√ Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 58, 59 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 58, 59 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 56, 57, 58, 59 subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan dibawah ini merupakan alternatif jawaban yang kami buat berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal yang ada pada buku pelajaran.

Adik-adik dapat memanfaatkan jawaban ini untuk mengisi dan menjawab soal-soal yang ada pada buku siswa. Kami semaksimal mungkin menyediakan jawaban yang memang kami yakin jawaban ini sudah tepat, maka jangan ragu untuk menggunakannya sebagai jawaban.

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 58, 59 Tema 5 Kelas 5

Bagi adik-adik yang mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban memang sangat membantu sekali. Apalagi kita tahu bahwa kegiatan belajar di sekolah-sekolah saat ini banyak yang menerapkan sistem belajar secara online, dan mungkin di sekolah adik-adik juga begitu.

Tentunya kegiatan belajar online sedikit banyaknya pasti akan berdampak kepada siswa. Siswa harus bisa menyesuai diri, dan harus bisa belajar mandiri dan mempelajari materi sendiri di buku pelajaran. Selain itu, siswa juga akan lebih banyak diberikan tugas oleh gurunya. Maka tak heran banyak siswa yang memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini.

Pada postingan kami yang lalu, kamipun sudah berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 yang bisa adik-adik lihat artikelnya dan cari alternatif jawaban yang masih diperlukan dalam menyelesaikan tugas sekolah. Atau lihat pada salah satu postingan kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 50, 51, 52. Kami berusaha sebisa mungkin menjawab soal-soal latihan dengan jawaban yang tepat, sehingga jawaban tersebut dapat adik-adik gunakan dalam mengisi soal-soal latihan pada tugas yang sedang dikerjakan.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun kami menyediakan jawaban ini untuk adik-adik manfaatkan sebagai alternatif, namun kami selalu menyarankan adik-adik agar sebisa mungkin untuk terlebih dahulu mencari sendiri jawabannya pada buku siswa. Jika masih memungkinkan waktu adik-adik dalam memaca dan mencari jawaban pada buku siswa, maka tak ada salah mencari sendiri jawabannya. Selanjutnya jika adik-adik sudah berusaha mencari jawaban tersebut, kemudian masih belum menemukan jawaban dari soal-soal tersebut, maka silahkan saja manfaatkan alternatif jawaban ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 56, 57, 58, 59

Tugas-tugas sekolah yang terdapat pada buku siswa tema 5 kelas 5 ini menjadi tugas akhir yang adik-adik kerjakan pada semester ganjil, karena setelah menyelesaikan semua kegitan belajar pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester.

Dan adik-adikpun tahu, jika pada buku siswa tema 5 ini, tugas-tugas yang adik-adik kerjakan tidak selalu soal-soal latihan saja. Namun ada jenis tugas lainnya yang juga harus adik-adik kerjakan, seperti tugas melakukan pengamatan, tugas membuat laporan hasil percobaan, membuat kesenian, dan lainnya.

Seperti yang selalu kami sampaikan, bahwa kami disini berusaha menyediakan semua jenis tugas yang ada pada buku siswa. Malai dari jawaban langsung dari soal-soal latihan tersebut, sampai contoh yang dapat adik-adik pergunakan sebagai acuan dalam membuatnya. Maka dari itu, semoga saja apa yang kami sediakan ini bisa memabntu adik-adik.

Dan kami juga perlu sampaikan, agar adik-adik tidak lalai dalam belajar, dan jangan sampai dengan adanya alternatif jawaban seperti ini makah membuat adik-adik malas dalam belajarnya. Karena adik-adik tahu jika saat ini sudah memasuki kegiatan akhir pembelajaran pada semester ganjil. Selanjutnya adik-adik akan mengikuti ulangan akhir semester, yang mana kegiatan UAS tersebut sangat menentukan sekali nilai akhir pada raport semester.

Kunci Jawaban Halaman 56 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 58, 59 Tema 5 Kelas 5

Setiap bacaan, tentunya memiliki ide pokok yang tertuang dalam pokok pikiran. Dengan mengetahui pokok pikiran yang ada, kita dapat dengan mudah mengetahui informasi-informasi penting yang terdapat dalam bacaan.

Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf.

Pokok pikiran :

  • Paragraf 1 : Rantai makanan di sawah
  • Paragraf 2 : Rantai makanan di laut
  • Paragraf 3 : Syarat keseimbangan rantai makanan
  • Paragraf 4 : Peran besar pengurai

Kunci Jawaban Halaman 57 Tema 5 Kelas 5

Ubahlah pokok pikiran di atas menjadi kalimat utama. Perkaya dengan gambar yang sesuai.

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 58, 59 Tema 5 Kelas 5

Penjelasan :

Paragraf 1 : Terdapat 5 komponen yang berperan dalam rantai makanan di sawah yaitu padi, tikus, ular, elang dan pengurai.

Paragraf 2 : Terdapat 5 komponen yang berperan dalam rantai makanan di laut yaitu fitoplankton, zooplankton, ikan kecil, ikan sedang, dan ikan besar.

