√ Kunci Jawaban Halaman 216, 217 Tema 6 Kelas 5 Kegiatan Literasi 6 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 216, 217 Tema 6 Kelas 5 Kegiatan Literasi 6 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban buku siswa tema 6 kelas 5 Kegiatan Literasi 6 halaman 216, 217 kurikulum 2013 revisi yang telah kami buat dan sediakan berikut ini khusus buat adik-adik sekalian. Jawaban yang kami sediakan ini hanyalah alternatif jawaban saja. Kami tidak bisa menjamin bahwa jawaban ini pasti benar. Jika adik-adik bisa menjawab sendiri soal-soal latihannya tentu jauh lebih baik. Namun jika ada soal-soal yang dirasa sulit dan perlu alternatif, maka tak ada salahnya menggunakan jawaban yang kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Halaman 216, 217 Tema 6 Kelas 5

Kami memahami kondisi saat ini, dimana adik-adik sekalian banyak disibukan dengan tugas-tugas sekolah yang harus segera dikerjakan dan dikumpulkan kepada guru masing-masing. Hal ini tentu akibat kegiatan belajar mengajar yang hampir di semua daerah diganti menjadi kegiatan belajar secara online. Adik-adik dituntut harus bisa belajar secara mandiri di rumah dipantau oleh orang tua masing-masing. Dan guru saat ini hanya bisa memberikan intruksi atau arahan secara online saja. Dan pastinya akan lebih banyak memberikan tugas-tugas kepada siswanya.

Berkaitan dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan menumpuk, hal itu wajar  jika akhir-akhir ini kami melihat cukup banyak data pencarian kunci jawaban terkait soal-soal yang ada pada buku siswa. Kami melihat disini siswa sangat butuh alternatif dan referensi dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya, bukan hanya siswa saja, namun pastinya orang tuapun berperan dalam mencari jawaban dari soal-soal latihan yang dikerjakan anaknya.

Melihat lah tersebut, makannya kami bermaksud disini untuk turut dalam membuat dan menyediakan jawaban yang diperlukan oleh adik-adik. Namun kami tetap menyarankan adik-adik agar terlebih dahulu mengerjakan soal-soal yang ada, tentu pastinya ada soal-soal yang mudah untuk dijawab oleh adik-adik. Dan jika memang ada soal yang sulit dan adik-adik menyerah dan tidak bisa menemukan jawabannya, maka barulah jawaban yang kami sediakan ini bisa adik-adik pakai sebagai alternatifnya, namun hal tersebut hanya saran dari kami, terlepas dari itu, kembali lagi kepada masing-masing.

Jawaban lainnya :

Sebelum kami memposting alternatif jawaban untuk halaman 216, 217 ini, pada artikel kami yang lalu, kami juga telah berbagi Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5, yaitu Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 213, 214 yang dapat adik-adik lihat juga. Dan semoga pada tugas-tugas sebelumnya, adik-adik mendapatkan nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 216, 217

Kami selalu menjelaskan kepada pembaca, bahwa kami membuat alternatif jawaban ini tidak asalan, tentu kami sudah membaca materi-materi pada buku, yang kemudian kami pahami lalu kami buat jawaban sesuai pemahaman kami. Untuk itu kami sampaikan pula, bahwa kami disini hanya mencoba memberikan jawaban semampu kami. Kami tidak bisa menjamin jawaban yang kami buat ini pasti benar dan tepat. Hal ini kembali lagi kepada guru masing-masing saat mengoreksi tugas yang adik-adik kumpulkan.

Tugas pada halaman 216, 217 ini merupakan tugas terkahir yang ada pada buku siswa tema 6. Selanjutnya setelah selesai mengerjakan tugas ini, adik-adik akan melanjutkan pembelajaran pada buku siswa tema 7 dengan judul yang berbeda. Dan tugas pada halaman ini merupakan jenis tugas dari kegiatan literasi 6. Kegiatan literasi sendiri merupakan kegiatan membaca sebuah cerita atau bacaan, yang kemudian diakhiri dengan siswa mengerjakan soals-soal latihan.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus akan menjadi nilai tambah bagi adik-adik. Dan jika adik-adik bisa meraih terus menerus nilai yang bagus dari tiap tugas yang dikerjakan, maka bisa saja adik-adik dapat meraih juara kelas nantinya. Nah berikut ini, silahkan adik-adik lihat jawabannya, dan kami sarankan agar dicek lagi jawabannya sebelum menulisnya pada buku.

Kunci Jawaban Halaman 216 Tema 6 Kelas 5

Gunakanlah tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas!

Kunci Jawaban Halaman 216, 217 Tema 6 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Judul Cerita : Pelajaran untuk Mira

Pengarang : Dyah laksmi nur jannah

Tokoh Utama : Mira

Tokoh lain : Ibu Mira dan Ratna

Di Manakah cerita ini terjadi? Pinggiran Jakarta

Apa yang terjadi dengan tokoh utama?

Mira tidak mau/enggan sarapan yang dibuatkan ibunya

Mengapa hal itu terjadi?

