√ Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 157 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 4 Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 157 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 4 Pembelajaran 3

Kunci jawaban tema 4 Kewajiban dan Hakku kelas 3 halaman 153, 154, 155, 156, 157 subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini bisa adik-adik manfaatkan sebagai alternatif jawaban dalam menyelesaikan tugas-tugas yang harus segera dikumpulkan kepada guru. Meskipun ini hanya alternatif jawaban, namun kami tidak asal menjawab soal-soal latihannya, terlebih dahulu, kami sudah membaca dan memahami materi pelajaran. Baru kemudian kami jawab soal-soalnya dengan jawaban yang tepat menurut kami, maka dari itu, silahkan adik-adik gunakan dengan bijak jawbaan yang kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 157 Tema 4 Kelas 3

Dan sebelumnyapun kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 yang juga kami buat jawabannya semaksimal mungkin. Adik-adik dapat melihatnya dan memanfaatkan jawabannya untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Lihat juga alternatif jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelumnya, pada postingan kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 148, 149, 150, 151. Dan semoga apa yang kami sediakan ini, dapat bermanfaat buat adik-adik, bukan hanya menyelesaikan tugas sekolah saja, namun nilai yang nantinya adik-adik perolehpun bisa maksimal.

Dengan adanya alternatif jawaban seperti ini memang adik-adik sangat terbantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Apalagi pada masa saat ini, dimana kegiatan persekolahan banyak yang ditiadakan dan dirubah menjadi belajar mandiri di rumah atau online. Tentunya akan berdampak juga kepada siswa, belajar siswa pastinya akan terganggung dan kurang maksimal. Serta guru akan lebih banyak memberikan tugas-tugas kepada siswanya. Maka tak heran jika sebagian siswa ada yang mengeluhkan karena banyak tugas yang mesti mereka kerjakan.

Lanjutan Jawaban :

Melihat hal seperti ini, kami berkomitmen untuk turut dalam menyediakan alternatif jawaban yang bagus, yang kami jawab sebaik mungkin, setelah memahami materi-materi pada buku siswa. Dan beberapa jawaban ada yang kami ambil dari beberapa sumber lainnya, yang kemudian kami jadikan dalam satu artikel yang lengkap. Diharapkan dengan kami menyediakan alternatif jawaban seperti ini, para orang tua maupun adik-adik dapat terbantu.

Namun kami juga ingin mengingatkan, bahwa kami disini hanya berusaha semaksimal mungkin untuk membuat dan menyediakan jawaban-jawaban ini. Kami menjawabnya sesuai pemahaman kami. Maka dari itu kami disini tidak bisa menjamin bahwa kelak jawaban ini pasti benar semuanya. Tidak demikian, bisa saja masih ada jawaban yang kurang, untuk itu kami selalu menyarankan adik-adik untuk memeriksa dan memastikan jawaban sudah tepat dan sesuai dengan soalnya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 153, 154, 155, 156, 157

Memang sudah menjadi tugas adik-adik sekalian untuk mengerjakan soal-soal latihan yang menjadi tugas sekolah. Namun pada kenyataannya, tak sedikit juga para orang tua harus ikut dalam membantu anak-anaknya mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah, dimana tugas ini harus segera dikumpulkan kepada guru kelas. Nilai-nilai yang adik-adik peroleh dari tugas-tugas seperti ini cukup membantu dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Maka dari itu, kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang diberikan oleh guru. Namun kami juga ingin mengingatkan para siswa, agar terlebih dahulu untuk berusaha dalam menjawab dan mengerjakan semua tugas sekolah. Namun jika memang masih terdapat soal yang sulit dan belum bisa dijawab oleh adik-adik, maka silahkan manfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini.

Serta kami himbau para siswa, untuk mulai sekarang lebih aktif dalam belajarnya. Karena kita semua tahu jika kegiatan UAS tak lama lagi akan dilaksanakan. Manfaatkan juga alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar mandiri di rumah. Nah berikut ini, kami sudah sediakan khusus untuk adik-adik sekalain, alternatif jawabannya, cari sesuai dengan soal yang tengah dikerjakan.

Kunci Jawaban Halaman 153 Tema 4 Kelas 3

Teks bacaan “Di Kantor Kelurahan” dapat dilihat pada buku siswa tema 4 kelas 4 halaman 152!

Amati kembali teks “Di Kantor Kelurahan”!

Sebutkan kalimat yang menunjukkan saran!

Apakah saran itu bisa kamu lakukan?

Beri pendapatmu!

Alternatif Jawaban :

Kalimat yang menunjukan saran diantaranya adalah :

  • Pak Lurah menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau. 
  • Beliau juga menyarankan agar setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat. 

Saran dari Pak Lurah tentunya bisa dilaksanakan karena menjaga lingkungan merupakan kewajiban setiap warga masyarakat. Lingkungan yang bersih dan hijau sangat baik untuk kesehatan.

