√ Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci jawaban buku siswa tematik tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas 5 halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan pembelajaran 6 kurikulum 2013 berikut ini adalah alternatif jawaban yang kami buat dengan sebenar-benarnya yang mengacu pada materi-materi yang ada pada buku siswa, serta sebagian jawaban ada yang kami ambil dari beberapa sumber yang kemudian kami pilih yang paling tepat untuk kami jadikan dalam satu artikel lengkap seperti ini.

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

Kita sama-sama tahu, bahwa dalam situasi seperti sekarang ini, dimana kegiatan belajarpun banyak yang terdampak dan harus dilaksanakan secara daring atau online, sedikit banyaknya pasti akan terganggu. Siswa-siswa diharuskan belajar sendiri dan dibimbing oleh orang tua di rumah masing-masing. Sementara guru hanya bisa memantau secara online, mengintruksikan siswanya untuk belajar dan mengerjakan berbagai tugas yang ada pada buku siswa. Dari sini kamipun melihat bahwa ternyata ada cukup tinggi data pencarian terkait dengan kunci jawaban untuk soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran.

Oleh sebab itu, kami bermaksud untuk turut dalam menyediakan alternatif jawaban yang banyak dicari oleh para orang tua dan siswa itu sendiri. Diharapkan pula tentunya, kunci jawaban yang kami ulas dan sediakan ini dapat meringankan dan membantu siswa saat mengerjakan tugas sekolahnya. Karena kitapun tahu, pastinya akan ada banyak tugas-tugas yang harus dikerjakan adik-adik sekalian, dan tugas-tugas tersebut harus segera dikumpulkan kepada guru masing-masing untuk dinilai.

Ada cukup banyak postingan kami sebelumnya yang berbagi Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 yang bisa adik-adik lihat. Terkahir yang kami posting yaitu Kunci Jawaban Halaman 179, 180, 181, 182, 186, 187, 188 Tema 6 Kelas 5. Jawaban-jawaban yang sudah kami buat dan sediakan buat adik-adik, dan adik-adikpun sudah menggunakannya untuk menjawab soal-soal latihan, kami harap akan menjadi jawaban yang tepat dan benar saat guru kelas mengoreksinya. Sehingga adik-adikpun dapat meraih nilai yang baik. Jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, tak menutup kemungkinan akan bisa juara kelas.

Jawaban lainnya :

Adik-adik tahu bahwa saat ini sudah memasuki semester genap, dimana pada semester ini merupakan semester yang akan menentukan adik-adik naik atau tanggal kelas. Jika nilai-nilai adik-adik bagus semua pasti akan naik kelas, namun jika malas dan nilai-nilaipun banyak yang kurang, bisa jadi akan tinggal kelas. Untuk itu tugas-tugas seperti inipun akan sangat membantu nilai akhir di raport semester adik-adik sekalian.

Dan kamipun tahu kalau pada buku siwa ada cukup banyak tugas-tugas yang harus adik-adik kerjakan. Dan tugas-tugas ini bisa saja tugas individu ataupun kelompok. Tugas-tugas ini tak selalu soal-soal latihan saja, namun adik-adik akan menjumpai jenis-jenis tugas lainnya, seperti tugas membuat karya seni, melakukan percobaan dan pengamatan dan masih banyak lagi tugas lainnya yang akan menyesuaikan dengan materi pelajaran yang dipelajari oleh adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

Mengerjakan tugas memang sudah jadi tugas adik-adik sekalian. Namun kita tahu bahwa peran orang tuapun sangat dituntut. Orang tua harus membantu anak-anaknya dalam belajar dan mengerjakan tugas, bisa dengan membimbing dan mengawasi. Apalagi dimasa saat ini, dimana tugas-tugas siswa akan sangat banyak dan harus segera dikumpulkan. Tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa ini nantinya akan menjadi alat penilaian guru, dan disinilah guru akan mengambil nilai-nilai untuk nanti dimasukan dalam nilai akhir di raport semester.

Kami selalu menyarankan adik-adik agar selalu mengerjakan semua tugas sekolah dengan maksimal. Terkait hal tersebut, jawaban-jawaban yang kami sediakan ini, seperti mana yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa kami membuat semua jawaban ini memang berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal-soal yang ada, dan sebagian jawaban kami ambil dari beberapa sumber. Namun kami tekankan disini, bahwa kami tidak bisa sepenuh menjamin jawaban ini nantinya akan benar dan tepat semaunya.

