√ Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 2, 4, 6, 7, 8 subtema 1 Komponen Ekosistem pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan berikut ini, merupakan alternatif jawaban yang bisa dipergunakan oleh adik-adik dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Kami berusaha semaksimal mungkin memberikan jawaban yang tepat agar kelak dari jawaban ini pula adik-adik bisa mendapatkan hasil yang bagus. Untuk itu silahkan adik-adik pergunakan jawaban yang kami buat ini dengan bijak.

Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5

Memanfaatkan alternatif jawaban dalam mengerjakan tugas sekolah memang sangat memabntu para siswa. Apalagi kita tahu bahwa hampir sebagian besar kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah saat ini harus ditiadakan dan digantikan dengan sistem belajar secara online. Tentu ini merukan hal yang baru bagi siswa, dan siswa harus bisa beradaptasi dengan sesuai yang baru. Tapi tetap saja, sedikit banyaknya, kegiatan belajar secara online akan berdampak kepada siswa. Siswa akan lebih kurang mendapatkan penjelasan materi pada buku pelajaran dan akan lebih banyak diberikan tugas oleh gurunya. Maka tak heran alternatif jawaban seperti ini menjadi pilihan siswa untuk membantu menyelesaikannya.

Sebelum kami memposting kunci jawaban untuk tugas pada halaman ini, kamipun sudah pernah berbagi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5. Mungkin adik-adik pernah melihat postingan kami yang mengulas tentang jawaban untuk tugas pada buku siswa tema 4? Jika belum maka silahkan adik-adik lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 44, 45, 46, 47, 50, 51, 52. Dengan adik-adik memanfaatkan alternatif jawaban yang kami buat ini, semoga saja tugas-tugas sekolah bisa terselesaikan tepat waktu, serta nilai yang adik-adik peroleh juga akan maksimal nantinya.

Lanjutan Jawaban :

Tentunya adik-adik sangat terbantu dengan adanya alternatif jawaban seperti ini. Para orang tua yang juga turut membantu anak-anaknya mengerjakan tugas sekolah juga banyak yang mencari dan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini. Namun meskipun begitu, kami selalu menyarankan agar adik-adik setidaknya berusaha sendiri dulu, baca dan cari jawaban pada buku, karena kami yakin sebagian soal yang ada bisa adik-adik kerjakan sendiri. Dan jikapun ternyata belum menemukan semua jawabannya, maka silahkan manfaatkan jawaban yang kami sediakan ini dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

Mengerjakan tugas-tugas sekolah memang sudah menjadi tugas adik-adik, karena dari tugas-tugas seperti inilah adik-adik bisa mendapatkan nilai tugas. Dan nilai-nilai tugas ini nantinya akan guru kelas catat pada buku nilai. Dan pada akhir semester semua nilai akan dihitung, termasuk nilai dari tugas seperti ini, yang kemudian nilai ini akan dimasukan pada raport semester. Maka jangan pernah anggap sepele tugas sekolah, kerjakan dengan sungguh-sungguh jika ingin nilai yang bagus.

Tugas yang ada pada buku siswa tak semuanya soal-soal latihan, karena adik-adik juga pastinya akan menemukan jenis tugas lainnya, seperti membuat laporan hasil penelitian, melakukan pengamatan, membuat kesenian, bernyanyi dan lainnnya. Semua itu kembali kepada materi yang sedang dipelajari, karena tugas tergantung pada materi yang dipelajari pada buku siswa.

Kami juga disini mengingatkan adik-adik, bahwa kami memang membuat semua jawaban ini dengan maksud untuk memudahkan adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah. Namun perlu adik-adik ketahui bahwa kami hanya berusaha semampu kami, kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang akmi buat pasti benar semua. Maka dari itu, selalu koreksi dan pastikan kembali jawaban sudah sesuai dengan soalnya.

Kunci Jawaban Halaman 2 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5

Perbedaan apa saja yang dapat kamu jelaskan dari kedua gambar di atas?

Jelaskan hasil pengamatanmu terhadap kedua gambar tersebut.

Alternatif Jawaban 1 :

  • Gambar 1 menunjukkan komponen tak hidup yang ada dalam sebuah lingkungan. Komponen yang ada di gambar di antaranya tanah, bukit, air hingga cahaya yang berasal dari matahari.
  • Gambar 2 mwnunjukkan komponen hidup dalam lingkungan yang saling berinteraksi dan bergantung satu sama lain.

Alternatif Jawaban 2 :

Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 4 Tema 5 Kelas 5

Tuliskanlah pikiran utama dan informasi penting tersebut di tempat yang tersedia di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 6 Tema 5 Kelas 5

Tuliskanlah pertanyaanmu di tempat yang tersedia di halaman berikut ini. Ingatlah untuk selalu menggunakan kata tanya yang tepat dan ejaan bahasa

Indonesia yang benar. Simpanlah pertanyaanmu, hingga kamu menemukan jawaban pertanyaanmu dari kegiatan belajar hari ini.

