√ Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 2

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami siapkan berikut ini untuk adik-adik Sekolah Dasar yang sekarang ini tengah sibuk-sibuknya mengerjakan tugas-tugas sekolah yang mana tugas tersebut harus segera dikumpulkan kepada guru kelas untuk kemudian dikoreksi dan diberikan nilai sesuai dengan jumlah benar dan salah dari tugas tersebut.

Kami yakin adik-adik pastinya sangat mengharapkan bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas ini. Perlu adik-adik ketahui, jika kami disini menyediakan jawaban yang kami cari dan jawab dengan sebaik mungkin, jadi silahkan adik-adik manfaatkan dengan baik.

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5

Tak bisa dipungkiri jika alternatif jawaban menjadi solusi bagi siswa saat ini dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Hal ini tak lepas dari banyaknya tugas-tugas sekolah yang harus siswa kerjakan. Banyaknya tugas ini, salah satu disebabkan oleh kegiatan belajar tatap muka yang ditiadakan dan digantikan dengan kegiatan belajar secara online. Dan tak sedikit siswa yang mengeluhkan hal ini. Para siswa merasa cukup tersibukan dengan tugas-tugas sekolah, apalagi harus mempelajri sendiri semua materi pada buku siswa, tanpa penjelasan yang detil dari guru kelas.

Sebelum ini, kami juga telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 yang mungkin juga adik-adik sudah melihatnya. Jikapun belum melihatnya, maka silahkan adik-adik buka kembali artikel kami yang lalu, dan cari jawaban yang masih diperlukan untuk menyelesaikan tugas sekolah. Dan lihat juga alternatif jawaban yang sudah kami sediakan belum lama ini, pada postingan kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 56, 57, 58, 59. Dengan memanfaatkan jawaban ini, semoga bisa menjadi jalan adik-adik dalam meraih nilai yang bagus pada tugas sekolah.

Lanjutan Jawaban :

Seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa kami terlebih dahulu tetap menyarankan atau menganjurkan adik-adik, untuk mencari sendiri terlebih dahulu jawaban-jawaban dari soal-soal tersebut pada buku siswa. Hal ini kami maksudkan agar adik-adik tidak selalu bergantung pada kunci jawaban yang bisa mengakibatkan adik-adik malas dalam belajar dan mencari jawabannya. Namun jika adik-adik sudah berusaha, dan belum menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan saja manfaatkan alternatif jawaban ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66

Mengerjakan tugas sekolah sudah semestinya adik-adik lakukan dengan sungguh-sungguh. Karena dari tugas-tugas inilah adik-adik bisa mendapatkan nilai, yang mana nilai ini kelak akan menjadi nilai tambah untuk adik-adik ketika guru mengisi nilai akhir pada raport semester. Dan bagi guru, tugas-tugas seperti ini merupakan alat penilaian atas kemampuan siswanya. Apakah ia sudah memahami materi pelajaran atau belum.

Dan seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa memang kami disini berusaha menyajikan jawaban yang terbaik untuk adik-adik, namun kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami sediakan ini, semua pasti benar. Adik-adik juga perlu melihat dan mengecek lagi jawaban yang kami sediakan ini, takutnya ada jawaban yang keliru dan tidak sesuai dengan soal yang ada pada buku siswa.

Serta kami itu ingin mengingatkan adik-adik untuk mulai serius dan giat dalam belajarnya, karena saat ini adik-adik sudah memasuki kegiatan akhir belajar pada semester ganjil. Selanjutnya setelah adik-adik menyelesaikan semua kegiatan belajar pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik akan mulai melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester.

Kunci Jawaban Halaman 60 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5

Jelaskan mengenai rantai makanan. Tuliskan pada tempat yang tersedia di halaman 61.

Alternatif Jawaban :

Pada gambar di atas rantai makanan dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Padi merupakan produsen karena dapat menghasilkan makanan sendiri. Setiap produsen akan dimakan oleh konsumen tingkat I yaitu tikus.
  2. Tikus menjadi konsumen tingkat I karena tikus merupakan hewan omnivor yang juga memakan padi untuk memperoleh energi. Sebagai konsumen tingkat I, tikus akan dimakan oleh konsumen tingkat II yaitu ular.
  3. Ular menjadi konsumen tingkat II karena ular merupakan hewan karnivor yang memakan tikus untuk mempertahankan hidupnya. Sebagai konsumen tingkat II, ular akan dimakan oleh konsumen tingkat III yaitu burung elang.
  4. Burung elang menjadi konsumen tingkat III karena ular merupakan hewan karnivor yang memakan mendapatkan energi dengan memakan ular. Sebagai konsumen tingkat III, burung elang akan mati. Bangkai burung elang akan diurai oleh mikroorganisme seperti jamur.
  5. Jamur menjadi pengurai karena jamur berperan dalam mengurai konsumen tingkat III untuk berkembang biak. Hasil penguraian yang terdiri dari zat-zat tertentu yang kemudian akan masuk ke dalam tanah dan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai sumber makanan.

