√ Kunci Jawaban Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 Tema 4 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 Tema 4 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 4 Globalisasi kelas 6 halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan berikut ini bisa menjadi alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang saat ini adik-adik kerjakan. Kami membuat alternatif jawaban ini tentunya tidaklah asal menjawab soal-soal latihan saja. Kami tentunya membaca dan memahami materi pelajaran, lalu mengisi soal-soal latihan pada buku siswa dengan jawaban yang tepat.

Kunci Jawaban Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 Tema 4 Kelas 6

Pada postingan kami yang lalu, kamipun telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 untuk soal-soal latihan pada subtema 1. Alternatif jawaban sebelumnya dapat adik-adik lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 46, 47, 48, 49, 50. Dari sekian tugas yang telah adik-adik selesaikan dengan memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini, kami berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus. Dan ketika adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus, tentunya kamipun ikut senang karena sudah bisa membantu adik-adik.

Akhir-akhir ini kami melihat memang cukup tinggi pencarian di internet terkait dengan kunci jawaban untuk tugas-tugas sekolah pada buku siswa. Bukan hanya siswa, tapi para orang tuapun ikut mencari alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah anaknya. Melihat hal ini, kami sadar bahwa memang dalam situasi seperti sekarang ini, dimana para siswa harus belajar mandiri di rumah dan banyak diberikan tugas oleh guru, memang alternatif jawaban menjadi hal yang dicari untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah.

Lanjutan Jawaban :

Maka dari itu, kami disini mengambil bagian untuk turut serta menyediakan apa yang saat ini diperlukan oleh para siswa. Namun kami tetap menyarankan agar adik-adik terlebih dahulu mengerjakan sendiri tugas-tugas sekolahnya. Dan jika memang masih ada soal-soal yang belum bisa dijawab dan tidak menemukan jawabannya pada buku, barulah alternatif jawaban seperti ini digunakan. Diharapkan dengan alternatif jawaban seperti ini, adik-adik bisa menyelesaikan tugas tepat waktu.

Kami berusaha membuat alternatif jawaban ini sebisa mungkin sesuai pemahaman kami. Dan sebagai jawaban ada yang kami ambil dari bebera sumber, yang kami pilih jawaban yang terbaik dan kemudian kami sajikan dalam satu artikel lengkap seperti ini. Namun tentunya kami tidak bisa menjadiman kepada adik-adik, bahwa jawaban ini semuanya pasti benar. Hal itu tentu kembali lagi kepada masing-masing guru saat mengpreksi tugas ini kelak. Karena mungkin saja masih ada jawaban yang kurang atau salah, maka dari itu kami sarankan untuk mengecek dan memastikan jawaban sebelum ditulis pada buku.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58

Berbicara masalah tugas sekolah yang ada pada buku siswa, tentu adik-adikpun tahu kalau tugas-tugas ini tidak selalu tentang soal-soal latihan saja, namun ada bebera jenis tugas lainnya yang harus adik-adik kerjakan juga, seperti tugas membuat poster, membuat karya seni sederhana, melakukan pengamatan, dan jenis-jenis tugas lainnya. Dan dari sekian banyak jenis tugas sekolah, ada yang dikerjakan secara individu dan ada pula harus dikerjakan berkelompok.

Namun jika kita melihat situasi dan kondisi persekolahan saat ini, dimana kegiatan belajar tatap muka banyak digantikan dengan kegiatan daring atau online dan siswa harus belajar mandiri di rumah, tentu tugas individu menjadi tugas yang akan banyak guru-guru berikan kepada siswanya. Maka dari itu selalu adik-adik kerjakan dengan maksimal setiap tugas sekolah. raih nilai terbaiknya, karena nilai-nilai ini nantinya sangat membantu adik-adik.

Dari tugas-tugas seperti inilah seorang guru akan mengambil nilai siswaya. Dan nilai-nilai ini nantinya akan dicatat dan dijumlahkan dengan nilai-nilai lainnya untuk kemudian ditemukan nilai akhir dan dimasukan dalam nilai raport semester. Jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, tak menutup kemungkinan adik-adik bisa saja meraih juara kelas pada setiap semesternya. Nah berikut ini silahkan dilihat saja alternatif jawaban yang sudah kami sediakan.