Pertanyaan :

  1. Apa sebutan untuk hewan pemakan tumbuhan?(Herbivora)
  2. Apa pula sebutan untuk hewan pemakan hewan lain?(Karnivora)
  3. Hewan apa yang menyukai biji kenari? (Tupai)
  4. Mengapa setiap hewan memiliki jenis makanan yang berbeda-beda?(Setiap hewan memiliki jenis makanan yang berbeda sesuai kebutuhannya)
  5. Mengapa ada hewan yang memakan hewan lain?(Agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga)

Kunci Jawaban Halaman 7 Tema 5 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5

Kesimpulan

Makanan setiap hewan berbeda-beda karena setiap hewan memiliki ciri khusus yang berbeda.

Buatlah sebuah teks nonfiksi yang terdiri atas tiga paragraf. Untuk itu, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Alternatif Jawaban :

Teks Notifikasi

Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5

Jenis makanan hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu makanan yang berupa tumbuhan dan makanan yang berupa hewan lain. Hewan yang memakan tumbuhan memilih bagian-bagian tumbuhan yang dapat dijadikan makanan.  Hewan pemakan hewan lain memakan hewan yang lebih kecil sebagai makanannya.

Salah satu hewan pemakan tumbuhan adalah kelimci. Kelinci merupakan salah satu hewan yang sering diternak oleh manusia. Kelinci hidup di kandang buatan manusia, sedangkan habitat kelinci liar biasanya di daerah padang rumput, hutan, atau perbukitan yang dekat dengan sumber makanan. Kelinci termasuk hewan herbivora karena makanannya berupa dedaunan atau rerumputan. Kelinci liar mendapatkan makanan dari tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya. Kelinci yang dipelihara, sumber makanan diperoleh dari pemilik hewan.

Contoh hewan pemakan hewan lainnya adalah kucing. Kucing dipelihara manusia karena tingkahnya yang lucu. Habitat asli kucing adalah di kawasan sabana, hutan terbuka, dan stepa. Kucing termasuk hewan karnivora karena makanannya berupa hewan lainnya. Kucing liar mendapatkan makanan dari hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Kucing yang dipelihara, sumber makanan diperoleh dari pemilik hewan.

Kunci Jawaban Halaman 8 Tema 5 Kelas 5

Ayo Renungkan

Pengetahuan apakah yang telah kamu pelajari hari ini?

Apakah pembelajaran yang menurutmu paling menarik? Mengapa demikian?

Sikap apakah yang harus kamu kembangkan selama mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini?

Hari ini saya belajar tentang, pokok pikiran dalam bacaan, membuat pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya, dan membuat teks nonfiksi tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Beberapa sikap yang dikembangkan selama mengikuti pembelajaran adalah cermat dan teliti.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apakah keluargamu memiliki hewan piaraan di rumah? Jika kamu tidak punya hewan piaraan, hewan apakah yang paling kamu sukai? Ambillah foto hewan piaraanmu, lalu tempelkan pada secarik kertas ukuran A4. Tuliskan nama hewan, nama panggilan hewan dan artinya, makanan kesukaan, dan kebiasaan hewan piaraanmu yang paling menarik dan kamu sukai. Jika kamu tidak punya hewan piaraan, kamu dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang hewan yang ingin kamu miliki dan alasanmu ingin memiaranya.

Ceritakan tentang hewan piaraanmu di depan kelas esok hari.

Untuk tugas ini, silahkan adika-dik ikuti perintah diatas, kerjakan dengan benar dan siapkan catatan untuk menyampaikan hasil di depan kelas.

Demikianlah artikel kami kali ini, terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8. Selalu baca dan periksa kembali jawaban yang kami buat ini sebelum ditulis pada buku tugas, untuk memastikan jawaban memang sudah sesuai dengan soalnya. Kami berharap dengan adik-adik memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini, semua tugas-tugas sekolah bisa terselesaikan dan dikumpulkan tepat waktu pada guru kelas. Selain itu, semoga adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas ini.

Kami yakin dengan adik-adik memanfaatkan alternatif jawaban ini, pastinya semua tugas sekolah akan terselesaikan tepat waktu. Namun kami juga ingatkan agar adik-adik tidak lalai dalam belajar karena adanya alternatif jawaban seperti ini. Mengingat saat ini sudah dekat sekali dengan kegiatan ulangan akhir sekolah atau UAS, maka kami ingatkan adik-adik untuk mulai giat dalam belajarnya. Persiakan diri adik-adik dengan belajar, agar nilai yang kelak didapat dari kegiatan UAS bisa maksimal.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1"