√ Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci jawaban tema 5 Pahlawanku kelas 4 halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami sediakan sebagai alternatif jawaban, yang bisa adik-adik manfaatkan untuk menyelesaikan tugas sekolah. Kami membuat jawaban ini tentunya dengan sebaik-baik mungkin, tidak asal dalam membuat dan menjawab soalnya. Dan kamipun yakin, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dari jawaban yang kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Tak bisa dipungkiri bahwa memang alternatif jawaban seperti ini cukup membantu para siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Kami berusaha menjawab semua soal-soal latihan pada buku siswa dengan sebaik-baiknya. Diharapkan dengan jawaban ini, buakn hanya tugas-tugas sekolah yang dapat adik-adik selesaikan, namun adik-adik juga bisa mendapatkan nilai yang maksimal dari teman-teman lainnya.

Pada postingan lalu, kami juga sudah pernah berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4. Adik-adik bisa melihatnya, dan mencari alternatif jawaban yang diperlukan untuk mengerjakan tugas-tugas yang belum selesai. Atau adik-adik perlu juga untuk melihat Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 22, 23, 25, 27. Semoga saja, dengan adanya jawaban ini, bisa memberi kemudahan bagi adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Lanjutan Jawaban :

Dengan adanya alternatif jawaban seperti ini, memang adik-adik akan dimudahkan dalam menjawab soal-soal latihannya. Namun kamipun ingin menyarankan kepada adik-adik semua, agar tidak terlalu bergantung dengan alternatif jawaban, sebisa mungkin untuk terlebih dahulu berusaha mencari jawabannya sendiri. Dan jikapun setelah adik-adik berusaha mencari jawaban sendiri dan masih ada soal-soal latihan yang belum ditemukan jawabannya, maka silahkan manfaatkan alternatif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36

Terkait dengan alternatif jawaban yang kami sediakan ini, kamipun tentunya selalu mengingatkan kepada adik-adik, untuk selalu mengecek dan memastikan jawaban-jawaban yang akmi buat dan sediakan ini memang sudah tepat dan sesuai dengan soal-soal yang ada. Kalaupun misalnya ada jawaban yang kurang sesuai dan tidak tepat menurut adik-adik, maka silahkan saja diperbaiki dan sesuaikan dengan jawaban adik-adik, atau sampaikan pada kami agar kami bisa memperbaikinya.

Baca : Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 Halaman 34, 35, 37, 38, 39, 40, 41, 42

Mengerjakan tugas-tugas seperti ini memang sudah menjadi tanggung jawaban para siswa, namun tak sedikit juga para orang tua terlibat dalam membantu anak-anaknya mengerjakan tugas sekolah. Dan dari tugas inilah nantinya adik-adik akan mendapatkan nilai. Nilai-nilai yang diperoleh akan sangat memabantu adik-adik, karena nilai ini kelak akan dimasukan juga oleh guru ke raport semester.

Untuk itu, selalu kerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal. Dan jangan lupa pula untuk memanfaatkan alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar mandiri di rumah untuk mendalami pemahaman adik-adik terkait materi pelajaran yang sudah pernah dipelajari dan mulai serius dalam mempersiapkan diri untuk kegiatan UAS nantinya.

Kunci Jawaban Halaman 29 Tema 5 Kelas 4

Diskusikan pertanyaan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Jelaskan apa yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!

Jika Kerajaan Sriwijaya tidak dipimpin oleh Raja Balaputradewa, kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan mungkin tidak akan tercapai karena tidak ada yang membangun armada laut yang kuat. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut.

Apa hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya?

Raja Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas. Balaputradew menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas. Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha. Baplaputrdewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah.

Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?

Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.

Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu!

Sangat setuju, bahwa Raja Balaputradewa adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya juga mencapai puncak kejayaana dibawah kepemimpinan Balaputradewa.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

Perjuangan yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa antara lain :

  • Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas.
  • Balaputradew menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas.
  • Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha.
  • Baplaputrdewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah.

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan perjuangan Balaputradewa, tulislah sikap-sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Jelaskan pula alasanmu.

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 30 Tema 5 Kelas 4

Bagaimana dengan daerahmu? Apakah ada tokoh sejarah? Tulislah hal-hal baik yang bisa kamu contoh dari tokoh tersebut!

Jawaban adik-adik sesuaikan dengan tokoh sejarah di daerah adik-adik. Jika ada tokoh di daerah adik-adik, maka silahkan ditulis dan cari informasi yang diperlukan.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu kamu sudah mewujudkan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

Iya, saya sudah mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan saya. Sikap yang sudah saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain, Beragama dan menghargai kepercayaan Agama lain, ini sesuai dengan nilai Pancasila ke-1. Contoh lainnya, dalam kegiatan gotong royong, hal ini sesuai dengan nilai Pancasila sila ke-3, dan lainnya.

Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah

Jawaban adik-adik sesuaikan dengan sikap adik-adik yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, jika ada maka silahkan ditulis. 

Kunci Jawaban Halaman 31 Tema 5 Kelas 4

Rencana perbaikan yang harus aku lakukan adalah:

Renca perbaiki disesuaikan dengan apa yang adik-adik ingin perbaiki.

Salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih bertahan adalah candi Muara Takus.

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Gambarlah 2 garis yang kamu temukan. Berilah nama garis tersebut. Apakah kamu menemukan garis pada gambar di atas? Jelaskan jawabanmu!

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 32 Tema 5 Kelas 4

Apakah jenis garis yang kamu lihat semua sama? Gambarlah garis yang kamu temukan!

Adakah garis yang tidak bertemu? Adakah garis yang bertemu? Gambarlah garis yang kamu temukan!

Jenis garis yang saya lihat dan temuka pada gambar ada yang sama dan ada pula yang berbeda, bebera jenis garis tersebut adalah garis Horizontal, Vertikal, Diagonal, Lengkung.

Kunci Jawaban Halaman 33 Tema 5 Kelas 4

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Berdasarkan percobaan tersebut, mana garis yang berpotongan? Jelaskan jawabanmu!

Percobaan yang menghasilkan garis yang berpotongan adalah percobaan 2, karena kedua siswa tersebut berdiri agak menyerong, sehingga jika senter dinyalakan secara lurus, maka akan ada sinar senter yang berpotongan/bertemu di satu titik.

2. Mana garis yang sejajar? Jelaskan!

Percobaan yang menghasilkan garis yang sejajar adalah percobaan 1, karena kedua siswa tersebut berdiri menghadap arah yang sama, sehingga jika senter dinyalakan secara lurus, maka sinar senter tersebut tidak akan pernah berpotongan.

3. Apa perbedaan antara kedua garis?

Garis sejajar adalah 2 buah garis yang jika diteruskan tidak akan pernah bertemu. Selalu beriring-iringan.

Sedangkan Garis berpotongan adalah 2 buah garis yang jika diteruskan akan saling bertemu di suatu titik.

Kunci Jawaban Halaman 34 Tema 5 Kelas 4

Amatilah garis-garis yang terbentuk!

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Apakah kamu menemukan garis-garis sejajar? Apakah kamu menemukan garis yang berpotongan? Tunjukkan kepada guru dan temanmu.

Iya, saya menemukan garis sejajar dan garis berpostong. Berikut garis-garis tersebut!

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 35 Tema 5 Kelas 4

Temukan contoh garis sejajar dan garis berpotongan yang ada di sekitarmu. Gambarlah garisnya!

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Ayo Berlatih

Buatlah garis sejajar.

Buatlah sebuah titik di antara dua garis sejajar.

Buatlah sebanyak mungkin garis dari titik yang kamu buat. Berilah nama pada garis yang kamu buat (contoh: garis A, garis B, dan seterusnya).

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 36 Tema 5 Kelas 4

Perhatikan gambar berikut. Temukan garis-garis berpotongan dan garis sejajar pada gambar tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4

Keterangan :

X : Gari berpotong

= : Garis sejajar

Ayo Renungkan

Nilai-nilai kebaikan apa yang dipelajari hari ini?

Nilai-nilai kebaikan yang saya pelajari hari ini ialah nilai kepahlawaban yang ada pada Raja Balaputradewa.

Apa yang bisa kamu contoh dari Balaputradewa?

Sikap yang bisa di contoh salah satunya: Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Kamu sudah belajar tentang Balaputradewa, sampaikan nilai-nilai kebaikan beliau kepada orang tua.

Adik-adik ditugaskan menyampaikan nilai-nilai yang ada pada Raja Balaputradewa yang sudah dipelajari kepada orang tua.

Demikianlah postingan kami ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36. Kami sarankan adik-adik sekalian untuk selalu mengecek dan memastikan lagi jawaban yang kami buat ini memang sudah tepat dan sesuai dengan soal yang ada. Dan dari laternatif jawaban yang adika-dik manfaatkan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah, semoga saja bisa mendapatkan nilai yang bagus pula.

Selain mengerjakan tugas-tugas seperti ini, ada hal lain juga yang mestinya adik-adik sudah persiapkan dengan giat belajar dari saat ini, yaitu kegiatan ulangan akhir semester yang tak lama lagi akan adik-adik laksanakan. Manfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar di rumah. Dan jangan luap pula agar adik-adik mengikuti blog kami dan melihat lanjutan dari alternatif jawaban yang kami buat ini, terima kasih.

Source : https://walikelas.com

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4"