√ Kunci Jawaban Halaman 3, 5, 6 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 3, 5, 6 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera kelas 6 halaman 3, 5, 6 subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami sediakan sebagai alternatif jawaban agar adik-adik bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang saat ini tengah adik-adik kerjakan. Kami membuat jawaban ini tentunya tidaklah asal-asalan. Sebelumnya kami telah membaca, mempelajari serta memahami materi yang ada pada buku siswa. Lalu kami menjawab soal-soal tersebut sesuai pemahaman kami. Dan ada sebagian jawaban yang kami ambil dari sumber lainnya.

Kunci Jawaban Halaman 3, 5, 6 Tema 6 Kelas 6

Untuk itu, adik-adik tidak usah ragu, silahkan manfaatkan jawaban yang kami sediakan ini dengan bijak. Kami memahami jika alternatif jawaban seperti ini sangat memabantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Apalagi dalam masa seperti ini, dimana kegiatan belajar banyak diadakan secara online, tentu akan berdampak kepada kegiatan pembelajaran. Dan adik-adik tentunya akan lebih banyak diberikan tugas-tugas. Maka tak heran jika adik-adik lebih memilih alternatif jawbaan seperti ini,

Pada postingan kami sebelumnya, kami juga sudah pernah berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 yang mungkin pada semester ganjil kemaren adik-adik pernah menggunakan alternatif jawaban yang kami buat ini, jika pernah, kami berharap nilai yang didapat bisa maksiaml. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 181, 182, 183, 184, 185, 186, 187, 188. Kami selalu menyarankan kepada adik-adik agar terlebih dahulu mengecek dan memastikan jawaban memang sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian menyalainnya pada buku tugas.

Lanjutan Jawaban :

Kami menyadari jika alternatif jawaban seperti ini menjadi pilihan adik-adik dalam membantu mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Namun meskipun begitu, kami selalu menyarankan, agar terlebih dahulu adik-adik dapat membaca dan mencari sendiri jawaban pada buku pelajaran sebelum memutuskan menggunakan alternatif jawaban ini. Hal tersebut kami maksudkan, agar adik-adik bisa sambil belajar, dan tidak terlalu bergantung dengan alternatif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 3, 5, 6

Saat ini adik-adik baru saya memasuki kegiatan belajar pada semester genap, setelah semester yang lalu melewati kegiatan belajar mengajar di semester ganjil. Dan pada semester genap ini melanjutkan materi belajar yang sebelumnya materi pada buku siswa hanya dipelajari sampai tema 5, kali ini adik-adik akan melanjutkan pembelajaran pada semester genap mulai dari buku tema 6 sampai dengan buku tema 9, serta beberapa mata pelajaran lainnya.

Tugas-tugas yang ada pada buku siswa tema 6 inipun sama halnya dengan buku tema sebelumnya, terdapat soal-soal latihan dan beberapa jenis tugas lainnya, seperti tugas kelompok, melakukan pengamatan, membuat laporan hasil percobaan, membuat kesenian, dan lainnya. Kami juga disini berusaha menyajikan semua jawaban untuk tugas-tugas tersebut.

Namun tentunya kami disini hanya berusaha semampu kami terhadap soal dan materi yang ada pada buku, jikapun nantinya adik-adik menemukan ada jawaban yang menurut adik-adik kurng tepat, maka silahkan saja diperbaiki sendiri atau sampaikan pada kami, agar kami cek kembali jawaban tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 3 Tema 6 Kelas 6

Ayo Mengamati

Amatilah beberapa gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai” berikut!

Kunci Jawaban Halaman 3, 5, 6 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan pertanyaan berikut!

1. Apa saja kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar di atas?

Kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar adalah kerja bakti membersihkan lingkungan, menanam pohon, antre untuk membayar pajak, dan melaksanakan kegiatan siskamling.

2. Mengapa warga masyarakat melakukan kegiatan seperti pada gambar?

Warga masyarakat melakukan kerja bhakti, menanam pohon, membayar pajak, dan siskamling karena semua kegiatan itu merupakan kewajiban masyarakat untuk melaksanakan kewajiban sebagai warga negara.

3. Apa saja kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari?

Kewajibanku sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari antara lain kewajiban untuk menaati peraturan, kewajiban untuk menghargai orang lain, dan kewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan dan kebersihan.

4. Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan?

