√ Kunci Jawaban Halaman 118, 119, 120, 121, 122, 123 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 118, 119, 120, 121, 122, 123 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 4

Kunci jawaban tema 4 Kewajiban dan Hakku kelas 3 halaman 118, 119, 120, 121, 122, 123 subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami siapkan buat para siswa yang sekarang ini tengah disibukan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Diharapkan dengan kami membuat dan menyediakan alternatif jawaban ini dapat memberikan solusi dan kemudahan buat adik-adik sekalian dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 118, 119, 120, 121, 122, 123 Tema 4 Kelas 3

Pada postingan kami kemaren, kami cukup banyak menyediakan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 yang bisa adik-adik lihat juga. Atau adik-adik dapat melihat alternatif jawaban untuk kegiatan pembelajaran sebelumnya ini pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 111, 113, 114, 115. Kami tentunya berharap, jawaban-jawaban yang kami sediakan ini dapat menjadi solusi buat adik-adik yang harus segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan mengumpulkannya kepada guru kelas. Serta tentunya kami juga berharap nilai yang akan adik-adik peroleh nantinya bisa maksimal dan bagus.

Kita sama-sama tahu jika saat ini situasi persekolahan kurang ektif dan efektif, dimana kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah, harus dirubah menjadi kegiatan belajar mandiri di rumah masing-masing. Namun tentu tidak semua sekolah, namun sebagian besar sekolah menerapkan aturan ini. Para siswa dituntut untuk bisa belajar mandiri di damping oleh orang tua di rumah masing-masing. Dan harus bisa mempelajari sendiri materi-materi pada buku pelajaran.

Lanjutan Jawaban :

Dalam situasi seperti ini, guru hanya bisa memantau murid-muridnya lewat online saja, dan akan lebih banyak memberikan tugas-tugas sekolah yang nantinya harus siswa kerjakan dan kumpulkan kepada guru masing-masing. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab keluhan siswa karena banyaknya tugas yang harus dikerjakan, karena guru akan lebih banyak memberikan tugas kepada siswanya.

Maka tidak heran jika saat ini kami melihat ada peningkatan pencarian kunci jawaban untuk tugas-tugas yang ada pada buku siswa. Sisw maupun orangtua banyak yang mencari jawaban untuk menjawab soal-soal latihan pada buku pelajaran. Hal inilah yang mendorong kami untuk turut dalam menyediakan apa yang saat ini para siswa perlukan. Kami sediakan jawaban seperti ini, dengan niat membantu adik-adik, agar bisa menyelesaikan tugas dan tidak terlambat dalam mengumpulkan tugasnya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 118, 119, 120, 121, 122, 123

Perlu adik-adik ketahui, bahwa dalam menjawab soal-soal pada buku siswa tentu kami tidak asal jawab saja. Kami sudah membaca dan memahami materi pelajaran yang ada pada buku siswa. Baru kemudian kami mencoba dan mencari jawaban yang tepat sesuai dengan soal maksud. Ada sebagian jawaban juga yang kami ambil dari sumber-sumber lain, yang tentunya kami telah memilih mana jawaban yang bagus dan tepat untuk kemudian kami sediakan buat adik-adik semua.

Dan selalu kami sampaikan kepada siswa, agar terlebih dahulu berusaha mengerjakan soal-soal latihannya. Coba mencari jawaban pada buku dan kerjakan sebisa mungkin. Dan jika memang masih ada soal-soal yang belum terjawab karena belum menemukan jawaban pada buku siswa, barulah alternatif jawaban seperti ini dimanfaatkan agar tugas bisa diselesaikan dan tidak telat dalam mengumpulkannya.

Kami juga mengingatkan adik-adik agar tidak lalai dan malas dalam belajarnya, jangan sampai dengan kami sediakan alternatif jawaban seperti ini malah membuat adik-adik ketergantungan dengan jawaban ini dan mulai malas dalam belajarnya. Harusnya adik-adik bisa memanfaatkan jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah dan mempersiapkan diri untuk kegitaan penilaian akhir semester.

Kunci Jawaban Halaman 118 Tema 4 Kelas 3

Amati kembali teks yang berjudul Aku Ingin Lingkungan Bersih! (Bacaan dapat dilihat pada buku siswa)

Tuliskan masalah dan penyelesaiannya pada tabel berikut!

Kunci Jawaban Halaman 118, 119, 120, 121, 122, 123 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 119 Tema 4 Kelas 3

Ayo Berlatih

Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih. Bagian mana saja di lingkunganmu yang harus selalu bersih?

Alternatif Jawaban :

Lingkungan rumah seperti apa yang teman-temannya inginkan? Lingkungan yang bersih tidak hanya membuat siapapun yang memandangnya menjadi merasa nyaman dan aman. Lingkungan yang bersih juga akan memberikan manfaat yang banyak, termasuk dalam pengendalian penyakit. Karena kita tahu bahwa lingkungan yang kotor adalah sarang dari banyak bibit penyakit berbahaya.

Apa yang seharusnya mereka lakukan?

Untuk mendapatkan lingkungan rumah yang sehat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Menjaga kebersihan rumah dan halaman dengan menyapu rumah dan halaman.
  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Memisahkan jenis sampah organik dan anorganik
  • Kegiatan gotong royong anggota keluarga membersihkan lingkungan rumah.
  • Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, rindang dan asri bisa dilakukan dengan penghijauan
  • Penutupan saluran air karena saluran air bisa menjadi sarang sampah dan sumber berbagai penyakit.
  • Membuat lubang sampah

Kunci Jawaban Halaman 120 Tema 4 Kelas 3

Bekerjalah bersama teman sebelahmu! Uraikan kewajiban dan hak tentang lingkungan rumah yang bersih! Tuliskan pada tabel berikut!

