√ Kunci Jawaban Halaman 78, 81 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 78, 81 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 4

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 78, 81 subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan berikut ini, dibuat dengan terlebih dahulu membaca, mempelajari serta memahami materi-materi pelajaran pada buku pelajaran.

Kami tidaklah asal membuat dan menjawab soal-soal latihan, kami membuat jawaban ini berdasarkan pemahaman kami terhadap soal dan materi yang ada pada buku siswa. Dan kami yakin jika jawaban yang kami buat dan sediakan ini bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar, maka dari itu silahkan adik-adik manfaatkan dengan bijak jawaban berikut ini.

Kunci Jawaban Halaman 78, 81 Tema 5 Kelas 5

Alternatif jawaban saat ini menjadi banyak pilihan siswa untuk membantu dalam menjawab dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Bukan tanpa alasan, sebab saat ini kegiatan belajar mengajar di sekolah yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka harus berubah menjadi kegiatan belajar secara online.

Dan para siswa harus bisa mengikuti dan menyesuaikan dengan keadaan pembelajaran. Hal tersebut tentunya sudah menjadi resi dan tanggung jawab siswa. Dan karena kegiatan belajar secara online inilah, banyak siswa yang mengeluhkan karena banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan dan selesaikan.

Pada artikel kami sebelumnya, kami juga telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5. Adik-adik dapat melihatnya, dan menggunakan alternatif tersebut jika masih ada tuga yang masih belum selesai di halaman sebelumnya. Dan lihat juga jawaban yang baru-baru ini kami posting, lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75. Dari sekian tugas yang sudah adik-adik selesaikan dan kumpulkan pada guru kelas, semoga saja jawaban ini menjadi jawaban yang tepat dan adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Lanjutan Jawaban :

Meskipun adik-adik dimudahkan dalam menyelesaiakn tugas sekolah dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini. Kami tetap menyarankan, agar adik-adik terlebih dahulu bisa mencari dan menjawab sendiri soal-soal latihannya. Jika adik-adik punya waktu luang, dan tugasnya belum harus dikumpulkan, maka apa salahnya mencari jawaban sendiri. Tapi jika memang adik-adik kesulitan dan belum menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan selesaikan tugas dengan memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 78, 81

Tugas-tugas yang adik-adik kerjakan ini, menjadi salah satu alat ukur guru dalam menilai dan melihat kemampuan murid-muridnya. Guru akan mengoreksi tugas-tugas yang adik-adik kumpulkan, lalu memberikan sesuai dengan jumlah benar dan salah pada tugas tersebut. Dan guru akan mengambil keputusan, jika rata-rata siswa mendapatkan nilai yang cukup, maka materi belajar akan dilanjutkan, namun jika rata-rata siswa belum bisa mendapatkan nilai yang bagus, maka bisa saja guru mengulang materi belajar tersebut.

Selain itu, bisa mendapatkan nilai yang bagus akan menjadi hal baik untuk adik-adik sekalian, bisa saja adik-adik mendapat predikat juara kelas pada semester ini. Maka dari itu, selalu kerjakan tugas-tugas harian dengan maksimal. Periksa kembali setiap jawaban sebelum ditulis pada buku tugas, untuk memastikan jawaban sudah sesuai dengan soalnya.

Dan persiapkan juga diri adik-adik dengan memperbanyak belajar di rumah, karena tak lama lagi adik-adik sekalian sudah akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester. Dimana nilai yang adik-adik dapatkan dari kegiatan UAS tersebut akan sangat penting sekali untuk adik-adik dalam menentukan nilai akhir raport semester.

Kunci Jawaban Halaman 78 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.

1. Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan.

  • Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan berdasarkan bacaan dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat! Jangan lupa untuk menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat.
  • Tuliskanlah dengan rapi pertanyaanmu, dan berikan tempat untuk menjawabnya!
  • Tukarkan daftar pertanyaanmu dengan teman lain yang ada di dalam kelas.
  • Jawablah pertanyaan temanmu dengan menggunakan kalimat lengkap dan ejaan yang benar!

Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Halaman 78, 81 Tema 5 Kelas 5

2. Ceritakanlah pengalamanmu berkunjung ke tempat wisata favorit keluargamu. Jelaskan ketampakan alam dan buatan yang kamu lihat di sana. Tuliskanlah penjelasanmu dalam satu paragraf, dan tuliskanlah di tempat yang tersedia!

Saya pernah berkunjung ke Candi Borobudur pada petengahan bulan Juli tahun 2020. Di kawasan Candi borobudur tampak  sebuah ketampakan buatan yang sangat megah dan indah. Candi ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi serta sarat akan nilai filosofis. Kamipun mulai berjalan mengitari candi lalu mulai naik menuju tingkat paling atas. Dari puncak Borobudur saya dapat menyaksikan ketampakan alam yang berada di sekeliling candi. Bukit-bukit dan pegunungan berbaris seolah-olah mengelilingi candi tersebut, sungguh indah pemandangan di sekitar Candi Borobudur.