Untuk itu, adik-adik harus cek dan teliti lagi semua jawaban yang kami sediakan ini sebelum menuliskannya pada. Nah berikut ini, silahkan dilihat dan dijadikan alternatif jawaban. Pilih jawaban sesuai dengan halaman tugas, atau gunakan daftar isi diatas suapaya langsung diarahkan ke halaman yang dimaksud.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 191

Berdasarkan bacaan di atas tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Paragraf 1 :

Ada beberapa masalah sosial, seperti rusaknya atau buruknya fasilitas milik umum, pencemaran lingkungan, sikap tidak disiplin, merupakan masalah sosial yang terjadi di masayarakat

Paragraf 2 :

Adanya pencemaran lingkungan terjadi disebabkan masyarakat membuang berbagai bahan berbahaya dengan sembarangan sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran, baik pencemaran tanah, udara maupun air.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 192

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Paragraf 3 :

Sarana fasilitas umum, seperti sarana pendidikan, sarana transportasi, sarana kesehatan, seharusnya dijaga dan dipelihara, dan bila terjadi kerusakan segera dilaporkan agar diperbaiki dan segera dapat digunakan kembali

Paragraf 4 :

Tindakan masyarakat yang tidak berdisiplin di jalan raya bisa menyebabkan bahaya bagi semua, yaitu kecelakaan lalu lintas. Tindakan itu antara lain mengendarai sepeda motor tidak  pada tempatnya, berkendara melawan arus, sembarangan dalam parkir kendaraan dan lain sebagainya

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf. Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Ada beberapa permasalahan sosial di masyarakat, seperti rusaknya fasilitas milik umum/publik, pencemaran lingkungan, adanya perilaku tidak berdisiplin masyarakat, adalah merupakan masalah sosial yang biasa dan sering terjadi di masyarakat. Pencemaran air, udara dan tanah terjadi karena masyarakat membuang sembarangan bahan berbahaya bagi lingkungan. Sarana/fasilitas milik publik/umum seperti sarana pendidikan, kesehatan, transportasi harus dipelihara dengan baik, dan dilaporkan bila ditemukan kerusakan agar segera diperbaiki dan dapat dipergunakan kembali. Sedangkan perilaku tidak disiplin di jalan dapat menyebabkan bahaya, yaitu kecelakaan lalu lintas. Perilaku tidak disiplin itu antara lain, berkendara melawan arus lalu lintas, parkir sembarangan, berhenti sembarangan untuk menaikkan atau menurunkan penumpang, pejalan kaki yang sembarangan menyeberang.

Kesimpulanku :

Adanya permasalahan sosial masyarakat dikarenakan beberapa pihak tidak melakukan kewajiban dan tanggungjawabnya secara benar. Adanya peraturan yang dibuat dimaksudkan agar dipatuhi sehingga ketertiban, keamanan dan kenyamanan bisa didapat. Oleh karena itu jika salah satu pihak tidak melakukan kewajibannya, maka akan terjadi permasalahan yang akan meresahkan dan merugikan banyak pihak di masyarakat.

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Tambahkanlah beberapa gambar pada setiap pokok pikiran yang kamu jelaskan.

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 193

A. Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan keterangan yang ada pada bacaan di atas. Perhatikan contoh.

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Masalah sosial : Kemacetan lalu lintas

Penyebab : Kurang disiplin

Pihak yang terlibat : Pengguna jalan

Cara mengatasi : Mematuhi peraturan lalu lintas

Masalah sosial : Rusaknya fasilitas umum

Penyebab : Tidak terawatnya fasilitas umum

Pihak yang terlibat : Masyarakat dan Pemerintah

Cara mengatasi : Memelihara dan menjaga fasilitas umum

Masalah sosial : Pencemaran air

Penyebab : Kegiatan membuang limbah ke sungai

Pihak yang terlibat : Masyarakat dan pelaku industri

Cara mengatasi : Membuang limbah pada tempatnya dan melakukan daur ulang limbah

Masalah sosial : Pencemaran tanah

Penyebab : Pembuangan/penimbunan bahan/limbah berbahaya dalam tanah

Pihak yang terlibat : Masyarakat dan pelaku Industri

Cara mengatasi : Melakukan daur ulang limbah dan pembuangan limbah pada tempatnya

Masalah sosial : Pencemaran Udara

Penyebab : Kendaraan tidak layak jalan dan asap dari pabrik-pabrik

Pihak yang terlibat : Masyarakat pemilik kendaraan dan pelaku industri

Cara mengatasi : Penggunaan kendaraan ramah lingkungan, penyaringan limbah pabrik, pembangunan pabrik ramah lingkungan, menyukseskan program "Go Green"

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 194

B. Amatilah lingkungan di sekitarmu, baik di sekolah maupun di rumah. Gunakan tabel berikut ini untuk menuliskan masalah sosial yang terjadi di sekitarmu.

