√ Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 3

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami siapkan sebagai alternatif jawaban yang bisa adik-adik gunakan untuk menyelesaikan semua tugas sekolah.

Jawaban-jawaban yang kami sediakan ini merupakan jawaban pilihan yang sebelumnya kami telah mempelajari materi untuk soal tersebut. Maka dari itu, kami yakin jika adik-adik memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas sekolah dan nilai yang didapatpun akan maksimal.

Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5

Tak bisa dipungkiri, bahwa memang kenyataannya saat ini alternatif jawaban menjadi pilihan siswa dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Apalagi kita tahu jika saat ini siswa lebih banyak diberikan tugas oleh guru untuk dikerjakan dan dikumpulkan kembali untuk dikoreski. Tugas-tugas yang diberikan oleh guru kepada siswanya, bisa tugas individu dan bisa saja tugas kelompok. Namun melihat situasi seperti saat ini, pastinya guru akan banyak memberikan tugas individu kepada siswanya.

Pada artikel sebelumnya, kami juga sudah berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 yang mungkin juga sebagian jawabannya sudah adik-adik pergunakan untuk menjawab soal-soal latihan pada buku siswa. Dan kami juga menyarankan adik-adik melihat Kunci Jawbaan Tema 5 Kelas 5 Halaman 108, 109, 110, 111 yang belum lama ini kami posting, yang mungkin saja masih adik-adik perlukan jawabannya, karena masih ada tugas yang harus diselesaikan pada halaman tersebut.

Lanjutan Jawaban :

Kami yakin jika adik-adik mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal, menjawab soal-soalnya dengan jawaban terbaik, pasti hasilnyapun akan maksimal. Bisa mendapatkan nilai yang bagus tentu menjadi impian adik-adik. Namun kami tetap menyarankan, agar adika-dik terlebih dahulu berusaha mencari jawaban sendiri pada buku siswa jika memang adik-adik masih memungkinkan dan masih punya waktu luang untuk mencari jawabannya. Hal ini, agar adik-adik tidak sepenuhnya bergantung pada alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121

Berbicara tentang tugas sekolah, tentu sudah menjadi tanggung jawab adik-adik untuk mengerjakan dan menyelesaikannya. Karena dari tugas-tugas inilah adik-adik akan mendapatkan nilai, dan guru bisa melihat kemampuan murid-muridnya. Serta nilai-nilai yang didapat nantinya akan dicatat oleh guru kelas pada buku nilai, yang kemudian diakhir semester semua nilai akan dihitung untuk dimasukan pada raport semester.

Kami yakin setiap siswa pastinya ingin mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas seperti ini. Maka dari itu, kami selalu menganjurkan dan menyarankan adik-adik untuk selalu mengerjakan dengan maksimal setiap tugas yang diberikan guru. Meskipun kami disini sudah menyiapkan jawaban, tapi kami tetap menyarankan adik-adik untuk memeriksa dan mengecek kembali jawaban yang kami sediakan ini, hal ini untuk memastikan tidak ada kekeliruan pada jawaban tersebut dengan soalnya.

Selain mengerjakan tugas-tugas seperti ini, ada hal lain juga yang sudah semestinya adik-adik persiapkan dari sekarang, yaitu penilaian akhir semester atau PAS. Kegiatan PAS ini juga akan sangat menentukan sekali nilai pada raport. Jadi jika adik-adik menginginkan nilai yang bagus, maka persiapkan diri dengan memperbanyak belajar dari sekarang, agar adik-adik punya persiapan dalam mengerjakan soal-soal PAS nantinya.

Kunci Jawaban Halaman 112 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5

Perhatikanlah dengan saksama gambar-gambar di atas.

Diskusikanlah bersama dengan teman-temanmu berdasarkan pertanyaan berikut ini.

Pernahkah kamu melihat peristiwa serupa terjadi di sekitarmu?

Ya, saya pernah melihat hal seperti itu terjadi di sekitar lingkungan saya.

Faktor-faktor apa sajakah yang memengaruhi peristiwa tersebut terjadi?

