√ Kunci Jawaban Halaman 78, 79, 80, 81, 82 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 78, 79, 80, 81, 82 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 6

Kunci jawaban tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera kelas 6 halaman 78, 79, 80, 81, 82 subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera pembelajaran 6 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini dapat dipergunakan oleh adik-adik sebagai alternatif jawaban untuk mengisi dan menjawab soal-soal latihan pada buku siswa, yang mana soal-soal latihan tersebut adalah tugas sekolah yang harus segera adik-adik selesaikan dan kumpulkan kepada guru kelas untuk dikoreksi dan diberikan nilai sesuai dengan jumlah benarnya.

Kunci Jawaban Halaman 78, 79, 80, 81, 82 Tema 6 Kelas 6

Kami mencoba menyediakan jawaban-jawaban terbaik, yang kami buat berdasarkan pemahaman kami, dan sebagian jawaban ada yang kami ambil dari sumber lainnya, yang kami pilih jawaban terbaik, lalu kami satukan dalam artikel lengkap seperti ini. Tentunya kami sangat yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi jawaban terbaik yang bisa mengantarkan adik-adik meraih atau mendapatkan nilai yang dari teman-teman lainnya. Dengan adika-dik bisa mendapatkan nilai yang bagus, tentu orang tuapun akan sangat senang.

Sebelum kami memposting alternatif jawaban ini, kamipun sebelumnya sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 yang mungkin saja masih adik-adik perlukan, jika masih diperlukan, silahkan adik-adik lihat kembali postingan kami yang lalu. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 72, 73, 74, 75 yang baru kemaren kami posting, dan mungkin saja masih adik-adik perlukan. Kami berharap, jawaban ini memang menjadi jawaban terbaik dan benar saat guru kelas adik-adik mengoreksinya. Sehingag nilainyapun yang diperoleh adik-adik akan maksimal.

Lanjutan Jawaban:

Kami sangat tahu jika alternatif jawaban seperti ini banyak dicari oleh para siswa, dan juga para orang tua yang terlibat dalam membantu anaknya menyelesaikan tugas sekolah. Meskipun alternatif jawaban seperti ini membantu adk-adk sekalian. Kami tetap menyuruh adik-adik untuk sebelumnya bisa mencari sendiri jawabannya pada buku siswa. Adik-adik setidaknya bisa berusaha dulu mencari sendiri jawaban untuk soal-soal latihan tersebut. Dan kalaupun memang ternyata masih belum menemukan, maka silahkan manfaatkan alternatif jawaban ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80, 81, 82

Seperti yang telah adik-adik ketahui, jika pada buku siswa tema 6 kelas 6 ini terdapat 3 subtema pembelajaran, yang pada masing-masing subtemanya ada 6 kegiatan pembelajaran. Pada akhir setiap kegiatan pembelajaran inilah, biasanya aka nada tugas, baik itu tugas mandiri ataupun tugas berkelompok. Tugas-tugas yang ada tak selalu tentang soal-soal latihan saja, namun ada juga jenis tugas lainnya seperti tugas bernyanyi, tugas kesenian, tugas diskusi dan lainnya.

Mengerjakan tugas seperti ini memang sudah menjadi kewajiban adik-adik selalu murid dan siswa di sekolah. Berusaha semaksimal mungkin membantu adik-adik dengan menyediakan jawaban yang diperlukan adik-adik, baik itu jawaban langsung, ataupun hanya sekedar contoh saja, sebagai acuan adik-adik dalam mengerjakan tugas yang ada pada buku pelajaran.

Dan kami harap, semua jawaban yang kami buat khusus untuk adik-adik kelas 6 yang sekarang ini tengah sibuk mengerjakan tugas sekolah yang mana tugas ini harus dikumpulkan segera kepada guru kelas untuk dikoreksi dan dinilai. Semoga jawaban ini bisa menjadi jawaban terbaik dan jawaban yang tepat, sehingga kelak nilai yang diperoleh juga akan maksimal.

Kunci Jawaban Halaman 78 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!

1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?

Berdasarkan bacaan di atas pentingnya melaksanakan hak adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis, mempercepat pembangunan nasional, dan mendukung tercapainya tujuan nasional.

2. Apa pentingnya melaksanakan hakmu untuk dirimu?

Dapat mengharumkan nama daerah/tempat tinggal/nama bangsa di kancah nasional karena mendapatkan pendidikan termasuk pelaksanaan hak. Contoh olimpiade sains, siswa berprestasi dan atlet renang. 

Di sekolah dapat belajar dengan lancar dan nyaman. Contohnya sarapan pada pagi hari membuat tubuh memiliki energi dan dapat berkonsentrasi saat mengikuti pembelajaran.

Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut :

Melaksanakan hak sebagai warga negara sangat penting, karena dengan melaksanakan salah satu hak kita, yaitu hak turut serta dalam pemerintahan melalui pemilu, maka kita turut menentukan arah kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga pemerintahan, sehingga pemerintahan menjadi pemerintahan yang demokratis dan punya legitimasi (pengesahan hukum) yang kuat, sehingga membantu mempercepat pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional.

Dengan melaksanakan hak kita yaitu memperoleh pendidikan hak kelangsungan hidup, maka kita dapat belajar dengan baik yang pada akhirnya membuat kita mendapat pengetahuan dan keterampilan. Dengan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang lebih, dapat kita gunakan untuk berprestasi dalam bidang pendidikan atau bidang lainnya.

