√ Kunci Jawaban Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 4

Kunci jawaban tema 5 Pahlawanku kelas 4 halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan pada artikel ini, tentunya merupakan jawaban terbaik yang kami buat. Kami terlebih dahulu membaca, mempelajari dan memahami materi-materi pelajaran pada buku siswa. Baru kemudian kami mencari jawaban yang terbaik yang kami yakini jawaban ini bisa menjadi jawaban yang tepat. Dan ada juga beberapa jawaban yang kami kumpulkan dari beberapa sumber lainnya. Untuk itu manfaatkan alternatif jawaban ini sebaik mungkin dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang ada.

Kunci Jawaban Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 Tema 5 Kelas 4

Alternatif jawaban seperti ini memang sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Apalagi pada masa seperti ini, dimana adik-adik lebih banyak diberikan tugas oleh guru kelas, dan tugas-tugas tersebut harus segera dikumpulkan kepada guru. Maka tak heran jika solusinya adalah alternatif jawaban seperti ini. Dan tak hanya para siswa saja, namun tak sedikit juga para orag tua mencari jawaban seperti ini untuk membantu anak-anaknya menjawab soal-soal latihan yang tak bisa dijawab sendiri olehnya.

Sebelumnya, kami juga sudah cukup banyak memposting Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4. Adik-adik bisa melihat kembali alternatif jawaban yang telah kami sediakan. Dan lihat juga jawaban yang kami sediakan pada postingan kami yang lalu, yaitu Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 71, 72, 73, 74, 75. Semoga saja manfaat dari alternatif jawaban yang kami sediakan ini bisa adik-adik rasakan, dan nilai-nilai yang adik-adik peroleh dari tugas seperti ini bisa maksimal dan bagus.

Lanjutan Jawaban :

Dengan kami sediakan alternatif jawaban seperti ini memang mengerjakan tugas sangat dimudahkan. Namun kamipun berharap, sebelum adik-adik menggunakan alternatif jawaban ini, sebelumnya adik-adik juga berusa untuk menjawab sendiri soal-soal tersebut. Hal ini agar adik-adik tidak terlalu bergantung pada jawaban seperti ini. Tapi jika memang adik-adik sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencari jawabannya, maka silahkan saja adik-adik manfaatkan sebaik mungkin jawaban ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81

Kegiatan pembelajaran pada saat ini sudah memasuki akhir kegiatan untuk semester ganjil. Dan pada buku siswa tema 5 kelas 4 ini terdapat tugas-tugas yang juga harus adik-adik kerjakan. Bukan hanya soal-soal latihan saja, tapi juga ada jenis tugas lainnya  yang harus adik-adik kerjakan, seperti membuat laporan hasil penelitian, melakukan pengamatan, bernyanyi, membuat karya seni dan lainnya.

Baca : Kunci Jawaban Halaman 30, 31, 32, 34, 35, 36 Tema 5 Kelas 5

Mengerjakan semua tugas sekolah yang sudah guru kelas berikan memang menjadi kewajiban adik-adik. Namun kami juga tahu jika tak sedikit para orang tua ikut andil dalam membantu anak-anaknya mengerjakan tugas-tugas sekolahm, tentu hal itu sangat baik. Dan dari tugas-tugas seperti inilah, guru kelas mengambil nilai siswanya untuk kemudian nilai tersebut dimasukan pada raport semester. Jadi jangan anggap remeh tugas-tugas ini.

Bisa mendapatkan nilai yang tinggi dan bagus menjadi harapan adik-adik, dan kamipun berharap jawaban ini bisa menjadi jawaban terbaik dan tepat ketika guru kelas mengoreksi tugas adik-adik. Jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, tentu akan bagus pula untuk prestasi adik-adik dan tak menutup kemungkinan bisa juara kelas.

Kunci Jawaban Halaman 76-77 Tema 5 Kelas 4

Ayo Mengamati 

Kita akan belajar tentang Kapitan Pattimura.

Berdasarkan gambar yang kamu amati, jawablah pertanyaan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 Tema 5 Kelas 4

Alternatif Jawaban :

Apa yang kamu ketahui tentang pahlawan Pattimura?

Pahlawan pattimura lahir di Maluku selatan pulau saparua negri haria kapittan pattimura memiliki nama asli thomas matulessy beliau pada saat peperangan pada tanggal 16mei 1817 kapittan patimura berhasil merebut benteng vas den barg pada saat itu kapittan patimura di tangkap oleh belanda belanda mengajak kapitan patimura bekerja sama setelah beberapa kali dipaksakan kapitan patimura tidak mau akhirnya beliau dihukum gantung beliau wafat pada tanggal 16-12-1817.

Apa yang ingin kamu ketahui tentang pahlawan Pattimura?

Yang ingin saya ketahui dari pangeran Pattimura adalah :

  • Apa tingkat pendidikannya ?
  • Mengapa ia dapat dijadikan gambaran dari lembaran uang kertas 1000 ?
  • Perlawanan apa yang dilakukan ?
  • Mengapa ia ingin melakukan perlawanan atau pembelaan tersebut ?

Kunci Jawaban Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 78 Tema 5 Kelas 4

Berdasarkan teks di depan, Jawablah pertanyaan berikut!

Kunci Jawaban Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 Tema 5 Kelas 4

Alternatif Jawaban :

Hal-hal positif apa yang bias dicontoh dari Pattimura?

  1. Kerja keras, beliau berhasil merebut benteng Durstede, beliau juga berhasil mengoordinir raja-raja dan patih dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, memimpin rakyat.
  2. Kapitan Pattimura juga adalah seorang pemberani dan perkasa. Dengan peralatan yang sederhana, ia berani berperang melawan penjajah dan berhasil menguasai benteng penjajah di Pulau Saparua.

Bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh Pattimura?

Kapitan Pattimura memimpin rakyat Saparua melawan penjajah Belanda. Dalam perjuangan menentang Belanda ia juga menggalang persatuan dengan kerajaan Ternate dan Tidore, raja-raja di Bali, Sulawesi dan Jawa.

Apa dampak dari perjuangan yang  dilakukan Pattimura?

Dalam perjuangan menentang Belanda ia juga menggalang persatuan dengan kerajaan Ternate dan Tidore, raja-raja di Bali, Sulawesi dan Jawa. Pattimura berjuang melawan penjajah Belanda supaya kekayaan alam Indonesia yang berupa rempah-rempah tidak dikuasai oleh mereka.

Apa alasan dari perjuangan Pattimura?

Pattimura memimpin rakyat Maluku melawan kekejaman Belanda. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh kepulauan Maluku. Rakyat diharuskan menjual hasil pertaniannya dengan sangat murah dan bahkan harus menyerahkan beberapa bahan pangan kepada Belanda.

Kunci Jawaban Halaman 79 Tema 5 Kelas 4

Ayo Berdiskusi 

Apakah sikap Kapitan Pattimura mencerminkan kerja keras? Jelaskan jawabanmu!

Ya, Patimura berjuang sekuat tenaga mengusir penjajah belanda.

Apakah sikap Kapitan Pattimura menginginkan keadilan? Jelaskan jawabanmu!

Ya, Patimura menginginkan keadilan untuk bangsanya karena Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh Kepulauan Maluku.

Apakah sikap Kapitan Pattimura menginginkan kedaulatan wilayahnya diakui? Jelaskan jawabanmu?

Ya, Pattimura berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Perlawanan Pattimura meluas ke Ambon, Seram, dan tempat-tempat lainnya.

Apakah sikap Kapitan Pattimura mencerminkan nilai-nilai sila kelima Pancasila?

Kapitan patimura mencerminkan sila kelima pancasila karena beliau Mau bekerja keras,  Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain, dan Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain.

Sikap baik apa saja yang bisa kamu contoh dari Kapitan Pattimura? Tulislah contoh sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 80 Tema 5 Kelas 4

Ayo menulis 

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah mengamalkan nilai-nilai pancasila sila kelima dalam kehidupan sehari-hari?

Sikapku yang sudah sesuai dengan sila kelima pancasila.

  • Menerima pendapat orang lain
  • Mendahulukan kepentingan bersama
  • Tidak memotong pembicaraan ketika sedang ketika orang tersebut sedang berbicara dengan orang lain

Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai sila kelima pancasila

Jawaban adik-adik sesuaikan dengan sikap-sikap sendiri yang belum sesuai dengan nilai sila Pancasila kelima.

Rencana perbaikan yang akan aku lakukan

Beberapa renca yang akan saya lakukan :

  • Berusaha menerima hasil pendapat orang lain
  • Berusaha mendahulukan kepentingan bersma.
  • Berusaha tidak memotong pembicaran orang lain.

Kunci Jawaban Halaman 81 Tema 5 Kelas 4

Ayo Berlatih 

Amati ketiga pasangan garis berikut. Presentasikan tiga sifat garis tersebut.Hal-hal yang perlu kamu presentasikan adalah contoh dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana garis tersebut terbentuk, dan bagaimana sudut yang  terbentuk.

Kunci Jawaban Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 Tema 5 Kelas 4

Alternatif Jawaban :

  1. Garis berpotongan tegak lurus, sudut-sudut yang dihasilkan adalah sudut siku-siku. Contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah pada rambu perempatan jalan.
  2. Garis sejajar contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah rel kereta api.
  3. Garis berpotongan tidak tegak lurus, sudut yang dihasilkan adalah sudut tumpul dan sudut lancip.

Ayo Renungkan

Hal-hal baik apa yang kamu pelajari hari ini?

Hal-hal baik yang saya pelajari hari ini adalah sikap baik yang bisa dicontoh dari Tokoh nasional Kapiten Pattimura.

Hal-hal baik apa yang dapat kita contoh dari Kapitan Pattimura?

Hal-hal baik yang bisa dicontoh seperti kerja keras, pemberani, dan kebaikan kepada rakyat sebagai seorang pemimpin.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Sampaikan kepada orang tuamu tentang Kapitan Pattimura. Ceritakan nilai-nilai baik yang dimiliki beliau!

Adik-adik ditugaskan untuk menceritakan kisah Kapiten Pattimura kepada orang tua. Sampaikan hal-hal baik dari Kepiten Pattimura sebagai seorang pemimpin dan ambil nilai-nilai baiknya dan terapkan pada keshidupan sehari-hari.

Sekian artikel kami yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 ini. Kami selalu mengingatkan adik-adik, agar mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan sungguh-sungguh. Periksa kembali setiap jawaban yang kami sediakan tersebut, sebelum adik-adik menuliskannya pada buku tugas. Jika memang adik-adik menemukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan saja diperbaiki atau sampaikan kepada kami, agar kami bisa menyesuaikannya.

Adik-adikpun harus sudah mulai giat dalam belajarnya, karena kita semua tahu jika tak lama lagi adik-adik akan melaksanakan kegiatan Ulangan Akhir Semester. Manfaatkan pula alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar dalam mendalami pemahaman adik-adik terkait dengan materi yang ada pada buku siswa. Serta jangan lupa untuk terus berbagi kepada teman yang lainnya dengan share postingan kami ini kemereka, terima kasih.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 4"