√ Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 73, 74, 75 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 73, 74, 75 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 3

Kunci jawaban tema 5 Pahlawanku kelas 4 halaman 71, 72, 73, 74, 75 subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami buat dengan terlebih dahulu mempelajari materi-materi pelajaran pada buku siswa. Setelah itu kami berusaha menjawab setiap soalnya dengan jawaban terbaik. Dan ada beberapa jawaban juga yang kami ambil dari beberapa sumber lainnya. Kami meyakini, jika jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi jawaban terbaik saat guru kelas mengoreksi tugas adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 73, 74, 75 Tema 5 Kelas 4

Dalam situasi persekolahan saat ini, dimana banyak sekolah menerapkan kegiatan belajar secara online, tentu akan berdampak juga bagi para siswa. Kegiatan belajar yang biasanya dilaksanakan tatap muka harus diganti dengan kegiatan belajar mandiri di rumah dan siswa banyak diberikan tugas-tugas oleh gurunya. Maka tak heran jika siswa mencari solusi dengan alternatif jawaban seperti ini untuk segera menyelesaikan semua tugas-tugas sekolahnya. Karen memang alternatif jawaban seperti ini cukup membantu dalam menyelesaiakn tugas sekolah, apalagi tugas tersebut sudah harud dikumpulkan, dan tidak banyak waktu untuk mencari jawabannya, maka solusinya tentu alternatif jawaban seperti ini.

Pada postingan kami sebelum ini, kami juga telah sering memposting Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4. Adik-adik mungkin sudah melihatnya dan menggunakan alternatif jawaban tersebut untuk mengerjakan tugas sekolah. Adik-adik juga dapat melihat jawaban yang kami sediakan untuk tugas pada kegiatan belajar sebelumnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69, 70. Semoga saja apa yang kami posting ini bisa membantu adik-adik dalam urusan sekolah, serta dari tugas yang sudah dikumpulkan bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Lanjutan Jawaban :

Kami berharap juga sebelum adik-adik memanfaatkan alternatif jawaban yang kami buat ini, adik-adik juga berusaha untuk mencari pada buku pelajaran jawaban-jawaban dari soal-soal tersebut. Karena kami yakin pasti ada soal-soal yang mudah yang bisa adik-adik kerjakan sendiri. Tapi jika memang waktu sudah mepet dan adik-adik juga belum menemukan jawabannya pada buku, maka silahkan saja manfaatkan alternatif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 71, 72, 73, 74, 75

Tugas-tugas sekolah yang terdapat pada buku siswa tema 5 ini tak hanya soal-soal latihan saja, namun ada juga tugas lainnya yang akan adik-adik kerjakan, seperti tugas kesenian, bernyanyi, membuat karya seni, melakukan pengamatan dan lainnya. Selain itu ada juga tugas kelompok, namun jika melihat situasi seperti saat ini, guru akan lebih sering memberikan tugas individu untuk siswa kerjakan.

Baca : Kunci Jawaban Halaman 56, 57, 58, 59 Tema 5 Kelas 5

Tugas-tugas yang adik kerjakan, menjadi salah satu alat penilaian guru dalam mengambil nilai adik-adik dan melihat kemampuan terkait materi yang dipelajari. Jika memungkinkan guru akan mengulang kembali pelajaran yang sudah dipelajari, jika nilai yang adik-adik dapatkan tidak maksimal. Nilai-nilai inipun kelak akan dicatat dan dimasukan pada raport semester. Untuk itu kerjakan dengan maksimal setiap tugas sekolah yang diberikan guru.

Selain itu, kami juga ingin mengingatkan adik-adik, karena saat ini sudah memasuki kegiatan akhir pada semester ganjil. Untuk itu, mulailah giat dalam belajar, manfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar di rumah untuk mendalam pengetahuan dan pemahaman adik-adik akan materi yang sudah dipelajari.

Kunci Jawaban Halaman 71 Tema 5 Kelas 4

Ayo Berlatih

Perhatikan gambar berikut. Jika terjadi cedera luka dan melepuh, apa yang harus dilakukan? Diskusikan!

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 73, 74, 75 Tema 5 Kelas 4

Alternatif Jawaban :

Luka karena terjatuh saat bermain :

  • Bersihkan luka dari kotoran yang mungkin menempel di bawah air mengalir atau menggunakan larutan garam (cairan saline) steril hingga bersih. 
  • Gunakan sabun lembut seperti sabun bayi untuk membersihkan luka. Sebaiknya hindari menggunakan bahan-bahan pembersih mengandung alkohol, iodine, ataupun hidrogen peroksida langsung di luka terbuka karena dapat menyebabkan iritasi dan perih. 
  • Oleskan antibiotik untuk membuat luka tetap lembap, sehingga mempercepat penyembuhan, serta mencegah infeksi. Tutup luka dengan kasa steril yang lembut dan ganti setiap hari.
  • Jika terdapat memar atau bengkak, kompres dengan es. 

