√ Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci jawaban tema 5 Pahlawanku kelas 4 halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami sediakan sebagai alternatif jawaban buat adik-adik sekalian untuk menjawab dan menyelesaikan semua soal-soal latihan. Kami membuat jawaban ini tentu bukan asal-asal saja, sebelumnya kami telah membaca, mempelajari dan menjawab dengan jawaban yang tepat dan benar. Kami yakin jika adik-adik gunakan alternatif jawaban ini, bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4

Dalam situasi persekolahan seperti saat ini, dimana adik-adik lebih banyak diberikan tugas oleh guru, tentu sedikit banyaknya akan menambah beban adik-adik. Melihat hal inilah kami turut andil dalam menyediakan jawaban untuk soal-saol latihan pada buku siswa. Karena memang kami melihat cukup tingginya pencarian dari jawaban untuk tugas-tugas sekolah. Selain itu, semoga dengan jawaban ini adik-adik bisa maksimal dalam mendapatkan nilai dari teman-teman lain, dan tak menutup kemungkinan bisa meraih juara kelas.

Sebelumnya, kamipun telah berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4. Adik-adik dapat melihatnya juga dan memanfaatkan alternatif jawaban tersebut untuk menjawab dan mengisi soal-soal yang belum terjawab oleh adik-adik. Atau adik-adik juga memerlukan alternatif jawaban pada kegiatan belajar sebelumnya, nah silahkan lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36. Semoga jawaban yang kami buat ini bisa menjadi jawaban yang bagus dan tepat sehingga adik-adikpun dapat meraih nilai yang maksimal.

Lanjutan Jawaban :

seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa, memang alternatif jawaban seperti ini cukup memabntu adik-adik. Namun kami tetap menyarankan kepada adik-adik untuk terlebih dahulu berusaha menjawab sendiri tugas-tugas sekolahnya dengan memanfaatkan buku pelajaran dan membaca materi-materinya. Hal ini agar adik-adik sekalian tidak terlalu bergantung pada alternatif jawaban seperti ini. Namun kita memang adik-adik sulit menemukan jawabannya pada buku, maka barulah alternatif jawaban seperti ini dimanfaatkan.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46

Tugas-tugas yang terdapat pada buku siswa tema 5 kelas 4 ini tak hanya tugas-tugas soal-soal latihan saja. Namun adik-adik juga pastinya akan mengerjakan tugas-tugas lainnya seperti membuat poster, melakukan pengamatan lingkungan, membuat laporan percobaan, bernyanyi, dan jenis-jenis tugas lainnya. Dan kami disini berusaha menyediakan semua jawaban dari tugas tersebut, baik itu jawaban langsung, maupun contoh atau acuan yang bisa adik-adik gunakan untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Baca : Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 Halaman 44, 45, 46, 49, 50, 53

Dari tugas-tugas inilah nantinya seorang guru dapat menilai keberhasilan adik-adik. Apakah adik-adik sudah bisa memahami materi pada buku pelajaran atau perlu mengulang lagi materi tersebut. Serta nilai-nilai yang adik-adik peroleh, kelak akan dimasukan pada nilai akhir di raport semester. Keseluruhan nilai akan dihitung, maka dari itu kerjakan dengan maksimal tugas-tugas sekolah dan raih nilai yang bagus dari tugas-tugas sekolah.

Serta persiapkan diri adik-adik untuk kegiatan yang juga sangat penting, yaitu kegiatan ulangan akhir semester yang tak lama lagi akan dilaksanakan. Serta manfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini, sebagai bahan belajar adik-adik di rumah. Karena dengan memanfaatkan jawaban seperti ini, adik-adik bisa memperdalam pemahaman terkait materi yang telah dipelajari dan diulang kembali.

Kunci Jawaban Halaman 38 Tema 5 Kelas 4

Gambar dapat dilihat pada buku siswa halaman 37!

Bersama kelompokmu, diskusikan hubungan antar gambar tersebut! Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Melihat dari gambar yang ada, dapat kita jelaskan beberapa hubungan antar gambar tersebut, bahwa pada masanya Kerajaan Majapahit pernah berjaya dipimpin oleh beberapa tokoh-tokoh terkenal seperti Gajah Mada, Hayam Wuruk. Dan dari gambar tersebut juga dapat dilihat daera-daerah kekuasaan Kerajaan Majapahit sangat luas sekali. Serta pada masanya terdapat Candi Penataran yang dubangun oleh salah satu tokoh, yang menjadi saksi kejayaan Kerajaan Majapahit.

Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 39 Tema 5 Kelas 4

Berdasarkan cerita sesuai urutan arah panah pada halaman sebelumnya, tuliskan kembali dengan singkat mengenai Gajah Mada!

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Akibat kecakapannya, di tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Pada tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya. Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa.

Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya.

Ayo Berdiskusi

Bersama teman satu kelompok, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut. Tulis jawabanmu pada kertas lain.

1. Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa?

Tujuan Gajah Mada mengucapkan sumpah Palapa adalah untuk menyatukan Nusantara.

2. Apa yang diperjuangkan Gajah Mada?

Mempersatukan nusantara dibawah Kekuasaan Kerajaan Majapahit

3. Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini? Jelaskan jawabanmu dan berikan contoh!

