√ Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 40, 41, 42, 46 subtema 1 Komponen Ekosistem pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami bagikan pada kesempatan ini dapat adik-adik pergunakan sebagai alternatif jawaban dalam menyelesaikan tugas sekolah yang masih belum selesai dan harus segera dikumpulkan kepada guru kelas. Semoga saja dengan adanya alternatif jawaban ini, adik-adik bisa segera menyelesaikan semua tugas adik-adik, dan mengumpulkannya kepada guru kelas. Serta nilai yang kelak adik-adik peroleh dari tugas ini, akan maksimal. Kami yakin itu, karena kamipun disini membuat dan menjawab soalnya tiklah asal jawab saja.

Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5

Kami melihat bahwa akhir-akhir ini pencarian terkait dengan kunci jawaban seperti ini cukup tinggi. Banyak siswa, bahkan orang tua mencari jawaban-jawaban dari soal-soal yang ada pada buku pelajaran siswa. Melihat hal tersebut, kamipun menyadari jika memang ternyata alterntif jawaban seperti ini cukup membantu para siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Untuk itu kami disini hadir dan berusaha menyediakan apa yang sekarang ini tengah diperlukan oleh siswa. Dan diharapkan dengan kami sediakan jawaban ini, semoga saja masalah adik-adik bisa terselesaikan segera dan dapat mengumpulkan tugas segera kepada guru.

Sebelumnya, kamipun telah memposting Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 yang dapat adik-adik lihat juga, dan cari jawaban yang masih diperlukan dalam menjawab dan menyelesaikan tugas sekolah. Dan lihat pula alternatif jawaban sebelum ini untuk kegaitan belajar 4 pada postingan kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36. Jawaban-jawaban tersebut kami buat dengan sepemahaman kami terkait materi yang ada. Seomga saja dari jawaban yang kami buat ini, bisa menjadi perantara untuk adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas sebelumnya.

Lanjutan Jawaban :

Dengan kami sediakan alternatif jawaban seperti ini, pastinya adik-adik akan lebih dimudahkan dalam mengerjakan dan menjawab soal-saol latihan yang ada. Namun kami tetap menganjurkan adik-adik agar tetap berusaha sendiri dalam menjawab soalnya. Sebisa mungkin untuk membaca dan mencari jawabanya, jika memang masih memungkinkan waktu yang adik-adik punya. Tapi kalau memang tugasnya sudah mepet dan harus segera dikumpulkan, maka silahkan selesaikan tugas tersebut dengan memanfaatkan alternatif jawaban yang kami buat ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 46

Kami menyadari jika alternatif jawaban seperti ini cukup membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan tugas-tugas pada buku siswa tak semuanya tentang soal-soal latihan, adik-adik juga akan menemukan jenis tugas lainnya seperti tugas karya seni, bernyanyi, membuat laporan hasil percobaan, melakukan pengamatan, dan lainnya. Kami berusaha menyediakan semua jawaban untuk setiap tugas yang ada. Semoga saja adik-adik bisa memanfaatkannya dengan baik dan bisa mendapatkan hasil yang baik pula.

Mengerjakan tugas seperti ini memang sudah menjadi tanggung jawab siswa, namun tak semua siswa mengerjakan sendiri tugas-tugasnya. Para orang tuapun cukup berperan penting bagi siswa dalam membantu menyelesaikan tugasnya. Dari tugas inilah adik-adik akan mendapatkan nilai sesuai dengan benar dan salah dari tugas tersebut. Nilai yang nantinya adik-adik peroleh akan dihitung oleh guru untuk kemudian dimasukan pada raport semester.

Maka dari itu selalu kerjakan tugas dengan sebaik-baik mungkin, cari jawaban yang terbaik dan cek kembali jawaban yang kami sediakan diatas, untuk memastikan jawaban sudah sesuai dengan soal latihan pada buku siswa. Hal ini kami maksudkan supaya tidak ada kesalahan dikemudian harinya. Sehingga adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Halaman 40 Tema 5 Kelas 5

Buatlah peta pikiranmu di tempat yang tersedia di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 41 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berkreasi

Kamu akan membuat diagram yang memperlihatkan daur hidup tiga jenis hewan yang berbeda!

Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 42 Tema 5 Kelas 5

Ayo Menulis

Buatlah sebuah tulisan tentang hewan tersebut paling sedikit dalam tiga paragraf. Gunakanlah diagram di atas untuk membantumu menjelaskan daur hidup hewan tersebut secara runtut. Jangan lupa, jelaskan juga beberapa informasi menarik tentang hewan dan daur hidupnya.

Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5

Penjelasan :

Nyamuk terkenal sebagai hewan parasit yang merugikan manusia. Efek ringan akibat gigitan nyamuk adalah rasa gatal. Rasa gatal ini dapat hilang setelah beberapa saat. Namun, jenis nyamuk aedes aegypty mampu membunuh manusia dewasa karena ketika mereka menghisap darah, mereka juga menyebarkan virus yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah (DBD).

