√ Kunci Jawaban Halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 5 Pahlawanku kelas 4 halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60 subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini dapat adik-adik jadikan sebagai alternatif jawaban dalam menjawab soal-soal latihan pada buku siswa tema 5. Kami tak sembarangan dalam membuat jawaban-jawaban ini, tentunya terlebih dahulu kami sudah memahami dan mempelajari materi pada buku pelajaran. Kemudian kami menjawab semaksimal mungkin semua soal-soalnya, untuk itu, adik-adik jangan ragu dalam memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini, silahkan pergunakan dengan bijak.

Kunci Jawaban Halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60 Tema 5 Kelas 4

Kami memahami jika alternatif jawaban ini cukup membantu para siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan semua tugas-tugas sekolahnya. Apalagi jika tugas tersebut banyak dan harus segera dikumpulkan kepada guru kelas, maka memang solusi tercepat yaitu dengan menjadi alternatif jawaban yang tersedia. Tak hanya siswa saja, namun kami juga tahu jika para orang tua cukup berperan dalam menyelesaikan tugas-tugas anaknya. Tak sedikit juga para orang tua mencari jawaban seperti ini untuk membantu anaknya menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4. Mungkin adik-adik yang yang pernah melihat alternatif jawaban sebelumnya dan memanfaatkannya untuk menjawab soal-soal latihan. Adik-adik juga dapat melihat alternatif jawaban untuk tugas sekolah pada kegiatan belajar sebelumnya di artikel kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 47, 48, 49, 50, 51, 52. Dari banyak jawaban yang adik-adik pergunakan ini, semoga saja bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar, sehingga adik-adikpun bisa meraih nilai yang bagus.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun adik-adik dimudahkan dengan adanya alternatif jawaban seperti ini, tapi kami tetap menyarankan adik-adik, agar terlebih dahulu berusaha untuk mengerjakan sendiri tugas-tugas sekolahnya. Baca dan cari jawaban pada buku siswa, jika memang waktunya masih memungkinkan untuk adik-adik mencari jawaban tersebut. Tapi jika memang adik-adik sudah berusaha dan tidak menemukan jawabannya, maka tidak salah jika adik-adik memanfaatkan jawaban ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60

Berbicara tentang tugas-tugas sekolah, tentu adik-adikpun tahu jika tugas-tugas yang diberikan guru tak selalu tentang soal-soal latihan saja. Namun pastinya adik-adik akan mendapatkan jenis tugas lainnya seperti, tugas bernyanyi, tugas kesenian, tugas penelitian, membuat karya seni dan lainnya. Semua tugas yang ada sudah kami sediakan jawaban dan penyelesaiannya, mulai dari jawaban sampai contoh atau acuan dalam mengerjakan tugas tersebut.

Baca : Kunci Jawaban Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 5

Dan dari tugas-tugas seperti inilah adik-adik akan memperoleh nilai. Dimana nilai-nilai ini kelak akan dicatat oleh guru pada buku nilai dan pada akhir semester akan guru hitung dan masukan pada raport semester. Jadi kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang ada, cari jawaban yang tepat, dan jika jawaban kami sediakan ini masih ada kekurangan, maka silahkan dijawab dan diperbaiki.

Adik-adikpun tahu jika saat ini sudah memasuki kegiatan belajar akhir semester. Buku siswa tema 5 ini menjadi buku materi pelajaran terkahir yang akan dipelajari pada semester ganjil. Selanjutnya ada kegiatan yang juga tak kalah pentingnya yang harusnya adik-adik persiapkan dari sekarang, yaitu Ulangan Akhir Semester atau UAS. Diman nilai-nilai UAS ini juga akan menentukan sekali bagi nilai raport adik-adik, maka persiapkan diri dengan memperbanyak belajar dari saat ini.

Kunci Jawaban Halaman 54 Tema 5 Kelas 4

Teks bacaan dapat adik-adik lihat pada buku siswa halaman 53!

Berdasarkan bacaan di atas, isilah tabel berikut.

