√ Kunci Jawaban Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 Tema 4 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 Tema 4 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci jawaban tema 4 Globalisasi kelas 6 halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air pembelajaran 6 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang sengaja kami sediakan buat adik-adik sekalian, untuk mempermudah adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas sekolah. Jawaban ini kami buat dengan sebaik mungkin, terlebih dahulu kami sudah mempelajari materinya dan kemudian menjawab dengan sepemahaman kami, maka dari itu, adik-adik tak usah ragu, gunakan dengan bijak semua tugas yang kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 Tema 4 Kelas 6

Kami melihat memang saat ini para siswa banyak yang memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Bukan hanya siswa saja, namun kenyataannya para orang tua yang ikut dalam membantu anak-anaknya mengerjakan tugas sekolahpun banyak yang mencari alternatif jawaban seperti ini. Maka dari itu kami berkomitmen untuk menyediakan jawaban yang bagus dan maksimal kepada adik-adik.

Pada postingan kami terdahulu, kami juga telah banyak sekali memposting Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6. Adik-adik tentunya bisa melihatnya kembali dan menjadikan alternatif jawaban, jika memang saat ini masih ada tugas yang harus adik-adik selesaikan pada tugas sebelumnya. Dan lihat pula jawaban yang sudah kami sediakan untuk kegiatan belajar sebelum ini, lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 125, 126, 127, 128, 129. Dengan kami sediakan jawaban seperti ini, dan adik-adik memanfaatkannya, semoga saja bisa menjadi jawaban yang bagus dan nilai yang adik-adik perolehpun bagus.

Lanjutan Jawaban :

Kita sama-sama tahu kalau dalam kondisi seperti sekarang ini memang kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah kurang efektif dan tak sedikit pula daerah-daerah yang harus meniadakan kegiatan belajar tatap muka di sekolah-sekolah. Hal inipun tentunya akan berdampak kepada siswa. Siswa kurang maksimal dalam memahami dan mempelajari materi-materi pada buku pelajaran. Karena guru hanya bisa memantau dan memberi penugasan kepada siswany lewat group belajar.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136

Maka tak heran jika kita melihat banyak siswa yang mengeluhkan banyaknya tugas-tugas sekolah yang mesti mereka kerjakan. Dan hal tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab, kenapa banyaknya pencarian terkait dengan kunci jawaban untuk soal-soal latihan pada buku siswa. Bukan hanya siswa saja, namun para orang tuapun tak sedikit yang ikut andil dalam mencari jawaban seperti ini untuk membantu anak-anaknya mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah.

Namun meskipun kami menyediakan alternatif jawaban seperti ini, kami selalu menganjurkan dan menyarankan kepada para siswa untuk selalu berusaha terlebih dahulu mengerjkan dan menjawab soal-soal latihan yang ada pada buku. Karena jawaban-jawabannyapun sebagian pasti ada pada buku siswa. Tinggal adik-adik baca dan cari saja jawabannya. Namun jika memang waktu yang tidak memungkinkan, dan sudah berusaha menjawab namun masih ada soal-soal yang sulit, maka silahkan saja manfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Dan dari tugas-tugas seperti inilah guru akan megambilkan nilai muridnya. Yang mana nilai-nilai inilah yang menjadi acuan guru untuk melihat keberhasilan siswanya dalam belajar. Serta nilai-nilai inipun kelak akan dimasukan juga pada nilai raport semester, maka dari itu selalu kerjakan dengan maksimal setiap tugas sekolah, berlombalah dengan teman lainnya untuk meraih nilai tertinggi baik dalam tugas seperti ini ataupun kegiatan lainnya.

Kunci Jawaban Halaman 130 Tema 4 Kelas 6

Ayo Mencoba

Kamu telah mempelajari 4 gerak dasar dalam Pencak Silat, yaitu:

  • Pola langkah,
  • Sikap pasang,
  • Pukulan,
  • Tangkisan.

Setelah kamu menguasai keempat gerakan dasar tersebut, kamu akan dibagi ke dalam kelompok yang terdiri atas 10 orang.

