√ Kunci Jawaban Halaman 132, 133, 134, 137 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 132, 133, 134, 137 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 132, 133, 134, 137 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami buat dan sediakan dibawah ini, dapat adik-adik pergunakan sebagai alternatif jawaban dalam menyelesaikan tugas sekolah yang masih belum adik-adik temukan jawabannya.

Dengan memanfaatkan jawaban ini, kami yakin tugas sekolah adik-adik dapat terselesaikan tepat waktu. Dan bukan hanya itu saja, dengan menggunakan jawaban yang kami sediakan ini, kami bisa memprediksi adik-adik bisa meraih nilai tertinggi pada tugas kali ini. Maka dari itu, jangan ragu, silahkan mangfaatkan dengan baik jawaban berikut ini.

Kunci Jawaban Halaman 132, 133, 134, 137 Tema 5 Kelas 5

Mengerjakan tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban memang akan sangat membantu adik-adik. Apalagi kita tahu bersama jika pada buku tematik siswa dituntut untuk bisa kreatif, berfikir secara nalar dan berpendapat sendiri. Dan tak terkecuali dengan soal-soal latihannya, banyak dari soal-soal latihan pada buku siswa tematik kurikulum 2013 yang jawabannya menuntut siswa untuk bisa berpendapat sendiri, maka tak heran jika masih ada siswa yang masih bingung untuk menjawab soal-soal semacam ini. Dan kami disini berusaha menyediakan jawaban terbaik untuk adik-adik semua.

Pada postingan kami sebelumnya, kami juga telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5, yang mana jawaban-jawabannya pun kami buat berdasarkan pemahaman kami, dan ada sebagian jawaban yang kami ambil dari sumber lainnya yang tentunya jawaban pilihan yang kemudian kami jadikan dalam satu artikel lengkap seperti ini. Adik-adik juga jangan lupa untuk melihat Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 122, 124, 125, 126, 128, 129 yang baru-baru ini kami posting. Karena kunci jawaban tersebut merupakan alternatif jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini adik-adik akan terbantu dalam menyelesaikan tugas sekolah. Tapi kami masih menganjurkan kepada adik-adik, agar sebelumnya adik-adik bisa berusaha sendiri dalam mencari jawabannya pada buku pelajaran. Jika masih memungkinkan waktu, tak ada salahnya adik-adik membaca dan mencari sendiri jawabannya pada buku siswa. Ini bertujuan, agar adik-adik juga bisa sekalian belajar, dan tidak terlalu bergantung sepenuhnya kepada alternatif jawaban, karena kami yakin adik-adikpun bisa mencari sendiri jawabanya.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 132, 133, 134, 137

Berbicara tentang tugas-tugas pada buku siswa, memang kamipun menyadari jika pembelajaran pada buku pelajaran kurikulum 2013 ini, siswa dituntut aktif dan bisa berpendapat sendiri. Begitupun dengan sebagian besar soal-soal latihan yang menjadi tugas adik-adik. Terkadang ada soal yang memang harus dijawab dengan pendapat sendiri. Hal ini tentunya terkadang membuat siswa kurang percaya diri dalam menjawab menggunakan pendapat sendiri, tak heran jika siswa lebih memilih alternatif jawaban seperti ini.

Dan tugas-tugas pada buku siswa tak semuanya tentang soal-soal latihan saja, namun adik-adik juga tentunya akan mengerjakan jenis tugas lainnya seperti tugas membuat karya seni, membuat poster, melakukan pengamatan, membuat laporan percobaan, bernyanyi, melakukan senam dan lainnya. Dari sekaian banyak tugas yang ada pada buku siswa, kami disini berusaha memenuhi semua jawaban yang ada pada tugas tersebut, mulai dari jawaban langsung untuk soalnya, ataupun hanya sekedar contoh bagi adik-adik untuk acuan dalam menjawab dan mengerjakan tugas tersebut.

Kami tentunya sangat berharap, apa yang kami buat dan sediakan untuk para siswa ini, benar-benar dapat bermanfaat dan menjadi solusi dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Serta nilai yang nantinya diperoleh dari tugas-tugas ini bisa maksimal, sehingga nilai ini nantinya bisa membantu meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Kunci Jawaban Halaman 132-133 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berkreasi

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah peta pikiran yang memuat pokok pikiran dan informasi penting pada setiap paragraf.

Kunci Jawaban Halaman 132, 133, 134, 137 Tema 5 Kelas 5

Lalu, buatlah kesimpulan bacaan pada tempat yang tersedia.

