√ Kunci Jawaban Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci jawaban tema 4 Kewajiban dan Hakku kelas 3 halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini disediakan khusus untuk adik-adik sekalian yang sekarang ini tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Diharapkan dengan kami sediakan alternatif jawaban seperti ini, bisa menjadi solusi dan memberikan kemudahan bagi adik-adik dalam mengisi atau menjawab soal-soal latihan yang belum ditemukan jawabannya.

Kunci Jawaban Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Tema 4 Kelas 3

Pada artikel kami yang lalupun sebenarnya kami sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 yang juga bisa adik-adik lihat kembali jika masih ada tugas pada halaman sebelumnya. Lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24. Tugas-tugas yang telah adik-adik kerjakan dan kumpulkan kepada guru, kami harap dari tugas tersebut nantinya bisa mendapatkan hasil atau nilai yang bagus, sehingga nilai yang didapat akan berdampak baik bagi prestasi adik-adik di sekolah.

Kita semua tahu kalau sekarang ini hampir semua sekolah meniadakan kegiatan belajar tatap muka di sekolah dan menggantinya dengan kegiatan daring atau online. Namun ada juga sekolah yang masih mengadakan kegiatan belajar seperti biasanya. Dampaknya tentu akan membuat siswa kurang maksimal dalam menyerap materi-materi pelajaran. Dan siswapun harus bisa mandiri belajar di rumah didampingi oleh orangtua. Sementara itu guru hanya dapat memberikan perintah lewat online, dan akan lebih banyak memberikan tugas-tugas kepada siswanya.

Lanjutan Jawaban :

Banyaknya tugas-tugas sekolah yang harus siswa kerjakan saat ini, membuat tak sedikit dari siswa mengeluhkannya. Dan tak heran jika saat ini ada cukup tinggi pencarian terkait dengan kunci jawaban untuk soal-soal latihan pada buku siswa. Siswa maupun orangtua banyak mencari alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Maka dari itu, kami melihat perlunya kami ikut andil dalam menyediakan apa yang saat ini sedang adik-adik perlukan. Semoga saja, jawaban dari kami ini dapat membantu adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas sekolah, sehingga dapat langsung dikumpulkan kepada guru kelas masing-masing.

Alternatif jawaban yang kami sediakan ini tidaklah dibuat asal-asalan, Kami membaca dan memahami materi baru kemudian menjawab soal-soal latihan pada buku pelajaran siswa dengan tepat dan benar menurut kami. Dan memang ada beberapa jawaban yang kami cari dari bebera sumber, kami pilih jawaban yang bagus untuk kemudian kami jadikan dalam satu postingan lengkap sepert ini. Namun tentunya kami disini hanyalah berusaha menjawab seperti mana kemampuan kami, kami tidak bisa mejamin, jawaban-jawaban ini nantinya pasti benar. Itu semua kembali lagi kepada guru masing-masing saat mengoreksinya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31

Berbicara masalah tugas yang ada pada buku siswa ini, tentu adik-adikpun tahu kalau tugas-tugas sekolah ini tak hanya tugas-tugas individu saja, namun ada juga tugas kelompok. Dan kitapun tahu kalau jenis dari tugas itupun tak selalu tentang soal-soal latihan saja. Namun pastinya aka nada beberapa jenis tugas lainnya yang menjadi tugas-tugas sekolah dan harus dikerjakan juga oleh adik-adik, seperti tugas membuat sebuah kerajinan tangan, melakukan pengamatan sederhana, menyajikan laporan hasil pengamatan dan lain sebagainya.

Dari banyaknya tugas yang ada pada buku siswa, semua itu sudah menjadi tanggung jawaban adik-adik untuk mengerjakan dan menyelesaikannya. Namun kami tahu kalau saat ini para orangtuapun tak sedikit harus membantu anak-anaknya dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dan tugas individu menjadi tugas yang akan diberikan oleh guru mengingat kondisi seperi sekarang ini. Dari tugas-tugas inilah nantinya seorang guru bisa mengambil nilai siswanya, dan mencatatnya kedalam buku nilai, untuk nantinya nilai tersebut dihitung dan dimasukan dalam nilai akhir pada raport.

Maka dari itu, kami selalu mengingatkan adik-adik agar mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal, raih nilai terbaik. Namun kami juga ingin sampaikan agar tidak lalai dalam belajarnya, jangan sampai dengan adanya alternatif jawaban seperti ini malah membuat adik-adik malas dalam beakjarnya. Karena ada hal lain juga yang lebih penting, mengingat ini sudah memasuki tahap akhir masa pembelajaran pada semester ganjil, yaitu adik-adik harus mempersiapkan diri mengikuti penilaian akhir semester.

Kunci Jawaban Halaman 25 Tema 4 Kelas 3

Ayo Mencoba

Tahukah kamu kewajiban yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat? Apa yang sudah kamu ketahui tentang hak mendapatkan makan?

Alternatif Jawaban :

Agar tubuh kita sehat ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :

  • Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur.
  • Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Hak Anak adalah hak asasi dan untuk kepentingannya hak anak itu diakui dan dilindungi oleh hukum sejak anak dalam kandungan. Salah satu hak anak adalah mendapatkan makanan.Untuk dapat tumbuh dan berkembang, anak membutuhkan makanan dengan kualitas gizi yang baik.

Kunci Jawaban Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Tema 4 Kelas 3

Bacalah permasalahan berikut ini!

Berilah saran apa yang sebaiknya dilakukan!

Berdiskusilah dengan kelompokmu!

Lalu, sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!

1. Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Sebaiknya kamu memanfaatkan makanan sehat dan bersih yang disediakan oleh ibu karena lebih sehat dan bersih dibandingkan dengan makanan jajan.

