√ Kunci Jawaban Halaman 160, 161 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Kegiatan Literasi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 160, 161 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Kegiatan Literasi

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 160, 161 Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi “Selamat Datang, Air Bersih!” buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan pada artikel ini, merupakan alternatif jawaban yang bisa adik-adik jadikan sebagai jawaban untuk mengisi soal-soal latihan yang menjadi tugas adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 160, 161 Tema 5 Kelas 5

Seperti yang adik-adik ketahui bahwa tugas kali ini ialah mengerjakan soal-saol latihan untuk kegiatan literasi. Kegiatan literasi sendiri ialah kegiatan memebaca, adik-adik dihadapkan pada sebuah bacaan berjudul “Selamat Datang, Air Besih!” yang kemudian pada akhir materi bacaan, ada soal-soal latihan yang harus dikerjakan.

Kami telah menyediakan jawaban untuk tugas kali ini, yang mana jawabannya kami buat dengan benar dan tepat menurut kami, setelah kami membaca keseluruhan dari bacaan yang ada, kemudian memahami isi bacaan, lalu menjawab dengan jawaban yang benar. Namun tentu ini hanyalah pendapat kami, jikapun adik-adik merasa ada yang kurang dari jawaban kami, maka silahkan di perbaiki sesuai pemahaman adik-adik.

Baca : Kunci Jawaban Halaman 163, 164, 165 Tema 5 Kelas 5

Pada artikel kami yang lalu, kamipun sudah pernah berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 untuk kegiatan literai kedua. Adik-adik dapat melihatnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 156, 157. Mungkin adik-adik juga sudah meliaht alternatif sebelumnya, atau malah sudah menggunakan jawaban tersebut untuk menyelesaikan tugas pada kegiatan literasi kedua. Kami harap nilai yang adik-adik peroleh bisa maksimal dan bagus.

Adik-adik pastinya akan sangat dimudahkan dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini. Tapi seperti yang sering kami bilang ke adik-adik, bahwa kami selalu menyarankan kepada adik-adik, untuk terlebih dahulu berusaha semampunya dalam mencari sendiri jawaban untuk soal-soal tersebut. Hal ini supaya adik-adik juga bisa belajar dan tidak selalu bergantung pada alternatif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 160, 161

Saat ini adik-adik hampir menyelesaikan semua rangkaian materi yang ada pada buku siswa tema 5 kelas 5. Dan buku siswa siswa tema 5 ini menjadi buku materi terkahir kali yang adik-adik tuntaskan pada semester ganjil. Dan akan dilanjutkan dengan buku siswa tema 6 pada semester genap nantinya.

Tugas-tugas yang ada pada buku siswa tema 5 inipun sama dengan buku pelajaran sebelumnya. Tak hanya soal-soal latihan saja, namun ada juga jenis tugas lainnya, yakni membuat laporan hasil percobaan, membuat karya seni, membuat poster, bernyanyi dan lainnya.

Dan pada tugas kali ini, adik-adik akan mengerjakan tugas soal-saol latihan untuk kegiatan literasi ketiga. Kegiatan listerasi sendiri merupakan kegiatan membaca, dimana pada akhir bacaan aka nada soal-soal latihan yang harus adik-adik kerjakan. Kami telah menyediakan jawabannya berikut ini, dan kami harap bisa memabntu adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 160 Tema 5 Kelas 5

A. Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan tersebut.

1. Siapakah tokoh utama pada cerita tersebut?

Tokoh utama pada cerita tersebut adalah Tika.

2. Permasalahan apakah yang timbul pada cerita tersebut?

Permasalahan yang ditimbulkan pada cerita diatas adalah sulitnya air bersih.

3. Bagaimanakah pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut?

Pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut adalah dengan membuat alat penyaring air yang terbuat dari drum, kerikil, ijuk, pasir, arang, dan batu bata.

4. Pesan apakah yang dapat kamu petik dari cerita tersebut?

Pesan yang dapat dipetik dari cerita diatas adalah, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. Dan disetiap masalah pasti ada cara dalam mengatasinya, maka jangan pernah berputus asa.

Kunci Jawaban Halaman 161 Tema 5 Kelas 5

B. Kegiatan Proyek

  • Carilah informasi dari berbagai sumber tentang cara penjernihan air.
  • Gambarlah bagan atau diagram yang menunjukkan cara penjernihan air sederhana.
  • Lakukanlah percobaan penjernihan air tersebut dan buatlah kesimpulanmu.
  • Sebutkanlah pengaruh kegiatan manusia di sekitarmu yang dapat mengganggu ketersediaan sumber air bersih.
  • Pada ekosistem hutan, sebutkanlah fungsi air bersih bagi ekosistem tersebut.

Alternatif Jawaban :

Jawaban agar segera kami buat, mohon bersabar!

Sekian postingan kami kali ini yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 160, 161. Kami berharap jawaban yang kami buat dan sediakan diatas dapat menjadi jawaban yang terbaik dan benat, ketika nanti tugas ini dikumpulkan kepada guru dan dikoreksi. Sehingga jika dari tugas ini banyak benarnya, maka pasti nilai yang akan adik-adik peroleh juga akan tinggi. Mendapat nilai tinggi tentu menjadi kemauan adik-adik, dan orang tua adik-adikpun pasti bangga jika adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Mengerjakan tugas-tugas seperti ini memang penting, karena dari tugas seperti inilah adik-adik bisa mendapatkan nilai tugas, yang manan nilai ini nantinya akan membantu meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Namun kami juga ingin mengingatkan, bahwa selain tugas seperti ini, adik-adik juga harusnya mulai serius dan giat dalam belajar, mempersiapkan diri untuk kegiatan ulangan akhir semester atau saat ini dikenal dengan penilaian akhir semester, kegiatan tersebut tak lama lagi akan dilaksanakan, oleh karena itu, mulailah mempersiapkan diri dengan belajar dari saat ini.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 160, 161 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Kegiatan Literasi"