√ Kunci Jawaban Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 5 Pahlawanku kelas 4 halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan ini bisa adik-adik manfaatkan sebagai alternatif jawaban untuk menjawab soal-soal latihan yang belum terjawab oleh adik-adik. Dengan adanya alternatif jawaban ini, semoga saja adik-adik bisa secepatnya menyelesaikan tugas sekolah dan mengumpulkannya kepada guru kelas untuk dikoreksi dan dinilai. Dan kami berharap tentunya, bukan hanya cepat dalam menyelesaikan tugas, namun nilai yang adik-adik akan peroleh kelak bisa bagus dan maksimal.

Kunci Jawaban Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9 Tema 5 Kelas 4

Kami menyadari kalau alternatif jawaban seperti ini cukup diperlukan oleh para siswa maupun orang tua yang membantu anak-anaknya mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Apalagi dalam situasi persekolahan saat ini, banyak sekolah-sekolah yang meniadakan kegiatan belajar tatap muka dan menggantinya dengan kegiatan belajar online. Hal ini juga berdampak pada banyaknya tugas-tugas yang diberikan guru kepada siswanya. Maka tak heran jika kebanyakan siswa memanfaatkan alternatif jawaban yang ada untuk mengerjakan tugasnya.

Pada postingan kami yang lalu, kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 yang mungkin saja sudah adik-adik lihat dan banyak dimanfaatkan sebagai alternatif jawaban. Terkahir yang kami posting yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 132, 133, 134, 135, 136, 137, 138. Dari tugas-tugas yang sudah adik-adik selesaikan pada kegiatan belajar sebelumnya, semoga saja bisa berdampak baik buat adik-adik dalam hal nilainya.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun kami menyediakan alternatif jawaban ini, tapi tetap menganjurkan dan menyarankan kepada adik-adik sekalian untuk terlebih dahulu berusaha mengerjakan dan mencari sendiri jawabannya pada buku siswa. Namun jika waktu adik-adik sudah tak memungkinkan dalam mencari jawaban, atau sudah berusaha namun masih ada soal-soal yang belum terjawab, maka silahkan manfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk menyelesaiakn tugas adik-adik.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9

Tugas-tugas sekolah yang akan adik-adik kerjakan tentunya tak selalu tentang soal-soal latihan saja, namun ada juga tugas lainnya yang harus adik-adik kerjakan langsung, seperti tugas praktek, melakukan penelitian sederhana, membuat karya seni, bahkan bernyanyi. Namun disini kami tetap berusaha menyediakan semua jawaban yang adik-adik perlukan, baik itu hanya acuan atau contoh saja.

Baca : Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5

Dari tugas-tugas yang diberikan guru inilah nantinya adik-adik akan mendapatkan nilai tugas. Dan setiap nilai tugas yang adik-adik peroleh akan guru masukan pada buku nilai, yang mana di akhir semester kelak, semu anilai akan dihitung, termasuk nilai tugas yang lalu guru masukan pada nilai akhir raport semester. Jadi jangan anggap sepele tugas-tugas seperti ini, harusnya adik-adik berlomba dengan teman-teman lainnya untuk bisa mendapatkan nilai terbaik.

Namun meskipun nilai tugas seperti ini cukup penting, dan adanya alternatif jawaban seperti ini akan membantu adik-adik, kami juga ingin mengingatkan bahwa, adik-adik jangan selalu bergantung pada jawaban seperti ini, karena kami takutnya malah akan membuat adik-adik malas dalam belajar. Harus alternatif jawaban seperti ini bisa juga adik-adik manfaatkan sebagai bahan belajar untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan UAS yang tak lama lagi akan dilaksanakan.

Kunci Jawaban Halaman 1 Tema 5 Kelas 4

Ayo Berdiskusi

Amati gambar berikut!

Kunci Jawaban Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9 Tema 5 Kelas 4

Jawab pertanyaan di bawah ini!

1. Apa yang mereka lakukan?

Mereka sedang melakukan :

  • Menjenguk teman yang sakit
  • Mengamati lingkungan alam sekitar
  • Membantu teman membereskan buku dan tasnya

2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?

