√ Kunci Jawaban Halaman 108, 109, 110, 111 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 108, 109, 110, 111 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 108, 109, 110, 111 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami bagikan berikut ini, dibuat dengan sebenar-benarnya, dengan terlebih dahulu membaca, mempelajari dan memahami materi yang ada pada buku pelajaran, baru kemudian kami membuat dan menjawab soal-soal latihan dengan jawaban yang kami anggap benar dan tepat. Kami yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini dapat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah dan mendapatkan nilai terbaik.

Kunci Jawaban Halaman 108, 109, 110, 111 Tema 5 Kelas 5

Memang saat ini banyak dari siswa yang memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Melihat hal tersebut, kami tergerak untuk turut andil dalam menyajikan jawaban-jawaban yang saat ini diperlukan oleh siswa. Dan sebenarnya tak hanya siswa saja, kami juga melihat sebagian orang tua yang turut membantu anak-anaknya mengerjakan tugas sekolah juga tak sedikit yang mencari alternatif jawaban seperti ini.

Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa memang kami disini mencoba memberikan jawaban-jawaban terbaik dan tepat. Namun kami tentunya hanya berusaha semampu kami, jikapun ternyata masih adik-adik temukan jawaban yang kiranya kurang tepat, maka silahkan saja diperbaiki.

Lanjutan Jawaban :

Sebelumnya, pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 yang bisa adik-adik lihat juga dan manfaatkan alternatif jawabannya jika masih ada tugas yang belum terselesaikan pada halaman sebelumnya. Dan lihat juga jawaban yang baru kemaren kami posting untuk tugas pada kegaitan belajar sebelum ini pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 103, 104, 105. Kami tentunya sangat senang bisa turut andil dalam membantu adik-adik mengerjakan tugas-tugas sekolah. Apalagi dari tugas ini nantinya adik-adik bisa meraih nilai tertinggi.

Dengan memangfaatkan alternatif jawaban tentu soal-soal yang sulitpun akan bisa dijawab, karena memang kami disini sudah menyediakan semua jawaban untuk soal-soal yang ada pada buku siswa. Namun tentunyam meskipun ada alternatif jawaban seperti ini, kami tetap mengingatkan adik-adik, agar terlebih dahulu berusaha mencari sendiri jawaban untuk soal-soal yang mudah. Kami tentu yakin adik-adik bisa menjawab sendiri soal tersebut. Kalaupun memang ternyata adik-adik atak punya banyak waktu untuk membaca materi pada buku, maka silahkan saja pergunakan dengan bijak jawaban yang sudah kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 108, 109, 110, 111

Seperti yang adik-adik ketahui, jika buku siswa tema 5 kelas 5 ini merupakan buku materi pelajaran yang adik-adik pelajari pada semester ganjil atau semester satu. Dan menjadi buku materi terkahir yang akan adik-adik pelajari pada semester ganjil ini. Selanjutnya adik-adik akan melanjutkan materi pada buku siswa tema 6 dan seterusnya pada semester genap. Setelah adik-adik menyelesaikan semua materi pelajaran pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester atau sekarang ini dikenal dengan penilaian akhir semester.

Dalam buku siswa tema 5 ini terdapat tugas-tugas yang akan adik-adik kerjakan, seperti soal-soal latihan, tugas membuat poster, tugas kesenian, melakukan pengamatan, membuat laporan percobaan dan lainnya. Selain buku siswa tema 5 ini, adik-adik juga tentunya akan mempelajari materi pada buku pelajaran lainnya, seperti buku matermatika, penjas, pendidikan agama dan lainnya sesuai dengan sekolah masing-masing.

Mengerjakan tugas seperti ini memang sudah menjadi kewajiban adik-adik sebagai siswa. Karena dari tugas-tugas seperti inilah seorang guru akan memberikan nilai kepada siswanya sesuai dengan jumlah benar dari tugas tersebut. Dan nilai ini cukup membantu adik-adik dalam menentukan nilai akhir pada raport semester. Maka dari itu, jangan sepelehkan tugas-tugas seperti ini, apalagi adik-adik tidak mengerjakannya, karena sedikit banyaknya akan sangat berpengaru pada prestasi adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 108 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sebangkumu, buatlah beberapa pertanyaan berdasarkan pokok pikiran yang ada pada setiap paragraf dari bacaan tersebut. Usahakanlah untuk membuat dua atau lebih pertanyaan dari setiap paragraf dengan menggunakan kata tanya yang berbeda. Catatlah pertanyaanmu di dalam tabel seperti contoh berikut ini. 