Kunci Jawaban Halaman 52 Tema 4 Kelas 6

Setelah mengamati foto di halaman sebelumnya, diskusikan pertanyaanpertanyaan berikut bersama temanmu.

1. Bagaimana berita tentang Pertemuan Tingkat Menteri APEC tersebut dapat disiarkan ke semua negara di berbagai belahan dunia?

Ada berbagai cara yang dapat ditempuh untuk menyiarkan berita tentang pertemuan tingkat menteri APEC. Berikut beberapa di antaranya: Pertama berita dapat disebarkan melalui media cetak maupun elektronik, seperti surat kabar, berita di televisi, radio, Youtube, majalah, pamflet, dan berbagai media lainnya.

2. Apa manfaat globalisasi terhadap kerja sama Indonesia dengan negaranegara di Asia dan di dunia?

Dengan adanya globalisasi, tentunya kita dapat mengakses informasi dalam negeri ataupun luar negeri dengan cepat. Maka, kerja sama bilateral dan multirateral dapat di lakukan dengan mudah, dalam rangka memperoleh keuntungan kedua belah pihak.

Ayo Menulis

Simak teks eksplanasi yang akan dibacakan oleh gurumu.

Teks akan dibacakan dalam setiap paragraf. Tuliskan informasi penting dalam setiap paragrafnya. Kamu akan diberi waktu untuk menuliskan informasi tersebut setiap satu paragraf selesai dibacakan.

Teks Eksplanasi :

Bahasa Indonesia Dinilai Layak Jadi Bahasa ASEAN

Bahasa Indonesia dinilai layak menjadi bahasa ASEAN karena merupakan bahasa dari negara dengan penduduk yang besar. “Bahasa Indonesia berasal dari negara dengan penduduk sekitar 250 juta, seharusnya bisa menjadi bahasa ASEAN,” kata Guru Besar Tetap bidang Linguistik Universitas Mataram Prof. Dr. Mahsun, M.S, di Gelar Wicara Internasionalisasi Bahasa Indonesia, di Universitas Negeri Jakarta, Kamis.

Menurut Mahsun, bahasa Indonesia memang hanya memiliki 90.000 kosakata tetapi mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru. Sehingga, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya. “Misalnya dari kata hati banyak dikembangkan menjadi mata hati, jatuh hati, patah hati, dan lainnya. Atau dari kata anak berkembang lagi menjadi peranakan, kekanakan, kanak-kanak, dan sebagainya,” jelas Mahsun.

Pada kesempatan yang sama, budayawan Indonesia Franz Magnis Suseno atau akrab disapa Romo Magnis menilai bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global. “Dalam bahasa Indonesia kita bisa ungkapkan apa saja. Jadi masuk akal kalau bahasa Indonesia diakui di ASEAN. Bahasa Indonesia itu sempurna. Tidak kaku dan bisa berkembang,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia menyayangkan semakin banyak generasi saat ini yang merasa lebih percaya diri menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama ketimbang menggunakan bahasa Indonesia. ”Bagi saya memgherankan orang Indonesia pakai bahasa Inggris di rumah. Kemampuan bahasa Inggris cukup dipelajari sebaik mungkin sebagai bahasa asing. Saya dukung orang kita bisa bahasa asing, bisa maju, tetapi kalau bahasa Indonesianya sebagai bahasa ibu diganti, rasanya kosong karena tidak menyentuh ke hati,” jelas Romo Magnis yang belajar bahasa Indonesia sejak tahun 1962 itu.

Tuliskan informasi penting tersebut dalam setiap paragraf pada diagram berikut.

Kunci Jawaban Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 Tema 4 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 53 Tema 4 Kelas 6

Ayo Berdiskusi

Baca kembali dengan teliti informasi penting yang telah kamu temukan dari isi teks yang dibacakan guru.

Diskusikan bersama teman tentang jenis kerja sama yang dilakukan Indonesia, serta peran Indonesia dalam kerja sama tersebut.

