√ Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci jawaban tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera kelas 6 halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20 subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini dapat adik-adik manfaatkan sebagai alternatif jawaban untuk mengisi soal-soal latihan yang masih belum ditemukan jawabannya oleh adik-adik. Kami berkomitmen untuk menyediakan kepada adik-adik jawaban terbaik dari soal-soal latihan yang ada pada buku siswa. Dengan jawaban ini, kami harap nilai-nilai yang nantinya akan adik-adik peroleh akan maksimal dan bagus. Sehingga kalau adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, maka akan sangat baik untuk prestasi adik-adik di sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20 Tema 6 Kelas 6

Pada kenyataannya memang alternatif jawaban seperti ini banyak dimanfaatkan oleh adik-adik untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Bukan hanya siswa saja, tetapi para orang tua uang turut membantu anak-anaknya mengerjakan tugas sekolah juga banyak yang mencari alternatif jawaban seperti ini. Melihat hal tersebut, kami memutuskan untuk turut andil dalam menyediakan jawaban yang terbaik yang bisa adik-adik pergunakan. Dan dengan jawaban kami ini, semoga nilai yang didapat juga akan bagus.

Sebelumnya, kami juga telah memposting Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6, yang mungkin saja adik-adik telah melihat dan memanfaatkan jawaban tersebut. Kamipun membuat jawabannya berdasarkan pemahaman kami, setelah mempelajari materi pada buku pelajaran. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 8, 9, 10, 11, 12 yang baru-baru ini kami posting. Kami harap jawaban yang sudah kami sediakan bisa adik-adik pergunakan sebaik mungkin sebagai jawaban dan bisa berbagi juga kepada yang memerlukan.

Lanjutan Jawaban :

Mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan memanfaatkan jawaban seperti ini memang sangat membantu sekali. Apalagi jika tugas tersebut sudah harus segera dikumpulkan dan adik-adik tidak punya cukup waktu untuk mencari sendiri jawabannya, maka tak heran jika alternatif jawaban seperti ini menjadi pilihan terbaik. Dan kami harap juga dari jawaban ini, adik-adik bisa mendapatkan nilai tertinggi di kelas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20

Adik-adik tahu jika buku siswa tema 6 kelas 6 ini merupakan buku materi pertama yang adik-adik pelajari pada semester genap, dan akan dilanjutkan setelahnya dengan buku siswa tema 7 sampai dengan tema 9. Pada buku siswa tema 6 ini juga terdapat tugas-tugas yang harus adik-adik kerjakan, mulai dari soal-soal latihan, membuat poster, membuat kesenian, melakukan pengamatan, membuat laporan hasil penelitian dan lainnya.

Kami tahu jika alternatif jawaban seperti ini akan sangat memabntu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Kami disini berupaya semaksimal mungkin untuk menyediakan jawaban-jawaban yang tepat menurut kami, setelah kami mempelajari materi pada buku siswa. Dan kami yakin jawaban ini bisa membantu adik-adik, maka dari itu silahkan manfaatkan dengan bijak jawaban yang telah kami sediakan ini.

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi kewajiban adik-adik sebagai murid, karena dari tugas inilah adik-adik akan mendapatkan nilai tugas, yang kemudian nilai tugas ini akan dicatat oleh guru pada buku nilai, dan pada akhir semester guru kelas akan menghitung semua nilai dan memasukkannya pada raport semester.

Kunci Jawaban Halaman 14 Tema 6 Kelas 6

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20 Tema 6 Kelas 6

Amatilah gambar di atas. Kemudian, tuliskan hasil pengamatanmu mengenai gambar pada kolom berikut!

Pada gambar tersebut menunjukkan suasana kampung yang menerapkan peraturan jam belajar bagi warga. Hal tersebut merupakan perilaku positif masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban Halaman 15 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berdiskusi

Bersama seorang temanmu, diskusikan tentang hal berikut!

1. Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.