Cara menunjukkan kepedulian lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, dan menyirami tumbuh-tumbuhan yang ada di rumah, melakukan reboisasi, dan menjaga dan melestarikan tanaman yang dilindungi dan lain-lain

Kunci Jawaban Halaman 5 Tema 6 Kelas 6

Teks bacaan dapat adik-adik lihat pada buku siswa halaman 4.

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan!

1. Apa judul teks pada bacaan di atas?

Judul teks pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia.

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

Kata kunci pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi.

3. Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci?

Berdasarkan kata kunci "Makna Proklamasi" informasi yang diperoleh adalah proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan sarana untuk menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

4. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?

Sebagai warga negara saya memaknail kemerdekaan dengan  belajar dengan giat, mengikuti berbagai perlombaan, dan menjaga persatuan dan kesatuan dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan masyarakat, belajar lebih tekun untuk memajukan bangsa, peduli terhadap lingkungan, dan menjaga kerukunan agar keutuhan NKRI terjaga.

Setiap judul teks memiliki kata-kata penting yang mencerminkan informasi dari dalam teks. Kata-kata penting pada judul dapat menjadi pemandu bagi pembaca untuk menebak isi pokok atau informasi yang terdapat dalam teks. Dengan demikian, sebelum membaca teks secara keseluruhan kita dapat menebak kira-kira apa isi teks dengan cara menemukan kata penting pada judul teks. Kata-kata penting dapat disebut kata kunci.

Kunci Jawaban Halaman 6 Tema 6 Kelas 6

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali ini? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu pelajari. Tuliskan juga kesulitan jika kamu merasa kesulitan pada pembelajaran kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.

Yang sudah saya pelajari pada pembelajaran kali ini ialah mengamati berbagi macam kegiatan masyarakat, mencari kata kunci pada sebuah bacaan dan memaknai kemerdekaan. Selama kegiatan belajar, saya tidak merasa kesulitan. Yang sudah saya pelajari ialah mengamati kegiatan masyarakat pada gambar, mencari kaca kunci pada teks bacaan, serta memaknai hari kemerdekaan. Dalam pembelajaran kali ini, sata tidak mengalami kesulitan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa kepedulian keluargamu sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah yang kamu lakukan bersama keluargamu merupakan bagian dari memaknai kemerdekaan yang diraih para pahlawan kita? Diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Pada tugas kerja sama dengan orang tua ini, adik-adik melakukan diskusi, berikut ini contoh jawaban yang bisa adik-adik tulis :

Kepedulian keluarga saya sebagai warga masyarakat terhadap lingkungan tempat tinggal yaitu, selalu mengikuti kegiatan bersih-berih dan gotong royong, serta selalu menjaga kebersihan lingkungan.  Yang saya lakukan dengan keluarga saya dalam memaknai kemerdekaan ialah selalu berpartisipasi dalam acara yang diadakan di lingkungan tempat tinggal, ikut meramaikan kegiatan rutin di hari kemerdekaan, serta selalu menghadiri undangan RT/RW setempat.

Sekian bahasan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 3, 5, 6. Semoga jawaban yang kami sediakan ini dapat membantu adik-adik sekalian dalam mengisi soal-soal latihan yang menjadi tugas sekolah. Kami juga menyarankan agar adik-adik mengecek kembali jawaban yang kami sediakan diatas, sebelum ditulis atau disalin pada buku tugas. Hal ini untuk memastikan saja jawabannya sesuai soal atau belum. Dan jika adik-adik melihat ada jawaban yang masih kurang tepat, maka silahkan diperbaiki dan dijawab sesuai pemahaman sendiri.

Tujuan dari mengerjakan tugas-tugas seperti ini tentunya untuk mendapatkan nilai tugas harian. Dimana nantinya nilai-nilai yang adik-adik peroleh dari tugas-tugas seperti ini, akan menjadi nilai tambah adik-adik pada nilai akhir raport semester. Namun adik-adik juga jangan terlalu fokus pada tugas-tugas seperti ini, sehingga akhirnya tidak mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar.

Karena pada akhir semester, adik-adik akan melaksanakan kegaitan penilaian akhir semester atau PAS. Jadi meskipun mengerjakan tugas-tugas seperti ini, jangan lupa pula untuk terus belajar. Dan manfaatkan pula alternatif jawaban yang kami sediakan ini, sebagai bahan belajar di rumah untuk mendalami pemahaman terkait materi pelajaran pada buku siswa.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 3, 5, 6 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1"