Melepuh karena terkena air panas :

  • Siram kulit dengan air yang mengalir atau air keran, setidaknya selama 20 menit. Jangan menggunakan es batu, air es, atau bahan-bahan berminyak, seperti mentega.
  • Jika area yang tersiram air panas mencakup sebagian besar tubuh, jangan berendam dalam air dingin. Hal ini bisa menyebabkan hilangnya panas tubuh dan justru akan memperburuk kondisi luka bakar.
  • Tutup luka dengan perban atau kain bersih yang lembap.
  • Jika memungkinkan, posisikan bagian yang tersiram air panas lebih tinggi
  • Jika kulit melepuh, jangan dipecahkan.
  • Jika luka terasa sakit, konsumsilah obat pereda nyeri, seperti paracetamol.

Kunci Jawaban Halaman 72 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 73, 74, 75 Tema 5 Kelas 4

Alternatif Jawaban :

Apa perbedaan antara tulisan asli dan tulisan  yang terlihat dari plastik?

Tulisan yang dilihat melalui plastik yang berisi air tampak lebih besar daripada tulisan aslinya.

Mengapa per-bedaan itu bias terjadi?

Ketika plastik yang di isi air digunakan untuk melihat huruf atau benda kecil lainnya maka huruf atau benda kecil tersebut tampak menjadi lebih besar.

Apa kesimpulan yang dapat kamu temukan dari percobaan ini?

Pada percobaan membuat lup (kaca pembesar) sederhana, tulisan yang kecil terlihat lebih besar. Hal ini terjadi karena terjadi pembiasan cahaya yang disebabkan oleh adanya media air.

Kunci Jawaban Halaman 73 Tema 5 Kelas 4

Buatlah laporan percobaanmu pada tabel yang telah disediakan.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 73, 74, 75 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 74 Tema 5 Kelas 4

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 74!

Perhatikan tabel berikut. Isilah lebih dulu kolom sebelah kiri. Kamu bisa mengisinya berdasarkan teks yang kamu baca atau dari pengetahuanmu sebelumnya.

Selanjutnya isilah kolom di sebelah kanan.

Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 73, 74, 75 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 75 Tema 5 Kelas 4

Ayo Renungkan

Hal baik apa yang kamu peroleh saat bekerja sama pada kegiatan percobaan?

Hal baik yang saya peroleh dari kegiatan percobaan bersama teman yang lain ialah dalam hal kekompakan dan kebersamaan.

Apa yang menjadi hambatan ketika bekerja sama?

Hal yang menghambat antara lain seperti sebagian teman yang sibuk berbicara sendiri dan menggangu, masih kurang kompak.

Bagaimana cara kamu mengatasi hambatan itu?

Dengan berbicara secara baik dan menjelaskan dengan santun kepada teman tersebut.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan perjuangan Sultan Agung kepada orang tuamu dan sampaikan pula alasan kamu bangga kepada beliau.

Kamu bisa bertanya kepada mereka pahlawan yang menjadi kebanggaan mereka.

Ceritakan hasil diskusi dengan orang tua kepada temanmu di sekolah.

Adik-adik bisa melihat cerita Sultan Agung pada buku dan menceritakannya kepada orang tua serta menjelaskan sikap-siakp yang bisa dicontoh dari Sultan Agung.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan kepada adik-adik terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 71, 72, 73, 74, 75 ini. Semoga saja dengan adanya alternatif jawaban ini, dan adik-adik banyak memanfaatkan jawaban yang kami buat ini untuk menyelesaikan tugas sekolah, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tertinggi dari nilai teman-teman lainnya. Dengan adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus atau nilai tertinggi, tentu akan sangat bagus untuk prestasi adik-adik di sekolah.

Dan mulailah giat dalam belajarnya, karena setelah adik-adik menyelesaikan kegiatan belajar mengajar pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik akan melaksanakan kegaitan Ulangan Akhir Semester, dimana nilai dari kegiatan UAS yang adik-adik nanti peroleh akan sangat menentukan sekali nilai akhir di raport semester. Dan jangan lupa pula untuk terus melihat lanjutan dari alternatif jawaban yang kami sediakan ini, serta berbagi juga untuk teman yang lainnya, share postingan kami ini kemereka, terima kasih.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 71, 72, 73, 74, 75 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 3"