√ Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 3

Kunci jawaban tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera kelas 6 halaman 60, 61, 62, 63 subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami siapkan sebagai alternatif jawaban yang dapat adik-adik pergunakan sebagai jawaban untuk mengisi dan menjawab soal-soal latihan pada buku siswa yang mana soal-soal latihan inilah yang menjadi tugas adik-adik dan harus segera dikumpulkan kepada guru. 

Kami sangat serius dalam membuat dan menyediakan jawaban ini kepada adik-adik, karena kami tahu salah satu harapan adik-adik untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus, yaitu dari jawaban yang benar dan tepat. Untuk itu kami menjawab dan membuat jawaban ini dengan sebenar-benarnya.

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63 Tema 6 Kelas 6

Kami melihat bahwa ternyata alternatif jawaban seperti ini memang sangat membantu para siswa dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Hal dapat kami lihat dari antusias siswa dalam mencari jawabannya di Internet. Dan sebenarnya tak hanya siswa saja, banyak diantara para orang tua juga terlibat dalam membantu anak-anaknya mengerjakan tugas sekolah seperti ini dan banyak juga yang mencarinya di Internet. Maka dari itu, kami hadir dan ingin turut andil dalam menyediakan jawaban-jawaban yang terbaik, agar bisa adik-adik manfaatkan. Dan dari jawaban yang kami buat ini ,adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Pada postingan kami sebelumnya, kami juga telah memposting Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 yang bisa adik-adik lihat lagi dan cari serta pergunakan jawaban tersebut untuk menyelesaikan tugas yang masih belum selesai. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 53, 55, 56, 57, 58 yang kemaren kami posting, dan kami rasa mungkin alternatif jawaban tersebut masih adik-adik perlukan untuk mengerjakan tugas yang masig belum selesai. Dan kami harap semua jawaban yang kami buat dan sediakan untuk adik-adik, bisa menjadi jawaban terbaik dan tepat sehingga nilai yang didapat juga akan bagus dan tinggi.

Lanjutan Jawaban :

Dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini, meskipun tugas-tugas yang akan adik-adik kerjakan banyak, tentu tak jadi masalah, karena adik-adik bisa langsung menyalin jawaban yang kami sediakan ini ke buku tugas. Akan tetapi kami juga menyarankan agar sebelumnya, adik-adik dapat mencari sendiri jawaban pada buku siswa. Hal ini kami maksudkan agar adika-dik bisa sekalian belajar dan memahami materi yang ada, sehingga tidak selalu bergantung pada alternatif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 60, 61, 62, 63

Buku siswa tema 6 kelas 6 dengan judul tema Menuju Masyarakat Sejahtera, merupakan buku siswa tematik yang dipelajari pada semester genap. Pada semester dua ini, adik-adik akan menyelesaikan empat buku siswa, mulai dari buku siswa tema 6, 7, 8 dan 9. Setelah adik-adik menyelesaiakn semua pembelajaran pada empat buku tema tersebut, adik-adik akan melanjutkan pada kegiatan ulangan akhir semester.

Sama halnya dengan buku siswa tema sebelumnya, pada buku siswa tema 6 inipun adik-adik akan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tugas-tugas yang terdapat pada buku siswa tema 6 ini tak semuanya tentang soal-soal latihan saja, namun adik-adik juga akan mengerjakan tugas lainnya, seperti tugas membuat poster, bernyanyi, melakukan pengamatan, membuat laporan hasil percobaan dan lainnya.

Dari semua tugas yang nantinya akan adik-adik kerjakan, kami disini sudah berusaha sebaik mungkin untuk bisa menyediakan jawaban-jawaban terbaik yang nantinya bisa adik-adik manfaatkan untuk menyudahi soal-soal latihan maupun jenis tugas lainnya yang menjadi tugas adik-adik yang harus dikumpulkan kepada guru kelas.

Kunci Jawaban Halaman 60-61 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

Di depan telah disajikan bacaan nonfiksi yang terdiri atas lima paragraf. Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, kerjakan perintah berikut!

  1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
  2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
  3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
  4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63 Tema 6 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 62 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok di kelas yang terdiri atas tiga sampai lima orang. Bacalah dengan cermat bacaan di atas, kemudian diskusikan dengan teman satu kelompokmu cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan. Tuliskan cara lain yang dapat kamu lakukan selain yang ada dalam bacaan.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan  untuk mempertahankan kemerdekaan.

  • Belajar dengan giat, tekun dan rajin.
  • Menggunakan produk buatan dalam negeri
  • Melestarikan budaya asli Indonesia
  • Menaati peraturan dan tata tertib di sekolah sebagai seorang pelajar

Ayo Mengamati 

Lakukan pengamatan terhadap perilaku warga masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasilah perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tuliskan hasil pengamatanmu dan presentasikan secara lisan di depan kelas.

