√ Kunci Jawaban Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36 subtema 1 Komponen Ekosistem pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi kami sediakan untuk memudahkan adik-adik dalam mengerjakan dan menyelesaikan semua tugas-tugas sekolah yang sudah menumpuk dan harus segera dikumpulkan kepada guru kelas untuk dikoreksi dan diberikan nilai sesuai dengan benar dan salah dari tugas tersebut. Tentu adik-adik berharap tugas yang saat ini adik-adik kerjakan cepat selesai dan bisa mendapatkan nilai yang bagus dari teman-teman lainnya. Tenang, karena kami juga disini menyediakan jawaban terbaik yang sudah kami maksimalkan dalam menjawabnya.

Kunci Jawaban Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 5

Kami melihat bahwa saat ini memang alternatif jawaban seperti ini cukup banyak dicari oleh para siswa, dan memang alternatif jawaban seperti ini sangat memabntu mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang sudah “menumpuk” dan harus segera siswa kerjakan dan kumpulkan kepada guru kelas untuk dikoreksi dan diberikan nilainya sesuai dengan banyaknya betul dan salah dari tugas tersebut. Kamipun melihat dalam sutuasi seperti saat ini, tak sedikit siswa yang mengeluhkan, karena mereka harus mengerjakan banyak tugas. Maka tak heran jika alternatif jawaban menjadi pilihan mereka untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Sebelumnya, kami juga pernah memposting Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5. Jawaban tersebut tentunya masih bisa adik-adik lihat kembali, dan silahkan dimanfaatkan jika memang masih terdapat tugas yang harus segera diselesaikan pada halaman sebelumnya. Lihat saja pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26, 27. Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa kami membuat jawaban ini dengan sebaik mungkin, dan semoga saja nilai yang adik-adik peroleh kelak bisa bagus dan maksimal juga.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun kami menyediakan alternatif jawaban seperti ini, tak lastas kami tidak mengajurkan adik-adik untuk mencari sendiri jawabannya. Kami selalu ingatkan adik-adik, agar tidak terlalu bergantung pada jawaban seperti ini, untuk itu silahkan terlebih dahulu adik-adik berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku siswa. Dan jikapun setelah diusahakan ternyaata masih ada jawaban yang belum terselesaikan, maka silahkan manfaatkan alternatif jawaban yang akmi sediakan ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36

Seperti yang sering kami sampaikan terkait dengan jawaban yang kami buat ini, bahwa memang kami membuat jawaban ini semaksimal mungkin. Kami berusaha menyajikan jawaban-jawaban terbaik untuk adik-adik. Namun adik-adik juga perlu memperhatikanm bahwa kami disini hanya bersaha memampu kami, kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami buat ini pasti benar. Maka dari itu, silahkan adik-adik periksa kembali dan pastikan jawaban sudah sesuai dengan soalnya.

Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh harusnya selalu adik-adik lakukan. Karena jika adik-adik kerjakan dengan sungguh-sungguh dan maksimal serta mencari, memilih jawaban terbaik, kami yakin adik-adik bisa meraih nilai tertinggi di kelas. Dan jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, tentu akan sangat bagus untuk prestasi adik-adik di sekolah dan ornag tuapun pastinya akan bangga.

Selain mengerjakan tugas-tugas seperti ini, kami juga selalu mengingatkan adik-adik untuk terus semangat dalam belajarnya. Apalagi adik-adik tahu, jika tak lama lagi adik-adik akan melaksanakan ulangan akhir semester. Adik-adik perlu persiapan dengan banyak belajar dan mengulang materi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya, agar pemahaman adik-adik semakin mantap.

Kunci Jawaban Halaman 30-31 Tema 5 Kelas 5

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 29!

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlan kegiatan berikut.

1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 5

2. Membuat ringkasan berdasarkan bacaan

Dengan menggunakan tabel yang berisi pokok pikiran dan informasi penting di atas, buatlah sebuah ringkasan. Tuliskanlah ringkasanmu dalam satu paragraf dengan menggunakan kalimatmu sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Negara Indonesia termasuk negara kepulauan karena terdiri atas pulau-pulau. Indonesia juga termasuk negara maritim, yaitu negara yang lautnya lebih luas dibanding daratannya. Selain itu, Indonesia merupakan negara agraris, yaitu negara yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Indonesia memiliki 2 musim yaitu kemarau dan hujan. Semua kekayaan dan kondisi alam tersebut, para petani dan nelayan Indonesia yang terbantu.