Mereka melakukan hal-hal yang baik yang patut diteladani

3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?

Menjenguk teman yang sedang sakit dan menghiburnya, saling menyayangi sesama makhluk hidup dan membantu orang lain.

Kunci Jawaban Halaman 3 Tema 5 Kelas 4

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 2!

Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!

1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!

Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman untuk rakyatnya antara lain :

  • Membangun saluran air (memperbaiki aliran sungai Gangga di daerah Cirebon, memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan).
  • Memberantas perampok seperti bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan.

2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!

Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah ikhlas, gigih dan berani berjuang untuk kesejahteraan dan keamanan rakyatnya.

Kunci Jawaban Halaman 4 Tema 5 Kelas 4

3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman?

Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur dan tidak kekeringan pada musim kemarau. Hidup rakyat Kerajaan Tarumanegara juga menjadi aman dan sejahtera.

4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat Kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?

Jika Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan maka rakyat Kerajaan Tarumanegara akan merasa sengsara, kejahatan merajalela, dan rakyat tidak dapat hidup dengan tenang.

5. Ceritakan kembali secara tertulis isi teks berdasarkan jawabanjawabanmu. Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut, dan menggunakan ejaan yang benar.

Raja Purnawarman adalah raja yang memerintah Kerajaan Tarumanegara yang memiliki sikap kepahlawanan. Ia berjuang untuk kesejahteraan rakyatnya. Raja Purnawarman memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon, memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur dan tidak kekeringan pada musim kemarau. Ia juga memimpin  pemberantasan bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Hidup rakyat Kerajaan Tarumanegara menjadi aman dan sejahtera. Rakyat mengabadikan telapak kaki Raja Purnawarman dalam bentuk prasasti yang dikenal dengan Prasasti Ciareteun sebagai wujud kecintaan rakyat terhadapnya.

Kunci Jawaban Halaman 5 Tema 5 Kelas 4

Ayo Mengamati

Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, tetapi juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah menginspirasi bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9 Tema 5 Kelas 4

Amati gambar di atas! Apa yang ingin kamu ketahui tentang perjuangan mereka?

Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!

Alternatif Jawaban :

Mengapa Sultan Hasanuddin dijuluki sebagai “Ayam Jantan dari Timur”?

Sultan Hasanuddin dijuluki sebagai “Ayam Jantan dari Timur” karena keberaniannya melawan penjajah dari Belanda.

Perjuangan apa yang telah dilakukan Sultan Iskandar Muda terhadap rakyat Aceh?

Menjadikan Aceh sebagai wilayah yang kuat, besar dan disegani oleh kerajaan lain; Membentuk angkatan perang dan memimpin perlawanan terhadap Portugis; Membangun ekonomi dan penataan pemerintah sehingga Aceh dapat mengalami masa kejayaan karena menjadi pusat perdagangan dan pengembangan ajaran Islam.

Perjuangan apa yang telah dilakukan Raja Balaputradewa untuk kerajaan yang dipimpinnya?

Membangun armada laut yang kuat, memperluas wilayah Kerajaan Sriwijaya, membawa Kerajaan Sriwijaya pada masa kejayaan dengan menjadi pusat ekonomi dan pendidikan.

Apa yang melatarbelakangi adanya Prasasti Ciareteun?

Prasasti Ciareteun diabadikan sebagai wujud cinta rakyat Kerajaan Tarumanegara terhadap Raja Purnawarman yang telah berjuang mensejahterakan rakyat.

Apa perjuangan terbesar yang dilakukan Mahapatih Gajah Mada dan Raja Hayam Wuruk?

Patih Gajah Mada dan Raja Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.

Kunci Jawaban Halaman 6 Tema 5 Kelas 4

Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.

Tuliskan nilai-nilai perjuangan dan peninggalan lainnya dari para raja yang memengaruhi masyarakat atau daerah di tempat kamu tinggal.

Tulisanmu bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda- benda bersejarah.

Alternatif Jawaban :

Raja Purnawarman, Kerajaan Tarumanegara, Jawa Barat

Raja Purnawarman dikenal sebagai seorang raja yang pandai, bijaksana, dan sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang paling terkenal adalah Prasasti Ciareteun.

Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya, Sumatera Selatan

Kerajaan Sriwijaya mengalami masa kejayaan seperti kemajuan yang sangat pesat dalam ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan ketika dipimpin oleh Raja Balaputradewa. Ia juga membangun armada laut yang kuat dengan tujuan agar jalur perdagangan dan pelayaran Sriwijaya menjadi aman. Meski demikian, Raja Balaputradewa tetap menjalin persahabatan dengan kerajaan lain. Ia juga membangun wihara sebagai bentuk persahabatan.

Mahapatih Gajah Mada

Banyak hal yang dapat dipelajari dan sangat menginspirasi para pemimpin saat ini dari kisah seorang Patih Gajah Mada yaitu kemauannya untuk menempa diri dengan meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman, kemampuan didalam menganalisa dan memecahkan masalah, ketegasannya dalam mengambil sutau keputusan, kewibawaannya, dan yang paling utama adalah komitmennya dalam memegang janjinya untuk menyatukan nusantara.

Kunci Jawaban Halaman 8 Tema 5 Kelas 4

Penjelasan Sifat-Sifat Cahaya dapat dilihat pada buku siswa halaman 7!

Catat proses percobaan dan peristiwa yang terjadi tersebut dalam lembar laporan berikut.

Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

Kunci Jawaban Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9 Tema 5 Kelas 4

Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengamatan dari percobaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa cahaya memiliki sifat dapat merambat lurus, dapat menembus benda bening, dapat dipantulkan dan dapat dibiaskan.

Kunci Jawaban Halaman 9 Tema 5 Kelas 4

Diskusikan hasil percobaanmu bersama teman-teman kelompok dan buat kesimpulan tentang sifat-sifat cahaya.

Kesimpulan dari sifat-sifat cahaya adalah cahaya dapat merambat lurus, cahaya dapat dipantulkan, menembus benda bening, dapat dibiaskan, dan dapat diuraikan.

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari dari materi hari ini?

Yang telah saya pelajari hari ini antara lain :

  • Sikap kepahlawaban dalam kehidupan sehari-hari
  • Nilai-nilai perjuangan dari tokoh-tokoh Indonesia
  • Sifat-sifat cahaya 

Apa yang ingin kamu ketahui lagi dari materi hari ini?

Yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang materi kali ini ialah mengenai sifat-sifat cahaya, saya ingin lebih jauh lagi mencoba mempraktekkannya sendiri.

Bagaimana sikapmu ketika mempelajari materi hari ini?

Saya sangat bersemangat sekali mempelajari materi ini dan nilai-nilai yang  saya pelajari pada materi kali ini bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari saya.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikanlah nilai-nilai perjuangan Raja Purnawarman di rumah. Dapatkah kamu menemukan nilai-nilai luhur dari sikap dan perilaku masyarakat di sekitarmu? Sampaikan hasilnya kepada teman di sekolah.

Adik-adik mendiskusikan kembali nilai-nilai perjuangan Raja Purnawarman, apa saja yang bisa diambil dari kepribadian beliau. Kemudian adika-dipun ditugaskan untuk menemukan nilai-nilai sikap dari masyarakat sekitar. Kemudian menyampaikannya kepada teman-teman sekolah.

Demikianlah ulasan kami pada artikel kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9. Kami selalu ingatkan adik-adik, agar mengecek dan memastikan kembali jawaban tersebut sudah sesuai dengan soalnya, barulah kemudian adik-adik salin pada buku tugas. Dengan adik-adik memanfaatkan alternatif jawaban ini untuk mengisi soal-soal latihan yang ada, kamipun tentunya berhadap semoga nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan maksimal.

Dan kami juga mengingatkan kepada para siswa untuk mulai giat dalam belajarnya, karena sama-sama kita tahu bahwa saat ini adik-adik sudah memasuki kegiatan belajar pada buku siswa tema 5, itu artinya tak lama lagi akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester. Persiapkan diri adik-adik mulai dari sekarang, raih nilai terbaik pada kegiatan UAS nantinya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1"