Tuliskan di dalam kolom berikut.

Kunci Jawaban Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 Tema 4 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 54 Tema 4 Kelas 6

Carilah informasi lain tentang kerjasama di bidang politik antara Indonesia dengan negara-negara anggota ASEAN. Identifikasi posisi dan peran Indonesia dalam setiap kerja sama tersebut.

Kamu bisa melakukannya bersama teman-teman dalam kelompok kecil.

Tuliskan dalam diagram berikut.

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi

Kunci Jawaban Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 Tema 4 Kelas 6

Laporkan hasil temuanmu pada guru.

Alternatif Jawaban :

Bentuk Kerja sama :

  • Mempererat hubungan diplomatik dengan pengiriman duta dan konsul
  • Menciptakan stabilitas politik kawasan ASEAN
  • Mengadakan perjanjian ekstradisi dengan negara-negara anggota ASEAN

Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara :

  • Mengirim duta dan konsul ke negara-negara anggota ASEAN dan menermia duta dan konsul dari negara lain.
  • Turut andil dalam penyelesaian beberapa konflik yang terjadi di awasan ASEAN
  • Mengembalian pelau kejahatan ke negara asal.

Kunci Jawaban Halaman 56 Tema 4 Kelas 6

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan hasil percobaan.

  1. Lampu mana yang memiliki kualitas cahaya paling terang?
  2. Lampu mana yang paling hemat energi? Jelaskan.

Kunci Jawaban Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 Tema 4 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 57 Tema 4 Kelas 6

Buatlah laporan dari percobaan pembuktian lampu hemat energi yang kamu lakukan.

Kunci Jawaban Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 Tema 4 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 58 Tema 4 Kelas 6

Ayo Renungkan

Bagaimana dengan dirimu? Apakah kamu telah melakukan kebiasaan hidup hemat listrik?

Listrik memang menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan, saya sendiri sudah melakukan kebiasaan hidup hemat listrik dengan selalu mematikan lampu kamar pada siang hari dan mematikan lampu ketika akan tidur.

Apa rencanamu untuk menjadi lebih baik lagi?

Rencana saya adalah dengan selalu menerapkan hidup hemat listrik dan mengajak orangtua untuk juga hidup hemat listrik.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kegiatanmu hari ini di sekolah tentang pentingnya hidup hemat listrik.

Hari ini saya dan teman-teman mempelajari tentang pentingnya hidup hemat listrik. Dari pelajaran yang kami dapatkan ternyata masih banyak sekali hal yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan hidup hemat listrik. Dari kegiatan pembelajaran yang saya dapatkan hari ini, saya akan terapkan dalam kehidupan sehari-hari saya dan mengajak pula orangtua untuk hidup hemat listrik.

Diskusikan bersama orang tua tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan kebiasaan hidup hemat listrik.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan bersama orangtua dalam menciptakan kebiasaan hidup hemat listrik ialah :

  • Mematikan lampu pada siang hari
  • Mematikan lampu ketika akan tidur
  • Menggunakan lampu hemat daya listrik
  • Menggunakan peralatan rumah tangga seperlunya
  • Mencabut kabel aliran listrik dari peralatan yang sudah tidak digunakan, seperti TV, Casan dan lain-lain.

Demikian artikel kami kali ini, yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58. Jangan lupa untuk selalu mengecek dan memastikan jawaban yang kami sediakan sudah sesuai dengan soal-soal latihan pada buku siswa. Dari sekian banyak tugas-tugas sekolah yang telah adik-adik kerjakan yang menggunakan alternatif jawaban kami untuk menjawab soal-soalnya, semoga mendapatkan nilai yang bagus.

Jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas sekolah, tentunya tidak menutup kemungkinan adik-adik bisa berprestasi. Jangan lupa pula untuk melihat kelanjutan dari alternatif jawaban ini untuk tugas-tugas sekolah pada halaman berikutnya. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan kepada kami, sampaikan saja pada kolom komentar, terima kasih.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 52, 53, 54, 56, 57, 58 Tema 4 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1"