Kunci Jawaban Halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 55 Tema 5 Kelas 4

Diskusikanlah hasil pekerjaanmu dengan temanmu. Berdasarkan hasil diskusimu, informasi apa saja yang didapatkan tentang Sultan Hasanuddin?

Kamu juga dapat menambah informasi tentang Sultan Hasanuddin dengan bertanya kepada gurumu. Tulislah informasi lengkap tentang Sultan Hasanuddin berdasarkan informasi yang kamu peroleh dan sumber lain.

Sultan Hasanuddin adalah salah satu pahlawan Nasional, Ia merupakan raja ke-16 dari Kerajaan Gowa. Sultan Hasanuddin terkenal dengan keberaniannya alam melawan usaha monopoli VOC.

Berikut beberapa biodatanya :

  • Tanggal Lahir :12 Januari 1631, Gowa
  • Meninggal :12 Juni 1670, Gowa
  • Nama Asli : I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape

Sultan Hasanuddin memiliki julukan "Ayamn Jantan/Jago dari Timur" karena berani melawan Belanda yang di saat itu sedang melakukan perdagangan monopoli oleh VOC ( Belanda ).

Di awal perjuangannya, Ia dan kerajaan Gowa menentang dengan sangat keras terkait hak monopoli. Mereka berpikir bahwa kekayaan bumi ini digunakan untuk bersama-sama, buka untuk dimonopoli. Oleh karena itu, Gowa berusaha sangat keras untuk melawan Belanda.

Pertempuran mulai terjadi di mana-mana, termasuk Makassar. Tiada ampun, Gowa terus mencoba menyerang Belanda. Di pertempuran ini pun ada saja dilakukan perjanjian, namun selalu dikhianati oleh Belanda dan merugikan pihak Gowa.

Hingga akhirnya pada tanggal 18 November 1667, mereka mengadakan perjanjian Bungaya dan Sultan Hasanuddin pun bersedia menandatangani karena keadaan yang sudah mendesak. Namun, perjanjian ini dilanggar oleh pihak Belanda yang merugikan pihak Gowa. Sehingga terjadi lagi perang pada 12 April 1668. Namun sayangnya, kerajaan Gowa mengalami kekalahan karena Belanda berhasil memasuki benteng terkuat dari Kerajaan Gowa.

Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang.

Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan.

Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Bagaimana cara kamu menghargai jasa para pahlawan? Jelaskan jawabanmu!

Cara saya mengharugai jasa para pahlawan yaitu :

  • Dengan penganugerahan gelar pahlawan nasional.
  • Mengabadikan nama para pahlawan sebagai nama jalan, gedung, dan sebagainya
  • Memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan bangsa.
  • Ikut mendoakan arwah para pahlawan
  • Melanjutkan perjuangan sesuai dengan kondisi sekarang.

Kunci Jawaban Halaman 57-58 Tema 5 Kelas 4

Laporan hasil kegiatan percobaan “Pemantulan Cahaya

Kunci Jawaban Halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 59 Tema 5 Kelas 4

Apa yang kamu ketahui dan ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang peninggalan pemerintahan raja-raja tersebut?

Isilah tabel berikut.

Kunci Jawaban Halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60 Tema 5 Kelas 4

Cari informasi tentang perjuangan para raja dan peninggalan yang memengaruhi wilayah di sekitarmu dari buku-buku yang ada di perpustakaan, media elektronik, atau gurumu. Lengkapilah tabelmu!

Tuliskan informasi yang telah kamu dapat di dalam kotak di bawah ini atau di kertas terpisah!