Paragraf 3 : Syarat keseimbangan rantai makanan yaitu adanya seluruh komponen dalam suatu ekosistem.

Paragraf 4 : Pengurai memiliki peran besar dalam rantai makanan.

Kunci Jawaban Halaman 58 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

  1. Bersama teman sebangkumu, tentukan sebuah rantai makanan yang ada di sebuah ekosistem. Tentukan dahulu ekosistem yang akan dipilih (baik dalam ekosistem laut maupun ekosisem darat).
  2. Rantai makanan dibuat pada kertas A4, digambar dan diberi keterangan dengan rapi dan jelas. Warnai rantai makananmu hingga tampak menarik.
  3. Tukarkan gambar rantai makanan kelompokmu dengan kelompok yang nainnya. Jelaskan rantai makanan yang dibuat oleh kelompok lain tersebut!

Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 58, 59 Tema 5 Kelas 5

Rantai makanan pada ekosistem : Laut

  1. Keterangan tentang rantai makanan di atas sebagai berikut :
  2. Fitoplankton memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Oleh fitoplankton, makanan dapat disimpan dalam tubuhnya.
  3. Konsumen tingkat I merupakan hewan pemakan tumbuhan. Makanan yang dimakan hewan tersebut akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi. Contoh: konsumen tingkat I adalah udang.
  4. Konsumen tingkat II merupakan hewan karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Jadi, konsumen tingkat I merupakan sumber energi bagi konsumen tingkat II agar dapat bertahan hidup. Contoh: hewan konsumen tingkat II adalah ikan tongkol.
  5. Konsumen tingkat III memakan konsumen tingkat II. Contoh: hewan konsumen tingkat III adalah burung singa laut.
  6. Pada saat konsumen tingkat III mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan, tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Hasil penguraian ini kemudian akan diubah oleh mikroorganisme untuk menjadi sumber makanan bagi fitoplankton.

Kunci Jawaban Halaman 59 Tema 5 Kelas 5

Ayo Renungkan

1. Pelajaran penting apa sajakah yang kamu dapatkan pada hari ini? Ceritakanlah pengalamanmu itu kepada teman sebangkumu.

Pelajaran penting yang saya dapatkan pada pembelajaran hari ini adalah menemukan pokok pikiran dalam bacaan dan membuat gambar rantai makanan.

2. Pertanyaan apa sajakah yang belum terjawab dari kegiatan belajar hari ini?

Jawaban adik-adik sesuaikan saja, jika ada pertanyaan, maka silahkan ditulis.

3. Sikap apakah yang kamu kembangkan pada hari ini? 

Sikap yang saya kembangkan adalah Cermat dan Teliti.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, tentukan seekor hewan yang belum pernah didiskusikan dalam buku ini. Lalu, dengan menggunakan buku atau informasi dari sumber yang ada di rumah, buatlah sebuah rantai makanan yang melibatkan hewan tersebut. Cari tahu juga keterangan sebanyak-banyaknya tentang hewan yang telah ditentukan. Tuliskan semua keterangan yang telah kamu dapatkan pada selembar kertas untuk kamu ceritakan di kelas.

Jawaban bisa adik-adik sesuaikan dengan hewan yan ingin didiskusikan, berikut ini beberapa rantai makanan yang bisa adik-adik jadikan contohnya :

  • Padi → keong → katak → ular sawah → pengurai
  • Padi → belalang → katak → ular sawah → elang → pengurai
  • Padi → siput → katak → ular sawah → burung gagak → pengurai
  • Padi → burung pemakan biji → ular sawah → elang → pengurai
  • Padi → belalang → burung pipit → elang → pengurai

Demikianlah artikel kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 56, 57, 58, 59. Tentunya adik-adik pasti ingin mendapatkan nilai yang bagus! Kami yakin jika adik-adik selalu mengerjakan tugas sekolah dengan sungguh-sungguh, memerika dan memastikan selalu jawaban yang tersedia memang sudah sesuai dengan soalnya, kami yakin pasti adik-adik bisa meraih keinginan tersebut. Dan jika adik-adik sering mendapatkan hasil yang maksimal dari tugas-tugas seperti ini, ataupun dari kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, nilai praktek, bahkan ulangan akhir semester, tentunya akan sangat bagik sekali bagi prestasi adik-adik di sekolah.

Memang dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini cukup dimudahkan. Namun kami juga menghimbau adik-adik semua, agar jangan selalu berharap dengan alyternatif jawaban, sehingga kelak membuat adik-adik jadi malas untuk membaca dan belajar. Karena sebenarnya, selain tugas-tugas seperti, ada hal lain yang juga harusnya sudah adik-adik persiapkan dari sekarang ini, yaitu kegiatan ulangan akhir semester atau UAS yang tak lama lagi akan dilaksana. Giatlah belajar dari saat ini, kejar nilai terbaik adik-adik, dan berlombalah dengan teman yang lainnya dalam hal nilai.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 58, 59 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 1"