Kunci Jawaban Halaman 61 Tema 5 Kelas 5

Setelah selesai, diskusikan hasil penjelasanmu dengan pasangan lain di kelas. Kemudian, lakukan diskusi kelas bersama teman-teman sekelasmu dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini bersama-sama. 

1. Apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan?

Aliran energi pada sebuah rantai makanan adalah perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup yang lain dari peristiwa makan dan dimakan pada suatu rantai makanan.

2. Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi? Jelaskan!

Hubungan antara rantai makanan dan aliran energi adalah pada rantai makanan pasti terjadi peristiwa makan dan dimakan. Ketika makhluk hidup memanfaatkan atau memakan makhluk hidup lain, maka akan terjadi perpindahan energi berupa zat-zat yang dibutuhkan untuk bertahan hidup bagi makhluk hidup tersebut.

3. Jelaskan peran produsen penting dalam sebuah rantai makanan.

Peran produsen dalam sebuah rantai makanan adalah produsen merupakan komponen yang mampu memproduksi makanan sendiri. Produsen juga menjadi komponen yang akan dimakan oleh konsumen tingkat I agar rantai makanan tetap berjalan.

4. Rantai makanan pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?

Jika konsumen puncak punah maka jumlah konsumen I akan berkurang secara drastis karena dimakan oleh konsumen II yang lebih banyak. Sedangkan jumlah konsumen II akan bertambah banyak karena tidak ada konsumen puncak yang memakan mereka.

Kunci Jawaban Halaman 62 Tema 5 Kelas 5

Sekarang bersama teman sebangkumu, buatlah sebuah rantai makanan yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai.  Jangan lupa untuk menyebutkan jenis ekosistemnya.

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5

Kunci Jawaban Halaman 63 Tema 5 Kelas 5

Pilihlah salah satu gambar berikut ini! Buatlah sebuah karangan nonfiksi tentang rantai makanan dengan menggunakan salah satu hewan dalam gambar tersebut! Gunakan kalimatmu sendiri dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5

Alternatif Jawaban :

Rantai Makanan Di Ekosistem Hutan

Hutan termasuk contoh ekosistem alami. Keanekaragaman hayati yang terkandung dalam ekosistem ini sangat tinggi. Dalam sebuah ekosistem hutan ada banyak contoh sebagai interaksi antara komponen ekosistem biotik di dalamnya. Salah satu yang paling sering terjadi adalah interaksi makan dan dimakan antar mahluk hidup yang biasa kita kenal dalam istilah rantai makanan.

Pada ekosistem tumbuhan hijau memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Dengan bantuan sinar matahari tumbuhan mampu memproduksi makanan yang kemudian tersimpan di dalam tubuhnya. Dalam rantai makanan di ekosistem hutan, rumput berperan sebagai produsen.

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5

Konsumen tingkat I pada ekosistem hutan merupakan hewan herbivor atau pemakan tumbuhan. Makanan yang dimakan hewan tersebut akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi. Contoh konsumen tingkat I yang ada dalam ekosistem hutan adalah kambing hutan.

Konsumen tingkat II dalam ekosistem hutan merupakan hewan karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Jadi, konsumen tingkat I merupakan sumber energi bagi konsumen tingkat II agar dapat bertahan hidup. Contoh hewan dalam ekosistem hutan yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah singa. Singa mendapatkan makanannya dengan cara memangsa bkambing hutan.

Pada saat konsumen tingkat II di dalam ekosistem hutan mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan, tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Hasil penguraian ini kemudian akan diubah oleh mikroorganisme dalam tanah untuk menjadi sumber makanan bagi tumbuhan.

Kunci Jawaban Halaman 65 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

a. Lengkapilah tabel berikut dengan nama tarian dan properti yang digunakan

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5

b. Menurut pendapatmu, apakah properti-properti tari yang digunakan memperkuat pesan yang disampaikan lewat tarian?

Properti tari yang digunakan dapat memperkuat pesan yang ingin disampaikan karena properti tari dapat mempertegas gerakan penari sehingga maksud cerita tari dapat ditangkap oleh penonton. Entah itu tari peperangan, tari penyambutan, atau yang lainnya.

c. Sebutkan tarian yang menggunakan lebih dari dua properti untuk menarikan tarian tersebut.

Beberapa tarian tersebut :

  • Tari saman menggunakan lebih dari dua properti antara lain bulung teleng yang dipakai di kepala, kedawek atau ikat pinggang, sapu tangan, gelang dan lain-lain.
  • Properti tari Serimpi antara lain Keris, Jebeng, Tombak , Jemparing, Pistol
  • Properti utama tari kancet papatai ada 3, diantaranya : Kalembit (Perisai yang terbuat dari kayu). Mandau (Senjata suku dayak), dan. Baju perang khas suku dayak.

