√ Kunci Jawaban Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 4

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan pada postingan kami kali ini dibuat dengan sebaik mungkin setelah kami mempelajari dan memahami materi yang ada pada buku siswa.

Kami berupaya semaksimal mungkin untuk bisa menyediakan jawaban terbaik untuk adik-adik. Dan kami yakin, dengan adik-adik memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik bisa segere menyelesaikan tugas sekolah, serta nilai yang akan adik-adik peroleh bisa maksimal.

Kunci Jawaban Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 Tema 5 Kelas 5

Mengerjakan tugas-tugas sekolah memang menjadi tanggung jawab siswa. Apalagi dalam situasi seperti saat ini, banyak sekolah yang menerapkan kegiatan belajar secara online, yang juga berdampak kepada siswa. Siswa akan lebih banyak diberikan tugas oleh gurunya, serta siswa juga dituntut untuk bisa belajar dan memahami materi sendiri. Tugas-tugas ini sedikit banyaknya akan menjadi beban bagi siswa, apalagi jika tugas tersebut harus segera dikumpulkan . Maka tak heran banyak dari siswa yang memilih alternatif jawaban seperti ini untk menyelesaikan tugasnya.

Pada artikel kami sebelumnya, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5. Jawaban-jawaban yang kami buat pada tugas sebelumnya juga merupakan jawaban terbaik yang kami buat sepemahaman kami. Adik-adik juga mungkin perlu melihat Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 112, 114, 115, 116, 117, 120, 121 yang belum lama ini kami posting. Dari sekian banyak jawaban yang kami sediakan untuk memudahkan adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah, kami harap nilai yang adik-adik perolehpun akan maksimal, sehingga nilai dari tugas sekolah ini akan membantu meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun kami menyediakan alternatif jawaban seperti ini untuk membantu adik-adik mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah, tapi kami juga selalu menganjurkan atau menyarankan adik-adik, untuk terlebih dahulu berusaha sebisa mungkin menjawab sendiri soal-soal latihan yang ada. Hal tersebut kami maksudkan agar adik-adik tidak terlalu bergantung sepenuhnya pada alternatif jawaban dan masih bisa berusaha sendiri. Agar adik-adik juga dapat belajar sambil mengerjakan tugas sekolah.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129

Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa kami disini berusaha menyediakan jawaban-jawaban terbaik sesuai pemahaman kami, yang kemudian nantinya bisa adik-adik manfaatkan sebagai alternatif jawaban. Namun tentunya kami disini hanya berusaha sesuai kemampuan kami, terkait dengan jawaban yang kami buat, kami tidak bisa menjamin semua jawaban ini pasti benar, maka dari itu, kami selalu menyarankan adik-adik, untuk mengecek dan memastikan setiap jawabannya, sebelum ditulis pada buku tugas, apa sudah sesuai atau belum dengan soal pada buku siswa.

Jika adik-adik mengerjakan tugas-tugas ini dengan teliti dan memilih jawaban terbaik, maka besar kemungkinan adik-adik bisa meraih nilai tertinggi dari tugas tersebut. Kami juga menghimbau, jika adik-adik masih menemukan ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan saja diperbaiki atau jika berkenan, sampaikan kepada kami, agar bisa kami cek dan perbaiki kalau memang jawaban tersebut salah.

Dan kegiatan belajar mengajar pada semester ganjil ini akan segera berakhir, setelah adik-adik menuntaskan kegiatan belajar pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik akan melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester atau lebih dikenal dengan PAS. Kegiatan PAS ini juga sangat penting sekali bagi adik-adik, karen nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari kegiatan PAS akan menentukan nilai akhir di raport semester. Maka dari itu, mulai saat ini persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi kegiatan PAS ini.

Kunci Jawaban Halaman 122 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 Tema 5 Kelas 5

Udin menemukan poster yang menarik perhatiannya pagi itu. Poster yang hanya bertuliskan “Indonesia Hebat!” itu ia dapatkan dari sebuah surat kabar di rumahnya. Ia membawa poster tersebut ke sekolah. Ia ingin tahu tanggapan teman-temannya terhadap poster itu. Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikanlah beberapa pertanyaan berikut ini.

Bagaimana tanggapanmu terhadap poster tersebut?

Menurut saya poster sangat menarik karena memamg bangsa Indonesia adalah bangsa yang hebat.

Pesan apa yang kamu pahami dari poster tersebut?

Indonesia adalah negara hebat karena terdiri dari ribuan suku bangsa namun tetap Bersatu.

Menurutmu, apakah pengaruh pesan dalam poster tersebut dalam kehidupan masyarakat Indonesia?

Menurut saya pengaruh poster tersebut adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri bansa Indonesia sebagai bangsa yang hebat.

Setujukah kamu dengan isi pesan poster tersebut? Mengapa?

Setuju karena indonesia adalah sebauah negara besar dengan sumber daya alam yang melimpah.

Kunci Jawaban Halaman 124 Tema 5 Kelas 5

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 123!

Dari bacaan di atas, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu, carilah informasi penting dari paragraf tersebut. Tuliskanlah semua itu di dalam tabel di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 125 Tema 5 Kelas 5

Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf.

Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskanlah kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.

Kesimpulanku :

Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris. Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian. Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi.

Kunci Jawaban Halaman 126 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berkreasi

Bersama dengan kelompokmu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai perkembangan kehidupan masyarakat dilihat dari sektor ekonomi, sistem komunikasi, dan transportasi yang terdapat di Indonesia. Terutama yang merupakan akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara agraris.