Kunci Jawaban Halaman 81 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Diskusikan:

a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.

Kekayaan sumber daya alam yang ada di Indonesia tentu tidak tersebar secara merata. Hal ini dapat menyebabkan kelangkaan sumber daya alam tertentu di suatu wilayah. Persebaran sumber daya alam yang tidak merata akan menimbulkan saling ketergantungan antar wilayah untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Agar tidak terjadi perselisihan dalam pemanfaatan sumber daya alam maka dibutuhkan persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan dan kesatuan sumber daya alam yang ada dapat dimanfaatkan bersama.

b. Hal-hal yang dapat terjadi jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.

Jika saja pengelolaan sumber daya alam tidak mengedepankan persatuan dan kesatuan maka akan menimbulkan beberapa masalah, diantaranya adalah terjadi ketimpangan pertumbuhan ekonomi antara daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan daerah yang memiliki sedikit sumber daya alam

c. Berikan contoh menggunakan dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.

Misalnya saja antara Provinsi Aceh dengan Provinsi Lampung. Provinsi Aceh memiliki sumber daya alam Minyak bumi dan Gas Alam yang begitu melimpah sementara Lampung memiliki sumber daya alam yang sedikit. Denggan adanya persatuan dan kesatuan ternyata kekayaan alam Aceh yang melimpah juga dapat dinikmati oleh masyarakat Lampung.

2. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian dengan penuh percaya diri.

Adik-adik mempresentasikan hasil tugas yang sudah dibuat. Sampaikan dengan penuh rasa percaya diri!

Ayo Berlatih

1. Sebutkan sikap-sikap yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Beberapa sikap yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa antara lain bersikap toleransi terhadap sesama, menjaga kerukunan, tidak membuat ujaran kebencian, dan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

2. Bagaimanakah pengaruh letak geografis Indonesia dengan kehidupan masyarakatnya yang agraris?

Pengaruh letak geografis Indonesia dengan kehidupan masyarakatnya antara lain letak geografis Indonesia membuat Indonesia mengalami 2 musim yaitu musim kemarau dan hujan serta mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini sangat membantu para petani untuk menggarap sawahnya.

Ayo Renungkan

Pelajaran penting apa sajakah yang kamu dapatkan pada hari ini? Ceritakanlah pengalamanmu itu kepada teman sebangkumu. Pertanyaan apa sajakah yang belum terjawab dari kegiatan belajar hari ini? Sikap apakah yang kamu kembangkan pada hari ini?

Pada hari ini saya telah belajar tentang  membuat laporan pengamatan ketampakan alam di daerah sekitar, sebuah teks nonfiksi tentang aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat setempat, dan mendiskusikan keterkaitan antara hidup rukun dengan persatuan dan kesatuan secara tepat. Sikap yang saya pelajari adalah Cermat, Teliti, dan Mandiri.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, buatlah sebuah daftar berisi persamaan dan perbedaan yang dimiliki oleh setiap anggota keluarga. Diskusikan manfaat dari adanya persamaan dan perbedaan yang kalian miliki. Diskusikan pula cara mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada di dalam sebuah keluarga.

Untuk tugas pada kegiatan kerja sama dengan orang tua ini, adik-adik bisa menyesuaikan tugas tersebut dengan melihat dan mengamati persamaan dan perbedaan anggota keluar. Tuliskan hasil pengamatan tersebut.

Demikian postingan yang dapat kami ulas untuk adik-adik sekalian, perihal Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 78, 81 ini. Dalam mengerjakan tugas adik-adik dituntut untuk bisa sungguh-sungguh. Hal tersebut dimaksudkan agar nilai yang adik-adik perolehpun akan maksimal. Selalu periksa kembali jawaban yang adik-adik ingin tulis atau salin pada buku siswa, untuk memastikan memang jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada. Dan jika adik-adik masih menemukan jawaban yang kurang pas, atau tidak sesuai dengan soalnya, maka kami sarankan jangan adik-adik tulis sesuai jawaban, perbaiki jawaban tersebut dan cari jawaban yang menurut adik-adik benar. Atau sampaikan pada kami, agar kami bisa melihat dan memperbaikinya.

Dan adik-adik tentunya tahu jika sekarang ini, adik-adik telah memasuki pengujung semester ganjil atau semester satu. Kami tak lupa mengingatkan, agar adik-adik mulai serius dalam belajarnya. Bagi yang masih sering main, maka kurangi kegiatan bermainnya, persiapkan diri dari sekarang denganmemperbanyak belajar. Karena kegiatan ulangan akhir semester sudah semakian dekar. Jika adik-adik menginginkan nilai pada raport bagus, maka belajarlah yang rajin. Manfaatkan pula alternatif jawaban seperti ini sebagai bahan belajar di rumah, untuk mendalami pemahaman adik-adik terkait materi yang telah dipelajari atau akan dipelajari.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 78, 81 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 4"