Kunci Jawaban Halaman 32 Tema 5 Kelas 5

Ayo Mencoba

…. Daerah dengan dataran tinggi seperti pegunungan biasanya penduduknya bertani sayuran. Daerah yang lebih rendah, biasanya penduduknya bertani padi dengan mengolah sawah. Bagaimana dengan daerah yang berada dekat laut? Gunakan gambar peta yang telah diwarnai untuk menunjukkan dan menjelaskan informasi tentang kemungkinan kegiatan penduduk di daerah yang memiliki perbedaan kenampakan alam. Lalu, tuliskanlah kesimpulanmu pada tempat yang telah disediakan.

Alternatif Jawaban :

  • Dataran Tinggi, penduduk melakukan aktifitas bertani sayuran.
  • Dataran Rendah, penduduk melakukan aktifitas bertani padi dan mengolah sawah
  • Gunung dan Pegunungan, penduduk melakukan aktifitas bertani dan pariwisata
  • Bukit dan Perbukitan, penduduk melakukan aktifitas bertani sayur mayur
  • Lembah, penduduk melakukan aktifitas  pertanian sawah, perkebunan, peternakan

Kunci Jawaban Halaman 34 Tema 5 Kelas 5

Dengan menggunakan informasi dari bacaan di atas dan dari sumber lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini. 

1. Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional? 

Tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional karena pemikiran tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan negara yang berdaulat tidak lepas dari pengaruh berdirinya organisasi Budi Utomo.

2. Bagaimana peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo? 

Peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo adalah mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari perjuangan fisik kepada cara perjuangan melalui pendidikan.

3. Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang? Jelaskan! 

Hal yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang adalah : Dulu semangat persatuan dan kesatuan selalu mendapatkan tantangan dari bangsa asing maupun tantangan dari warga negara Indonesia yang tidak menginginkan persatuan bangsa.

Zaman sekarang usaha mempersatukan bangsa sering terancam oleh gerakan-gerakan dalam masyarakat yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

4. Apa saja usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?

Pada jaman dulu untuk melawan kekuatan asing, muncullah perlawanan masyarakat di segala penjuru Indonesia. Jenderal Sudirman dan Bung Tomo, merupakan dua dari sekian banyak tokoh nasional yang terkenal berani melawan kekuatan asing yang mengancam kesatuan negara Indonesia. 

Pada masa kini, usaha mempersatukan bangsa yang sering terancam oleh gerakan-gerakan dalam masyarakat yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilakukan dengan perundingan-perundingan untuk meredam aksi perpecahan tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 35 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

Membuat Kliping

Bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah sebuah kliping yang menunjukkan usaha-usaha menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat.

Alternatif Jawaban :

Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah dan masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa indonesia antara lain :

  • Saling mendukung kegiatan yang diadakan pemerintah
  • Saling menghargai satu sama lain, tanpa adanya membeda-bedakan ras, suku, dan agama.
  • Mengadakan kegiatan kerja bakti/gotong-royong untuk mempererat tali persatuan.
  • Menggelorakan semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai persatuan bangsa
  • Menjalin kerjasama antardaerah

Kunci Jawaban Halaman 36 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih 

1. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim?

Indonesia disebut negara kepulauan sekaligus negara maritim karena Indonesia terdiri dari banyak pulau dan memiliki laut yang luas dibanding daratannya.

2. Informasi apa sajakah yang dapat diperoleh dari sebuah peta geografis?

Informasi yang dapat kita peroleh dari peta geografis adalah penampakan alam suatu wilayah, luas wilayah, nama-nama wilayah, dan batas wilayah suatu daerah.

3. Apa sajakah manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia?

Manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara antara lain sebagai berikut :

  • Kehidupan masyarakat menjadi damai.
  • Masyarakat Indonesia tidak mudah diadu domba.
  • Mempercepat pembangunan sehingga kehidupan masyarakat lebih sejahtera.

