√ Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1

Kunci jawaban buku siswa tematik tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas 5 halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Subtema 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita pembelajaran 1 kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan berikut ini dapat adik-adik jadikan sebagai alternatif jawaban dalam menjawab semua soal-soal latihan yang ada pada buku siswa tema 6 subtema 2 pembelajaran 1. Dengan adanya alternatif jawaban ini, diharapan adik-adik sekalian dapat terbantu dalam menyelesaikan ataupun menjawab soal-soal latihan yang sulit, yang ada pada buku pelajaran.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Kami menyadari bahwa alternatif jawaban seperti ini cukup penting bagi para siswa, hal ini terbukti dari jumlah pencarian terkait kunci jawaban untuk tugas-tugas siswa pada buku pelajaran yang cukup tinggi. Maka dari itu kami disini turut andil dalam mengulas dan menyediakan apa yang saat ini sedang para orang tua maupun adik-adik sekalian perlukan. Jawaban-jawaban yang kami susun dan sediakan pada blog ini kami buat berdasarkan pengetahuan dan pemahaman kami terkait materi-materi dan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa, dan sebagian jawaban kami ambil dari sumber lainnya, yang kemudian kami pilih jawaban yang terbaik, lalu kami buat dalam satu artikel yang lebih lengkap seperti ini.

Pada postingan kami sebelumnya, kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5, yang mungkin juga adik-adik sudah melihatnya. Jika belum dapat dilihat pada artikel kami yang lalu Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66, 67. Kami tentunya sangat berharap, jawaban yang kami sediakan dan adik-adik jadikan sebagai alternatif jawaban untuk menjawab soal-soal bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar setelah guru koreksi nantinya tugas-tugas adik-adik sekalian. Sehingga adik-adik sekalian nantinya bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas yang dikerjakan dan dikumpulkan kepada guru.

Jawaban lainnya :

Jika adik-adik selalu mendapatka nilai yang bagus dari setiap tugasnya, tak menutup kemungkinan adik-adik bisa menjuarai kelas pada semester ini. Maka dari itu kami selalu mengingatkan agar mengerjakan semua tugas dengan maksimal. Dan adik-adikpun tahu bahwa buku siswa tema 6 ini dipelajari pada semester 2 atau semester genap yang mana buku ini menjadi buku materi pertama yang dipelajari pada awal semester 2. Dan buku siswa tema 6 ini merupakan lanjutan dari buku siswa tema sebelumnya. Dalam buku ini terdapat beberapa subtema, dan pada tiap subtemanya aka nada 6 kegiatan belajar, dimana seperti yang telah adik-adik ketahui kalau pada akhir kegiatan belajar pastinya guru seirng memberikan tugas-tugas.

Tugas-tugas yang diberikan guru menjadi tanggung jawab siswa untuk dikerjakan. Apalagi kita tahu dalam kondisi seperti sekarang ini, dimana para siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar secara online dan di rumah, tentu akan lebih banyak lagi tugas-tugas yang akan guru berikan kepada siswanya untuk dikerjakan. Tak hanya siswa saja, para orang tuapun akan ikut-ikutan kerepotan karena harus mengawasi serta membimbing anak-anaknya mengerjakan tugas, bahkan membantu menyelesaikan tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Tugas-tugas yang ada pada buku siswa dapat berupa tugas individual dan bisa juga tugas tersebut dalam bentuk kelompok. Serta tugas yang ada tidak selalu tentang soal-soal latihan saja, namun akan adik-adik jumpai juga jenis tugas lainnya seperti tugas membuat kesenian, tugas melakukan pengamatan dan menyajikan laporan hasil penelitian sederhana, ini tentunay tergantung dari mata pelajaran yang ada. dari tugas-tugas yang diberikan oleh guru inilah, guru bisa melihat kemampuan siswanya masing-masing.

Serta nilai-nilai yang nantinya didapat oleh siswa akan menjadi nilai tambahan, bahkan bisa nilai tersebut akan sangat pengaruh bagi guru dalam menentukan nilai akhir pada raport semester. Untuk itu selalu kerjakan tugas dengan maksimal. Dan selalu cek lagi setiap jawaban sebelum menuliskannya pada buku, karena kami disini hanya berbagi alternatif jawaban saja, kami tidak bisa menjamin bahwa semua jawaban yang kami sediakan ini, semuanya benar. Mungkin saja masih ada jawaban yang kurang tepat, maka dari itu selalu cek dan sesuaikan dengan soal-soal yang ada pada buku.

