Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LENGKAP! Kunci Jawaban Halaman 103, 104, 105 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 103, 104, 105 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini dapat adik-adik jadikan sebagai alternatif jawaban untuk menjawab soal-soal latihan yang menjadi tugas sekolah. Kami berupaya menyediakan jawaban yang tepat agar adik-adik bisa menggunakan jawaban tersebut, dan dari jawaban tersebut pula adik-adik bisa mendapatkan hasil yang bagus. Untuk itu, jangan pernah ragu dalam menggunakan jawaban yang kami buat ini, silahkan adik-adik cari jawaban yang dibutuhkan sesuai dengan halaman tugas yang sedang dikerjakan saat ini.

Kunci Jawaban Halaman 103, 104, 105 Tema 5 Kelas 5

Adanya alternatif jawaban memang cukup menolong para siswa dalam menyelesaikan tugas sekolahnya. Maklum saja, dalam situasi seperti sekarang ini, dimana dunia pendidikan yang sebelum menerapkan sistem belajar tatap muka, harus menyesuaikan dengan keadaan, kegiatan belajar mengajar harus berubah menjadi kegiatan belajar online. Dan pastinya para siswa harus bisa menyesuaikan dengan keadaan. Kegiatan belajar secara online akan lebih banyak memberikan penugasan kepada siswanya. Jadi tak heran jika siswa saat ini cukup terbebankan dengan tugas-tugas sekolah, dan alternatif jawaban seperti inilah yang menjadi solusinya.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5, yang dapat adik-adik lihat juga serta cari jawaban yang masih memang dibutuhkan saat ini untuk menyelesaikan tugas sekolah. Jangan luap juga untuk melihat alternatif jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelumnya pada artikel kami Kunci jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 94, 95, 96, 97. Kami berusaha memberikan jawaban-jawaban terbaik untuk adik-adik, agar nantinya adik-adik juga bisa meraih nilai yang bagus dari tugas ini.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun adik-adik terbantu dalam mengerjakan tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban ini, tapi kami tetap menganjurkan adik-adik, untuk terlebih dahulu berusaha dalam mencari jawabannya sendiri pada buku siswa. Ini kami maksudkan, agar adik-adik tidak terlalu bergantung sepenuhnya dengan alternatif jawaban. Kami hanya khawatir nantinya adik-adik jadi malas membaca dan belajar. Karena ada hal yang lebih penting lagi yang perlu adik-adik persiapkan, yaitu kegiatan penilaian akhir semester atau PAS yang sudah semakin dekat.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 103, 104, 105

Tugas yang terdapat pada buku siswa tema 5 Ekosistem kelas 5 ini tidak hanya soal-soal latihan saja, tetapi adik-adik juga akan mengerjakan jenis tugas lainnya seperti tugas membuat karya seni, bernyanyi, melakukan pengamatan, membuat poster, membuat laporan hasil percobaan dan lainnya, tergantung dengan materi yang dipelajari pada buku pelajaran. Dan kami disini telah berusaha untuk menyediakan semua jawaban yang ada pada buku siswa, baik itu jawaban langsung, ataupun hanya sekedar contoh saja, yang bisa dijadikan acuan oleh adik-adik.

Mendapatkan nilai yang bagus pada tugas-tugas harian seperti ini tentu menjadi impian adik-adik. Karena dari tugas-tugas seperti inilah seorang guru dapat mengambil nilai muridnya, yang kemudian nilai tersebut akan dimasukan pada buku nilai dan dihitung pada akhir semester nantinya dan dimasukan pada raport semester. Sudah menjadi hal wajib untuk giat belajar jika adik-adik ingin mendapatkan nilai yang bagus.

Selain mengerjakan tugas-tugas seperti ini, adik-adik juga harusnya sudah menyadari, jika adik-adik harus mulai serius dalam belajar dan mempersiapkan diri dari sekarang. Pasalnya adik-adik tak lama lagi akan mengikuti kegiatan penilaian akhir semester yang diadakan sekolah. Dimana nilai yang kelak adik-adik peroleh dari kegiatan PAS ini akan sangat menentukan sekali nilai akhir raport semester, makanya perlunya persiapan dari sekarang.