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Masalah sosial : Pengangguran

Penyebab : Kurangnya lapangan kerja

Pihak yang terlibat : Masyarakat, Pemerintah, pelaku usaha

Cara mengatasi : Membuka lapangan usaha, mempermudah perizinan usaha, melatih kewirausahaan kepada masyarakat

Masalah Sosial : Tawuran/kenakalan remaja

Penyebab : Kurangnya kerukunan dan persatuan di kalangan remaja

Pihak yang terlibat : Remaja

Cara mengatasi : Meningkatkan mental spiritual, memberi contoh keteladanan yang baik

Masalah sosial : Kriminalitas

Penyebab : Kurangnya penjagaan lingkungan

Pihak yang terlibat : Masyarakat

Cara mengatasi : Menjaga keamanan lingkungan dengan ronda/siskamling

Masalah sosial : Kelangkaan energi

Penyebab : Pemakaian energi yang berlebihan

Pihak yang terlibat : Masyarakat dan pemerintah

Cara mengatasi : Melakukan kebijakan hemat energi dan penggunaan energi alternatif

Masalah sosial : Langkanya bahan pokok

Penyebab : kurang dan tidak meratanya bahan pokok di masyarakat, pola hidup masyarakat yang konsumtif

Pihak yang terlibat : Masyarakat, Pemerintah, pelaku usaha

Cara mengatasi : Menambah persediaan kebutuhan pokok, mengubah/mengurangi pola hidup masyarakat yang konsumtif, Diversifikasi/penganekaragaman bahan pokok

Masalah sosial : Unjuk rasa ricuh/anarkis

Penyebab : Tidak ada keseimbangan antara hak dan kewajiban

Pihak yang terlibat : Masyarakat dan Pemerintah

Cara mengatasi : Komunikasi harus terjalin dengan baik, Hak dan kewajiban harus bisa dilaksanakan secara seimbang

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 198

Ayo Mencoba

Setelah kamu memahami beberapa teknik menggambar gambar cerita dan juga mengerti beberapa hal yang perlu diperhatikan pada sebuah gambar cerita, lakukanlah kegiatan berikut ini.

  1. Pilihlah salah satu gambar yang tersedia di bawah ini.
  2. Berilah judul pada gambar tersebut, lalu tuliskanlah sebuah cerita berdasarkan gambar tersebut.
  3. Cari tahu juga media dan teknik menggambar yang digunakan.

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

Ceritaku:

Judul : Tolong menolong

Anton mempunyai sepeda baru yang dibelikan oleh orang tuanya, setelah berhasil menjadi juara 1 di kelasnya. Anton sangat senang dengan sepeda barunya, dia selalu berkeliling di lingkungan kampungnya dengan menggunakan sepeda. Pada suatu hari saat Anton sedang bersepeda dengan kencang, karena jalanan banyak pasir yang berserakan, maka Anton jatuh terguling akibat ban sepedanya terpeleset pasir. Anton jatuh terguling dan sepedanya terlempar dari Anton.

Saat Anton bangun dan melihat sepedanya ternyata rantai sepedanya lepas. Anton kebingungan untuk membetulkan rantai sepedanya karena tidak membawa peralatan yang lengkap. Untung saja Dani yang saat itu berjalan hendak pulang ke rumahnya melihat Anton dan segera menolongnya. Dani kebetulan juga membawa alat perbengkelan milik ayahnya, dan segera membantu menyelesaikan masalah Anton. Sebagai ucapan terima kasih Anton mengajak Dani untuk berboncengan dan mengantarkannya pulang ke rumah.

Media dan teknik menggambar : Media Kering, Teknik Arsir

Judul : Kolam Ikan

Tono dan Tini mempunyai halaman rumah yang luas. Untuk menambah keindahan halaman rumah mereka, Tini mengusulkan kepada ayah mereka untuk membuat kolam ikan. Karena Tini dan Tono merupakan anak yang patuh pada orang tua serta selalu melakukan kewajiban mereka di rumah dengan baik, maka ayah Tono dan Tini menyetujui usul Tini, dengan syarat Tono dan Tini harus selalu merawat kolam ikan tersebut. Tono dan Tini menyanggupi syarat dari ayah mereka. Setelah kolam ikan sudah dibuat, Tono dan Tini memasukkan berbagai jenis ikan hias ke dalam kolam. Mereka sangat senang. Karena dengan menjalankan hak dan kewajiban di rumah secara seimbang, kini mereka memiliki kolam ikan yang indah.

Media dan teknik menggambar : Media basah, Teknik Sapuan cat air.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 199

Ayo Renungkan

1. Apa topik pembelajaran yang paling menarik pada kegiatan pembelajaran hari ini? Mengapa?

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

2. Apa saja kewajiban yang kamu lakukan pada hari ini? Menurutmu apakah akibatnya kepadamu dan kepada orang lain jika kamu tidak melakukan kewajibanmu?

Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5

Demikianlah kumpulan alternatif jawaban yang bisa kami ulas pada artikel kami ini, terkait dengan Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5. Dan jangan lupa pula untuk melihat kelanjutan dari alternatif jawaban ini untuk halaman tugas selanjutnya. Dan pasti kami berharap, agar jawaban ini bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar, sehingga adik-adik sekalian senang karena bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Dan jangan lupa ya adik-adik untuk turut berbagi, dengan teman sekelas lainnya, bagiin artikel ini kemereka. Dengan itu semoga saja merekapun bisa terbantu dalam mengisi dan menyelesaikan setiap tugas-tugas sekolah yang ada. Selanjutnya, misalkan adik-adik masih bingung atau ada yang kurang jelas, silahkan sampaikan pada kami lewat komentar, terima kasih.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 191, 192, 193, 194, 198, 199 Tema 6 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 6"