√ Kunci Jawaban Halaman 21, 22, 26, 27 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 21, 22, 26, 27 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 21, 22, 26, 27 subtema 1 Komponen Ekosistem pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami buat dan bagikan pada postingan kami ini, merupakan alternatif jawaban yang akmi buat sesuai pemahaman kami, setelah kami membaca, mempelajari dan memahami dengan baik materi-materi yang ada pada buku siswa, dan sebagian jawaban ada yang kami ambil dari sumber lainnya, yang kami pilih jawaban yang bagus untuk kemudian kami satuan dalam artikel lengkap seperti saat ini. Kami yakin jawaban ini bisa menjadi jawaban yang bagus, sehingga bukan hanya tuga yang bisa adik-adik selesaikan tepat waktu, namun nilai yang adik-adik peroleh juga akan maksimal.

Kunci Jawaban Halaman 21, 22, 26, 27 Tema 5 Kelas 5

Dalam situasi pendidikan seperti saat ini, dimana hampir sebagian besar sekolah harus menerapkan kegiatan belajar secara mandiri dari rumah dan belajar online, tentu sedikit banyaknya akan mempengaruhi kegaitan belajar siswa. Siswa tentunya akan kurang maksimal dalam mendapatkan penjelsan materi pada buku siswa, dan dituntut untuk bisa belajar dan memahami materi pada buku pelajaran. Dan siswa juga akan lebih sering diberikan tugas-tugas sekolah. Jadi tak heran jika alternatif jawaban seperti ini menjadi pilihan para siswa untuk menyelsaikan tugas sekolahnya.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5. Mungkin adik-adik pernah melihatnya? Jika adik-adik belum sempat melihanya, dan masih ada tugas yang harus dikerjakan pada halaman sebelumnya, silahkan saja buka postingan kami Kunci Jawbaan Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17, 18. Semoga jawaban yang kami buat ini bisa membantu adik-adik semua. Serta semoga dari jawaban ini kelak nilai yang adik peroleh bisa maksimal dan bagus, sehingga akan berdampak baik pada prestasi adik-adik di sekolah.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun sudah ada alternatif jawaban yang akan membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah, tapi kami tidak lupa untuk menyarankan adik-adik, agar terlebih dahulu berusaha mencari sendiri jawaban pada buku siswa. Hal ini kami maksudkan agar adik-adik tidak terus menerus bergantung pada alternatif jawaban. Mungkin nantinya hanya sebagian soal saja yang adik-adik manfaatkan dari jawaban ini untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26, 27

Buku siswa tema 5 dengan judul tema Ekosistem, merupakan buku materi pelajaran yang adik-adik pelajari pada semester ganjil dan menjadi buku materi terakhir yang akan dituntaskan pada semester satu ini. Setelahnya adik-adik akan melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester atau PAS. Tentu adik-adik tahu hal ini. Nilai yang nantinya adik-adik peroleh, baik dari nilai tugas, dan nilai-nilai lainnya akan sangat berpengaruh pada nilai raport semester. Adik-adik tentunya ingin mendapatkan nilai yang bagus, maka kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang guru berikan.

Selain mengerjakan tugas seperti ini, adik-adikpun harus sudah mulai giat dalam belajarnya, apalagi kegaitan belajar pada semester ganjil sudah akan berakhir. Adik-adik bisa memanfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar di rumah. Berlombalah dengan teman-teman yang lain dalam meraih nilai terbaik.

Kamipun mengingatkan adik-adik agar terus mengecek dan memastikan jawaban yang kami sediakan ini sudah sesuai dengan soalnya. Hal ini kami maksudkan agar tidak ada kesalahan dikemudian waktu. Sehingga adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Halaman 21 Tema 5 Kelas 5

Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlan kegiatan berikut.

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 22!

1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 21, 22, 26, 27 Tema 5 Kelas 5

2. Perhatikan kembali gambar peta pada halaman 20.

a. Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia.

Negara yang wilayahnya berbatasan dengan Indonesia adalah Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini.

b. Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia.

Perairan yang mengelilingi Indonesia adalah Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Kunci Jawaban Halaman 22 Tema 5 Kelas 5

c. Berilah tanda silang (X) pada pulau-pulau besar di wilayah negara Indonesia yang disebutkan di dalam bacaan.

Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua.

Kunci Jawaban Halaman 21, 22, 26, 27 Tema 5 Kelas 5

d. Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia seperti yang disebutkan di dalam bacaan.

Pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.

e. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari letak geografis Indonesia?

Letak geografis Indonesia sangat strategis karena menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.

Kunci Jawaban Halaman 26-27 Tema 5 Kelas 5

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.

A. Menjawab pertanyaan:

1. Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928?

Budi Utomo adalah organisasi yang mampu menjadi wadah aspirasi para pemuda. Kongres Pemuda yang diadakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 melahirkan peristiwa Sumpah Pemuda.

2. Mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu?

Belanda khawatir kegiatan berorganisasi semakin menyadarkan masyarakat Indonesia yang kala itu berada di bawah penjajahan Belanda. Karena dengan berorganisasi persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah akan terbangun. 