Kunci Jawaban Halaman 118, 119, 120, 121, 122, 123 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 121 Tema 4 Kelas 3

Ayo Bercerita

Amati kembali daftar kewajiban dan hak yang kamu buat! Ceritakan pengalamanmu dalam melaksanakan kewajiban dan hak kepada teman sebelahmu! Lakukan dengan percaya diri!

Alternatif Jawaban :

  • Cerita pengalaman ditulis oleh para siswa (menyesuaikan dengan pengalaman pribasi)
  • Penulisan cerita terdapat pembukaan, inti dan penutup

Contoh :

Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. (1) Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih (2) . Lingkungan yang bersih tidak hanya membuat siapapun yang memandangnya menjadi merasa nyaman dan aman (3).

Lingkungan yang bersih juga akan memberikan banyak manfaat (4). Salah satunya adalah pengendalian penyakit.(5). Karena lingkungan yang kotor adalah sarang dari banyak bibit penyakit berbahaya (6). Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan baik dalam menjalani pola hidup sehat.(7).

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan lingkungan rumah (8). Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan  rutin membiasakan kebiasaan gotong royong sesama anggota keluarga (9). Ini tidak hanya membantu membersihkan lingkungan rumah, namun juga akan membantu dalam mempererat jalinan kerja sama antar anggota keluarga (10).

Biasanya kegiatan gotong royong ini akan dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu. (11). Tujuan kegiatan ini adalah agar lingkungan rumah benar-benar bersih dari sampah (12). Jadi, sangatlah penting untuk menjaga kekompakan antar anggota keluarga agar bisa sama-sama untuk mewujudkan kebersihan lingkungan yang dibutuhkan oleh semua orang (13).

Penutup :

Demikianlah cara menjaga kebersihan lingkungan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari (14). Mendapatkan lingkungan yang bersih berarti menghindari penyebaran bibit penyakit (15).

Kunci Jawaban Halaman 122-123 Tema 4 Kelas 3

Amati gambar Ibu Beni dan para tetangga yang sedang membeli sayuran! Menurutmu, bagaimana cara memilih sayuran yang baik? Diskusikan dengan teman di sebelahmu!

Tuliskan hasil diskusimu pada tempat tersedia!

Cara Memilih Sayuran yang Baik :

  • Warna sayuran segar dan tidak layu.
  • Bagian daun tidak berbintik atau berlobang akibat dimakan ulat.
  • Sayuran harus mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh
  • Upayakan sayuran lokal, sayuran lokal sesuai dengan kondisi tubuh kita
  • Sayuran tidak busuk/basi
  • Sayuran dibungkus dengan baik

Ayo Bercerita

Kamu telah mengetahui cara memilih sayuran dan makanan yang baik dan bergizi. Oleh karena itu, kamu wajib bersyukur mendapat makanan bergizi. Kamu juga wajib berterima kasih kepada orang tuamu. Apakah kamu pernah ikut ibu berbelanja di pasar? Coba sesekali ikut ibumu ke pasar. Lihatlah bagaimana ibumu memilih bahan makanan, sayuran dan buah-buahan untuk seluruh keluarga. 

Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!

Alternatif Jawbaan :

Saya pergi kepasar bersama ibu saya pada hari minggu, kami berdua pergi menggunakan becak dengan baiay becak sekitar 5 ribu rupiah, dipasar ibu membeli sayuran,buah-buahan, ikan,tahu tempe dan lauk lainnya, disana kami bertemu  banyak penjual dan pembeli yang menjual segal aneka  barang dagangan mereka, walaupun keadaan dispasr itu tidak bersih dan kotor tetapi para pedagang sangat menikmati hal tsb, mereka tetap bersyukur dan tidak pernah mengeluh akan hal itu, mereka terus berusaha menjual barang dagangan mereka agar mendapatkan keuntungan dan memberikan hasil nya kepada istri dan anak mereka berupa nafkah, disitulah letak  kebahagiaan metreka

Sedangkan letak kebahagiaan kami terletak  ketika ibu memasak hasil belanjaan dipasar tadi, dan kami memakannya bersam dengan adik,ayah,ibu dan si meong, kami makan lahap, dan tidka lupa bersyukur.

Adik-adik sekalian, demikianlah artikel kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 118, 119, 120, 121, 122, 123. Selalu semangat dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya, dan kerjakan dengan maksimal. Baca dan pastikan kembali setiap jawaban yang kami sediakan ini, jika sudah yakin jawaban sesuai dengan soal, barulah adik-adik salin pada buku tugas. Dan semoga saja nilai yang adik-adik peroleh setelah tugas-tugas ini dikumpulkan dan dikoreksi oleh guru bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Dan kami ingatkan pula untuk adik-adik, mulai dari sekarang ini persiapkan diri dengan giat belajar, karena tak lama lagi kegiatan penilaian akhir semester akan segera dilaksanakan. Dan jangan lupa pula untuk melihat kelanjutan dari alternatif jawaban ini pada tugas-tugas berikutnya, karena kami akan memposting lengkap untuk semua tugas.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 118, 119, 120, 121, 122, 123 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 4"