√ Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci jawaban tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera kelas 6 halaman 119, 120, 121, 122, 125 subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat pembelajaran 6 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini kami sediakan untuk adik-adik kelas 6 yang saat ini tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Alternatif jawaban yang kami sediakan ini dibuat berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal pada buku siswa. Kami tidak asal-asalan dalam menjawab dan membuat jawaban ini. Jika sebelumnya adik-adik sudah pernah menggunakan alternatif jawaban yang kami sediakan pada blog ini, pasti akan tahu hal tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6

Dengan terlebih dahulu membaca, mempelajari dan memahami materi-materi pada buku pelajaran, lalu kemudian baru menjawab soal-soalnya dengan sebaik mungkin, kami yakin jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi jawaban terbaik dan tepat ketika tugas ini kelak dikoreksi oleh guru adik-adik. Namun kami selalu menyarankan agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan soal-soal tersebut. Adik-adik harus mengecek kembali untuk memastikan memang jawaban yang disediakan udah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik dapat menyalinnya pada buku siswa.

Pada artikel kami yang lalu, kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6, dimana kami juga menyiapkan jawaban-jawaban terbaik untuk adik-adik manfaatkan sebagai alternatif jawaban untuk menyudahi tugas adik-adik. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 113, 114, 115, 116 yang baru beberapa waktu lalu kami posting. Adik-adik bisa memanfaatkannya sebagai jawaban untuk menyelesaikan tugas pada kegiatan belajar sebelum ini. Dan kami harap dari jawaban ini, adik-adik bisa meraih nilai tertinggi dikelas adik-adik.

Lanjutan Jawaban:

Kami sangat tahu, jika dengan alternatif jawaban seperti inilah adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah, apalagi jika tugas tersebut haru segera dikumpulkan kepada guru, maka alternatif jawaban seperti inilah yang paling efektif untuk digunakan. Namun kami selalu mengingatkan kepada adik-adik, agar terlebih dahulu adik-adik berusaha sendiri, mencari jawabannya pada buku pelajaran. Dan jika nantinya masih terdapat soal-soal yang tidak ditemukan jawabannya, maka barulah memanfaatkan jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 119, 120, 121, 122, 125

Tugas kali ini menjadi tugas terakhir yang adik-adik kerjakan pada buku siswa tema 6, selanjutnya adik-adik akan melanjutkan materi pada buku siswa tema 7. Dan tugas-tugas pada kali inipun sama seperti sebelumnya, kami sudah menyiapkan alternatif jawaban yang terbaik yang bisa adik-adik manfaatkan sebagai jawaban.

Mengerjakan tugas sekolah memang penting, namun jika adik-adik hanya mengandalkan alternatif jawaban seperti ini, mungkin sangat tidak efektif sepenuhnya, karena adik-adik kurang dalam belajar. Alangkah baiknya jika alternatif jawaban ini juga adik-adik manfaatkan sebagai bahan belajar mandiri di rumah untuk memperdalam pemahaman adik-adik terkait dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Dan adik-adik juga harusnya memersiapkan diri dengan rajin-rajin belajar, karena bukan hanya tugas saja, namun kegiatan ulangan harian juga akan adik-adik ikuti, dan bisa saja sewaktu-waktu guru kelas mengadakannya. Dan adik-adik tidak bisa mengandalkan alternatif jawaba yang kami buat ini, karena soal yang akan keluar pastinya berbeda, maka mulailah giat dalam belajarnya.

Kunci Jawaban Halaman 119 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

Teks di atas merupakan teks nonfiksi yang memiliki judul. Bandingkan informasi yang diharapkan setelah membaca judul teks dengan informasi yang didapatkan setelah membaca teks tersebut. Ungkapkan hasil perbandinganmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6

Kesadaran membayar pajak merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan seharai-hari.

Kunci Jawaban Halaman 120-121 Tema 6 Kelas 6

Ayo Menulis 

Apa pengalamanmu ketika melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari? Tulislah pengalamanmu dalam bentuk tulisan di kolom berikut! Kemudian, presentasikan di depan kelas untuk dinilai oleh guru dan juga teman-temanmu.

Sebagai warga negara yang baik aku melaksanakan tanggung jawabku dengan belajar dengan tekun.

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Kemudian, diskusikan bersama anggota kelompokmu mengenai pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang telah kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Diskusikan pula dampak dari pelaksanaan tanggung jawab tersebut. Tulislah hasil diskusi pada kolom berikut!

