√ Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 4 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 4 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 4 Kewajiban dan Hakku kelas 3 halaman 142, 144, 145, 146 subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami siapkan buat adik-adik yang saat ini tengah disibukan dengan tugas-tugas sekolah. Alternatif jawaban yang kami buat ini dapat dimanfaatkan untuk menjawab dan mengisi soal-soal latihan pada buku siswa yang mungkin belum adik-adik temukan jawabannya. Kami tentunya tak sembarangan dalam membuat jawaban ini, sebelumnya kami sudah membaca dan memahami materi, serta menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang tepat.

Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3

Pada postingan kami yang lalupun kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 yang dapat adik-adik lihat juga serta manfaatkan jawabannya jika memang masih ada tugas yang belum selesai pada halaman sebelumnya. Lihat pula postingan kami sebelumnya terkait dengan kunci jawaban untuk tema 4 ini, yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 131, 132, 135, 136. Kami berharap alternatif jawaban ini tak hanya bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah saja, namun kelak dari tugas-tugas yang sudah adik-adik kumpulkan, bisa mendapatkan nilai yang bagus juga.

kami memahami bahwa memang alternatif jawaban seperti ini cukup memabntu para siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Apalagi pada masa seperti saat ini, dimana banyak sekolah yang menerapkan kegiatan belajar dari rumah maupun online. Hal ini akan berdampak kepada kurang efektifnya siswa dalam belajar dan memahami materi pada buku pelajaran. Guru tidak bisa menjelaskan secara rinci materi-materi pelajran seperti mana biasanya yang dilakukan di sekolah secara tatap muka.

Lanjutan Jawaban :

Selain itu, para siswa juga dituntut untuk bisa mandiri belajar di rumah dibimbing oleh para orang tua. Selain itu, guru akan lebih banyak memberikan tugas kepada siswanya. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab tugas-tugas sekolah yang harus siswa kerjakan jadi lebih banyak. Dan tak sedikit pula para siswa mengeluhkan hal ini, karena banyaknya tugas yang harus mereka selesaikan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kami untuk turut andil dalam menyediakan alternatif jawaban ini.

Diharapkan dengan kami ikut serta berbagi alternatif jawaban ini, semoga menjadi solusi dan kemudahan bagi para siswa dalam menjawab dan menyelesaikan tugas sekolahnya. Bukan hanya membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah saja, namun kami juga sangat berharap nilai yang kelak adik-adik peroleh bisa maksimal dan bagus. Sehingga dapat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir di raport semester.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145, 146

Kami tentunya selalu menyarankan para siswa, untuk terlebih dahulu berusaha sendiri dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Baca materi sebelum menjawab soalnya, cari cari jawaban yang terbaik. Namun jika memang waktu tidak memungkinkan, atau kurangnya waktu, atau mungkin soal tersebut belum ditemukan jawabannya oleh adik-adik, maka manfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini.

Mengerjakan tugas-tugas sekolah memang sudah menjadi tanggung jawab para siswa. Namun kamipun tahu jika dalam situasi seperti saat ini, tak sedikit pula dari orang tua membantu anak-anaknya dalam menyelesaikan tugas sekolah. Nilai-nilai yang nantinya diperoleh adik-adik, akan sangat bermanfaat dan membantu dalam menentukan nilai akhir pada raport semester. Maka dari itu, mulai sekarang kerjakan dengan sungguh-sungguh setiap soal yang ada.

Namun juga kami ingin mengingatkan adik-adik, agar tidak lalai dalam belajarnya, manfaatkan juga alternatif jwaban seperti ini, sebagai bahan belajar mandiri di rumah. Serta jika memang adik-adik masih menemukan jawaban yang salah, silahkan diperbaiki, atau sampaikan pada kami. 

Kunci Jawaban Halaman 142 Tema 4 Kelas 3

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa kelas 4 tema 4 halaman 141!

Garis bawahi masalah yang ada pada teks dengan rapi!

Garis bawahi kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah!

Alternatif Jawaban :

  • Jalan di depan sekolah Dayu gersang
  • Dayu berdiskusi dengan teman-temannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerja sama.

Ayo Menulis

Apakah kita berhak mendapatkan lingkungan sejuk?

Apa yang menjadi masalah di lingkungan tempat tinggalmu?

Bagaimana cara menyelesaikannya?