Setiap kelompok akan menampilkan seluruh gerakan dasar tersebut. Pilih satu teman untuk menjadi pemandu kelompok. Kerja sama dan kekompakan sangat diperlukan ketika kamu bersama-sama mempraktikkannya.

Sekarang pilih tiga gerakan yang kamu ingat dengan baik, kemudian tulis teks yang berisi penjelasan tentang ketiga gerakan tersebut.

Alternatif Jawaban :

1. Pola langkah

Pola langkah dalam pencak silat dapat digunakan ketika melakukan beberapa teknik membela diri.

2. Sikap Pasang

Sikap pasang yakni sikap dengan kuda-kuda tengah belakang, dengan berat badan di tengah, posisi kaki depan dan belakang sejajar (sikap pasang tertutup). Posisi kedua telapak tangan terbuka.

3. Pukulan

Pukulan lurus, posisi tangan saat memukul lurus dan mengepal ke depan tepat di dada lawan.

4. Tangkisan

Tangkisan Dalam Teknik menangkis dengan gerakan tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu.

Kunci Jawaban Halaman 131 Tema 4 Kelas 6

Sehubungan dengan nilai-nilai kerja sama dan kekompakan, ceritakan pengalamanmu ketika menunjukkan keterampilan silat secara berkelompok.

Alternatif Jawaban :

Pencak silat merupakan seni yang mengandung banyak nilai. Nilai yang terkandung dalam pencak silat antara lain Gotong royong dan kerjasama. Nilai kerjasama dalam pencak silat dapat dilihat dari kekompakan dan kerjasama yang dibangun oleh para pesilat dalam suatu perguruan maupun dalam suatu tim dalam sebuah pertandingan. Tanpa kerjasama tim mustahil pertandingan akan dimenangkan.

Ayo Berdiskusi

Sekarang tulislah cinta produk Indonesia ke dalam diagram berikut.

Kunci Jawaban Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 Tema 4 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 132 Tema 4 Kelas 6

Ayo Menulis

Cermati kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1.

Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.

Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini:

Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Kunci Jawaban Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 Tema 4 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 133 Tema 4 Kelas 6

Evaluasi

1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh

Berpikir global, bertindak lokal yaitu bersikap terbuka terhadap perkembangan dunia namun tidak melupakan budaya sendiri. Contohnya adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak melupayakan budaya luhur bangsa.

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.

Kunci Jawaban Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 Tema 4 Kelas 6

Penjelasan :

Cahaya matahari mengenai panel surya yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Lalu listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Setelah tegangannya diatur, listrik kemudian disimpan pada baterai. Saat listrik digunakan, listrik akan mengalir menuju inverter dahulu untuk dinaikkan tegangannya. Akhirnya listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

Kunci Jawaban Halaman 134 Tema 4 Kelas 6

3. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!

Alternatif Jawaban :

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Paragraf 1 : Pernyataan Umum

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit yang mengubah energi panas dari sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik jenis ini terdiri dari panel-panel yang disusun secara horizontal untuk menangkap cahaya matahari.

Paragraf 2 : Deret Penjelas

Pada proses awalnya cahaya matahari ditangkap oleh panel-panel surya. Panel surya menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung disalurkan ke beban ataupun disimpan dalam baterai. Sebelum disimpan di baterai, listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Pada malam hari panel surya tidak menghasilkan listrik sehingga listrik yang sudah terkumpul (tersimpan) dalam baterai tersebut dapat digunakan. Arus listrik dari baterai akan dinaikkan terlebih dahulu tegangannya oleh inverter agar bisa digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik. 

Paragraf 3 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Cahaya matahari yang dimanfaatkan PLTS merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi, dan tersedia tanpa batas. Kelebihan ini harus dimanfaat secara optimal mengingat juga Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang hari.

Kunci Jawaban Halaman 135 Tema 4 Kelas 6

4. Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.