Kunci Jawaban Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 128 Tema 5 Kelas 5

Teks bacaan artikel dapat dilihat pada buku siswa halaman 127!

Berdasarkan artikel tersebut, simpulkanlah tiga hal penting yang kamu pahami tentang bacaan tersebut. Tukarkan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu. Secara bergantian ceritakan apa yang dimaksud dengan kesimpulanmu tersebut.

Kesimpulan :

Deklarasi Juanda menegaskan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan.

Wawasan Nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan atau keragaman untuk mencapai tujuan nasional.

Dalam pembangunan nasional, Wawasan Nusantara mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik, sosial, dan budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan.

Ayo Berkreasi

Dalam sebuah kelompok kecil beranggota empat sampai lima siswa, carilah gambar-gambar mengenai kegiatan ekonomi masyarakat dalam lingkup kepulauan Nusantara di koran, majalah, atau internet. Gambar-gambar tersebut dapat pula tentang perdagangan atau pendistribusian komoditas perdagangan yang dilakukan antardaerah di Indonesia ataupun kegiatan ekspor yang dilakukan oleh suatu daerah. Tempelkan gambar-gambar tersebut di sehelai kertas karton ukuran A3 dan berilah penjelasan mengenai kegiatan ekonomi yang tengah terjadi dalam gambar tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 Tema 5 Kelas 5

Diskusikan bersama:

1. Apakah manfaat kesatuan ekonomi bagi masyarakat di suatu daerah?

Manfaat kesatuan ekonomi bagi suatu daerah adalah sebagai berikut :

  • Keperluan hidup sehari-hari tersedia merata di seluruh wilayah tanah air dan
  • Tingkat perkembangan ekonomi serasi dan seimbang di seluruh daerah.

2. Apa yang terjadi jika tidak ada kesatuan ekonomi?

Jika tidak ada kesatuan ekonomi antara lain keperluan hidup sehari-hari tidak tersedia secara merata dan tingkat perkembangan ekonomi kurang serasi dan seimbang.

Presentasikan gambar-gambar serta hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian.

Ayo Berlatih

1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara.

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

2. Manfaat ekonomi seperti apakah yang diperoleh bangsa Indonesia karena pengaruh letak geografisnya?

Letak geografis Indonesia yang sangat strategis membuat Indonesia menjadi jalur pelayaran kapal-kapal perdagangan dunia, Hal ini menjadi potensi bagi Indonesia untuk meningkatkan ekonomi.

3. Bagaimana caramu untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antara teman satu sekolah yang memiliki perbedaan latar belakang ekonomi?

Cara meningkatkan persatuan dan kesatuan adalah dengan menjaga kerukunan dengan teman, membantu teman yang kesusahan, dan mengajak teman untuk bermain tanpa memandang status ekonominya.

4. Bagaimana penjelasanmu tentang perkembangan teknologi transportasi saat ini dibandingkan dengan zaman dahulu?

Alat transportasi yang ada saat ini telah berganti dari transportasi bertenaga manual menjadi tenaga bahan bakar minyak dan listrik. Perubahan ini juga membuat alat transportasi saat mampu melaju lebih cepat dan dapat menampung penumpang lebih banyak.

Kunci Jawaban Halaman 129 Tema 5 Kelas 5

Ayo Renungkan

Kegiatan apa sajakah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di antara teman-temanmu yang memiliki perbedaan latar belakang ekonomi? Hal menarik apa sajakah yang kamu dapatkan dari keragaman kehidupan ekonomi masyarakat di sekitarmu?

Beberapa kegiatan meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan cara menjaga kerukunan dengan teman, membantu teman yang kesusahan. Hal yang menarik adalah dengan adanya keragaman hubungan ekonomi kebutuhan menjadi terpenuhi.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, carilah sebuah poster dari koran atau majalah yang bertemakan ajakan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Amatilah poster tersebut dan diskusikanlah dengan orang tuamu pesan yang kamu tangkap dari poster tersebut.

Untuk tugas kerja sama dengan orang tua, silahkan adik-adik kerjakan sesuai dengan perintah. Jangan lupa untuk mencatat hal-hal penting yang terjadi pada kegiatan diskusi.

Sekian postingan kami kali ini, yang memabahs tentang Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129. Semoga dengan kami membuat alternatif jawaban ini, adik-adik bisa terbantu dan segera menyelesaikan semua tugas sekolah, dan mengumpulkannya kepada guru kelas. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kami selalu menyarankan adik-adik untuk selalu mengecek dan memastikan kembali jawabannya memang sudah sesuai dengan soal pada buku siswa, baru kemudian adik-adik bisa menyalinnya pada buku tugas.

Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa nilai-nilai yang adik-adik peroleh dari tugas-tugas harian seperti ini akan menjadi nilai tambah yang akan dimasukan pada raport semester. Selain dari nilai tugas seperti ini, ada nilai yang lainnya yang juga sangat penting bagi adik-adik, yaitu nilai dari kegaitan penilaian akhir semester atau PAS.

Dan saat ini adik-adik sudah memasuki kegiatan akhir belajar pada buku siswa tema 5. Setelah menyelesaikan semua pembelajaran pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester. Untuk itu, mulailah serius dalam belajar, kurangi bermain dan jadikan juga alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 4"