Alternatif Jawaban :

  • Ya, Semua warga negara berhak atas lingkungan yang sehat dan sejuk. Lingkungan yang sehat dan sejuk akan membuat lingkungan lebih nyaman untuk ditempati. Namun saat ini banyak pohon ditebang sehingga lingkungan menjadi gersang.
  • Yang menjadi masalah dilingkungan tempat tinggal saya adalah lingkungan menjadi gersang karena banyak penebangan pohon. Pohon ditebang untuk diambil kayunya. Sayangnya mereka tidak mengganti tanaman yang ditebang sehingga lingkungan menjadi gersang.
  • Cara menyelesaikan permasaahan ini ialah dengan cara menanam pohon bersama di lahan gersang tersebut, membuat program setiap siswa memiliki sekurang-kurangnya satu pohon di rumah/sekolah, memelihara pohon yang ada, tidak menebang pohon tanpa alasan kuat.

Kunci Jawaban Halaman 144 Tema 4 Kelas 3

Ayo Berkreasi

  • Buatlah topi menggunakan kertas koran bekas!
  • Buatlah sesuai ukuran kepalamu!
  • Usahakan rapi dan dapat dipakai!

Alternatif Jawaban :

Adik-adik ditugaskan untuk membuat sebuah topi menggunakan kertas karton bekas. Dan berikut ini merupakan contah hasil topi dari kertas karton, serta langkah-langkah dalam membuat topi tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3

Cara membuat topi :

  1. Siapkan kertas karton, kertas majalah buat menjadi persegi panjang
  2. Lipat kertas kesamping pas di tengah lalu kembalikan, sehingga terbentuk garis tengah;
  3. Lipat kertas ke bawah tepat di tengah;
  4. Lipat kiri kanan atas kertas sesuai garis terputus;
  5. Lipat bagian bawah ke atas, yang satu kedepan dan satunya kebelakang;
  6. Buka dan tarik topi pada tanda panah, lalu ratakan;
  7. Lipat bagian bawah ke atas sesuai garis putus;
  8. Buka lagi dan tarik topi pada tanda panah, lalu ratakan;
  9. Tarik lipatan pinggir topi kesamping kiri dan kanan;
  10. Topi orangpun selesai dibuat.

Kunci Jawaban Halaman 145 Tema 4 Kelas 3

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa kelas 4 tema 4 halaman 144 !

Cobalah hitung berapa banyak bibit pohon angsana yang ada di kecamatan? Hitung juga berapa banyak bibit pohon angsana yang diterima oleh satu kelurahan?

Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3

Banyaknya kelurahan     : 10

Banyaknya bibit                : ?

Jatah untuk 1 kelurahan : ?

Langkah penyelesaian :

  • Tentukan banyaknya bibit. Banyaknya bibit diwakili oleh bilangan yang harus habis dibagi 10.
  • Tentukan jatah pohon setiap kelurahan (banyaknya bibit dibagi dengan banyaknya kelurahan).

Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 146 Tema 4 Kelas 3

Kemungkinan lain:

Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3

Cobalah membuat cerita seperti cerita Dayu dan bibit pohon angsananya!

Tentukan banyak kelurahan!

Tentukan banyak bibit pohon yang ada di kecamatan!

Tentukan jatah setiap kelurahan!

Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3

Alternatif Jawaban :

Hari ini, Pemerintah kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima akan membagikan 900 bibit pohon mahoni. Pemerintah Kecamatan Ambalawi akan membagikannya ke seluruh desa. Di kecamatan Ambalawi tempat tinggalku ada 6 desa yaitu Kole, Mawu, Nipa, Rite, Talapiti, dan Tolowata

Banyaknya desa : 6

Banyaknya bibit : 900

Jatah untuk 1 kelurahan : ?

Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3

Sekian artikel kami kali ini yang mengulas mengenai Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145, 146. Dengan adanya alternatif jawaban seperti ini, semoga bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang harus segera dikumpulkan kepada guru kelas. Serta kamipun tentunya juga berharap jawaban yang kami buat ini bisa menjadi jawaban yang benar ketika guru kelas memeriksa tugas adik-adik. Dengan itu tentu adik-adik bisa meraih nilai terbaik.

Tak lupa kami ingatkan pula adik-adik, agar mengecek lagi setiap jawaban yang kami sediakan ini, pastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik tulisan dan salin pada buku tugas. Serta manfaatka pula alternatif jawaban seperti ini, sebagai bahan belajar mandiri di rumah, karena kegiatan ulangan akhir semester tak lama lagi akan dilaksanakan, persiapkan diri adik-adik untuk kegiatan tersebut.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 142, 144, 145, 146 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 4 Pembelajaran 1"