Selain kunci jawaban pada pembelajaran 1 ini, kami juga akan melanjutkan berbagialternatif jawaban untuk halaman berikutnya. Nah berikut ini, silahkan adik-adik lihat dan cari jawabannya sesuai dengan halaman tugas yang saat ini adik-adik kerjakan. Atau gunakan daftar isi di atas untuk langsung menuju ke halaman yang dimaksudkan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 71

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, carilah beberapa kata-kata kunci atau hal-hal penting dari setiap paragraf.

Perhatikan contoh berikut.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Perhatikan kembali bacaan di atas! kamu akan menemukan beberapa katakata yang dicetak miring dan digaris bawahi. 

Buatlah kalimat lengkap menggunakan kata baku yang tepat!

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Alternatif jawaban:

Kata : Api

Arti : Oksidasi cepat terhadap suatu material dalam proses pembakaran kimiawi yang menghasilkan panas, cahaya dan berbagai hasil reaksi kimia

Kalimat : Agar tidak kedinginan, para pendaki gunung membuat Api unggun

Kata : Panas

Arti : Energi yang berpindah akibat perbedaan suhu

Kalimat : Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda yang lain

Kata : Berpindah

Arti : Perubahan posisi atau beralih tempat

Kalimat : Panas dapat Berpindah dari api kompor ke dalam air yang ada dalam panci

Kata : Suhu

Arti : Besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda

Kalimat : Air yang mendidih menunjukkan Suhunya meningkat

Kata : Logam

Arti : Unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas, serta mempunyai titik cair tinggi.

Kalimat : Logam besi merupakan logam yang paling banyak digunakan oleh manusia.

Kata : Mendidih

Arti : Suatu kondisi di mana terjadi perubahan suatu zat dari fase cair menjadi fase gas

Kalimat : Air yang dipanaskan akan Mendidih pada suhu tinggi

Kata : Pancaran

Arti : Yang dipancarkan/disemburkan/dikeluarkan

Kalimat : Siang hari lebih panas karena Pancaran sinar Matahari

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 72

Berdasarkan bacaan berjudul “Perpindahan Panas dan Kalor, buatlah sebuah diagram tentang perpindahan panas yang kamu ketahui. Beberapa kata bantu telah dituliskan untuk mempermudah kamu menuliskan kalimat penting yang mewakili setiap paragraf!

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5
Alternatif Jawaban :

Perpindahan Panas atau Kalor

Ditunjukkan dengan peristiwa

  • Air dalam panci dipanaskan dengan api kompor akan mendidih
  • Panas dari sinar Matahari sampai ke Bumi

Terjadi dengan 3 cara :

1. Konduksi

Contoh : Panci logam yang panas karena diletakkan di atas kompor yang berapi

2. Konveksi

Contoh : Air yang di dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih

3. Radiasi atau pancaran

Contoh : Sinar Matahari yang sampai ke Bumi dan menghangatkan udara serta makhluk  hidup di Bumi

Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam tulisan satu paragraf. Gunakanlah kalimat lengkap menggunakan kata baku yang tepat.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 75

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini!

1. Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Paragraf Pertama

Hal-hal penting dalam bacaan :

  • Perpindahan kalor secara konduksi disebut juga perpindahan kalor secara hantaran
  • Pada peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, yang berpindah hanya energi kalornya saja
  • Umumnya, perpindahan kalor secara konduksi terjadi pada zat padat.

Paragraf Kedua

Hal-hal penting dalam bacaan :

  • Peristiwa konduksi dapat diumpamakan dengan kegiatan memindah buku secara estafet
  • Ketika memindahkan buku, hanya buku saja yang berpindah, sedangkan teman-teman yang memindahkan buku tidak ikut berpindah
  • Pada peristiwa konduksi, hanya kalor yang berpindah, zat perantaranya tetap

Paragraf Ketiga

Hal-hal penting dalam bacaan :

  • Saat membuat teh panas dan sebagian sendok masuk ke dalam teh panas, maka salah satu ujung sendok akan terasa panas
  • Perpindahan kalor secara konduksi, kalor akan berpindah dari benda bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah

Paragraf Keempat

Hal-hal  penting dalam bacaan :

  • Peristiwa konduksi dapat dijumpai pada saat memasah
  • Pada saat menggoreng, ujung spatula akan terasa panas walaupun ujungnya tidak bersentuhan dengan api kompor

Paragraf Kelima

Hal-hal penting dalam bacaan :

  • Setrika listrik menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi
  • Panas dari elemen akan berpindah ke bagian alas besi setrika yang tebal

2. Gambarkanlah cara perpindahan panas secara konduksi menurut pemahamanmu berdasarkan keterangan pada bacaan!

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Peristiwa konduksi yang berpindah hanya energi kalornya saja sedangkan zat perantara tidak ikut berpindah. Pada perpindahan kalor secara konduksi, kalor akan berpindah dari benda bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah

3. Tuliskanlah beberapa contoh peristiwa perpindahan panas secara konduksi berdasarkan bacaan di atas! Lalu tambahkanlah beberapa contoh serupa yang kamu jumpai dalam kehidupanmu sehari hari!

