√ Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 59, 60, 61 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 59, 60, 61 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 2

Kunci jawaban tema 4 Kewajiban dan Hakku kelas 3 halaman 56, 57, 59, 60, 61 subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini dapat menjadi solusi buat para orang tua maupun siswa, dalam menjawab soal-soal latihan yang sulit pada buku siswa. Kami membuat alternatif jawaban ini tentu tidak asal menjawab soal-soal latihan saja, namun kami sudah membaca, kemudian memahami dan menjawab dengan jawaban yang sesuai dengan soalnya. Maka dari itu, jangan ragu untuk menjadikan jawaban ini sebagai jawaban pada buku tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 59, 60, 61 Tema 4 Kelas 3

Kalau adik-adik sekalian sebelumnya mengikuti blog Pojok Edukasi, pasti tentunya tahu kalau kami telah banyak berbagi atau memposting Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 yang bisa adik-adik lihat kembali pada artikel sebelummnya. Beberapa waktu yang lalupun kami memposting Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 49, 50, 51, 52. Dan semoga jawaban ini, yang adik-adik guankan pada tugas yang sudah dikumpulkan kepada guru, bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kami temukan saat ini ada cukup banyak pencarian terkait dengan kunci jawaban untuk tugas-tugas yang ada pada buku siswa, tak hanya kelas 3 saja, namun untuk kelas-kelas lainnya. Dan kitapun tahu kalau para siswa maupun orangtua itu sendiri memerlukan alternatif jawaban seperti ini. Dimana alternatif jawaban ini digunakan untuk menjawab soal-soal yang sulit yang tidak ditemukan jawabanya oleh adik-adik. Maka dari itu, kami disini hadir, menyediakan alternatif jawaban buat para orang tua serta adik-adik sekalian.

Lanjutan Jawaban :

Seperti yang sudah sering kami sampaikan, bahwa kami membuat jawaban-jawaban ini tidaklah asal jawab. Kami terlebih dahulu sudah mempelajari materi pada buku pelajaran, lalu mencari dan menjawab soal-soal dengan jawaban yang tepat dan benar. Dan ada beberapa jawaban kami ambil dari sumber-sumber lainnya, yang juga bagus dan kami pilih untuk digabungkan lengkap dalam satu artikel seperti ini. Namun kami juga harus sampaikan, bahwa kami disini hanya berusaha menjawab sebisa kami, kami tidak bisa menjamin jawaban pasti benar semuanya. Untuk itu kami selalu tekankan kepada adik-adik untuk memeriksa dan mengecek kembali setiap jawaban yang ada sebelum ditulis pada buku tugas.

Selain itu, kamipun selalu menyarankan para siswa, untuk terlebih dahulu mengerjakan dengan maksimal soal-soal latihan sebelum menggunakan alternatif jawaban ini. Kerjakan sebisa mungkin soal-soal yang mudah, dan cari jawabannya pada buku. Dan jikalau memang masih ada soal-soal yang sulit dan tidak adik-adik temukan jawabannya pada buku, barulah alternatif jawaban seperti ini digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang harus segera dikumpulkan kepada guru.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 56, 57, 59, 60, 61

Jika kita melihat kondisi kegiatan belajar mengajar saat ini, yang banyak sekolah-sekolah meniadakan kegiatan belajar tatap muka di sekolah dan menggantikannya dengan kegiatan belajar d rumah dan daring online, tentu kita tahu dampaknya siswa jadi kurang efektif belajar dan akan lebih banyak diberikan tugas oleh gurunya. Dampaknya tidak sedikit siswa yang merasa dibebankan dengan tugas-tugas sekolah.

Padahal tugas-tugas seperti ini memang menjadi salah satu penilaian para guru dalam situasi seperti ini, yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan belajar tatap muka. Serta nilai-nilai yang diperoleh adik-adik akan dicatat pada buku nilai yang kemudian pada akhir semester dihitung dengan nilai lainnya dan dimasukan pada nilai raport semester.

Maka dari itu, kami selalu menyemangati adik-adik, agar mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal dan selalu periksa jawaban dan cocokan dengan soal sebelum disalin pada buku tugas. Serta mulai dari saat ini sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan akhir semester, yaitu kegiatan penilaian akhir semester atau PAS.