Kesimpulanku :

Keseimbangan lingkungan dapat terwujud jika terjadi keselarasan dan keseimbangan antara komponen biotik dan abiotik. Faktor penyebab terganggunya keseimbangan ekosistem yaitu faktor alami seperti bencana alam dan faktor manusia seperti kerusakan hutan, perburuan liar, serta pencemaran lingkungan.

Berdasarkan peta pikiranmu, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!

1. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem?

Faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem yaitu faktor alami dan faktor manusia.

2. Mengapa manusia mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem?

Manusia mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem karena manusia melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan apa saja yang ada di sekitarnya.

3. Apa saja kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem?

Kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem antara lain penebangan dan pembakaran hutan, perburuan liar, penggunaan pupuk buatan yang berlebihan, pembuangan sampah dan limbah sembarangan.

Kunci Jawaban Halaman 134 Tema 5 Kelas 5

Membuat Buklet

Kamu akan membuat sebuah buklet tentang berbagai macam kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem.

Teks kegiatan dalam membuat buklet dapat adik-adik lihat pada buku siswa halaman 134!

Berikut ini beberapa contoh buklet :

Buklet 1 :

Kunci Jawaban Halaman 132, 133, 134, 137 Tema 5 Kelas 5

Buklet 2 :

Kunci Jawaban Halaman 132, 133, 134, 137 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 137 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

1. Sebutkan faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.

Faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem adalah faktor alami dan faktor manusia.

2. Sebutkan beberapa kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem.

Beberapa kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem antara lain :penebangan hutan, pembakaran hutan, perburuan liar, penggunaan pupuk buatan secara berlebihan, serta pembuangan sampah dan limbah sembarangan.

3. Sebutkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat topeng Cirebon.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat patung Cirebon antara lain : kayu, pisau tatah, kerok, dan gergaji.

Ayo Renungkan

Kegiatan apa sajakah yang telah dan akan kamu lakukan untuk memelihara ekosistem yang ada di sekitarmu? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk memelihara keseimbangan ekosistem?

Alternatif Jawaban :

  • Kegiatan yang sudah saya lakukan dalam memelihara ekosistem yang ada disekitar yaitu, tidak menebang pohon sembarangan, tidak membuang sampah sembarangan, menanam bunga dan phon disekitar rumah.
  • Sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam memelihara keseimbangan ekosistem yaitu, sikap bijaksana, dan keterampilan kreatif dan inovatif.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Berdiskusilah dengan orang tuamu untuk melakukan kegiatan-kegiatan di rumah yang dapat memelihara keseimbangan lingkungan. Kamu dapat memulainya dengan melihat keadaan lingkungan di sekitar tempat tinggalmu. Buatlah sebuah rencana kegiatan atau aksi untuk memelihara keseimbangan lingkungan dimulai dari rumahmu. Jelaskanlah juga alasan dan manfaat dari kegiatan tersebut terhadap keseimbangan lingkungan di sekitarmu.

Adik-adik melakukan diskusi dengan orang tua, tentang kegiatan yang bisa dilakukan di lingkungan rumah dalam rangka memelihara keseimbangan lingkungan. Misalnya, menanam pohon, memberishkan lingan, mengubur sampah, dan lainnya.

Sekian artikel kami kali ini, terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 132, 133, 134, 137. Kami yakin dengan adik-adik memanfaatkan alternatif jawaban yang kami buat ini, adik-adik bisa menyelesaikan semua tugas sekolah. Dan bukan hanya itu, kamipun optimis, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dari jawaban yang kami sediakan ini.

Namun kami tetap menekankan, agar adik-adik selalu mengoreksi dan mengecek kembali setiap soal yang kami sediakan diatas, hal ini untuk menghindari kekeliruan pada jawaban dan soalnya. Karena kami juga tidak bisa menjamin semua jawaban diatas pasti benar dan tepat, maka dari itu kami selalu menyarankan hal ini.

Selain mengerjakan tugas sekolah yang diberikan oleh guru seperti ini, adik-adik juga Sudha harus serius dan giat dalam belajarnya. Karena saat ini adik-adik hampir menyelesaikan kegaitan belajar pada semester ganjil, dan akan melanjutkan ke kegiatan ulangan akhir semester. Sangat penting mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar, agar adik-adik punya persiapan dalam mengikuti kegiatan PAS nantinya.

Dengan persiapan yang bagus, kami yakin adik-adik bisa mengerjakan semua soal dengan mudah, dan bisa mendapatkan nilai yang bagus pula. Serta jangan lupa untuk memanfaatkan alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 132, 133, 134, 137 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 5"