Kunci Jawaban Halaman 103 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan-kegiatan berikut ini.

Mencari Arti Kosakata Baru

  1. Garis bawahilah beberapa kosakata baru dari bacaan di atas.
  2. Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku catatanmu.
  3. Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  4. Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat lengkap.

Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Halaman 103, 104, 105 Tema 5 Kelas 5

Contoh kalimat :

  1. Ekosistem hutan bisa rusak jika tidak ada kesadaran dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikannya.
  2. Menghemat energi berarti tidak menggunakan energi listrik untuk suatu hal yang tidak berguna. 
  3. Produsen merupakan makluk hidup yang dapat membuat makanananya sendiri.
  4. Konsumen adalah makhluk hidup yang mendapatkan makanan dari makhluk hidup lain. 
  5. Herbivora adalah hewan yang makanannya berupa tumbuhan seperti rumput, daun-daunan, biji-bijian dan buah-buahan.
  6. Predator puncak merupakan predator yang menduduki bagian atas rantai makanan.
  7. Masalah yang berat dan kompleks dicoba dengan solusi yang ringan dan sederhana.
  8. Komponen-komponen yang menjadi penyebab terbentuknya ekosistem, yakni komponen biotik dan abiotik.
  9. Ada beberapa jenis hewan yang hidup dengan cara memangsa hewan lainnya.
  10. Hewan karnivora memiliki peranan penting di dalam sistem keseimbangan alam dan ekosistem.
  11. Omnivora tetap memainkan peranan yang besar untuk aliran energi dalam pola ekosistem.

Membuat Peta Pikiran

Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pokok pikiran utama pada setiap paragraf. Temukanlah kata kunci pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk membuat cabang utama pada peta pikiranmu. Temukanlah informasi penting pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk melengkapi cabang utama dari setiap paragraf yang telah kamu buat sebelumnya.

Buatlah peta pikiranmu semenarik mungkin, lalu presentasikan di depan kelas dengan percaya diri.

Kunci Jawaban Halaman 103, 104, 105 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 104 Tema 5 Kelas 5

Ayo Mencoba

… Kamu akan bekerja sama dengan beberapa orang temanmu di dalam kelompok. Sediakanlah beberapa alat dan bahan seperti koran atau majalah bekas, atau sumber informasi lain, gunting, lem, kertas karton ukuran A3, dan alat tulis. Berbagilah tugas dengan teman sekelompokmu berdasarkan langkah kegiatan berikut ini.

  1. Setiap kelompok akan mendapatkan jenis ekosistem yang berbeda.
  2. Pelajarilah ekosistem tersebut dengan mencari informasi tentang komponen biotik dan abiotik yang menjadi bagian ekosistem tersebut.
  3. Carilah informasi tentang hewan dan tumbuhan yang ada pada ekosistem tersebut.
  4. Tentukanlah sebuah jaring-jaring makanan yang mungkin terjadi pada ekosistem tersebut.
  5. Carilah gambar hewan atau tumbuhan dari sumber informasi yang ada yang sesuai dengan jaring-jaring makanan yang telah kamu tentukan. Potong dan kumpulkan.
  6. Di atas kertas karton A3, susunlah jaring-jaring makanan yang ada pada ekosistem tersebut.
  7. Berikanlah keterangan yang menarik tentang ekosistem dan jaringjaring makanan yang terjadi pada ekosistem tersebut. Kamu juga dapat mencantumkan fakta menarik tentang makhluk hidup yang ada pada jaring-jaring makananmu, demikian juga dengan fakta menarik tentang ekosistem pilihanmu.
  8. Susunlah jaring-jaring makanan dan keterangannya dengan menarik.
  9. Presentasikan hasil karyamu di depan kelas dengan percaya diri.

Alternatif Jawaban :

1. Ekosistem Darat

Ekosistem darat ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Ekosistem darat dibedakan menjadi beberapa ekosistem, yaitu sebagai berikut.