Kunci Jawaban Halaman 108, 109, 110, 111 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 109 Tema 5 Kelas 5

Ayo Mengamati

Perubahan terjadi di sekeliling kita. Setiap perubahan yang terjadi akan memengaruhi komponen lain yang ada dalam jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem.

  1. Amati kembali hasil pekerjaan kelompokmu tentang jaring-jaring makanan pada pembelajaran sebelumnya.
  2. Buatlah skenario perubahan yang mungkin terjadi pada ekosistem tersebut. Misal perubahan karena musim, bencana alam, atau kegiatan manusia.
  3. Lalu, catatlah kemungkinan yang akan terjadi pada jaring-jaring makanan yang ada pada ekosistem.
  4. Catat juga akibat perubahan itu terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan pada ekosistem tersebut pada kolom keterangan (lihat contoh berikut ini).
  5. Buatlah diagram untuk menunjukkan perubahan tersebut. Kamu dapat menggunakan gambar untuk memperjelas diagrammu.
  6. Jelaskanlah hasil diskusimu di depan kelas.

Untuk jawaban ini silahkan disesuaikan dengan pekerjaan kelompok. Catatlah perubahan yang terjadi pada ekosistem yang dibahas oleh kelompok tersebut.

Ayo menulis

Dari hasil pengamatan, diskusi, dan presentasi yang kamu lakukan bersama dengan anggota kelompokmu, tentu kamu telah belajar sesuatu, bukan?. Berdasarkan pengamatanmu, tuliskan pengalamanmu pada sebuah tulisan yang terdiri atas tiga paragraf. Paragraf pertama tentang perubahan yang mungkin terjadi. Paragraf kedua menjelaskan akibat perubahan terhadap makhluk hidup yang ada pada jaring-jaring makanan. Paragraf ketiga menjelaskan kesimpulan dari perubahan tersebut terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan. Jangan lupa untuk menggunakan kosakata baku dan ejaan bahasa Indonesia yang benar.

Alternatif Jawaban :

Penyebab dan Akibat Perubahan dalam Sebuah Jaring-jaring Makanan.

Paragraf 1 : Perubahan yang Terjadi

Jaring-jaring makanan merupakan suatu gabungan dari rantai makanan yang saling berhubungan dalam ekosistem. Jaring jaring makanan bisa berubah. Perubahan pada suatu bagian dari sebuah jaring-jaring makanan akan mengubah bagian yang lain.  Perubahan tersebut bisa berkurang atau bertambahnya jumlah populasi dalam jaring makanan. 

Paragraf 2 : Akibat Perubahan

Pada saat tumbuhan tumbuh dengan baik akan meningkatkan jumlah hewan atau konsumen yang memakan tumbuhan. Pada ekosistem sawah misalnya peningkatan jumlah tikus.. Peningkatan jumlah tikus, akan meningkatkan jumlah ular sawah. Meningkatnya ular sawah akan meningkatkan jumlah burung elang dan demikian seterusnya. Sedangkan pada musim kemarau berlaku sebalilnya. Berkurangnya jumlah tumbuhan akan mengurangi jumlah populasi komponen lainnya.

Paragraf 3 : Kesimpulan

Jaring jaring makanan sangat berpengaruh pada kehidupan makhlup hidup. Semua komponen dalam jaring-jaring makanan saling memengaruhi. Berkurang atau bertambahnya salah satu komponen akan memengaruhi komponen lainnya.

Kunci Jawaban Halaman 110 Tema 5 Kelas 5

Ayo Mengamati

Bersama dengan teman sebangkumu, amatilah properti tari apa saja yang digunakan oleh penari Tari Merak. Buatlah daftar dan cari tahu fungsi setiap properti tari tersebut. Lalu bersama dengan guru, amatilah dengan saksama gerakan Tari Merak. Apabila diperlukan, amatilah gerakan burung merak yang sesungguhnya melalui video atau film.

Lalu, lihatlah gerakan-gerakan tari yang ada pada tarian tersebut. Kuasailah beberapa gerakan tari pada Tari Merak, lalu berlatihlah bersama kelompokmu dengan menggunakan iringan musik Macan Ucul yang biasa digunakan sebagai lagu pengiring Tari Merak.

