√ Kunci Jawaban Halaman 148, 149, 150, 151 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 4 Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 148, 149, 150, 151 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 4 Pembelajaran 2

Kunci jawaban tema 4 Kewajiban dan Hakku kelas 3 halaman 148, 149, 150, 151 subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang buat dan sediakan pada kesempatan ini, di khususkan untuk para siswa Sekolah Dasar yang tengah sibuk-sibuknya menyelesaikan tugas sekolah. Kami membuat alternatif jawaban ini dengan maksimal, menjawab setiap soalnya dengan jawaban yang tepat, setelah kami memahami setiap materi yang ada pada buku siswa. Untuk itu adik-adik tak usah ragu dalam menggunakan jawaban yang kami buat ini.

Kunci Jawaban Halaman 148, 149, 150, 151 Tema 4 Kelas 3

Dan sebenarnyapun, pada postingan kami sebelumnya, kami sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 yang bisa adik-adik lihat dan manfaatkan alternatif jawaban jika memang masih memerlukan jawabannya untuk menyelesaikan tugas pada kegiatan belajar sebelumnya. Atau adik-adik juga tertatik untuk melihat kunci jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelumnya, silahkan lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145, 146. Semua jawaban kami buat dengan sungguh-sungguh, dan ada beberapa jawaban juga kami ambil dari sumber-sumber lainnya.

Bicara tentang tugas-tugas sekolah yang ada pada buku siswa tema 4 kelas 3 ini, tentu kita semua tahu jika buku siswa tema 4 kelas 3 ini merupakan buku materi pelajaran yang adik-adik pelajari pada semester ganjil dan merupakan buku materi terkahir yang dipelajari pada semester ini. Setelah adik-adik menyelesaikan buku siswa tema 4 ini, adik-adik akan melaksanakan kegiatan akhir tahu, yaitu kegiatan UAS. Dan adik-adipun tahu jika dalam buku tema 4 ini terdapat 4 subtema pembelajaran, dan pada masing-masing subtemanya ada 6 kegiatan belajar.

Lanjutan Jawaban :

Dalam setiap kegiatan belajar itulah adik-adik akan menemukan tugas-tugas sekolah. Tugas yang ada pada buku siswa tak selalu tentang soal-soal latihan saja, namun adik-adik tentunya akan menjumpai jenis tugas lainnya, seperti tugas kelompok, membuat makalah, bernyanyi, melakukan penelitian, membuat karya seni dan lainnya. Dari sekian banyaknya tugas yang ada, tentu guru akan lebih banyak memberikan tugas individu yang bisa adik-adik kerjakan sendiri di rumah.

Dari tugas-tugas inilah seorang guru bisa melihat kemampuan siswanya dalam memahami materi pelajaran pada buku. Dan nilai-nilai yang nantinya adik-adik peroleh, akan menjadi nilai tambahan buat adik-adi, untuk kemudian pada akhir semester semua nilai akan dihitung, termasuk nilai dari tugas-tugas seperti ini. Lalu nilai-nilai ini akan dimasukan pada nilai raport semester. Untuk itu, kerjakan dengan sungguh-sungguh setiap tugas yang diberikan guru, raih nilai tertinggi.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 148, 149, 150, 151

Kami memahami jika tugas-tugas yang ada, tak selalu adik-adik yang mengerjakannya, namun tak sedikit juga para orang tua ikut berperan dalam membantu anaknya mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Meskipun begitu, kami selalu menyarankan adik-adik agar terlebih dahulu mengerjakan sendiri tugas-tugas sekolahnya. Manfaatkan buku pelajaran, baca dan cari jawabannya pada buku. Dan jika setelah adik-adik usahan, namun belum menemukan jawabannya, maka alternatif jawaban ini bisa adik-adik manfaatkan.