Faktor yang mempengaruhi peristiwa tersebut ialah karena factor Alam dan factor Manusia itu sendiri.

Mengapa masyarakat mau melakukan kegiatan itu?

Untuk menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat

Kunci Jawaban Halaman 114 Tema 5 Kelas 5

Bacaan artikel dapat dilihat pada buku siswa halaman 113!

Dari artikel tersebut, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu, carilah informasi penting dari setiap paragraf tersebut.

Tuliskan tugas itu di dalam tabel di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5

Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskan kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.

Kesimpulan :

Letak geografis Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Letak yang sangat strategis ini memberikan pengaruh sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Kunci Jawaban Halaman 115 Tema 5 Kelas 5

Berdasarkan bacaan tersebut atau sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara-negara lain di sekitar?

Bangsa Indonesia juga menyadari bahwa negara-negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.

2. Apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat?

Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya

3. Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?

Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah.

Kunci Jawaban Halaman 116-117 Tema 5 Kelas 5

4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah?

Kebudayaan daerah merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas daerah tersebut.

5. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerah Indonesia!

Berbagai bentuk budaya seperti kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan makanan khas

6. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerahmu!

Jawaban disesuaikan dengan budaya daerah masing-masing. Jika tidak tahu, silahkan adik-adik cari di internet.

Ayo Berlatih

Membuat Kliping

Keterangan cara membuat Kliping dapat dilihat pada buku siswa halaman 116-117!

Alternatif Jawaban :

Berikut ini beberapa Kliping yang sudah kami siapkan untuk adik-adik, silahkan pilih salah satu tema yang ingin dibuat Kliping :

1. Gotong Royong Memanaen Padi

Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5
Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5

2. Kesenian Kuda Lumping/Ebeg Banyumas

Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5
Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5

3. Upacara Tedak Siten

Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5
Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 120 Tema 5 Kelas 5

Bacalah kembali dengan saksama artikel di atas dan amatilah gambarnya. Lalu, diskusikanlah pertanyaan berikut ini bersama dengan teman sebangkumu.

1. Pada gambar di atas, polisi adat Bali yang dinamakan pecalang ikut membantu masyarakat Muslim untuk menjalankan sholat tarawih di salah satu masjid di Bali. Masyarakat Muslim di Bali kebanyakan adalah masyarakat pendatang yang berasal dari daerah di luar Bali. Misal dari Jawa, Makasar, atau Sumbawa, yang memiliki kehidupan sosial dan budaya yang berbeda.

a. Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau menjaga keamanan umat Islam?

Para pecalang mau menjaga keamanan umat islam karena sebagai pemeluk Hindu mereka meyakini bahwa ajaran “TAT TWAM ASI” atau saling asih tak hanya dilakukan kepada orang yang sama-sama Hindu tetapi juga berlaku untuk yang beda iman. Umat dari keyakinan lain pun harus diperlakukan sama.

b. Apakah manfaat yang mereka dapatkan dengan membantu masyarakat Muslim manjalankan ibadah agamanya?

Beberapa manfaat dari pada kegiatan tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Dapat terhindar dari adanya perpecahan antar umat beragama. Sikap saling asih antar umat beragama merupakan salah satu solusi untuk mengatasi terjadinya perpecahan di antara umat dalam mengamalkan agamanya.
  • Dapat mempererat tali silaturahmi/ Manfaat sikap saling asih antar umat beragama berikutnya adalah terjalinnya tali silaturahmi.
  • Terciptanya ketentraman dalah hidup bermasyarakat. Sikap saling asih yang tertanam di dalam hati warga masyarakat akan menciptakan suasana yang aman, tentram, dan damai di dalam lingkungan tersebut.
  • Lebih mempertebal keimanan. Setiap agama tentu mengajarkan perihal kebaikan kepada umatnya. Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk hidup bermusuhan dengan sesama manusia.

c. Apakah manfaat yang diperoleh masyarakat Muslim di Bali dengan adanya pecalang tersebut?

Ketika umat Islam menjalankan ibadahnya para pecalang ikut menjaga tempat-tempat ibadah shingga ibadah dapat berjalan dengan baik.

d. Catatlah hasil diskusimu dalam bentuk peta pikiran.

Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5

Masyarakat Indonesia yang sangat beragam tidak pernah menghalangi mereka untuk tetap bersatu dalam kehidupan masyarakat. Berbagai kegiatan kemasyarakatan dilakukan bersama lintas suku, budaya, dan agama. Masyarakat Indonesia memang masyarakat yang terbuka dan senang membantu.

2. Bagaimana dengan kehidupan sosial budaya di daerahmu?Adakah peristiwa serupa yang terjadi di daerah tempat tinggalmu? Bagaimana masyarakat di daerah tempat tinggalmu berinteraksi satu dengan yang lain?

Ceritakanlah salah satu peristiwa yang menunjukkan adanya persatuan dan kesatuan masyarakat yang berbeda sosial dan budayanya. Jelaskanlah manfaat yang diperoleh masyarakat dengan adanya persatuan dan kesatuan sosial budaya masyarakat. Jelaskanlah kesimpulanmu.

Salah satu peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan adalah kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan. Semua warga yang berbeda latar belakang sosial budayanya bahu membahu membersihkan lingkungan. Manfaatnya adalah pekerjaan akan cepat selesai, lebih efektif, serta menjaga kerukunan antar warga.

Kunci Jawaban Halaman 121 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

1. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan sosial masyarakat?

Manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis yaitu bangsa Indonesia menjadi terbuka dan menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya.

2. Apa saja manfaat yang diperoleh sehubungan dengan kehidupan budaya masyarakatnya?

Manfaatnya yang diperoleh sehubungan dengan budaya masyarakat nya yaitu bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.

3. Jelaskan manfaat persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat tinggalmu!

Manfaat persatuan dan kesatuan di tempat tinggalku yaitu lingkungan menjadi bersih, dan sehat, lingkungan menjadi aman dan nyaman, dan tercipta sikap saling tenggang rasa.

Ayo Renungkan

Hal menarik apa saja yang kamu dapatkan pada kegiatan pembelajaran hari ini? Tuliskanlah beberapa pertanyaan yang kamu miliki selama kegiatan pembelajaran hari ini!

Hal menarik yang saya pelajari hari ini adalah hubungan antarkomponen ekosistem pada teks nonfiksi dan potensi keadaan geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakanlah sebuah kegiatan masyarakat di tempat tinggalmu yang menunjukkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang berbeda latar belakang budayanya. Ceritakanlah bagaimana anggota keluargamu terlibat dalam kegiatan tersebut. Apa saja yang kamu lakukan? Bagaimana perasaanmu dan anggota keluargamu terhadap kegiatan bersama tersebut?

Untuk jawaban pada kegiatan kerja sama dengan orang tua ini, silahkan adik-adik jawab dengan melihat kegiatan yang dilakukan di tempat tingggal, misalnya Jum`at bersih-bersih dan lainnya.

Demikianlah artikel kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya adik-adik harus mengerjakan tugas ini dengan maksimal. Menjawab soal-soal dengan jawaban yang tepat, mengecek kembali jawaban yang ada untuk memastikan antara jawaban dan soal sudah sesuai. Dengan hal tersebut kami yakin adik-adik bisa meraih nilai yang bagus. Dan jangan lupa pula untuk selalu mengikuti postingan kami berikutnya untuk melihat lanjutan dari alternatif jawaban untuk tugas berikutnya.

Dan saat ini adik-adik sudah memasuki kegiatan akhir belajar pada buku siswa tema 5. Dan buku siswa tema 5 ini merupakan buku materi pelajaran yang terkahir, yang dipelajari pada semester ganjil. Setelah menyelesaikan semua kegiatan belajar pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik akan melanjutkan dan mengikuti kegiatan penilaian akhir semester atau PAS. Kegiatan PAS sendiri sangatlah penting bagi adik-adik. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal pada kegiatan PAS nantinya, mulailah dari sekarang giat untuk belajar. Dan jadikan juga alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar mandiri di rumah.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 3"