Alternatif Jawaban :

Busana atau Properti Tari Merak

Tari merak merupakan jenis tarian yang menggambarkan gerakan-gerakan burung merak. Beberapa kelengkapan pakaian/properti yang digunakan pada tari merak antara lain sebagai berikut.

Kunci Jawaban Halaman 108, 109, 110, 111 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 108, 109, 110, 111 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 111 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

1. Sebutkanlah beberapa penyebab terjadinya perubahan dalam ekosistem.

Beberapa penyebab perubahan dalam ekosistem adalah, pertama faktor alam yaitu perubahan musim dan bencana alam serta. Kedua faktor manusia yaitu kegiatan industri, kegiatan rumah, dan pembukaan lahan hutan yang menimbulkan kerusakan ekosistem.

2. Sebutkanlah kegiatan di sekitar tempat tinggalmu yang dapat mengakibatkan perubahan ekosistem. Jelaskanlah alasanmu!

Kegiatan di sekitar tempat tinggalku yang dapat mengakibatkan perubahan ekosistem seperti kegiatan rumah tangga seperti mencuci menggunakan detergen dan membuang sampah plastik sembarangan . Kedua hal ini dapat menyebabkan perubahan ekosistem karena menimbulkan polusi bagi tanah dan air.

3. Sebutkanlah beberapa penyebab terjadinya perubahan dalam ekosistem. Perubahan manakah yang paling sering terjadi di sekitarmu?

Penyebab perubahan dalam ekosistem yang sering terjadi di sekitarku adalah kegiatan industri, kegiatan rumah tangga, dan pembukaan lahan hutan yang menimbulkan kerusakan ekosistem. Dan perubahan yang paling sering terjadi di sekitarku adalah matinya tumbuh-tumbuhan yang hidup di sekitar tempat pembuangan limbah rumah tangga seperti air cucian.

Ayo Renungkan

Perhatikanlah kegiatan yang kamu lakukan setiap hari. Adakah dari kegiatan tersebut yang dapat memengaruhi jaring-jaring makanan yang ada di lingkunganmu? Sikap apa yang perlu dikembangkan untuk menjaga lingkungan sekitar dan menjaga jaring-jaring makanan tetap terjaga di lingkungan sekitarmu?

Beberapa kegiatan di sekitar lingkunganku yang memengaruhi jaring-jaring makanan adalah perburuan hewan ular. Sikap yang perlu dikembangkan untuk menjaga lingkungan sekitar dan menjaga jaring-jaring makanan adalah peduli terhadap lingkungan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, cari dan amati beberapa jenis hewan yang ada di sekitarmu. Lalu, amati gerakan-gerakan khas dari hewan tersebut. Tirulah gerakan tersebut dan tunjukkanlah di depan orang tuamu.

Untuk tugas kerja sama dengan orang tua ini, silahkan adik-adik sesuaikan dengan jenis hewan yang ada di sekitar rumah atau lingkungan adik-adik. Lakukan sesuai perintah diatas.

Sekian artikel yang bisa kami sampaikan kepada adik-adik sekalian, terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 108, 109, 110, 111. Dengan memanfaatkan jawaban ini, kami yakin adik-adik bisa menyelesaikan semua tugas sekolah tepat waktu. Selain itu nilai yang nantinya akan adik-adik dapatkan dari tugas tersebut muda-mudahan bisa maksimal. Jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang tinggi atau bagus dari tugas-tugas seperti ini, tentu akan sangat baik sekali. Nilai tersebut kelak akan dihitung dan dimasukan pada raport semester.

Berbicara tentang nilai, selain nilai dari tugas-tugas seperti ini yang penting bagi adik-adik, ada juga nilai yang penting, yaitu nilai ulangan akhir semester atau sekarang disebut dengan penilaian akhir semester atau PAS. Dan kegiatan PAS ini tak lama lagi akan dilaksanakan, setelah adik-adik menyelesaikan kegiatan belajar pada buku siswa tema 5 ini. Maka dari itu, seharusnya adik-adik saat ini sudah sibuk mempersiapkan diri dengan giat belajar, agar kelak saat mengikuti PAS, adik-adik memiliki persiapan yang matang, dan bisa dengan mudah menyelesaikan soal-soal PAS.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 108, 109, 110, 111 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 2"