Nyamuk berkembang biak dengan bertelur. Nyamuk biasanya bertelur tempat yang terdapat air. Dalam daur hidupnya, telur nyamuk yang menetas akan berubah menjadi jentik-jentik. Kemudian jentik-jentik akan berkembang lagi menjadi pupa. Setelah itu pupa akan berkembang lagi menjadi nyamuk yang lengkap dengan sayap.

Kunci Jawaban Halaman 46 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

1. Carilah perbedaan dan persamaan antara daur hidup hewan yang mengalami metamorfosis dan tidak mengalami metamorfosis.

Perbedaan: Hewan yang bermetamorfosis mengalami perubahan bentuk, sedangkan hewan tanpa metamorfosis tidak mengalami perubahan bentuk.

Sedangkan Persamaannya adalah : semuanya mengalami pertumbuhan ukuran, semuanya mengalami perkembangan, semuanya mengalami pertambahan usia.

2. Jelaskan dan gambarkan daur hidup salah satu dari hewan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5

a. Metamorfosis Katak

Katak adalah hewan amfibi, hewan yang hidup di dua alam. Dalam siklus hidupnya, katak mengalami perubahan dari yang awalnya hanya bisa hidup di air kemudian hidup di dua tempat. Metamorfosis sempurna pada katak dimulai dari telur, kecebong, katak muda yang kemudian menjadi katak dewasa.

Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5

Secara umum urutan metamorfosis kata terdapat 4 fase, yaitu fase telur →fase berudu →fase katak muda→ katak dewasa.

b. Daur Hidup Kucing

Banyak hewan dalam daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis. Salah satunya adalah daur hidup kucing. Kucing betina akan melahirkan anak kucing, kemudian anak kucing tumbuh menjadi kucing dewasa. Kucing dewasa yang betina akan melahirkan anak kucing kembali.

Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5

C. Daur Hidup Siput

Siput dapat ditemukan pada berbagai lingkungan yang berbeda: dari parit hingga gurun, bahkan hingga laut yang sangat dalam. Sebagian besar spesies siput adalah hewan laut. Kebanyakan siput merupakan herbivora, walaupun beberapa spesies yang hidup di darat dan laut dapat merupakan omnivora atau karnivora predator.

Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5

Beberapa contoh Gastropoda adalah bekicot (Achatina fulica), siput kebun (Helix sp.), siput laut (Littorina sp.) dan siput air tawar (Limnaea sp.) Tahapan daur hidup siput antara lain telur-siput kecil-siput dewasa.

Ayo Renungkan

1. Tantangan apa sajakah yang kamu hadapi pada kegiatan belajar hari ini? Bagaimana kamu mengatasinya?

Tantangan yang saya hadapi pada kegiatan belajar kali ini ialah mencari informasi tembahan yang tidak ada pada buku pelajaran untuk menjawab pertanyaan pada buku.

2. Sikap dan keterampilan apa sajakah yang menurutmu perlu ditingkatkan dalam dirimu? Bagaimanakah caranya?

Jawaban adik-adik sesuaikan dengan sikap dan keterampilan yang kurang menurut adik-adik dan perlu ditingkatkan, dan tuliskan juga caranya.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apakah kamu memiliki hewan piaraan di rumah? Atau, adakah hewan yang ingin kamu piara di rumahmu? Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang hewan tersebut, termasuk daur hidup dan fakta menarik, dengan bantuan orang tuamu. Kumpulkan semua informasi tersebut dan tuliskan di atas kertas ukuran A4.

Jawaban adik-adik sesuaikan dengan kenyataan yang ada. Jika adik-adik memiliki hewa peliharaan, maka silahkan sampaikan dan cari informasi lebih di internet terkait hewan tersebut.

Demikian artikel kami kali ini, terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 46. Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami terkait jawaban yang kami sediakan ini. Bahwa kami disini hanya berusaha menjawab sesuai pemahaman kami. Kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami buat ini pasti benar semuanya, itu semua kembali pada masing-masing guru saat mengoreksi tugas tersebut. Maka dari itu, kami selalu saran adik-adik, untuk lebih teliti dan mengecek lagi jawabannya, untuk memastikan tidak ada lagi kekeliruan pada jawaban.

Selain mengerjakan tugas-tugas sekolah seperti ini, kami juga ingin mengingatkan adik-adik untuk mulai mempersiapkan diri adik-adik dari sekarang ini, karena kegiatan ulangan akhir semester atau sekarang dikenal dengan penilaian akhir semester atau PAS sudah semakin dekat. Sudah sepatutunya adik-adik sekarang ini sibuk belajar dan mengurangi kegiatan bermain. Karena nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari kegiatan ulangan akhir semester akan sangat menentukan sekali nilai pada raport semester.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 40, 41, 42, 46 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5"