Ayo Mencoba

Semua orang berhak mendapat lingkungan yang hijau dan bersih. Akan tetapi, masih banyak saluran air yang tertutup sampah. Pohon-pohon juga banyak yang habis ditebang bukan? Bagaimana perasaanmu mengenai hal ini? Bagaimana pula saranmu mengenai hal ini?

Sampaikan saranmu kepada teman-temanmu!

Alternatif Jawaban :

Saluran air yang tertutup sampah tentu sangat mengganggu. Saluran air bukanlah tempat sampah, melainkan tempat mengalirnya air. Jika saluran air tersebut banyak digenangi sampah maka air tidak dapat mengalir dengan lancar. Beberapa saran mengenai saluran air yang tertutup sampah antara lain sebagai berikut :

  • Warga masyarakat sebaiknya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.
  • Sebaiknya setiap bulan sekali diadakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran air.
  • Sebaiknya warga masyarakat mendaur ulang sampah sehingga tidak menambah jumlah sampah.
  • Setiap warga sebaiknya memiliki satu lobang sampah sehingga sampah tidak dibuang ke saluran air.

Pohon-pohon yang tumbuh di lingkungan sekitar rumah meniciptakan lingkungan bersih dan hijau. Namun saat ini banyak pohon yang ditebang untuk berbagai alasan. Penebangan pohon tentunya sangat memperihatinkan. Beberapa saran mengenai banyak pohon yang habis ditebang antara lain sebagai berikut :

  • Setiap warga sebaiknya tidak menebang pohon secara sembarangan.
  • Warga sebaiknya melakukan penanaman kembali (tebang-tanam) daerah yang pohonya telah ditebang.
  • Warga sebaiknya merawat pohon sehingga pohon-pohon terjaga kelestariannya.
  • Warga sebaiknya membuat dan melaksanakan program lingkungan hijau.

Kunci Jawaban Halaman 154 Tema 4 Kelas 3

Ayo Berlatih

Pak Lurah ingin membuat wilayahnya hijau. Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon angsana. Di wilayah itu terdapat 10 RT. Beliau menugaskan 10 RT untuk menanam. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Lurah? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT? 

Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Lurah! Tentukan banyak bibit yang diterima setiap RT! Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 157 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 155 Tema 4 Kelas 3

Ayo Mencoba

Buatlah cerita seperti teks "Di Kantor Kelurahan"!

Tentukan banyaknya RT, banyaknya bibit di

Kelurahan, dan banyaknya bibit yang diterima RT!

Tulislah lima kemungkinan!

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 157 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 156 Tema 4 Kelas 3

Ayo Berlatih

Siti dan teman-temannya sangat senang mendapat bibit pohon angsana. Mereka akan menanam bibit itu pada hari Sabtu. Mereka membuat topi untuk dikenakan pada saat menanam bibit pohon angsana.

Masih ingatkah kamu cara membuat topi?

Sebutkan urutan membuat topi!

Alternatif Jawaban :

  • Ambil selembar kertas koran.
  • Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah.
  • Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga.
  • Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan.
  • Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan.
  • Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 157 Tema 4 Kelas 3

Kunci Jawaban Halaman 157 Tema 4 Kelas 3

Kegiatan Bersama Orang Tua

Mendiskusikan rencana menanam pohon bersama.

Alternatif Jawaban :

Adik-adik bersama dengan orang tua, berdiskui tentang kegiatan menanam pohon bersama di lingkungan rumah. Diskusi ini bisa membahas seputar, manfaat kegiatan menanam pohon, jenis pohon yang ditanam, banyak pohon yang ditanam, lokasi penanaman, bagaimana perawatannya, serta pemupukan yang dilakukan dalam perawatannya. Adik-adik bisa mencatat hasil diskusi yang dilakuka bersama orang tua dan menyampaikan hasil diskusi tersebut kepada guru dan teman-teman lainnya.

Sekian ulasan kami pada artikel kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 153, 154, 155, 156, 157. Semoga dengan jawaban yang kami buat dan sediakan buat adik-adik ini, bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang harus segera adik-adik kumpulkan kepada guru. Dan kami berharap juga, setelah guru kelas nanti mengoreksi tugas-tugas adik-adik, jawaban ini bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat, dengan itu sudah pasti adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Dan tak lupa pula kami ingatkan, agar adik-adik persiapkan diri dengan giat belajar dari saat ini, karena tak lama lagi adik-adik akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester atau UAS. Nilai-nilai yang kelaknya adik-adik peroleh dari kegiatan UAS juga sangat penting. Guru akan menghitung seluruh nilai, termasuk nilai tugas dan UAS, lalu memasukannya pada nilai akhir di raport semester, maka dari itu jangan lalai dalam belajarnya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 157 Tema 4 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 4 Pembelajaran 3"