Ekosistem Padang Rumput

Ekosistem padang rumput adalah ekosistem yang terjadi di daerah padang rumput. Tumbuhan yang ada terdiri atas tumbuhan terna (herbs) dan rumput yang keduanya tergantung pada kelembapan. Hewannya antara lain: bison, zebra, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kangguru, serangga, tikus dan ular.

Jaring Jaring Makanan Di Ekosistem Padang Rumput

Kunci Jawaban Halaman 103, 104, 105 Tema 5 Kelas 5

Fakta Menarik

  • Terbentuknya padang rumput secara alami lebih banyak disebabkan cuaca tepatnya oleh rendahnya tingkat curah hujan.
  • Padang rumput merupakan kediaman bagi hewan-hewan yang merumput dan juga para pemakan daging yang memangsa mereka. 
  • Manusia telah mengubah padang rumput. Pada masa lalu beberapa jenis hewan padang rumput telah diburu terlalu banyak.

2. Ekosistem Perairan

Ekosistem perairan adalah ekosistem yang kompone abiotiknya sebagian besar terdiri atas air. Ekosistem perairan dibedakan atas ekosistem air tawar dan ekosistem air Laut.

Ekosistem Air Laut

Ekosistem laut atau disebut juga ekosistem bahari merupakan ekosistem yang terdapat di perairan laut. Ekosistem air laut dibedakan atas lautan, pantai, estuari, dan terumbu karang.

Jaring-Jaring Makanan Di Ekosistem Laut

Kunci Jawaban Halaman 103, 104, 105 Tema 5 Kelas 5

Fakta Menarik

  • Lapisan atas laut yang dikenal sebagai zona eufotik dan merupakan bagian terpanas dari ekosistem karena menerima banyak sinar matahari. 
  • Ada lebih dari 1 juta spesies tanaman dan hewan yang ditemukan hidup di lautan dunia.
  • Ekosistem laut terbesar di dunia adalah Samudra Pasifik, yang mencakup sekitar 30 persen dari permukaan bumi.

Kunci Jawaban Halaman 105 Tema 5 Kelas 5

Ayo Menulis

Bagaimana hasil kerja kelompokmu? Memuaskan, bukan? Kali ini kamu akan melakukan kegiatan secara individu dengan membuat tulisan tentang ekosistem pilihan kelompokmu. Dengan keterangan dan informasi yang kamu kumpulkan tentang ekosistem pilihan kelompokmu, buatlah sebuah tulisan

yang menjelaskan secara lebih detail hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan dalam ekosistem tersebut. Jelaskanlah kemungkinan-kemungkinan yang akan memengaruhi keadaan rantai makanan yang ada.

Tuliskan pemahamanmu tentang hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan tersebut dalam sebuah tulisan sepanjang tiga paragraf.

Alternatif Jawaban :

Ekosistem Sawah

Sawah merupakan sebuah jenis ekosistem buatan yang berbentuk lahan pertanian dengan memiliki permukaan tanah cukup rata dan memiliki pematang sebagai pembatasnya. Kebutuhan pangan manusia inilah yang menyebabkan pembentukan ekosistem ini. Tanaman yang berada disawah yang paling sering di temui adalah padi, kacang – kacangan, cabai dan masih banyak lagi.

Komponen ekosistem sawah ada yang berupa biotik dan adapula yang berupa abiotik. Kumpulan biotik seperti hewan dan tumbuhan sedangkan abiotik seperti batu, air, sinar matahari dan lain – lain. 

Alur pada rantai makanan di sawah umumnya memiliki alur sebagai berikut: produsen → konsumen I → konsumen II → konsumen III → pengurai atau dekomposer. Produsen diduduki oleh badi yang mendominasi sawah. konsumen I biasanya didominasi oleh pemakan padi misalnya tikus. Konsumen II merupakan pemakan konsumen I, biasanya konsumen ini merupakan binatang karnivora misalnya saja ular. Konsumen III sampai IV merupakan pemakan konsumen sebelumnya. Contoh konsumen III adalah burung elang, sedangkan konsumen IV adalah manusia.Sedangkan pengurai merupakan konsumen akhir yang menguraikan senyawa organisme yang telah mati. Pada ekosistem sawah yang merupakan tipe pengurai yaitu bakteri, jamur, dan berbagai jenis cacing.