Namun kami ingatkan pula, agar adik-adik tidak lalai dalam belajarnya, jangan sampai dengan adanya alternatif jawaban seperti ini, malah membuat adik-adik malas untuk belajar dan selalu bergantung pada alternatif jawaban. Harusnya adik-adik bisa bijak dalam memanfaatkan jawaban ini. Dan kami juga ingatkan agar adik-adik selalu mengecek dan memastikan jawaban telah sesuai dengan soalnya, baru kemudian adik-adik menyalinnya pada buku tugas.

Dan manfaatkan pula alternatif jawaban seperti ini sebagai bahan belajar di rumah, untuk mendalami pemahaman adik-adik, terkait materi pelajaran yang sudah dipelajari. Dan persiapkan diri adik-adik untuk kegiatan berikutnya, yaitu kegiatan UAS yang tak lama lagi akan dilaksanakan. Nah berikut ini, kami sudah siapkan alternatif jawabannya, cari dan pilih sesuai halaman yang tengah dikerjakan.

Kunci Jawaban Halaman 148 Tema 4 Kelas 3

Teks bacaan “Siti Demam” dapat dilihat pada buku siswa tema 4 kelas 3 halaman 147!

Amati kembali teks ‘Siti Demam’!

Temukan kewajiban dan hak pada teks!

Sampaikan hasil temuanmu di depan kelas!

Alternatif Jawaban :

Kewajiban:

  • Siti wajib menjaga kesehatan.
  • Siti wajib mematuhi nasehat kedua orangtuanya.
  • Siti harus banyak minum air putih hangat, memilih jajanan yang sehat, dan rajin mencuci tangan.
  • Siti harus berterima kasih kepada dokter

Hak:

  • Siti berhak mendapatkan fasilitas tempat berobat.
  • Siti dikompress dan diselimuti saat sakit.
  • Siti dirawat dokter dan perawat yang bertugas.
  • Siti diberi obat dan vitamin
  • Mereka senang berobat di Puskesmas

Ayo Berdiskusi

Dapatkah kamu menemukan kewajiban dan hak lain?

Diskusikan dengan teman-temanmu!

Tuliskan hasil diskusimu pada selembar kertas!

Pajanglah hasil diskusimu pada papan pajangan kelas!

Salin hasil diskusi pada tempat tersedia!

Alternatif Jawaban :

Paparan tentang kewajiban dan hak telah disampaikan pada jawaban diatas. Adik-adik bisa menambahkan lagi kewajiban dan hak selain yang sudah kami sediakan diatas.

Kunci Jawaban Halaman 149 Tema 4 Kelas 3

Ayo Menulis

Amati kembali teks “Siti Demam”!

Tuliskan kalimat-kalimat yang menunjukkan masalah!

Tuliskan juga cara mengatasinya!

Kunci Jawaban Halaman 148, 149, 150, 151 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 150 Tema 4 Kelas 3

Ayo Mencoba

Sebagai warga negara yang baik kita wajib menjaga kesehatan kita. Jika warga sehat, negara akan berkembang dengan baik. Bagaimana jika sebaliknya?

Siswa dianjurkan agar memilih jajanan yang sehat. Apa yang dimaksud dengan jajanan sehat? Apa saja contoh jajanan sehat? Mengapa kita harus memilih jajanan sehat? Apa manfaatnya untuk kesehatanmu?

Carilah jawaban pertanyaan di atas! Jadilah wartawan! Carilah teman untuk kamu wawancarai! Catat hasil wawancaramu pada tempat tersedia!

Kunci Jawaban Halaman 148, 149, 150, 151 Tema 4 Kelas 3

Alternatif Jawaban :

Hasil Wawancara

Pembukaan :

Jajanan adalah makanan atau minuman siap santap yang dijual oleh penjaja jalanan, pedagang asongan, atau warung. Jajanan biasanya dijual di tempat umum misalnya di sekolah-sekolah.