Kunci Jawaban Halaman 79 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

Bacalah kembali bacaan berjudul “Mengapa Harus Melaksanakan Hak?”. dengan cermat. Kemudian, jelaskan informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi tersebut berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut.

  1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
  2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
  3. Tuiskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
  4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini dan presentasikan di depan kelas secara lisan.

Kunci Jawaban Halaman 78, 79, 80, 81, 82 Tema 6 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 80 Tema 6 Kelas 6

Ayo Menulis

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu kamu sudah pernah melaksanakan hak. Coba tuliskan pengalamanmu melaksanakan hak sebagai warga negara Indonesia. Tuliskan hak dan ketentuan hukum yang menjamin hak tersebut. Kemudian ceritakan bentuk pelaksanaan dan manfaat yang kamu peroleh dengan terlaksananya hakmu sebagai warga negara Indonesia.

Tuliskan hasilnya dalam kolom berikut.

Hasil Pengalaman (contoh)

Hak yang selalu saya jalani sehari-hari adalah hak mempertahankan hidup. Hak mempertahankan hidup ini saya peroleh tiap hari berkat perlindungan Hak yang terdapat dalam UUD 1945 Pasal 28A yang berbunyi "Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya".

Saya juga melaksanakan hak dalam kehidupan sehari-hari yaitu masalah perlakuan yang sama tanpa ada diskriminasi, karena hak saya ini dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28B ayat 2 yang berbunyi "Setiap orang berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Saya juga mendapatkan hak saya dalam pendidikan, yaitu dapat bersekolah dengan baik. Hak saya ini dilindungi Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28C ayat 1 yang berbunyi "Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. Banyak hak-hak saya lain yang telah saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai warga negara yang baik aku melaksanakan tanggung jawabku dengan belajar dengan tekun.

Kunci Jawaban Halaman 81-82 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

Mempelajari tarian daerah merupakan bentuk pelaksanaan hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa. Sekarang persiapkan sebuah pertunjukan tari kreasi daerah jenis tunggal. Tampilkan pertunjukan di depan kelas secara bergantian. Adapun persiapan yang harus kamu lakukan seperti berikut.

  1. Pilih tarian kreasi daerah jenis tunggal. Kamu boleh menciptakan tarian sendiri dengan meneruskan gerakan yang sudah kamu pelajari di atas.
  2. Carilah kaset atau video tarian yang kamu pilih. Selanjutnya, tonton dan cermati gerak tariannya. Identifikasi unsur-unsur tarian yang kamu pilih.
  3. Persiapkan unsur-unsur tariannya untuk pementasan di depan kelas.
  4. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan unsur-unsurnya, baik busana maupun propertinya.
  5. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan busana dan properti yang kamu butuhkan.

Kegiatan berlatih dengan penjelasan diatas, dapat adik-adik lakukan atau praktek langsung.

Ayo Renungkan

Jika semua warga negara Indonesia mau dengan penuh kesadaran melaksanakan hak sebagai warga negara tentu tujuan nasional akan mudah tercapai. Akan tetapi, bila sebaliknya yang terjadi bagaimanakah dengan tujuan nasional Indonesia? Apa yang akan terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia?

Hasil Renungan :

Apabila warga melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan tercipta kondisi masyarakat yang aman, tenteram, dan tertib. Namun apabila banyak warga yang tidak melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan menimbulkan kekacauan di dalam masyarakat.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk melaksanakan hak-hakmu sebagai warga negara Indonesia. Mintalah bantuan orang tuamu untuk bersama-sama mengidentifikasi bentuk-bentuk pelaksanaan hak warga negara. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Halaman 78, 79, 80, 81, 82 Tema 6 Kelas 6

Nah adik-adik, sekian artikel kami pada kesempatan ini yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80, 81, 82. Kami harap adik-adik bisa memanfaatkan alternatif jawaban ini dengan maksimal dan selalu teliti dalam mengerjakannya, serta mengecek kembali jawaban yang ada untuk memastikan tak ada kekeliruan pada jawaban tersebut. Dengan itu kami cukup yakin, jika kelak adik-adik bisa mendapatkan atau meraih nilai yang bagus pada tugas harian. Jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang tinggi, tentu orang tua juga akan ikut senang, dan banggga pada adik-adik. Serta nilai-nilai tersebut akan sangat membantu sekali menaikkan nilai akhir raport semester.

Saat ini adik-adik telah menyelesaikan kegiatan belajar pada subtema 2, selanjutnya akan dilanjutkan ke subtema 3. Selain tugas-tugas harian seperti ini, adik-adik juga tentu tahu jika ada kegiatan lainnya yang juga harus adik-adik ikuti, yaitu kegiatan penilaian harian atau ulangan harian. Mendapatkan nilai pada kegiatan tersebut juga akan sangat penting, makanya adik-adik harus belajar dengan giat agar punya persiapan sehingga bisa dengan mudah mengerjakan tugas tersebut. Dan kami ingatkan pula untuk terus mengikuti blog ini, dan melihat lanjutan jawaban untuk tugas pada halaman berikutnya, terima kasih.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 78, 79, 80, 81, 82 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 6"