√ Kunci Jawaban Halaman 72, 73, 74, 75 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 72, 73, 74, 75 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5

Kunci jawaban tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera kelas 6 halaman 72, 73, 74, 75 subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini dapat dijadikan sebagai alternatif jawaban, menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Kami membuat dan menyediakan alternatif jawaban ini agar adik-adik bisa memanfaatkannya dan bisa menyelesaikan semua tugas sekolah yang mana tugas tersebut harus segera dikumpulkan kepada guru kelas untuk dikoreksi dan dinilai.

Kunci Jawaban Halaman 72, 73, 74, 75 Tema 6 Kelas 6

Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa dalam hal membuat jawaban ini, kami tidaklah asal jawab saja, kami membuat jawaban ini semaksimal mungkin, agar tak hanya tugas saja yang dapat diselesaikan, namun nilai yang nantinya adik-adik peroleh juga akan maksimal. Namun kami tidak bisa menjamin semua jawaban ini pasti benar dan tepat, kami disini hanya berusaha semampu kami, urusan benar salahnya, tergantung pada guru yang mengoreksinya. Maka dari itu, jikapun adik-adik masih menemukan jawaban yang salah, maka silahkan diperbaiki saja.

Sebelumnya, kami juga telah berbagi Kunci Jawbaan Tema 6 Kelas 6 yang mungkin juga adik-adik telah melihat dan memanfaatkannya. Kami sangat senang jika jawaban sebelumnya bisa bermanfaat untuk adik-adik. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 yang baru-baru ini sudah kami posting untuk adik-adik. Dan kami cukup yakin, dari jawaban ini nantinya adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Lanjutan Jawaban:

Dengan kami siapkan alternatif jawaban ini buat  adik-adik, pastinya akan sangat membantu sekali dalam menyelesaikan tugas sekolah. Namun kami selalu mengingatkan dan menganjurkan kepada adik-adik semua, agar sebelumnya mencoba mencari sendiri jawaban untuk soal-soal tersebut pada buku siswa, hal ini kami maksudkan, supaya adik-adik tidak selalu bergantung pada jawaban seperti ini, yang kami takutnya bisa membuat adik-adik lalai dan malas dalam belajar.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 72, 73, 74, 75

Tak bisa dipungkiri, jika memang alternatif menjadi pilihan banyak siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Tugas-tugas yang terdapat pada buku siswa tema 6 kelas 6 ini, tentunya tak semua soal-soal latihan. Namun ada juga jenis tugas lainnya seperti tugas bernyanyi, tugas mengamati, tugas membuat poster, membuat kesenian, membuat laporan percobaan dan lainnya.

Kami berusaha sebisa mungkin untuk menyediakan semua jawaban yang adik-adik perlukan, mulai dari jawabannya langsung, atau hanya sekedar contoh saja yang nantinya contoh tersebut bisa dijadikan sebagai acuan dalam membuat tugas sebenarnya. Kami harap itu semua bisa membantu adik-adik.

Dan kejarlah nilai tertinggi dari teman-teman lainnya, baik dalam tugas harian, ulangan harian, bahkan pada ulangan akhir semester. Karena nilai yang bagus dan tinggi akan menjadi jalan adik-adik untuk berprestasi di sekolah, dan tidak menutup kemungkinan adik-adik bisa meraih juara kelas pada semester ini.

Kunci Jawaban Halaman 72-73 Tema 6 Kelas 6

Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas? Tuliskan pengertianmu mengenai masa pubertas pada kolom berikut.

Pubertas merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara s*ksual.

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok terdiri atas 3 anak. Setiap kelompok beranggotakan anak dengan jenis kelamin sama. Anak laki-laki satu kelompok dengan anak lakilaki. Anak perempuan satu kelompok dengan anak perempuan. Apakah kamu dan teman-teman satu kelompok sudah memasuki masa pubertas? Lakukan pengamatan secara kelompok. Adapun langkah-langkah pengamatan sebagai berikut.

  1. Secara bergantian setiap kelompok melakukan pengamatan terhadap semua anggota kelompoknya.
  2. Buat urutan daftar ciri-ciri masa pubertas.
  3. Cocokkan ciri-ciri masa pubertas dengan keadaan temanmu sesuai pengamatan yang kamu lakukan.
  4. Buat kesimpulan hasil pengamatanmu terhadap teman-teman satu kelompokmu.
  5. Tuliskan hasil kesimpulan setiap anggota kelompok dalam bentuk tabel seperti berikut.