Kunci Jawaban Halaman 56 Tema 4 Kelas 3

Ayo Mengamati

Amati gambar keadaan sekolah di atas!

Apa yang kamu lihat pada gambar? Bagaimana dengan tamannya? Mengapa dapat seperti itu?

Siapa yang membuat keadaan taman sekolah seperti itu? Bagaimana mereka melakukannya?

Alternatif Jawaban :

  • Yang saya lihat pada gambar tersebut ialah dua orang anak yang sedang menyiram dan merawat tanam sekolah.
  • Tamannya sangat indah dan bersih sekali.
  • Karena mereka selalu menjaga lingkungan sekolah dan merawat tanamannya.
  • Yang membuat keadaan taman seindah itu ialah para murid sekolah tersebut
  • Mereka bekerjasa sama dalam menjaga lingkungan dan merawat tanamannya.

Kunci Jawaban Halaman 57 Tema 4 Kelas 3

Diskusikanlah dengan teman-temanmu!

Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!

Kelompokkan hasil diskusimu menjadi kewajiban dan hak!

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 59, 60, 61 Tema 4 Kelas 3

Ayo Menulis

Apakah perbedaan sekolahmu dengan sekolah pada gambar? Apa yang sudah kamu lakukan untuk sekolahmu?

Ceritakan taman sekolahmu! Ceritakan juga apa yang sudah kamu lakukan agar taman sekolahmu indah!

Tulislah ceritamu di buku tulismu!

Alternatif Jawaban :

Sekolah kami begitu asri, hamparan rumput hijau dan tiga batang pohon mahony besar menjadi dekorasi alaminya. Cukup besar, sehingga mampu memuat belasan murid yang hendak memanjatnya secara sekaligus.

Terdapat halaman yang cukup besar di depan ruang guru. Luasnya sekitar setengah lapangan bola, dan ditengahnya terdapat tiang bendera, karena memang halaman ini diperuntukkan sebagai lapangan upacara.

Untuk membangkitkan semangat para murid, dengan sengaja dipasang speaker di empat sudut komplek sekolah kami. Hampir setiap pagi dikumandangkan lagu-lagu perjuangan seperti maju tak gentar, halo-halo Bandung, dan sebagainya.

Walau ditengah-tengah komplek sekolah disediakan lapangan bermain, namun bukan disitu tempat favorit kami. Tempat favorit kami adalah lapangan bola samping sekolah, tempat yang jauh dari ruang guru, wilayah yang bebas dari perasaan diawasi. Disana kami dapat melakukan nyaris apa saja, bermain sepak bola, mengejar burung ayam-ayam, bermain kasti, dan sebagainya.

Adapun ruang kelas kami, tak ada yang istimewa disana. Papan tulis hitam, kapur tulis yang debunya terbang kemana-mana, bangku dan meja kayu. Juga foto presiden dan wakilnya, dengan burung garuda mengangkang diantara keduanya. Empat puluh orang murid diharap akan betah berlama-lama di sana.

Kunci Jawaban Halaman 59 Tema 4 Kelas 3

Amati kembali teks Sekolah yang Indah dan Rapi!

Bacakan kalimat-kalimat saran yang kamu temukan!

Sampaikan dengan suara nyaring!

Alternatif Jawaban :

  • Semua siswa harus bekerja sama agar sekolahnya indah dan rapi.
  • Pohon-pohon yang ada harus dirawat bersama.
  • Siswa harus dapat membuat taman kelas.
  • Meja guru harus tertata rapi.
  • Papan tulis harus selalu bersih.
  • Kursi-kursi dan meja juga tidak boleh ada coretan.

Ayo Mencoba

Aku wajib menjaga sekolahku agar indah dan rapi. Aku tidak dapat berpangku tangan. Apa yang sebaiknya kulakukan?

Tuliskan saranmu di bawah ini!