Gajah Mada memang hampir berhasil menaklukkan Nusantara. Semangat Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara dijadikan semangat bangsa Indonesia dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

4. Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari sikap Gajah Mada?

Beliau adalah orang yang menyatukan seluruh Nusantara, hingga mencapai Filipina. Gajah Mada telah mengajarkan arti dari persatuan dan kesatuan untuk menjadi sebuah bangsa yang besar. Oleh karena itu untuk menjadi bangsa yang besar dan kuat persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

5. Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit? Jelaskan!

Mahapatih Gajahmada adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Gajah Mada dapat menyatukan Nusantara.

Kunci Jawaban Halaman 40 Tema 5 Kelas 4

Teks bacaan Candi Panataran dapat adik-adik lihat pada halaman 40!

Tulis pendapatmu tentang candi Panataran pada kolom berikut!

Candi Panataran membuktikan perananan dan perjuangan tokoh di masa Kerajaan Majapahit. Dalam candi tersebut terdapat arca dan prasasti. Candi Panataran sangat indah dan harus dijaga kelestariannya.

Kunci Jawaban Halaman 42 Tema 5 Kelas 4

1. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu di atas? Jelaskan jawabanmu!

Merasa bangga dan bersemangat untuk membela bangsa.

2. Jelaskan tentang nada dan tempo dalam lagu tersebut. Nilai baik apa yang terkandung dari lagu tersebut?

Lagu Maju Tak Gentar termasuk lagu perjuangan. Karya C. Simandjuntak, dengan tanda birama 4/4. Apa fungsi tanda birama? Setiap birama terdapat 4 Ketukan dan masing- masing ketuk bernilai 1/4.

Dari  partitur seperti yang tampak pada gambar terdapat tempo marcia yang artinya tempo mars atau tempo gerak jalan. Tempo marcia ini berkesan gembira dan tegas. Sedangkan tanda Do = bes adalah nada dasar lagu ini.

3. Apakah ada lagu di daerahmu yang menggambarkan perjuangan parpahlawan? Jika ada, tuliskan judul dan makna lagu tersebut!

Jawaban adik-adik sesuaikan dengan lagu daerah masing-masing. Jika ada maka silahkan ditulis!

Kunci Jawaban Halaman 43 Tema 5 Kelas 4

Ayo Berlatih

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4

Perhatikan gambar raket berikut.

Jelaskan garis yang kamu lihat pada senar raket di atas.

Garis tersebut merupakan dua buah garis yg sejajar.

Kunci Jawaban Halaman 44 Tema 5 Kelas 4

Perhatikan gambar garis berikut. Tulis sifat pasangan garis yang telah kamu ketahui.

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4

Jelaskan perbedaan gambar berikut.

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4

A  Garis adalah suatu yang memiliki ukuran panjang tetapi tidak mempunyai ukuran lebar atau tebal

B  Sinar garis separuh garis sehingga sinar memiliki 1 arah

C  Segmen garis / Penggal garis adalah bagian dari suatu garis sedemikian sehingga menunjukkan suatu jarak.

Kunci Jawaban Halaman 45 Tema 5 Kelas 4

Gambarlah pasangan garis sejajar dan berpotongan pada kertas berpetak

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 46 Tema 5 Kelas 4

Tukarkan gambarmu dengan temanmu. Mintalah temanmu menceritakan tentang garis yang telah kamu buat.

Tulis kesimpulanmu pada kolom berikut.

Garis sejajar adalah suatu kedudukan dua garis pada bidang datar yang tidak mempunyai titik potong walaupun kedua garis diperpanjang. Sedangkan Garis berpotongan adalah kedudukan dua garis yang mempunyai titik potong karena kedua garis saling bertemu.

Ayo Renungkan

Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik? Jelaskan.

Iya saya sudah memahami dengan baik untuk materi tentang garis sejajar dan garis berpotong.

Bagian mana yang belum kamu pahami?

Saat ini saya sudah memahami semua bagian materinya.

Apakah materi yang telah kamu pelajari tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?

Iya sangat bermanfaat sekali.

Bagaimana perasaanmu selama belajar?

Perasaan saya sangat senang dan bersemangat sekali.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kepada orang tuamu tentang perjuangan Gajah Mada. Minta orang tuamu menuliskan komentar tentang ceritamu.

Adik-adik menceritakan perjuangan Gajah Mada kepada orang tua dari kegiatan belajar yang telah dilakukan.

Adik-adik sekalian, itulah ulasan yang bisa kami sampaikan perihal Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46. Dengan memangfaatkan alternatif jawaban ini, semoga saja adik-adik bisa menyelesaikan dan mengumpulkan tugas tepat waktu. Dan bukan itu saja, namun kamipun sangat berharap nilai yang kelak adik-adik peroleh dari tugas-tugas ini bisa mendapatkan nilai yang baik pula.

Adik-adik tahu jika saat ini sudah memasuki kegiatan akhir belajar di buku siswa tema 5. Tak lama lagi adik-adik sekalian akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester. Nilai-nilai yang adik-adik peroleh dari kegiatan UAS ini juga akan sangat menentukan sekali nilai pada raport semester. Untuk itu, berlomba-lomba dalam meraih nilai terbaik pada kegiatan UAS nantinya, persiapkan diri dengan giat belajar mulai saat ini.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5"