Alternatif Jawaban :

Hasil Pengamatan (hanya sebagai contoh)

Nama Anggota Kelompok:

  1. Udin
  2. Edo
  3. Beni

1. Anak pertama yang diamati

Nama : Udin

Umur : 12 tahun

Masa Perkembangan : Pubertas

Alasan : Suara udin sudah berubah menjadi lebis besar, Udin sudah memiliki jakun, dan dada udin terlihat lebih bidang

2. Anak kedua yang diamati

Nama : Edo

Umur : 11 Tahun

Masa Perkembangan: Kanak-kanak

Alasan: Jakun Edo belum tampak, suara Edo masi kecil, dan dada Edo masih rata

3. Anak ketiga yang diamati

Nama : Beni

Umur : 12 Ttahun

Masa Perkembangan : Pubertas

Alasan : Beni sudah memiliki jakun, suara Beni membesar, kumis Beni mulai tumbuh

Kunci Jawaban Halaman 74 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berkreasi

Carilah bacaan berisi ciri-ciri masa pubertas. Bacaan dapat kamu peroleh dari majalah maupun internet. Mintalah bantuan dan didampingi orang tua atau orang dewasa saat mencari bacaan melalui internet. Setelah memperoleh bacaan, tempelkan pada kolom berikut.

Alternatif Jawaban :

Untuk jawaban tugas ini, kami sudah mencari dan menyiapkan sebuah bacaan terkait dengan masa pubertas sesuai perintah pada soal ini. Namun kami menyediakan jawaban ini dalam bentuk file Ms.Word karena bacaan cukup panjang. Dan untuk melihatnya, silahkan adik-adik d0wnload filenya pada ling berikut ini :

Teks Bacaan .doc Ms.Word

Kunci Jawaban Halaman 75 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih 

Kamu telah mencari bacaan tentang ciri-ciri masa pubertas. Jawablah pertanyaan mengenai bacaan yang sudah kamu peroleh. 

1. Apa judul bacaan yang kamu peroleh? 

7 Ciri Pubertas Pada Laki-laki

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul bacaan dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca bacaan? 

Isi sesuai dengan judul bacaan

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?

Informsasi yang saya peroleh setelah membaca bacaan adalah ada 7 ciri pubertas pada laki-laki yaitu : bentuk tubuh berubah, mulai tumbuh bulu dan jerawat, p*nis dan t*stis membesar, mimpi basah, perubahan suara, pay*dara bertumbuh, dan suasana hati berubah.

Ayo Renungkan

Masa pubertas adalah masa yang akan dilewati oleh setiap manusia. Apakah kamu sudah memasuki masa pubertas? Bagaimanakah bentuk persiapanmu untuk menghadapi masa pubertas? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut.

Hasil Renungan:

Ya, sudah! tiga hal cara menghadapi masa pubertas antara lain :

  1. Tenang dan tidak kehilangan kepercayaan pada diri sendiri karena perubahan yang terjadi. 
  2. Bersikap terbuka kepada orang yang dipercaya serta orang tua khususnya untuk hal-hal yang perlu dilakukan.
  3. Yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan tubuh dan orga-organ reproduksi yang telah mengalami pematangan karena masa pubertas.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tanyakan kepada orang tuamu atau kepada saudaramu yang berjenis kelamin sama. Jika kamu laki-laki bertanyalah kepada ayahmu atau saudara lakilakimu. Jika kamu perempuan, bertanyalah kepada ibumu atau saudara perempuanmu. Bertanyalah mengenai perubahan fisik mereka pada saat memasuki masa pubertas.

Jawaban silahkan adik-adik sesuaikan dengan anggota keluarga yang ditanyakan. Catat jawaban yang ada.

Demikianlah postingan kami yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 72, 73, 74, 75 ini. Silahkan adik-adik pergunakan dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya alternatif jawaban yang kami sediakan ini. Serta manfaatkan juga untuk jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah. Kami cukup yakin dengan jawaban ini adik-adik dapat terbantu, bahkan bisa meraih nilai yang bagus dari tugas harian. Dengan nilai yang bagus, tentu itu juga akan sangat baik untuk prestasi adik-adik, dan orang tua juga tentunya akan sangat senang jika adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Banyaknya tugas yang diberikan oleh guru, baik guru kelas maupun guru maple lainnya, tentu akan cukup membuat adik-adik kelabakan dalam mengerjakannya. Nah dengan memanfaatkan alternatif jawaban ini, kami yakin adik-adik bisa menyelesaikan semua tugas tersebut tepat waktu dan juga kami cukup yakin adik-adik bisa mendapatkan nilai maksimal. Dan jangan lupa pula untuk selalu berbagi dan mengikuti blog kami, agar adik-adik bisa terus mendapatkan update alternatif jawaban untuk tugas pada halaman yang lainnya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 72, 73, 74, 75 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5"