Alternatif Jawaban :

Agar sekolahku indah dan rapi, sebaiknya lakukan beberapa hal seperti di bawah ini :

  • Semua siswa harus bekerja sama agar sekolahnya indah dan rapi.
  • Pohon-pohon yang ada  di lingkungan sekolah harus dirawat bersama.
  • Siswa harus dapat membuat dan menjaga taman kelas.
  • Di dalam kelas meja guru harus tertata rapi, papan tulis harus selalu bersih, dan kursi-kursi dan meja juga tidak boleh ada coretan.
  • Selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
  • Melakukan kegiatan Jumat bersih secara rutin.
  • Melakukan piket kelas secara rutin.
  • Membersihkan saluran air yang ada di lingkungan sekolah.
  • Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.
  • Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.

Menjaga keindahan dan kerapian sekolah adalah kewajiban setiap anak.

Hak apa yang kamu dapatkan dari kewajiban itu?

Kunci Jawaban Halaman 60 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 59, 60, 61 Tema 4 Kelas 3

Ayo Berlatih

Amati jawabanmu di atas!

Kapan kamu melakukan kegiatan tersebut? Apakah kegiatan itu membuatmu sehat?

Jelaskan satu kegiatan yang dapat membuatmu sehat!

Lakukanlah dengan percaya diri!

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 59, 60, 61 Tema 4 Kelas 3

Alternatif Jawaban :

Kegiatan Jumat Bersih

Kegiatan Jumat bersih dilakukan setiap hari Jumat pagi. Kegiatan Jumat bersih dilaksanakan setiap minggu sekali dengan melibatkan seluruh warga sekolah : guru , Karyawan dan seluruh peserta didik yang di pandu para Wali Kelas Masing-masing. Kegiatan Jumat bersih berguna untuk menjaga kebersihan sekolah supaya lingkungan sekolah tetap tampak hijau, bersih, asri dan rindang.

Gerakan Jum’at Bersih ini sangat bermanfaat karena membuat siswa terbiasa hidup bersih dan sehat sekaligus untuk meningkatkan serta mengembangkan budaya kerja sama dan gotong royong sesama siswa dan seluruh warga sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 61 Tema 4 Kelas 3

Ayo Bercerita

Kamu pasti pernah melakukan kegiatan saat waktu luang. Misalnya, saat sekolah libur.

Ceritakan kegiatan di waktu luang yang biasa kamu lakukan! Pastikan kegiatan itu dapat membuatmu sehat!

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 59, 60, 61 Tema 4 Kelas 3

Alternatif Jawaban :

Bersepeda diwaktu Luang

Bersepeda merupakan kegiatan yang mengasyikkan karena dengan bersepeda kita akan mudah bersosialisasi karena bertemu dengan teman sebayanya. Bagi anak-anak sepeda melambangkan sesuatu yang menyenangkan, waktu bermain, dan juga udara segar. Tak hanya itu saja, karena aktifitas bersepeda juga mempunyai manfaat lain yaitu manfaat kesehatan.

Setiap mengayuh pedal sepeda dapat membakar lemak serta memperkuat otot-otot kaki. Bersepeda di atas tanah yang bergelombang, menanjak, atau terdapat rintangan-rintangan lainnya akan melatih tubuh Anda, karena lebih banyak berat tubuh Anda dapat didukung oleh lengan serta bahu. Bersepeda sangat bermanfaat bagi keesehatan tubuh.

Sekian ulasan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 56, 57, 59, 60, 61 ini. Semoga saja, dengan kami berbagi alternatif jawaban seperti ini, adik-adik semua dapat terbantu dalam menyudahi tugas-tugas sekolah yang belum selesai. Dan tugas-tugas yang sudah adik-adik antar atau kumpulkan kepada guru, semoga bisa mendapatkan nilai yang maksimal. Dengan adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, tentu akan berpengaruh pula pada prestasi adik-adik.

Serta kami juga ingin ingatkan adik-adik semua, bahwa saat ini sudah memasuki akhir semester ganjil, setalah selesai menuntaskan pembelajaran pada buku siswa tema 4 ini, adik-adik akan melaksanakan kegiatan akhir semester yaitu, penilaian akhir semester atau PAS. Yang mana nilai-nilai dari kegiatan PAS ini juga sangat menentukan nilai akhir pada raport. Maka dari itu, persiapkan diri adik-adik mulai dari sekarang, perbanyak belajarnya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 59, 60, 61 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 2"