√ Kunci Jawaban Halaman 207, 208 Tema 6 Kelas 5 Kegiatan Literasi 3 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 207, 208 Tema 6 Kelas 5 Kegiatan Literasi 3 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban buku siswa tematik tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas 5 Kegiatan Literasi 3 halaman 207, 208 kurikulum 2013 revisi berikut ini yang kami coba buat dan sediakan sebagai alternatif jawaban dan solusi agar adik-adik dapat menjawab soal-soal yang dirasa sulit pada buku siswa. Dengan harapan jawaban yang kami sediakan ini nantinya bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat saat guru mengoreksinya. Sehingga jika jawaban ini benar, pastinya adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Halaman 207, 208 Tema 6 Kelas 5

Dengan adanya alternatif jawaban seperti ini kami tentu yakin akan sangat membantu dan mempermudah adik-adik sekalian dalam menuntaskan semua tugas-tugas sekolah yang sudah menumpuk dan harus segera dikumpulkan kepada guru masing-masing. Karena kamipun memahami, dimana kondisi saat ini yang mengharuskan banyak sekolah mengambil keputusan untuk mengganti kegiatan belajar tatap muka menjadi aring atau online. Serta kami melihat data pencarian untuk kunci jawaban dari tugas-tugas yang ada pada buku pelajaran ini cukup tinggi dicari, baik itu oleh orang tua siswa, ataupun siswa itu sendiri.

Melihat hal tersebutlah kami memberanikan diri untuk turut dalam menyediakan apa yang saat ini diperlukan adik-adik dalam kegiatan belajar di rumah. Kami membuat semua jawaban ini tentu berdasarkan pemahaman kami sendiri terhadap materi-materi yang ada pada buku siswa. Kami membaca materi dan menjawab soal-soal latihan dengan maksimal. Dan separuh jawaban yang kami sediakan ini diambil dari beberapa situs lainnya, yang kami pilih lalu kami jadikan dalam satu postingan seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 207, 208

Pada artikel kami yang lalu, kami juga sudah berbagi Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5, yaitu Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 204, 205, yang dapat adik-adik lihat juga dan jadikan sebagai alternatif jawaban jika memang tugas pada halaman tersebut masih dalam pengerjaan. Buku siswa tema 6 ini dipelajari adik-adik pada semester genap, dan tugas untuk halaman 207, 208 ini merupakan tugas lanjutan dari tugas sebelumnya pada kegiatan literasi. Kegiatan literasi ini sendiri merupakan kegiatan membaca sebuah cerita.

Jawaban lainnya :

Melihat dari soal-soal pada halaman 207, 208 ini memang perlu jawaban yang memaparkan isi cerita tersebut. Tak heran kalau adik-adik ada yang kesulitan dalam menjawab soal-soal pada kegiatan literasi ini. Dan disini kami mencoba menjawab semua soal pada kegiatan literasi ini dengan pamahaman sendiri, melihat dan membaca materi-materi bacaan lalu menyimpulkan jawaban yang tepat. Meskipun kami yakin kami sudah menjawab soal tersebut dengan maksimal, namun kami tidak bisa menjamin dengan pasti kalau jawaban tersebut saat dikoreksi guru akan benar dan tepat.

Tugas-tugas seperti ini sangat penting untuk adik-adik kerjakan dengan maksimal, mengingat nilai yang guru ambil salah satunya hanya dari tugas-tugas seperti ini. Apalagi saat ini sudah memasuki semester genap, pada semester ini akan sangat menentiukan sekali adik-adik bisa naik kelas atau tidak, maka dari itu selalu kerjakan soal-soal latihan dengan maksimal. Nah berikut ini silahkan adik-adik lihat dan gunakan alternatif jawaban yang telah kami buat, semoga membantu.

Kunci Jawaban Halaman 207, 208 Tema 6 Kelas 5

Gunakanlah tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas.

Kunci Jawaban Halaman 207, 208 Tema 6 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Judul Cerita : Kisah Kakak Beradik Nelayan

Pengarang : -

Tokoh Utama : Maro

Tokoh lain : Rako

Di manakah cerita ini terjadi?

Di perkampungan nelayan di wilayah teluk Kiluan Lampung

Apa yang terjadi dengan tokoh utama?