3. Bagaimana pengaruh peristiwa Sumpah Pemuda terhadap kehidupan masyarakat saat ini?

Peristiwa Sumpah Pemuda menginspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam usaha untuk membebaskan diri dari penjajahan?

Kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa mendorong para pemuda dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan.

B. Membuat poster tentang manfaat nilai persatuan dan kesatuan:

Bersama dengan seorang temanmu, buatlah sebuah poster sederhana yang berisi ajakan kepada siswa lain untuk bersatu berdasarkan peristiwa Sumpah Pemuda. Gunakanlah sebuah kertas gambar A4 untuk menggambarkannyaBersama dengan seorang temanmu, buatlah sebuah poster sederhana yang berisi ajakan kepada siswa lain untuk bersatu berdasarkan peristiwa Sumpah Pemuda.

Gunakanlah sebuah kertas gambar A4 untuk menggambarkannya

Kunci Jawaban Halaman 21, 22, 26, 27 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

1. Apakah yang dimaksud dengan letak geografis?

Letak geografis adalah letak suatu tempat berdasarkan posisi atau letak sebenarnya di permukaan bumi.

2. Komponen apa sajakah yang ada pada sebuah peta?

Komponen-komponen dalam sebuah peta adalah :

  • Judul Peta, biasanya ditulis pada bagian atas peta yang biasanya menunjukkan isi peta tersebut.
  • Skala Peta, merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya.
  • Simbol, merupakan gambar atau warna tertentu pada peta untuk mewakili objek dalam peta.
  • Garis astronomis, merupakan garis khayal pada muka bumi.
  • Garis-garis mendatar (horizontal) yang terdapat pada peta disebut garis lintang dan garis tegak disebut garis bujur.
  • Legenda, merupakan keterangan beberapa simbol yang digunakan pada peta untuk memudahkan pengguna peta memahami isi peta.
  • Mata Angin, merupakan pedoman utama arah mata angin. Mata angin yang mengarah ke atas menunjukkan arah Utara.

3. Wilayah Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis. Jelaskanlah makna kalimat tersebut.

Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia. Jalur utama ini adalah jalur pelayaran perdagangan paling penting dan melayani pasar utama dunia.

4. Bagaimana peristiwa Sumpah Pemuda bisa meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa?

Sumpah Pemuda menginspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan. Pada saat itu, para pemuda yang berbeda suku, adat, dan bahasa bertekad untuk bersatu dengan membacakan sebuah sumpah. Sumpah ini merupakan janji pemuda mewakili masyarakat Indonesia untuk bersatu membentuk sebuah negara merdeka yang bebas dari penjajahan.

Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa sajakah yang dapat kamu ambil dari Peristiwa Sumpah Pemuda? Menurutmu, apa saja yang perlu dilakukan oleh bangsa Indonesia yang tinggal di wilayah yang berbatasan dengan beberapa Negara lainnya?

Alternatif Jawaban :

Nilai yang saya ambil dari peristiwa Sumpah pemuda adalah nilai persatuan dan kesatuan. Hal-hal yang perlu dilakukan oleh bangsa Indonesia adalah menjaga perbatasan wilayah dengan negara lainnya. Menjaga batas wilayah berarti menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, carilah gambar pada majalah atau surat kabar yang menggambarkan pentingnya nilai persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat. Tempelkan gambar tersebut pada sebuah kertas A4. Tuliskanlah pendapatmu terhadap isi gambar. Lalu, tuliskan makna gambar sesuai dengan nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Halaman 21, 22, 26, 27 Tema 5 Kelas 5

Terlihat dari gambar tersebut sekelompok Masyarakat dengan melakukan kegiatan gotong royong. Gotong royong merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mendapai suatu tujuan. Dengan bergotong royong pekerjaan yang tadi sulit akan terasa mudah dan cepat diselesaikan. Selain itu, kegiatan gotong royong mencermirkan nilai Pancasila sila ketiga. 

Demikian ulasan yang bisa kami paparkan pada artikel kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26, 27. Mengerjakan tugas-tugas sekolah memang sudah menjadi tanggung jawab adik-adik. Dalam mengerjakan tugas sekolah tak hanya dituntut selesai, namun jawaban yang ditulis juga harus tepat. Sehingga bisa meraih nilai yang tinggi. Kami selalu menyarankan adik-adik agar mengecek dan memastikan lagi jawaban yang kami buat tersebut memang sudah tepat dan sesuai dengan soalnya, hal ini kami maksudkan agar tidak ada kesalahan dilain waktu.

Memang mengerjakan tugas-tugas seperti ini, merupakan hal yang penting bagi siswa. Namun kami juga harus menyampaikan, bahwa adik-adik jangan sampai lalai dalam belajarnya, karena saat ini adik-adik hampir menyelesaikan semua kegiatan belajar di semester ganjil. Adik-adik sudah harus mulai serius dalam mempersiapkan diri, untuk mengikuti kegiatan ulangan akhir semester yang tak lama lagi akan dilaksanakan. Adik-adik juga bisa memanfaatkan alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah, untuk mendalami pemahaman adik-adik terkait dengan materi pelajaran yang sudah dipelajari atau akan dipelajari nantinya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 21, 22, 26, 27 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3"