Contoh perpindahan panas secara konduksi berdasarkan bacaan:

  1. Saat membuat teh panas dengan sendok yang dicelupkan sebagian ke dalamnya, saat memegang salah satu ujung sendok, maka ujung sendok terasa panas
  2. Pada saat menggoreng, ujung spatula akan terasa panas walaupun ujungnya tidak bersentuhan dengan api kompor
  3. Pada setrika panas dari elemen akan berpindah ke bagian alas besi setrika yang tebal

Contoh perpindahan panas secara konduksi yang kamu temui dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Knalpot akan panas ketika mesin motor dihidupkan
  2. Pinggiran wajan akan ikut terasa panas, saat wajan bagian tengah dipanaskan dengan api kompor
  3. Sendok yang digunakan mengaduk kopi panas akan terasa ikut panas
  4. Logam pegangan kembang api akan ikut panas saat kembang api menyala
  5. Tutup panci akan terasa panas saat panci digunakan untuk memasak
  6. Mentega akan meleleh ketika diletakkan di wajan yang dipanaskan

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 76

Menyelidiki Perpindahan Panas secara Konduksi

Alat dan Bahan yang Diperlukan:

  1. Sebuah sendok dari logam
  2. 200 mL air hangat
  3. Sebuah gelas bening

Cara Kerja:

  1. Masukkan air hangat ke dalam gelas bening.
  2. Masukkan sendok ke dalam gelas yang berisi air hangat.
  3. Setelah beberapa saat peganglah ujung sendok dengan tanganmu.
  4. Tetaplah memegang ujung sendok selama lebih kurang 2—3 menit.
  5. Catatlah apa yang kamu rasakan.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 77

Setelah melakukan kegiatan di atas, jawablah pertanyaan berikut sebagai panduan membuat kesimpulan.

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa yang kamu rasakan setelah memegang sendok yang dimasukkan dalam air hangat?

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

2. Mengapa ujung sendok yang kamu pegang terasa panas?

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

3. Termasuk peristiwa apakah perpindahan panas pada percobaan ini?

Mengapa disebut demikian?

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Kesimpulan

Peristiwa penghantaran panas di mana zat perantaranya tidak ikut berpindah disebut Konduksi.

Dalam peristiwa perpindahan secara Konduksi, energi yang berpindah hanya energi kalornya saja, sedangkan zat perantaranya tidak ikut berpindah. Kalor akan berpindah dari benda dengan suhu tinggi menuju benda dengan suhu lebih rendah.

Ayo Renungkan

1. Apa saja pengetahuan baru yang kamu dapat dalam kegiatan belajar hari ini?

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

2. Sebutkanlah beberapa hal dalam kegiatan belajar hari ini yang ingin diketahui lebih dalam.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 78

3. Apa saja sikap dan keterampilan yang kamu kembangkan dalam kegiatan pembelajaran hari ini?

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5

Nah adik-adik sekalian, demikianlah ulsan kami kali ini, semoga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 ini dapat menjadi alternatif jawaban yang benar dan tepat nantinya setelah guru koreksi. Dan adik-adik sekalian bisa mendapatkan nilai yang bagus pada setiap tugas yang dikerjakan dan dikumpulkan. Dan jangan lupa juga untuk memeriksa jawaban sebelum menuliskannya pada buku, karena seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa kemungkinan masih ada jawaban yang kurang tepat.

Selain kunci jawaban ini, kamipun tentunya selalu melanjutkan alternatif jawaban ini untuk tugas-tugas sekolah pada halaman berikutnya. Maka dari itu selalu cek dan cari pada blog ini kelanjutan dari alternatif jawabannya. Gunakan menu navigasi atau menu pencarian agar lebih mudah menemukan apa yang adik-adik perlukan. Dan kami ingatkan lagi untuk terus giat dalam belajar, persiapkan diri untuk nantinya mengikuti kegiatan akhir, yaitu kegiatan penilaian akhir tahun.

Selanjutnya, kami mengajak adik-adik untuk turut berbagi alternatif jawaban ini kepada teman-teman sekelas lainnya, dengan berbagi artikel ini kemereka. Dengan itu, semoga saja akan lebih banyak lagi yang terbantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Dan jika memiliki pertanyaan, atau ingin reques pembahasan yang belum ada pada blog ini, silahkan sampaikan pada kami melalui komentar, terima kasih.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 75, 76, 77, 78 Tema 6 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1"