√ Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci jawaban tema 4 Kewajiban dan Hakku kelas 3 halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109 subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami sediakan sebagai alternatif jawaban untuk membantu adik-adik yang kesulitan dalam mencari jawaban soal-soal latihan pada buku siswa. Kami menjawab soal-soal pada buku siswa tentunya tak asal jawab saja, namun kami sudah mempelajari materi dan mencari jawaban yang tepat untuk menjawab soalnya, jadi adik-adik tidak usah ragu, silahkan pergunakan dengan baik jawaban yang kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109 Tema 4 Kelas 3

Pada postingan kami yang lalu, kamipun telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3, yang dapat adik-adik lihat kembali dan cari alternatif jawaban yang diperlukan sesuai dengan halaman tugas yang sekarang ini dikerjakan. Atau adik-adik sedang mencari alternatif jawaban sebelumnya, yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 95, 96, 97, 99, 100, 102. Jawaban-jawaban yang kami buat dan sediakan ini dapat menjadi solusi bagi adik-adik yang sulit mencari jawaban untuk soal-soal tertentu. Dan kami harap juga, dari tugas-tugas yang telah adik-adik selesaikan, bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kami memahami bahwa alternatif jawaban seperti ini cukup dibutuhkan oleh para siswa. Bukan hanya siswa saja, namun tak sedikit pula para orangtua yang memerlukan dan mencari alternatif jawaban seperti ini, untuk membantu anak-anaknya menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Kamipun melihat bahwa setidaknya setiap kali kegiatan persekolahan dimulai, cukup tinggi sekali data pencarian terkait dengan jawaban untuk tugas-tugas sekolah yang ada pada buku pelajaran. Maka dari itu, kami merasa kami perlu turut andil dalam menyediakan apa yang saat ini para siswa perlukan.

Lanjutan Jawaban :

Seperti mana yang sering kami sampaikan terkait dengan alternatif jawaban ini, bahwa kami membuat dan menjawab soal-soal pada buku siswa tidaklah asal menjawab saja, namun kami sudah terlebih dahulu membaca dan mempelajari semua materinya, dan barulah kami menjawab dengan jawaban yang tepat menurut kami. Namun tentunya kami disini hanyalah menjawab sepemahaman kami saja, jika adik-adik kurang setuju dan sependapat dengan jawaban kami, silahkan adik-adik perbaiki dan jawabab sesuai pendapat adik-adik saja.

Dan tentunya kami selalu menyarankan agar adik-adik terlebih dahulu, berusaha dalam menjawab soal-soalnya. Kerjakan dengan kemampuan sendiri, cari jawaban pada buku siswa. Dan jika memang tugas sekolah banya, dan harus segera dikumpulkan dan adika-dik sudah berusaha menjawab sendiri, dan ternyata belum menemukan jawabanya, barulah alternatif jawaban seperti ini dimanfaatkan agar tugas bisa terselesaikan tepat waktu.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109

Buku siswa tema 4 kelas 3 dengan judul tema Kewajiban dan Hakku merupakan buku materi lanjutan dari buku materi sebelumnya  yaitu buku tema 3. Dan buku siswa tema 4 ini merupakan buku pelajaran terakhir yang adik-adik pelajari pada semester ganjil. Setelah adik-adik menyelesaikan materi pada buku siswa tema 4 ini, adik-adik akan melanjutkan kegiatan akhir semester yaitu kegiatan penilaian akhir semester atau PAS. Maka dari itu, persiapkan diri dari sekarang, manfaatkan alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah.

Dan memang sudah menjadi kewajiban adik-adik untuk mengerjakan semua tugas sekolah. Dan dari tugas-tugas inilah kelak guru akan mengambil nilai-nilai tugas, yang kemudian nilai-nilai tugas ini akan dicatat pada buku nilai untuk kemudian pada akhir tahun dimasukan pada raport semester. Jadi kerjakanlah dengan maksimal tugas-tugas seperti ini, kejar nilai terbaik agar kelak bisa membantu nilai akhir di raport.

Namun kami juga ingin sampaikan kepada adik-adik, agar tidak tergantung pada alternatif jawaban seperti ini, jangan sampai adik-adik malah malas dalam belajar karena ada jawaban seperti ini. Harusnya jawaban seperti ini menjadi pilihan terkahir ketika adik-adik tidak bisa menjawab soal-soal latihan pada buku siswa. Dan jadikan pula alternatif ini sebagai bahan mendalmi pemahaman terkait materi pelajaran yang ada.

Kunci Jawaban Halaman 104 Tema 4 Kelas 3

Ayo Mengamati

Bacalah teks berikut dengan suara nyaring!

Tetangga

Tetangga adalah orang yang tinggal di dekat rumahku. Aku mengenal namanya. Aku selalu menyapanya. Aku suka bermain dengannya dan mengunjunginya. Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan tetangga. Karena tetangga adalah saudara dekatku.

Amati kembali teks "Tetangga"!

Bacakan kembali kalimat yang menunjukkan saran!

Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan tetangga.

Kunci Jawaban Halaman 105 Tema 4 Kelas 3

Ayo Mencoba

Lani dan ibunya berkunjung ke rumah tetangga barunya. Ibu Lani ingin menyambut kehadiran mereka.

Ibu Lani sudah mengunjungi tetangga barunya. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh tetangga baru Lani? Berilah beberapa saran! Tuliskan pada tempat yang tersedia!