Karena keinginan Mira untuk sarapan tidak sesuai dengan kenyataan serta Mira kurang menghargai hasil masakan ibunya

Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?

Setelah mendengar cerita dari Ratna yang kangen dengan masakan ibunya yang sudah meninggal, Mira baru tersadar dan ingin menemui ibunya untuk meminta maaf dan berterima kasih karena telah merawatnya selama ini.

Kapankah waktu terjadinya cerita ini?

Pagi hari di rumah dan saat istirahat di sekolah

Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?

Bahwa kita harus selalu menghargai dan berterima kasih kepada orangtua kita, terutama ibu yang telah selalu menyayangi dan merawat kita.

Kunci Jawaban Halaman 216, 217 Tema 6 Kelas 5

Negeri kita kaya akan budaya dan karya seni, termasuk lagu daerah dan karya seni tari. Carilah Informasi tentang keduanya  dari berbagai sumber yang tersedia. Lalu gunakan tabel berikut ini untuk mengerjakannya sesuai pertanyaan yang tersedia.

Kunci Jawaban Halaman 216, 217 Tema 6 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Nama lagu daerah : Gundhul-gundhul Pacul

Asal : Jawa Tengah

Lirik lagu :

Gundhul-gundhul pacul, gembelengan

Nyunggi-nyunggi wakul-kul, gembelengan

Wakul ngglimpang segane dadi sak latar

wakul ngglimpang segane dadi sal latar

Dimainkan pada tangga nada : Pelog

Makna lagu :

Gundul-gundul cangkul, sembrono

Membawa bakul di atas kepala dengan sembrono

Bakul terguling nasinya tumpah sehalaman

Bakul terguling nasinya tumpah sehalaman

Nama lagu daerah : Lir Ilir

Asal : Jawa Tengah

Lirik lagu :

Lir ilir lir ilir

Tandure wes sumilir

Tak ijo royo-royo

Tak sengguh temanten anyar

Bocah angon, bocah angon

Penekna blimbing kuwi

Lunyu-lunyu penekna

Kanggo mbasuh dodotira

Dodotira-dodotira

Kumintir bedah ing pinggir

Dondomana, jlumatana

kanggo seba mengko sore

Mumpung padang rembulane

Mumpung jembar kalangane

Yo surak'o surak hiyo

Dimainkan pada tangga nada : Slendro

Makna lagu :

Bangunlah, bangunlah

Tanaman sudah bersemi

Demikian menghijau

Bagaikan pengantin baru

Anak gembala, anak gembala

Panjatkan pohon belimbing itu

Biar licin dan susah tetaplah kau panjat

Untuk membasuh pakaianmu

Pakaianmu, pakaianmu

Terkoyak-koyak di bagian samping

Jahitlah, benahilah

Untuk menghadap nanti sore

Mumpung bulan bersinar terang

Mumpung banyak waktu luang

Ayo bersoraklah dengan sorakan Iya

Nama lagu daerah : Gambang Suling

Asal : Jawa Tengah

Lirik lagu :

Gambang suling ngumandang swarane

Tulat-tulit kepenak unine

Unnine mung nrenyuh ake

Barengan lan kentrung ketipung suling

Sigrak kendangane

Dimainkan pada tangga nada : Slendro

Makna lagu :

Gambang suling berkumandang suaranya

Tulat-tulit enak bunyinya

Bunyinya hanya mengharukan

Bersama kentrung ketipung suling

Mantap bunyi gendangnya

Nama Tari Daerah : Jaipong

Asal : DKI Jakarta

Pola Lantai : Garis lurus dan garis lengkung

Makna Tari :

Tari Jaipong merupakan tarian dengan isi cerita tentang perjuangan Pangeran Jayakarta, merupakan tarian digabung dengan seni drama

Nama Tari Daerah : Saman

Asal : Naggroe Aceh Darussalam

Pola Lantai : Garis horizontal

Makna Tari :

Tarian dengan misi dakwah, mencerminkan keagamaan, akhlak, pendidikan, kepahlawanan dan kebersamaah dalam kekompakan gerakan

Nama Tari Daerah : Tari Topeng Betawi

Asal : DKI Jakarta

Pola Lantai : Garis Lurus

Makna Tari :

Berdasarkan kepercayaan dulu, topeng memiliki kekuatan magis untuk menolak bala. Biasa ditampilkan pada acara pernikahan atau khitanan

Demikilah ulasan kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 216, 217. Semoga apa yang kami buat dan sediakan buat adik-adik ini, bisa bermanfaat dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang sudah menumpuk dan harus secepatnya dikumpulkan kepada guru. Postingan kami berikutnya akan berbagi alternatif jawaban untuk buku siswa tema lainnya, jangan lupa untuk melihatnya juga.

Jika memiliki pertanyaan, atau ada hal yang belum dipahami dan perlu penjelasan dari kami, silahkan tinggalkan pertanyaan adik-adik pada kolom komentar. Dan jangan lupa untuk saling berbagi, adik-adik bisa share artikel ini ke teman-teman sekelas lainnya, terima kasih.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 216, 217 Tema 6 Kelas 5 Kegiatan Literasi 6 Buku Siswa Tematik"