Alternatif jawaban :

Kita harus selalu mempunyai semangat yang tinggi seperti para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Sikap yang pantang menyerah juga harus kita tiru di dalam menggapai sesuatu sebagai salah satu talak ukur kemauan besar kita di masa kini. Untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ada berbagai cara yang bisa kita lakukan dan tentunya bermanfaat bagi sesama yang bisa menumbuhkan semangat patriotisme.

Pembahasan :

Beberapa perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu :

  1. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melaksanakan siskamling
  2. Mengamalkan nilai - nilai Pancasila dengan bergotong royong memperbaiki Masjid
  3. Menghargai sesama warga negara Indonesia yang berbeda asal daerah
  4. Menggunakan produk buatan dalam negeri dan mengurangi penggunaan barang impor.
  5. Mendukung pembangunan dengan taat membayar pajak.
  6. Mengikuti semua protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah

Kesimpulan :

Sikap yang baik akan menghasilkan karakter yang baik pula, maka dari itu kita harus selalu bersikap baik kepada siapapun untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan semangat yang tinggi tidak mungkin bangsa ini goyah dan direbut kembali oleh bangsa lain, yang ada malah Indonesia semakin kuat dan bersatu dalam keadaan apapun dan bagaimanapun.

Kunci Jawaban Halaman 63 Tema 6 Kelas 6

Ayo Renungkan

Ikut serta mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia. Coba kamu ingat dan renungkan tindakan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sudah kamu lakukan. Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut.

Hasil Renungan:

Ada beragam cara yang bisa dilakukan dalam mempertahankan kemerdekaan, antara lain sebagai berikut:

  1. Menekankan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari
  2. Mengembangkan dan melestarikan kebudayaan bangsa
  3. Giat belajar agar kelak bisa ikut memajukan bangsa
  4. Ikut serta dalam kegiatan bela negara
  5. Jika muncul konflik diselesaikan dengan musyawarah mufakat
  6. Memupuk dan menjaga persatuan lewat gotong royong, kerja bakti dan lain sebagainya
  7. Aktif melaporkan jika mengetahui adanya gerakan separatism
  8. Menjaga persatuan dan kesatuan di atas keberagaman

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, amatilah hak-hak warga negara Indonesia yang sudah terpenuhi. Mintalah pendapat orang tuamu untuk menuliskan manfaat atas pemenuhan hak-hak warga negara yang sudah kamu amati.

Hasil Pengamatan:

Hak-hak yang dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia adalah :

  • Hak untuk mendapatkan pekerjaan dan juga kehidupan yang layak
  • Hak untuk mendapatkan hidup dan juga bertahan hidup
  • Hak untuk menciptakan keluarga dan meneruskan keturunan yang berasal dari perkawinan yang sah
  • Hak untuk melangsungkan kehidupan
  • Hak unutk melakukan pengembangan diri dari berbagai macma bentuk kebutuhan yang ada.
  • Hak untuk mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan serta seni dan budaya
  • Hak untuk mengajukan diri untuk memajukan bangsa dan negara
  • Hak untuk mendapatkan jaminan, perlindungan hingga kepastian hukum
  • Hak untuk mendapatkan hak milik pribadi seperti mendapatkan kemerdekaan,
  • Hak untuk memilih agama dan tidak untuk diperbudak

Nah adik-adik, itulah yang bisa kami ulas terkait dengan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 60, 61, 62, 63. Kami selalu menyarankan dan mengingatkan adik-adik, agar mengerjakan tugas-tugas ini dengan sungguh-sungguh dan teliti. Periksa kembali jawaban yang kami sediakan diatas, untuk memastikan jawaban tersebut memang sudah benar dan sesuai dengan soalnya. Karena kami disinipun tak akan pernah lepas dari kesalahan dan kekeliruan, maka dari itu kami sarankan adik-adik. Semoga dengan jawaban ini, adik-adik bisa meningkatkan nilai pada tugas harian sehingga bisa meningkatkan nilai akhir di raport semester.

Kami juga mengajak adik-adik untuk terus mengikuti blog Pojok Edukasi, dan terus melihat lanjutan dari alternatif jawaban ini pada postingan kami berikutnya untuk tugas-tugas di halaman selanjutnya. Serta kami juga tak letih-letihnya mengingatkan adik-adik untuk terus belajar, karena adik-adik tak tahu, bisa saja sewaktu-waktu guru kelas mengadakan kegiatan ulangan harian, yang mana nilai dari kegiatan ini juga sangat penting. Maka belajarlah, agar adik-adik punya persiapan untuk menjawab soal-saolnya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 62, 63 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 3"