Ayo Berlatih

1. Apakah peran produsen, konsumen, dan pengurai dalam sebuah rantai makanan?

Produsen berperan sebagai makanan dan pemberi energi bagi konsumen, konsumen berperan sebagai pemakan produsen, sedangkan pengurai berperan dalam mengurai zat-zat pada konsumen yang telah mati agar dapat masuk ke dalam tanah dan dimanfaatkan produsen sebagai makanan.

2. Menurutmu, apa sajakah yang dapat mengganggu rantai makanan? Bagaimana pengaruhnya terhadap ekosistem?

Beberapa faktor yang dapat mengganggu rantai makanan diantaranya faktor alam yaitu perubahan musim dan bencana alam serta faktor manusia yaitu kegiatan industri dan pembukaan lahan yang tidak bertanggung jawab. Hal ini juga membuat ekosistem menjadi terganggu.

3. Apakah yang dimaksud dengan properti dalam seni tari? Berikan contoh properti tari yang kamu ketahui!

Properti tari adalah segala perlengkapan tari yang digunakan untuk mendukung pertunjukan tari. Contohnya adalah selendang, senjata, penutup kepala, topeng, dll.

Kunci Jawaban Halaman 66 Tema 5 Kelas 5

Ayo Renungkan

Pelajaran penting apa sajakah yang kamu dapatkan pada hari ini. Ceritakanlah pengalamanmu itu kepada teman sebangkumu! Pertanyaan apa sajakah yang belum terjawab dari kegiatan belajar hari ini? Sikap apakah yang kamu kembangkan pada hari ini?

Pada hari ini saya sudah belajar tentang membuat gambar rantai makanan, membuat teks nonfiksi tentang rantai makanan berdasarkan hewan yang dipilih dan mencari informasi tentang properti tari daerah dari seluruh Nusantara. Sedangkan sikap yang sudah saya kembangkan adalah sikap cermat, teliti, dan mandiri.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, pilihlah satu jenis tarian yang sudah dikenal. Lalu, cari tahu nama dan asal usul tarian tersebut. Perhatikanlah properti tari yang digunakan. Buatlah salah satu properti tari pada tarian tersebut dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di rumahmu.

Alternatif Jawaban :

Tari Saman

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5

Tari Saman adalah jenis tarian yang memerlukan gerakan kerjasama antar tim. Selain gerakan yang unik, tarian ini juga menjadi media penyampaian nasihat, pesan dan dakwah kepada masyarakat.

Sebelum tarian saman dilakukan, terlebih dahulu tampil seorang pemuka adat yang memberikan mukadimah atau pembukaan. Pemuka adat tersebut merupakan perwakilan masyarakat setempat yang akan menyampaikan nasihat baik kepada pemain dan penonton.

Selanjutnya tarian akan ditampilkan dan dipandu oleh seorang pemimpin yang disebut “syekh”. Tarian ini dikemas dengan paduan suara dan tepuk tangan dari para peanri tanpa iringan musik. Biasanya tari saman dilakukan oleh 10 orang atau lebih dengan komposisi 8 orang penari dan 2 orang pemimpin.

Nah adik-adik sekalian, itulah ulasan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66. Jangan lupa untuk selalu membaca kemabli untuk memastikan jawaban yang kami sediakan pada artikel ini memang semuanya sudah sesuai dengan soal yang ada. Hal ini kami maksudkan agar tidak ada kesalahan atau kekeliruan pada jawaban tersebut terhadap soalnya. Kerjakan setiap soalnya dengan teliti, dan cari jawaban yang tepat. Dan jikapun adik-adik masih menemukanm atau adik-adik menganggap ada dari jawaban yang kami buat kurang tepat, maka kami selalu sarankan agar adik-adik sesuaikan saja dengan pemahaman adik-adik. Silahkan perbaiki, atau sampaikan kepada kami, agar kami bisa mempertimbangkannya.

Adik-adik seklaian, saat ini adik-adik sudah memasuki kegiatan belajar pada buku siswa tema 5, adik-adik tahu jika pada semester ganjil atau semester satu ini, adik-adik hanya mempelajari materi pelajaran sampai buku siswa tema 5. Dan artinya tak lama lagi adik-adik akan menuntaskan semua materi pada buku siswa tema 5, itu artinya adik-adik sudah semakin dekat dengan kegiatan ulangan akhir semester. Untuk kegiatan tersebut, seharusny adik-adik sudah mulai sibuk dengan kegiatan belajar, mempersiapkan diri untuk mengikuri kegiatan UAS tersebut. Yang mana adik-adikpun tahu jika nilai UAS akan sangat penting bagi adik-adik.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63, 65, 66 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 2"