Setuju, karena dengan mencintai dan membeli produk sendiri, maka kita ikut meningkatkan ekonomi para pemilik usaha dalam negeri. Sehingga, hal tersebut termasuk salah satu sikap cinta tanah air.

5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.

Kunci Jawaban Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 Tema 4 Kelas 6

Pembahasan :

Luas :

L = 6 x (r x r)

L = 6 x (6 x 6)

L = 6 x 36

L = 216 cm²

Volume :

V = r³

V = 6³

V = 216 cm³

6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun gabungan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 Tema 4 Kelas 6

Pembahasan :

Luas :

L = 5 x (8 x 8) + 5 x (4 x 4) + (8 x 8 – 4 x 4)

L = 5 x 64 + 5 x 16 + (64 – 16)

L = 320 + 80 + 48

L = 448 cm²

Volume :

V = 8³ + 4³

V = 512 + 64

V = 576 cm³

7. Ida akan membuat 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dia perlukan.

Diketahui :

Panjang rusuk kubus 10 cm

Jumlah kubus yang akan dibuat ada 4 buah

Ditanyakan : luas kertas yang dibutuhkan

Jawab :

Luas kertas yang dibutuhkan adalah hasil perkalian jumlah kubus dengan luas permukaan kubus

L = 4 x 6 x (10 x 10)

L = 24 x 100

L = 2.400 cm²

Jadi, luas kertas karton yang dia perlukan adalah 2.400 cm².

Kunci Jawaban Halaman 136 Tema 4 Kelas 6

Ayo Renungkan

Tulis 3 hal yang telah kamu pelajari dari kegiatan hari ini.

3 hal yang saya pelajari hari ini, antara lain :

  1. 1Gerakan pencak silat
  2. Mencintai produk Indonesia
  3. Mencari informasi penting dalam sebuah paragraf

Nilai-nilai apa yang telah kamu pelajari? Jelaskan!

Nilai-nilai yang saya pelajari pada kegiatan belajar kali ini ialah cinta akan produk sendiri.

Apakah nilai-nilai tersebut bermanfaat bagi dirimu dan orang lain?

Ya, sangat bermanfaat sekali. Denagn nilai-nilai ini saya lebih bisa menghargai dan mencintai negara sendiri.

Nilai-nilai yang mana yang dapat kamu terapkan dalam kehidupanmu segera?

Nilai cinta akan produk lokal atau produk dalam negeri. Penerapannya, dengan cara membeli hasil dari produk lokal, seperti tas, sepatu, baju dan lainnya.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kegiatanmu hari ini. Buatlah rencana untuk melaksanakan sikap “Cinta Produk-Produk Indonesia”.

Adik-adik menceritakan kegiatan hari ini kepada orang tua, kegiatan hari ini yaitu tentang menanamkan dan menerapkan rasa cinta akan produk-produk Indonesia. Kemudian membuat renaca dan sikap yang bisa diterapkan dalam kehidupan bersama keluarga, seperti membeli produk-produk lokal, baik di pasar atau lingkungan sekitar dan mengajak tetangga untuk turut serta dalam mencintai produk lokal.

Adik-adik sekalian, demikianlah ulasan yang bisa kami paparkan kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136. Jangan lupa untuk selalu melihat dan memastikan jawaban yang kami buat dan sediakan ini sudah sesuai dengan soalnya. Dan jikapun setelah adik-adik periksa, ternyata masih ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan saja adik-adik perbaiki sesuai pemahaman adik-adik. Atau adik-adik bisa sampaikan kepada kami, agar kami bisa menyesuaikannya.

Setelah menyelesaikan kegiatan belajar pada buku siswa tema 4 ini, adik-adik akan melanjutkan pembelajaran ke buku siswa tema 5, dan tema 5 merupakan buku materi terakhir yang dipelajari pada semester ganjil. Artinya kegiatan ulangan akhir semester sudah semakin dekat, kami ingatkan juga kepada adik-adik untuk mulai giat dalam belajarnya, persiapkan diri dari sekarang untuk kegiatan UAS nantinya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 Tema 4 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 6"