Kunci Jawaban Halaman 26 Tema 4 Kelas 3

2. Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Sebaiknya kamu bangun lebih pagi sehingga tidak terburu-buru dan tidak sempat sarapan karena sarapan sangat penting untuk melakukan kegiatan di sekolah.

3. Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Sebaiknya sebelum menyentuh makanan tangan dalam keadaan yang bersih karena tangan yang kotor akan membawa bibit penyakit masuk ke dalam tubuh.

4. Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Sebaiknya sebelum dan sesudah makan kita membaca doa karena doa merupakan bentuk bersykur karena banyak anak seusia kita yang sulit mendapatkan makanan.

5. Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Sebaiknya kamu mengambil makanan secukupnya saja sehingga tidak bersisa. Menghabiskan makanan berarti mensyukuri karena tidak semua orang bisa mendapatkan makanan seperti itu.

Ayo Mengamati

Bacalah kalimat-kalimat berikut!

Jodohkan kalimat-kalimat berikut dengan permasalahan di atas!

Tulislah nomor kalimat di dalam kurung!

1. Aku bersyukur masih memiliki makanan untuk dimakan.

(Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa.)

Kunci Jawaban Halaman 27 Tema 4 Kelas 3

2. Sebelum makan, tangan harus bersih dari debu dan kuman penyakit.

( Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting)

3. Aku harus berhati-hati memilih jajanan. Makanan yang dijual di jalan sering dihinggapi lalat.

(Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan)

4. Di pagi hari aku harus sarapan agar aku bisa belajar dengan semangat.

(Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan)

5. Aku tahu bahwa banyak anak seusiaku yang sulit mendapat makanan.

(Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya.)

Kunci Jawaban Halaman 28 Tema 4 Kelas 3

Berikut kewajiban dan hak tentang makanan.

Bantulah Udin memilih mana yang kewajiban dan hak!

Salinlah kembali pada tempat yang tersedia!

  1. Bersyukur atas semua makanan yang ada.
  2. Mendapat makanan sehat dan bersih.
  3. Makan makanan yang sudah disediakan.
  4. Memilih makanan yang sehat.
  5. Mendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah.
  6. Membaca doa sebelum dan sesudah makan.
  7. Mendapat air minum yang bersih dan sehat.
  8. Mengambil makanan secukupnya.
  9. Mendapat makan siang yang sehat dan bersih.
  10. Menghabiskan makanan yang sudah diambil.

Kunci Jawaban Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 29 Tema 4 Kelas 3

Ayo Mencoba

Kamu sudah mempelajari kewajiban dan hak yang berkaitan dengan makanan. Pernahkah kamu melaksanakannya di rumah?

Ceritakanlah!

Tulislah di tempat yang telah disediakan!

Kunci Jawaban Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 30 Tema 4 Kelas 3

Ayo Menulis

Setelah makan malam, Udin membaca buku. Pada pukul delapan malam, Udin pergi tidur. Udin memiliki kewajiban untuk beristirahat. Mengapa beristirahat itu penting?

Tuliskan tiga manfaat istirahat!

Kunci Jawaban Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 31 Tema 4 Kelas 3

Ayo Bercerita

Kunci Jawaban Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Tema 4 Kelas 3

Pernahkah kamu tidak tidur di malam hari? Apa akibatnya? Bagaimana rasanya jika kamu tidur dengan nyenyak?

Alternatif Jawaban :

Suatu malam aku pernah menonton televisi sampai larut malam. Akibatnya pada pagi hari aku bangun kesiangan. Selain kesiangan mata juga terasa sangat mengantuk. Sebaiknya kita memang tidak boleh tidur terlalu malam karena akan mengakibatkan beberapa hal yang kurang baik. Jika tidur malam yang cukup ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh.

Beberapa manfaat tidur malam yang cukup antara lain sebagai berikut :

  • Tubuh lebih sehat karena istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita.
  • Tetap aktif di siang hari karena istirahat dan tidur yang cukup dan berkualitas membuat kita tetap aktif sepanjang hari.
  • Terhindar dari kecelakaan atau cedera karena lelah akibat kurang istirahat dan tidur meningkatkan risiko kita mengalami berbagai cedera, atau kecelakaan.
  • Membuat hati riang karena kurang istirahat dan tidur dapat membuat kita menjadi cepat marah, tidak sabar.
  • Manfaat tidur malam memang  banyak sekali. Kurang istirahat membuat tubuh mudah lelah dan mengantuk. Kurangnya istirahat adalah daya tahan tubuh akan menurun, selanjutnya adalah diikuti sakit.

Ceritakan pengalamanmu!

Sampaikan juga manfaat tidur malam!

Demikianlah ulasan kami pada postingan kali ini terkait bahasan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31. Jangan lupa untuk selalu mengecek dan mencocokan jawaban dengan soal-soal latihan, jangan sampai ada jawaban yang keliru dan tidak sesuai dengan soal. Karena kami disini juga pastinya ada salah, dan tidak selalu benar. Dan semoga saja jawaban ini menjadi jawaban yang bagus dan tepat sehingga saat guru mengoreksinya banyak yang benar.

Jika adik-adik dalam tugasnya banyak jawaban yang benar, pastinya akan mendapatkan nilai yang bagus. Dan jika sering mendapatkan nilai yang bagus, tidak menutup kemungkinan adik-adik bisa juara kelas nantinya. Serta jangan lupa pula untuk melihat kelanjutan dari alternatif jawaban kami ini pada postingan kami berikutnya. Dan berbagi juga jawaban ini ke teman lainnya, share artikel kami ini ke mereka ya, terima kasih.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4"