Maro mencari ikan dengan sabar dan rajin dan selalu menggunakan jaring sederhana

Mengapa hal itu terjadi?

Karena Maro tidak ingin merusak lingkungan alam 

Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?

Berkat kesabaran, Marno mendapat rejeki yang banyak berkat butiran mutiara-mutiara berharga mahal yang ada dalam kerang, yang tersangkut dalam jala Marno. Sedang Rako mengalami cidera akibat penggunaan bom laut. Marno yang baik hati membantu Rako dengan harta yang dimilikinya, dengan syarat Rako tidak boleh merusak terumbu karang lagi dengan cara bom ikan.

Kapan waktu terjadinya cerita ini? Menjelang Sore

Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?

  • Selama kita berbuat baik pada alam, maka alam akan membalas kebaikan kita
  • Kewajiban kita sebagai warga negara salah satunya adalah menjaga kelestarian alam/kelestarian laut

Kunci Jawaban Halaman 208 Tema 6 Kelas 5

Bacalah kembali cerita di atas dengan saksama. Keduanya adalah nelayan yang memiliki hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang sama. Tetapi, perhatikanlah bagaimana keduanya melakukan kewajiban dan tanggung jawabnya. Gunakanlah table berikut untuk membandingkan keduanya.

Kunci Jawaban Halaman 207, 208 Tema 6 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Apakah hak keduanya?

  • Rako : Hak untuk memperoleh ikan laut
  • Maro : Hak untuk memperoleh ikan laut

Apakah kewajiban keduanya?

  • Rako : Menjaga kelestarian lingkungan laut
  • Maro : Menjaga kelestarian lingkungan laut

Apakah ia melakukan kewajibannya? Jelaskan!

  • Rako : Tidak, Rako tidak melakukan kewajiban melestarikan lingkungan laut sebab ia mencari ikan dengan bom laut/peledak
  • Maro : Ya, Maro melakukan kewajiban melestarikan lingkungan laut sebab ia mencari ikan menggunakan jaring sederhana

Apakah tanggung jawabnya?

  • Rako : Menjaga kelestarian lingkungan laut
  • Maro : Menjaga kelestarian lingkungan laut

Apakah ia melakukan tanggung jawabnya? jelaskan?

  • Rako : Tidak, Rako tidak melakukan tanggung jawabnya karena menggunakan bahan peledak dalam mencari ikan, sehingga merusak terumbu karang
  • Maro : Ya, Maro melakukan tanggung jawabnyanya dengan menggunakan jaring sederhana, sehingga kelestarian lingkungan laut tetap terjaga.

Apa saja akibat dari perbuatannya?

  • Rako : Kerusakan laut, terutama pada terumbu karang di daerah teluk Kiluan, dengan bahan peledak ia telah melukai makhluk lain dan melukai diri sendiri
  • Maro : Lingkungan laut tetap terjaga. Terumbu karang yang merupakan rumah ikan masih bagus, sehingga ia mendapat ikan yang banyak di tambah dengan rejeki dari kerang mutiara yang berharga mahal yang ia dapatkan

Demikianlah artikel kami kami kali ini yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 207, 208. Kami yakin jika adik-adik mengerjakan semua tugas sekolah yang diberikan oleh guru dengan maksimal dan selalu mengecek setiap jawaban sebelum menuliskannya pada buku pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dan semoga saja jawaban yang kami buat dan sediakan dengan maksud mempermudah adik-adik ini bisa menjadi jawaban yang benar atau tepat.

Jangan lupa pula ya adik-adik untuk selalu berbagi, dengan cara share artikel ini ke teman-teman sekelas lainnya, atau bisa dengan merekomendasikan blog kami ini kemereka agar mereka. Dan selain alternatif jawaban untuk halaman 207, 208 ini, kamipun akan menyediakan jawaban untuk tugas pada halaman berikutnya, untuk itu selalu ikuti blog Pojok Edukasi. Dan untuk pertanyaan, silahkan adik-adik sampaikan saja melalui komentar ya, terima kasih. 

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 207, 208 Tema 6 Kelas 5 Kegiatan Literasi 3 Buku Siswa Tematik"