Alternatif Jawaban :

  1. Sultan Malik al Saleh adalah pendiri dan raja pertama Kerajaan Samudra Pasai. Sebelum menjadi raja, dia bergelar Merah Sile atau Merah Selu. Sultan Malik al Saleh adalah putra Merah Gajah. Diceritakan Merah Selu mengembara dari satu tempat ke tempat lain. Akhirnya, dia berhasil diangkat menjadi raja di suatu daerah yaitu Samudra Pasai. Merah Selu masuk Islam berkat pertemuannya dengan Syekh Ismail seorang Syarif Mekah. Setelah masuk Islam, Merah Selu diberi gelar Sultan Malik al Saleh atau Sultan Malikus Saleh.
  2. Sultan Iskandar Muda adalah raja dari Kerajaan Aceh Darussalam yang memerintah tahun 1607-1636. Pada masa pemerintahannya, Aceh Darussalam mencapai puncak kejayaan. Aceh Darussalam menjadi pusat perdagangan yang ramai. Sultan Iskandar Muda sangat menentang penjajahan. Ia menolah keinginan Belanda untuk memonopoli atau menguasai perdagangan di wilayah Kerajaan Aceh Darussalam.
  3. Sultan Agung adalah Raja Kerajaan Mataram Islam yang memerintah pada tahun 1631-1645. Sultan Agung dikenal sebagai seorang pemimpin yang menentang penjajah Belanda. Sultan Agung berusaha keras untuk mengusir VOC Belanda yang telah menduduki Batavia. Namun, penyerbuan ini mengalami kegagalan. Pada masa pemerintahan Sultan Agung, Mataram Islam mencapai punjak kejayaan.
  4. Sultan Hasanuddin menjadi Raja Kerajaan Makassar pada tahun 1653-1670. Dibawah kepemimpinannya, Makassar mengalami puncak kejayaan. Sultan Hasanuddin gigih menentang penjajah CVOC Belanda. Karena kegigihannya melawan monopoli perdagangan Belanda, Sultan Hasanuddin mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur.
  5. Raden Patah adalah pendiri sekaligus raja di Kerajaan Demak pada tahun 1500-1518. Raden Patah merupakan keturunan Raja Brawijaya V dari Majapahit. Selama Raden Patah memimpin kerajaan, ia dibantu oleh seorang wali bernama Sunan Kalijaga. Pada masa pemerintahannya, dibangun sebuah mesjid yang sangat terkenal sampai sekarang. Masjid tersebut adalah Masjid Demak. Pada tahun 1518, Raden Patah wafat. Ia digantikan Pati Unus.

Kunci Jawaban Halaman 60 Tema 5 Kelas 4

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?

Yang saya pelajari hari ini adalah Tokoh-tokoh Pahlawan, Sifat Cahaya

Apa yang ingin kamu ketahui lagi dari materi hari ini ?

Yang saya ingin ketahui lebih lanjut tentang materi kali ini perjuangan tokoh-tokoh Indonesia lainnya yang ada di daerahku.

Hal-hal baik apa yang bisa kamu contoh dari raja-raja pada masa Hindu, Buddha, dan Islam?

Hal-hal baik yang bisa saya contoh ialah Kepemimpinannya dalam membangun kerajaan dan mengayomi masyarakat.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Lakukanlah percobaan berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin dengan teman-teman di sekitar rumahmu. Ceritakan hasilnya kepada temanmu di sekolah.

Adik-adik melakukan percobaan berkomunikasi dengan cahaya dan cermin. Ajak teman-teman sekolah dan lakukan di rumah. Kemudian tuliskan hasil yang didapat dari kegiatan percobaan tersebut.

Sekian ulasan dari kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60 ini. Kerjakan semua tugas sekolah dengan maksimal dan cari jawaban yang terbaik. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kembali setiap jawaban yang kami sediakan ini untuk memastikan jawaban sudah sesuai dengan soalnya. Dengan menggunakan alternatif jawaban yang kami buat dan sediakan ini, semoga saja tugas-tugas yang sudah adik-adik selesaikan dan kumpulkan kepada guru kelas bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kegiatan Ulangan Akhir Semester atau UAS sudah semakin dekat, selain mengerjakan tugas-tugas sekolah ini, adik-adik juga harus mulai giat dalam belajarnya, karena tidak lama lagi kegiatan UAS akan dilaksanakan. Nilai-nilai yang kelak adik-adik peroleh dari kegiatan UAS ini juga sangat penting, maka dari itu persiapkan diri dari sekarang dengan memperbanyak belajarnya. Manfaatkan juga alternatif jawaban untuk bahan belajar di rumah.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 54, 55, 57, 58, 59, 60 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1"