Ayo Berlatih

1. Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan?

Jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari berberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem.

2. Apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem?

Fungsi jaring-jaring nakaanan adalah untuk mengetahui interaksi antar spesies makhluk hidup dari beberapa rantai makanan pada suatu ekosistem.

3. Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan?

Terdapat beberepa perbedaan, pertama yaitu makhluk hidup yang terlibat dalam rantai makanan lebih sedikit dibanding jaring-jaring makanan. Kedua, aliran energi pada rantai makanan terjadi dalam satu arah, sedangkan aliran energi pada jaring-jaring makanan terjadi dalam arah yang lebih kompleks.

Ayo Renungkan

Hal baru apa sajakah yang kamu dapatkan pada kegiatan pembelajaran hari ini? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang kamu kembangkan pada kegiatan pembelajaran hari ini?

Pada hari ini saya telah belajar tentang pengetahuan hubungan antarkomponen ekosistem, hubungan antarmakhluk hidup dalam jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem, mempresentasikan komponen-komponen dan hubungan antarkomponen ekosistem yang terdapat serta bagan tentang hubungan antarmakhluk hidup dalam jarin-gjaring makanan dalam ekosistem. Sikap yang saya kembangkan adalah Cermat, Teliti, dan Mandiri.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, temukan dan tentukan seekor hewan yang paling kamu sukai atau yang paling ingin kamu ketahui lebih banyak. Carilah gambar tentang hewan tersebut beserta dengan keterangan dan fakta menarik tentang hewan tersebut. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang keterlibatan hewan tersebut dalam sebuah jaring-jaring makanan dalam ekosistem. Lalu, gambarlah pada sebuah kertas. Buatlah dengan rapi dan menarik, lengkap dengan informasi tentang jaring-jaring makanan yang melibatkan hewan tersebut.

Alternatif Jawaban :

Jaring-jaring Makanan Kucing

Kunci Jawaban Halaman 103, 104, 105 Tema 5 Kelas 5

Fakta Menarik

Kucing merupakan binatang peliharaan yang paling populer. Kucing merupakan hewan dari kelas mamalia. Berdasarkan makanannya kucing termasuk binatang karnivora karena pemakan daging. Ciri karnivora terlihat dari strutur gigi kucing yang tajam dan bertaring.

Demikian artikel kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 103, 104, 105. Untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas seperti ini, adik-adik haruslah mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan teliti. Kami menyarankan agar adik-adik selalu membaca dan mengecek lagi jawaban-jawaban yang kami sediakan diatas, untuk memastikan saja, bahwa memang jawaban tersebut sudah sesuai dengan soalnya. Hal ini kami maksudkan, agar kelak tidak ada kesalahan kekeliruan dilain waktu, karena kamipun tentunya tak lepas dari kesalahan dan kekeliruan, maka alangkah baiknya jika adik-adik teliti kembali jawaban tersebut.

Saat ini kegiatan belajar adik-adik sudah memasuki subtema 3 pda buku siswa tema 5. Itu artinya kegiatan belajar mengajar di untuk semester ganjil sudah hampir selesai dilaksanakan. Selanjutnya adik-adik semua akan melanjutkan kegiatan ulangan akhir semester atau yang dikenal sekarang dengan penilaian akhir semester atau PAS. Jika adik-adik menginginkan nilai yang bagus dan tinggi pada raport semester, maka maksimalkan juga untuk bisa mendapatkan nilai terbaik pada kegiatan UAS nantinya. Maka dari itu, mulai saat ini persiapkan diri dengan memperbanyak belajar.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Posting Komentar untuk "LENGKAP! Kunci Jawaban Halaman 103, 104, 105 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1"