√ Kunci Jawaban Halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 3

Kunci jawaban tema 5 Pahlawanku kelas 4 halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116 subtema 3 Sikap Kepahlawanan pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami buat dan sediakan pada artikel ini, dapat adik-adik manfaatkan sebagai jawaban dalam menjawab soal-soal latihan yang sulit yang mungkin belum adik-adik temukan jawabannya pada buku. Kami terlebih dahulu telah membaca, mempelajari dan memahami isi materi pada buku siswa. Jadi kami cukup yakin jika jawaban ini bisa menjadi jawaban yang cukup baik. Dan semoga saja, jawaban yang kami buat ini bisa menjadi peranraa buat adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116 Tema 5 Kelas 4

Tak bisa dipungkiri bahwa memang kunci jawaban seperti ini cukup membantu para siswa dalam menjawab soal-soal latihan pada buku siswa. Memang pada dasarnya jawaban setiap soal hampir semuanya tersedia pada buku siswa. Namun kamipun memahami jika saat ini, dimana keiatan belajar mengajar banyak dilakukan secara online, tentu membuat siswa juga banyak diberikan tugas oleh gurunya. Dan tak heran jika alternatif jawaban seperti ini menjadi solusi untuk siswa dalam menyelesaikan tugas yang harus segera dikumpulkan kepada guru kelas.

Sebelumnya, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4. Mungkin adik-adik sudah mengikuti blog kami sebelumnya dan sudah melihat dan menggunakan alternatif jawaban yang kami bagikan. Mungkin adik-adik juga memerlukan alternatif jawaban untuk tugas pada kegaitan belajar sebelumnya, nah silahkan lihat pada postingan kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 101, 102, 104, 105, 106, 107, 108, 109. Bukan hanya tugas adik-adik yang terselesaikan tepat waktu, kamipun berharap nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun dengan alternatif jawaban ini adik-adik akan terbantu dalam mengerjakan tugas sekolah, namun kami selalu menyarankan agar adik-adik sendiri setidaknya berusaha dulu mencari jawaban pada buku siswa. Karena kami yakin ada soal-soal latihan yang mudah dan bisa adik-adik jawab sendiri. Namun kalau memang adik-adik sudah berusaha mencari jawaban dan belum menemukannya, maka tidak ada salahnya memanfaatkan alternatif jawaban yang kami buat ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116

Buku siswa tema 5 dengan judul tema Pahlawaku ini menjadi buku materi terkahir yang siswa kelas 4 pelajari pada semester ganjil. Dan dalam buku siswa tema 5 ini tentunya juga terdapat banyak tugas yang harus siswa kerjakan. Bukan hanya soal-soal latihan saja, namun ada jenis tugas lainnya seperti, tugas kelompok, tugas mengamati lingkungan sekitar, membuat laporan percobaan, membuat kesenian, bernyanyi dan lainnya.

Tugas-tugas yang adik-adik kerjakan ini kelak akan dikoreksi oleh guru kelas dan akan diberikan nilainya sesuai dengan jumlah betul dari tugas tersebut. Dan perlu adik-adik ketahui juga jika nilai-nilai yang kelak adik-adik dapatkan akan dicatat oleh guru pada buku nilai, dan akan dimasukan pada akhir semester dalam raport semester. Maka dari itu, jangan anggap sepeleh tugas-tugas seperti ini, sudah seharusnya adik-adik kerjakan dengan maksimal semua tugas yang ada.

Serta kami juga ingin ingatkan adik-adik, agar mulai saat ini lebih serius dan giat dalam belajarnya. Adik-adikpun dapat memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini sebagai bahan belajar di rumah untuk mendalami pemahaman adik-adik terkait materi-materi pelajaran pada buku siswa. Dan mempersiapkan diri untuk kegiatan UAS yang sudah semakin dekat.