Wawancara :

  • Saya : Sebelumnya terima kasih sudah memberikan ksempatan kepada saya untuk mewawancarai Bapak. Seperti yang kita ketahui pak, jika makanan jajanan gorengan atau minuman siap santap banyak dijual oleh pedagang yang ada di jalanan atau yang ada di warung. Jajanan ini biasanya dijual di tempat umum, misalnya di Sekolahan. Berkaitan dengan hal tersebut, saya ingin bertanya pak, apa sih yang dimaksud dengan jajanan sehat?
  • Narasumber : Jajanan sehat adalah jajanan memiliki komposisi gizi yang baik dan berimbang. Selain itu jajanan sehat juga harus bersih, tidak mengandung bahan pengawet, pewarna buatan dan bahan tambahan.
  • Saya : Apa saja contoh jajanan sehat?
  • Narasumber : Jenis jajanan anak bermacam-macam, contohnya jajanan sehat yang ada di sekolah diantaranya adalah kue cubit, pizza mini, dan martabak mini.
  • Saya : Mengapa kita harus memilih jajanan sehat?
  • Narasumber : Semua jajanan di sekolah terlihat enak, namun tidak semua jajanan yang terlihat enak itu baik untuk tubuh kita. Kita harus pintar memilih jajanan, agar badan selalu sehat.
  • Saya : Apa saja manfaat jajanan sehat?
  • Narasumber : Beberapa manfaat memilih jajanan sehat antara , Pertama : mengetahui mana makanan sehat yang harus dipilih dan mana makanan yang harus dihindari, Kedua : memiliki kebiasaan makan yang baik dan sehat, Ketiga : terhindar dari penyakit akibat jananan tidak sehat.
  • Saya: Baik pak, terima kasih atas penjelasannya.

Penutup :

Jajanan sehat adalah jajanan yang aman, bermutu dan bergizi serta memastikan bahwa tidak ada unsur pangan yang tidak aman dan berbahaya. Dengan membeli jajanan sehat maka tubuh kita akan sehat.

Catatan :

Hasil wawancara diatas hanyalah contoh saja. Adik-adik bisa menambahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang lebih bagus.

Kunci Jawaban Halaman 151 Tema 4 Kelas 3

Ayo Bercerita

Bagaimana perasaanmu saat mewawancarai teman?

Perasaan saya ketika mewawancarai teman sangat bersemangat, senang serta gugup juga.

Bagaimana perasaanmu ketika diwawancarai teman?

Perasaan saya ketika diwawancarai teman, saya sangat senang, bersemangat dan sedikit gugup juga, saya takut jika tidak bisa menjawab pertanyaan teman saya.

Apa pendapat temanmu tentang manfaat memilih jajanan sehat?

Menurut pendapat teman saya terkait jajanan sehat :

  • Menganjurkan untuk membeli jajanan sehat
  • Jajanan sehat banyak sekali manfaatnya
  • Baik untuk Kesehatan tubuh

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua bercerita tentang pengalaman berobat saat masih kecil dulu.

Alternatif Jawaban :

Kegiatan ini dilakukan bersama orang tua. Adik-adik menanyakan kepada orang tua tentang pengalamannya berobat pada maca kecil. Adik-adik mendengarkan Ibu/ Ayah bercerita, serta mencatat cerita tersebut. 

Adik-adik sekalian, cukup sekian artikel kami kali ini yang mengulas tentang Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 148, 149, 150, 151. Kami selalu menyarankan adik-adik agar lebih teliti lagi, pastikan jawaban yang kami sediakan ini sudah sesuai dengan soal, kemudian barulah adik-adik menuliskannya pada buku. Dan misalkan memang dalam jawaban kami masih ada kekurangan, silahkan adik-adik perbaiki saja, sesuaikan dengan pemahaman adik-adik.

Kegiatan belajar mengajar pada buku siswa tema 4 ini, tak lama lagi akan selesai, selanjutnya adik-adik akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester atau UAS. Kami ingatkan adik-adik semua agar mulai dari sekarang giat dalam belajarnya, persiapkan diri adik-adik untuk kegiatan akhir semester, yaitu UAS. Karena nilai UAS juga sangat penting bagi adik-adik. Dan jangan lupa pula untuk berbagi alternatif jawaban ini, share ke teman-teman sekolah lainnya, terima kasih.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 148, 149, 150, 151 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 4 Pembelajaran 2"