2. Apa kewajibanmu sebagai seorang siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumahmu?

Kewasjiban siswa di lingkungan sekolah antara lain sebagai berikut :

  • Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
  • Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
  • Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada di sekolah.
  • Ikut menjaga nama baik sekolah, guru maupun pelajar lainnya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
  • Menghormati guru dan saling menghargai antarsesama murid.
  • Memakai pakaian seragam sekolah sesuai dengan hari yang telah ditentukan.
  • Siswa berkewajiban untuk mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan.
  • Siswa wajib memberikan keterangan sakit, izin atau alpa dari orang tua bahwa anak berhalangan hadir di sekolah.

Beberapa kewajiban siswa di lingkungan rumah antara lain :

  • Kewajiban belajar
  • Kewajiban membantu orang tua
  • Kewajiban mematuyhi nasehat dari kedua orang tua
  • Kewajiban menjalankan perintah agama
  • Menjaga kebersihan rumah
  • Menghormati dan menghargai anggota keluarga yang lain

3. Bagaimanakah sikapmu terhadap kewajiban yang kamu miliki?

Sikapku terhadap kewajibanku adalah aku harus berusaha untuk melaksanakan kewajiban yang harus aku lakukan, serta enerimanya dengan penuh rasa tanggung jawab.

4. Mengapa kamu harus bersikap seperti jawabanmu pada soal nomor 3?

Kita harus bersikap seperti itu karena dengan menjalankan kewajibanku tersebut dapat menjadikanku pribadi yang disiplin

Kunci Jawaban Halaman 16-17 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan? Tuliskan dalam tabel berikut!

Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20 Tema 6 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 19 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!

1. Apa judul bacaan di atas?

Bacaan tersebut berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua”.

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

Kata kunci yang terdapat pada bacaan di antaranya: transmigran, kerukunan, perbedaan suku, agama, dan budaya.

3. Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul?

Kampung Wonorejo menunjukkan tentang kerukunan dalam keberagaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan.

Hubungan penduduk asli Papua dan warga transmigran tidak mengalami pengkotakan dalam menjalankan ibadah. Masing-masing tidak menajamkan identitas tradisi atau agama yang dapat membuat hubungan menjadi terganggu. Sebaliknya, mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan yang harus dilestarikan.

Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang damai tenteram, hidup rukun berdampingan, terhindar dari segala macam bentuk radikalisme, terorisme, konflik sosial, perang saudara, dan ancaman perpecahan.

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menuliskan pada kolom tersedia!

1. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?

Berikut yang dapat aku lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan :

  • Belajar dengan tekun.
  • Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat
  • Saling menghormati antarsesama

2. Bagaimana pelaksanaan kewajibanmu sebagai warga masyarakat?

Kewajibanku sebagai warga masyarakat sudah dilaksanakan dengan baik. Aku mengikuti kegiatan yang diadakan di masyarakat. Misalnya, kerja bakti membersihkan jalan desa.

Kunci Jawaban Halaman 20 Tema 6 Kelas 6

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali ini? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu pelajari. Tuliskan juga kesulitan jika kamu merasa kesulitan pada pembelajaran kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.

Yang saya pelajari pada pembelajaran kali ini ialah materi tentang kewajiban, upaya mengisi kemerdekaan, memaknai kemerdekaan. Saya tidak merasa kesulitan selama pembelajaran.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa makna kemerdekaan bagimu dan keluargamu? Coba diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Makna kemerdekaan bagi saya dan keluarga adalah bebas dari penjajahan dan bisa menentukan nasib negerinya sendiri.

Sekian ulasan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20 ini. Kami yakin jika adik-adik selalu mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus. Dan jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, baik dari tugas seperti ini, ataupun dari kegiatan lainnya, adik-adik bisa meraih prestasi di sekolah, misalnya juara kelas. Untuk itu, kami selalu mengingatkan, agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan sesuatu, termasuk mengerjakan tugas seperti ini, selalu cek dan pastikan jawaban sudah sesuai dengan soal yang ada.

Selain mengerjakan tugas-tugas sekolah seperti ini, adik-adik tentunya juga akan mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian. Maka dari itu, adik-adik juga bisa memanfaatkan alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah, untuk memperdalam pemahaman adik-adik terkait materi yang sudah dipelajari. Karena kegiatan ulangan harian, sewaktu-waktu bisa saja dilaksanakan, jadi adik-adik harus punya persiapan.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3"