Kunci Jawaban Halaman 110 Tema 5 Kelas 4

Ayo Berlatih

Sebelum belajar tentang sikap kepemimpinan, kamu akan belajar bersama guru olahragamu.

Kamu sudah belajar tentang memar, luka, dan lepuh. Kamu juga sudah paham cara mengobati memar, luka, dan lepuh. Sekarang, kamu bersama temantemanmu akan mempraktikkan lagi cara menangani ketiga jenis cedera tersebut. Setelah selesai berpraktik, kamu dan gurumu dapat melakukan refleksi bersama.

  • Langkah mana yang sudah dapat kamu lakukan dengan baik?
  • Langkah mana yang belum dapat kamu lakukan dengan baik?
  • Tuliskan rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam mengobati memar, cedera luka dan lepuh.

Alternatif Jawaban :

  • Jawaban disesuaikan dengan kemampuan siswa, misalnya, langkah yang sudah dapat saya lakukan dengan baik ialah langkah dalam mengobati memat dan luka.
  • Jawaban ini juga disesuaikan dengan kemampuan siswa,  misalnya, langkah yang belum dapat saya lakukan dengan baik ialah langkah dalam mengobati lepuh.
  • Rencana yang akan saya lakukan dalam meningkatkan keterampilan dalam mengobati ialah dengan memperbanyak praktek mengobati.

Kunci Jawaban Halaman 111 Tema 5 Kelas 4

Ayo Membaca

Masih ingatkah kamu dengan perjuangan para tokoh pada masa kerajaan Hindu, Buddha, Islam, dan masa penjajahan? Bagaimana sikap kepahlawanan yang mereka miliki?

Bagaimana pengaruh sikap kepahlawanan mereka terhadap masyarakat di sekitarmu?

Ayo, kita buat urutan atau lini masa perjuangan dan sikap kepahlawanan mereka!

Kunci Jawaban Halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116 Tema 5 Kelas 4

Apa yang dapat kamu temukan tentang sikap kepahlawanan dari masa ke masa?

Yang saya temukan tentang sikap kepahlawaban dari masa ke masa ialah tujuan yang akan dicapai dari sikap kepahlawaban tersebut yang berbeda-beda dari masa ke masa sesuai dengan kepentingan masing-masing, namun semua dengan tujuan baik.

Apakah ada persamaan dan perbedaannya?

Ya ada!

  • Persamaan : Sama-sama dengan tujuan akhir yang baik
  • Perbedaan : Dengan kepentingan yang berbeda-beda terhadap yang duperjuangkan.

Kunci Jawaban Halaman 112 Tema 5 Kelas 4

Sikap kepahlawanan bisa kamu temukan di lingkunganmu. Kamu bisa belajar tentang sikap kepahlawanan dari kisah seorang penjaga pintu perlintasan kereta api.

Isilah tabel berikut.

Kunci Jawaban Halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116 Tema 5 Kelas 4

Diskusikanlah tabelmu dengan teman kelompokmu.

Kunci Jawaban Halaman 113 Tema 5 Kelas 4

Jawablah rasa ingin tahumu pada kolom sebelah kanan tabel.Kamu dapat mengisinya berdasarkan teks yang sudah kamu baca atau berdasarkan hasil diskusimu dengan teman kelompokmu serta jawaban dari gurumu.

Tulislah semua informasi yang ada pada tempat yang sudah disediakan.

Alternatif Jawaban :

  • Gimin adalah seorang penjaga pintu rel kereta api. Sebagai penjaga rel kereta api ia bisa menyelamatkan banyak orang, mulai dari pejalan kaki, pengguna sepeda motor, penumpang mobil atau pengguna kendaraan lainnya
  • Jika tidak ada Pak Gimin dan teman-teman tentunya keadaan lalu lintas akan menjadi kacau dan mungkin sering terjadi kecelakaan.
  • Sikap kepahlawanan yang ditunjkkan oleh Pak Gimin adalah bekerja keras dan pantang menyerah, dan bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan keahliannya.
  • Beliau bekerja demi keselamatan orang lain yaitu para pengguna jalan yang melintasi rel kereta api. Beliau tetap sabar walaupun umpatan, hujan dan terik matahari tak pernah ia pedulikan, keselamatan pengguna jalan adalah yang terpenting.