Alternatif Jawaban :

  • Sebaiknya tetangga baru tersebut juga berkunjung ke rumah Ibu Lani.
  • Seharusnya sebagai warga baru mereka memperkenalkan diri ke rumah yang terdekat.

Kunci Jawaban Halaman 106 Tema 4 Kelas 3

Amati gambar makanan yang disuguhkan tetangga baru Lani!

Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109 Tema 4 Kelas 3

Makanan apa yang sebaiknya Lani pilih? Saran apa yang dapat kamu berikan? Jelaskan alasanmu! Lakukan secara lisan!

Alternatif Jawaban :

Sebaiknya Lani memilih Roti tawar karena roti tawar banyak mengandung karbohidrat yang sangat menambah tenaga. Memilih makanan yang baik dan sehat secara tidak langsung anda telah merawat tubuh anda agar tetap sehat dan bugar.

Kunci Jawaban Halaman 107 Tema 4 Kelas 3

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109 Tema 4 Kelas 3

Amati gambar makanan di atas! Manakah makanan yang sehat untukmu?

Buatlah kelompok! Diskusikan mengapa kamu harus memilih makanan baik! Diskusikan manfaat memilih makanan bergizi untuk kesehatanmu! Ceritakan hasil diskusimu di depan kelas!

Alternatif Jawaban :

  • Makanan yang sehat untuk kesehatan diantaranya adalah pisang. Pisang mengandung karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi kita.
  • Buah Jambu sangat kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi.
  • Roti tawar kaya akan karbohidrat yang merupakan sumber tenaga bagi tubuh.
  • Buah pepaya sangat kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi.

Manfaat makanan bergizi sangat penting bagi semua orang. Selain mendukung tumbuh kembang anak, makanan bergizi juga tidak kalah bermanfaat bagi orang dewasa. Manfaat memilih makanan sehat antara lain sebagai berikut :

  • Makanan bergizi akan mendukung tumbuh-kembang anak sesuai dengan usianya.
  • Anak-anak umumnya mudah terserang penyakit, sehingga asupan makanan bergizi akan membantu membentuk daya tahan tubuh.
  • Usia sekolah adalah periode emas perkembangan otak, sehingga dengan memenuhi nutrisinya maka akan mendukung kecerdasan.
  • Dengan daya tahan tubuh yang lebih baik, tentu saja anak akan lebih aktif dan ceria.

Kunci Jawaban Halaman 108 Tema 4 Kelas 3

Ayo Mengamati

Simaklah kalimat-kalimat berikut! Tulislah huruf (w) jika itu kewajiban, dan huruf (h) jika hak!

Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 109 Tema 4 Kelas 3

Ayo Bercerita

Apakah kamu memiliki pengalaman yang sangat berkesan saat bermain dengan tetangga? Bermain apa? Adakah peralatan yang digunakan? Bagaimana cara memainkannya? Apakah permainannya menyenangkan? 

Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!

Alternatif Jawaban :

Pengalamanku yang sangat berkesan adalah saat bermain engklek bersama anak tetangga sebelahku. Aku berhasil meraih beberapa kotak dalam permainan tersebut. Awalnya aku tidak yakin kalau aku bisa bermain dengan cukup baik. Permainan sederhana ini hanya membutuhkan pecahan genting dan garis-garis yang dibuat di atas tanah.

Cara memainkan permainan ini juga sangat mudah. Beberapa cara memainkan permainan engklek antara lain sebagai berikut.

  • Semua pemain melakukan hompimpa yang menang berhak melakukan permaian terlebih dahulu.
  • Pemain pertama melemparkan gaco (yang biasanya berupa pecahan genting/kreweng, keramik lantai, ataupun batu yang datar) ke kotak nomor satu.
  • Saat melemparkannya tidak boleh melebihi kotak yang telah disediakan jika melebihi maka dinyatakan gugur.
  • Pemain Pertama melompat dengan satu kaki (Engklek), dari kotak 1 sampai kotak 6 kemudian berhenti sejenak, kemudian kembali lagi dengan mengambil gaco yang ada di kotak satu dengan posisi kaki satu masih diangkat.
  • Setelah itu pemain melemparkan gaco tersebut sampai ke kotak 2 jika keluar dari kotak 2 maka pemain dinyatakan gugur dan diganti oleh pemain berikutnya.
  • Begitu seterusnya sampai semua kotak sudah dilempar dengan gaco.

Permainan engklek sangat menyenangkan. Permainan ini biasanya dilakukan perorangan dan berkelompok, biasa dimainkan oleh anak-anak perempuan namun tak jarang juga anak laki-laki pun turut serta bermain.

Sekian artikel kami kali ini, terkait dengan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109. Kami sarankan supaya adik-adik periksa dan mengecek kembali jawaban yang kami sediakan ini, untuk memastikan jawaban sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik bisa menyalinnya pada buku tugas. Semoga saja, tugas-tugas sekolah yang adik-adik selesaikan dengan menggunakan jawaban ini, bisa meraih nilai tertinggi.

Mengerjakan tugas-tugas sekolah memang penting, namun adik-adik tidak boleh malas, hanya karena adanya alternatif jawaban seperti ini. Adik-adik harus mulai giat dalam belajarnya, karena tak lama lagi adik-adik akan melaksanakan kegiatan akhir semester, yaitu penilaian akhir semester atau PAS. Nilai yang nantinya diperoleh adik-adik dari kegiatan PAS ini akan sangat berpengaruh sekali pada nilai raport, maka dari itu persiapkan diri dari sekarang, untuk lebih giat belajarnya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 107, 108, 109 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 2"