pada halaman yang berbeda. Serta kami selalu mengajak adik-adik buat terus saling berbagi jawaban ini kepada teman sekelas lainnya yang juga memerlukan jawaban seperti ini. Dengan itu semoga saja makin banyak siswa yang terbantu dengan adanya alternatif jawaban ini, sehingga kami akan lebih semangat lagi dalam membuat, mencari dan menyediakan jawabannya.

Kami juga selalu mengingatkan kepada adik-adik, bahwa jika memang ada pertanyaan, atau ingin reques jawaban yang belum ada pada blog ini, silahkan untuk sampaikan saja kepada kami melalui komentar maupun halaman kontak, kami akan mencoba untuk selalu membalas pertanyaan adik-adik semuanya, semoga bermanfaat jawaban ini, terima kasih.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 133, 134 Tema 6 Kelas 4 Buku Siswa Tematik"