4. Berikan contoh ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri.

Beberapa contoh ancaman terhadap persatuan dan kesatuan yang datang dari dalam antara lain :

  • Tawuran antar pelajar atau golongan masyarakat.
  • Sikap f4n4tisme yang menciptakan kebencian antar golongan/organisasi masyarakat.
  • Berita yang menyesatkan.
  • Ujaran kebencian yang disampaikan di dunia nyata maupun dunia maya.

5. Usaha apa sajakah yang menurutmu perlu dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap persatuan dann kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri?

Memperbaiki pola pikir masyarakat Indonesia agar selalu mengutamakan kepentingan masyarakat umum dibanding kepentingan pribadi atau kelompok. Contohnya dengan bersikap toleran terhadap sesama meskipun berbeda status agama, suku, dan lainnya.

Ayo Renungkan

Bayangkan dirimu berada di dalam Kongres Sumpah Pemuda 1928. Menurutmu, semangat dan sikap apa sajakah yang mungkin terlihat dan kamu rasakan dari para pemuda Indonesia

Alternatif Jawaban :

Semangat dalam Sumpah Pemuda yang pertama ialah cinta bangsa dan tanah air. Karena dalam ikrar Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 1928, terdapat makna satu tanah, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia.

Adanya nilai cinta bangsa dan tanah air, tak lepas dari nilai akan sikap rela berkorban dalam Sumpah Pemuda. Rela berkorban berarti ikhlas atau rela untuk memberikan apa pun yang dimilikinya demi kepentingan bangsa dan negara.

Sumpah Pemuda juga mengandung nilai persatuan. Hal tersebut bisa dilihat dari dasar Sumpah Pemuda, yang dirumuskan dan diikrarkan pemuda dari berbagai daerah, suku, agama, hingga golongan yang berbeda-beda.

Nilai menerima dan menghargai perbedaan, yaitu menerima dan menghargai siapa saja untuk bisa beraktivitas dalam lingkungan tanpa membedakan status seseorang. Hal tersebut sesuai nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Nilai lain yang terkandung dalam Sumpah Pemuda ialah nilai akan mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan lainnya.  Hal itu berarti dalam ikrar Sumpah Pemuda dan perjuangan pemuda dalam merebut kemerdekaan Indonesia, tidak mengutamakan kepentingan diri sendiri maupun kepentingan golongan masing-masing.

Nilai semangat persaudaraan juga ada di dalam Sumpah Pemuda. Hal itu dilandasi adanya semangat kekeluargaan antarsesama. Semangat kekeluargaan tersebut dapat dilihat dari adanya sikap saling menyayangi dan bertanggung jawab satu sama lain.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah orang tuamu menceritakan kegiatan peringatan Sumpah Pemuda yang pernah dilakukan di masa mereka bersekolah. Mintalah orang tuamu menjelaskan tujuan kegiatan tersebut dan peristiwa yang paling menarik pada saat itu. Buatlah ringkasan singkat dari cerita orang tuamu untuk kamu ceritakan di kelas esok harinya.

Kegiatan bersama orang tua adik-adik lakukan sesuai dengan perintah diatas. Lakukan dengan cantai dan catat semua hal yang penting yang dicerikan oleh orang tua adik-adik.

Sekian adik-adik artikel kami yang mengulas tentang Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36 ini. Kerjakan semua tugas sekolah dengan sebaik-baik mungkin, usahakan selalu periksa kembali setiap jawaban yang kami sediakan ini, untuk memastikan bahwa memang jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada. Jika adik-adik masih menemukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan perbaiki sesuai pemahaman adik-adik, atau bantu sampaikan pada kami agar kami periksa.

Dan kami juga mengingatkan adik-adik, jika sekarang ini adik-adik sudah memasuki kegiatan belajar mengajar pada buku siswa tema 5. Buku siswa tema 5 ini sendiri merupakan buku materi pelajaran terakhir yang dipelajari pada semester ganjil. Setelah selesai melaksanakan kegiatan belajar pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik akan mengikuti kegiatan ulangan akhir semester. Nilai yang adik-adik peroleh dari UAS nantinya juga akan sangat menentukan sekali nilai akhir pada raport semester, untuk itu,  jika adik-adik ingin mendapatkan nilai yang bagus, maka belajarlah yang giat dari sekarang ini, manfaatkan pula alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4"