Tanggung jawab sebagai warga negara di antaranya mau berteman dengan semua orang sehingga dapat terjalin rasa kesatuan dan persatuan.

Ayo Berlatih

Dapatkah kamu berkreasi membuat sebuah contoh reklame sederhana? Reklame itu berisi pesan supaya pelajar taat pada peraturan untuk menjaga kebersihan sekolah sebagai bentuk tanggung jawab sebagai warga sekolah? Bagaimana cara yang akan kamu lakukan? Ingatkah kamu yang dimaksud dengan reklame? Apa saja media reklame?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menuliskannya dalam kotak berikut.

Saya bisa membuat reklame. Saya akan memilih salah satu media reklame sebagai contoh poster. Lalu saya akan menyiapkan alat dan bahan. Saya akan menentukan rancangan membuat poster. Selanjutnya saya akan membuat poster. Saya ingat tentang pengertian reklame. Reklame adalah setiap kegiatan yang bertujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu barang, jasa atau hal lain dengan maksud menarik perhatian dan keinginan tentang yang diinformasikan. Media reklame diantaranya reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.

Reklame media visual dilihat dari pemasangannya, ada reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di tempat yang strategis yang bisa dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan pada area yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog.

Kunci Jawaban Halaman 122 Tema 6 Kelas 6

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut!

Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6

Gambar di atas menunjukkan contoh poster. Poster termasuk reklame media visual. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan.

Bagaimanakah ciri-ciri poster menurutmu? Tuliskan dalam kolom berikut!

Ciri-Ciri Poster :

  1. Poster berisi gambar dan tulisan dengan tema tertentu.
  2. Tulisan pada poster hemat kata tapi padat makna.
  3. Kalimat dan gambar pada poster bersifat persuasif.
  4. Poster dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.

Kunci Jawaban Halaman 125 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berkreasi

Buatlah poster sederhana berisi pesan untuk melaksanakan tanggung jawab. Pilihlah salah satu tema berikut!

  1. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di rumah
  2. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
  3. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat
  4. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara

Buatlah pada selembar kertas, lalu kumpulkan kepada bapak atau ibu gurumu untuk dinilai.

Tuliskan alat dan bahan yang akan kamu gunakan. Tuliskan juga gambar dan teks yang akan kamu tuangkan dalam poster. 

Alternatif Jawaban :

1. Contoh poster pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di rumah

Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6

2. Contoh poster pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di sekolah

Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6

3. Contoh poster Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat

Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6

4. Contoh poster Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara.

Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6

Ayo Renungkan

Coba renungkan tentang dampak dari pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Apa akibatnya jika setiap warga negara melaksanakan tanggung jawab? Apa pula akibat jika banyak warga negara yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya dalam kehidupan sehari-hari? Tulislah hasil renunganmu dalam kolom berikut!

Apabila warga melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan tercipta kondisi masyarakat yang aman, tenteram, dan tertib. Namun apabila banyak warga yang tidak melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan menimbulkan kekacauan di dalam masyarakat.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apakah keluargamu termasuk keluarga sejahtera? Bagaimana keadaan keluarga sejahtera menurutmu? Apakah sikap tanggung jawab mempengaruhi kesejahteraan keluargamu? Coba diskusikan dengan orang tuamu. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut!

Untuk tugas kali ini, silahkan adik-adik kerjakan sesuai dengan perintah diatas, diskusikan dengan orang tua dan catat hal-hal penting selama berdiskusi.

Nah adik-adik sekalian, itulah ulasan kami mengenai Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 119, 120, 121, 122, 125. Kami yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, akan membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Serta nilai yang nantinya akan adik-adik peroleh dari tugas ini akan maksimal.

Namun kami menyarankan, agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Periksa kembali jawaban sebelum ditulis pada buku tugas, agar tidak ada kekeliruan dalam jawaban ketika tugas ini kelak dikoreksi oleh guru kelas.

Tugas kali ini merupakan tugas terakhir yang adik-adik kerjakan pada buku siswa tema 6 kelas 6. Selanjutnya adik-adik akan mempelajari lanjutan materi pelajaran pada buku siswa tema 7. Selain mengerjakan tugas-tugas harian.

Kami juga mengingatkan agar adik-adik punya persiapan dengan rajin belajar, karena kegiatan ulangan harian sewaktu-waktu bisa saja guru kelas adakan. Dan adik-adik harus punya persiapan untuk itu, agar bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal ulangan dengan mudah, dan nilai yang didapat juga akan maksimal.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 119, 120, 121, 122, 125 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 6"