Kunci Jawaban Halaman 115 Tema 5 Kelas 4

Setelah melakukan percobaan membuat perioskop, jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut!

1. Apa yang kamu temukan dalam percobaan ini?

Periskop menerapkan sifat cahaya yang berupa pemantulan. Cahaya dari atas objek yang ditangkap oleh suatu cermin, kemudian dipantulkan menuju mata pengamat.

2. Bagaimana bayangan yang dihasilkan periskop?

Sifat-sifat bayangan yang di bentuk oleh cermin datar adalah :

  • Ukuran (besar dan tinggi) bayangan sama dengan ukuran benda.
  • Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.
  • Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Misalnya tangan kirimu akan menjadi tangan kanan bayanganmu.
  • Bayangan tegak seperti bendanya.
  • Bayangan bersifat semu atau maya. Artinya, bayangan dapat dilihat dalam cermin, tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar.

3. Apa kesimpulan yang kamu peroleh tentang percobaan ini?

Prinsip kerja periskop adalah membentuk bayangan dengan melakukan pemantulan pada kedua cermin datar yang dipasang sejajar dan diposisikan miring agar mengarah ke mata pengamat lalu pemantulan tersebut diteruskan ke pengamat.

4. Di manakah prinsip kerja periskop ini kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari?

Periskop dapat ditemui pada kapal selam dan tank tentara

Buatlah laporan percobaanmu.

Kunci Jawaban Halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116 Tema 5 Kelas 4

Udin sangat senang bisa membuat periskop. Udin sangat berterima kasih kepada gurunya. Udin menyebut gurunya sebagai Pahlawan.

Kunci Jawaban Halaman 116 Tema 5 Kelas 4

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?

Yang saya pelajari hari ini adalah sikap-sikap pahlawan dan sifat cahaya

Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran hari ini?

Yang ingin saya ketahu lebih lanjut tentang pembelajaran kali ini adalah tentang percobaan sifat-sifat cahaya.

Apakah kamu sudah bersikap baik kepada gurumu?

Ya, saya sudah bersikap baik kepada guru, seperti menuruti perintah guru, menghormati dan menghargai guru.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kepada orang tuamu ciri-ciri memar, cedera luka, dan lepuh serta penanganannya. Kamu bisa mempraktikkan cara-cara mengobati memar, luka, dan lepuh bersama mereka.

Ceritakan hasil praktik bersama orang tuamu kepada temanmu di sekolah!

Adik-adik menceritakan serta mempraktekkan cara penanganan cedera luka yang sudah dipelajari sebelumnya. Kemudian adik-adik menuliskan hasil praktek yang sudah adik-adik lakukan.

Nah adik-adik sekalian, itulah ulasan yang bisa kami sampaikan terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban yang kami buat ini, kami yakin adik-adik dapat menyelesaikan semua tugas sekolah tepat waktu dan segera mengumpulkan tugas kepada guru kelas. Jika tugas-tugas ini nantinya sudah dikoreksi oleh guru kelas, kami berharap adik-adik yang menggunakan jawaban kami bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kami juga mengingatkan adik-adik sekalian, agar mulai sekarang ini lebih giat belajarnya. Karena saat ini adik-adikpun tahu jika kegiatan belajar sudah memasuki akhir semester ganjil. Dan kegiatan ulangan akhir semester akan tak lama lagi dilaksanakan, persiapkan diri adik-adik dengan memperbanyak belajar dari saat ini. Karena adik-adipun paham jika nilai UAS kelas akan sangat menentukan nilai pada raport semester.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 110, 111, 112, 113, 115, 116 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 3"