√ Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5

Kunci jawaban tema 5 Pahlawanku kelas 4 halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan untuk adik-adik berikut ini, kami buat dengan sebaik-baik mungkin setelah membaca dan mempelajari sisi materi pelajaran pada buku siswa. Kami yakin dengan jawaban ini, setidaknya jawaban ini bisa menjadi jawaban yang bagus untuk adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan tentunya bukan hanya dimanfaatkan untuk menyelesaiakn tugas sekolah saja, kamipun berharap dari jawaban ini, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 Tema 5 Kelas 4

Alternatif jawaban begini cukup banyak yang menyediakannya di internet, dan memang sangat membantu para siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Selain hal tersebut, jawaban seperti ini juga dapat bermanfaat bagi siswa sebagai bahan belajar di rumah memperdalam pemahaman terkait materi pelajaran. Maka dari itu kami semaksimal mungkin menyediakan jawaban yang terbaik untuk adik-adik sekalian agar bisa dimanfaatkan untuk jawaban dan bahan belajar juga.

Pada postingan kami yang lalu, kami sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4. Adik-adik mungkin sudah pernah memanfaatkannya untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Lihat juga jawaban yang telah kami sediakan pada postingan kami kemaren, yaitu Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81. Dari jawaban yang kami buat dan sediakan ini, lalu adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk menjawab soal-soal latihan, kami harap nilai yang nantinya adik-adik peroleh juga akan maksimal.

Lanjutan Jawaban :

Kami sadar jika alternatif jawaban seperti ini cukup membantu adik-adik, namun kami juga berharap adik-adik terlebih dahulu berusaha untuk mencari jawaban dari soal-soal latihan tersebut. Namun jika memang adik-adik belum menemukan jawaban yang tepat pada buku siswa, maka manfaatkan dengan baik alternatif jawaban yang kami sediakan ini untuk menyelesaikan semua tugas-tugas sekolah yang harus segera dikumpulkan.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88

Buku siswa tema 5 kelas 4 ini menjadi buku materi pelajaran terkahir yang adik-adik pelajari pada semester ganjil. Dan saat ini sudah memasuki pertengahan kegiatan belajar, artinya tak lama lagi adik-adik akan menyelesaikan semua kegiatan belajar. Lalu melanjutkan ke kegiatan berikutnya yaitu ulangan akhir semester. Dan pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik tak hanya mengerjakan soal-soal latihan saja, namun ada juga tugas lainnya, seperti tugas kesenian, membuat kerajinan tangan, membuat laporan, melakukan pengamatan dan lainnya.

Baca : Kunci Jawaban Halaman 103, 104, 105 Tema 5 Kelas 5

Dari banyaknya tugas yang harus dikerjakan adik-adik, kami telah sediakan semua laternatifnya, termasuk contoh-contoh atau acuan dalam mengerjakan jenis tugas lainnya. Untuk itu, silahkan pergunakan dengan bijak semua jawaban yang telah kami sediakan ini. Karena nilai-nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari tugas-tugas seperti ini akan dimasukan guru kedalam raport semester.

Sangat penting bisa mendapatkan nilai yang bagus atau tinggi, karena jika adik-adik bisa mendapatkan nilai yang tinggi, bisa saja adik-adik akan mendapatkan prestasi yang bagus di kelas, seperti juara kelas dan lainnya. Serta orang tuapun pasti senang karena adik-adik bisa berhasil mendapatkan nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Halaman 83 Tema 5 Kelas 4

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 82!

Tulis pertanyaan berdasarkan teks di samping!

Pertanyaan :

  1. Mengapa Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai Bapak Pendidikan?
  2. Apa jasa Ki Hajar Dewantara bagi bangsa Indonesia?
  3. Sikap apa yang bisa kita contoh dari Ki HajarDewantara?

Mintalah temanmu menjawab pertanyaan tersebut!

Adik-adik meminta teman untuk menjawab pertanyaan diatas, jawaban dapat dicari pada teks bacaan halaman 82.

Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 Tema 5 Kelas 4

Alternatif Jawaban :

1. Apa jasa Ki Hajar Dewantara bagi bangsa Indonesia?

Jasa Ki Hajar Dewantara bagi bangsa Indonesia Adalah Ajarannya yakni tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan), ing madya mangun karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa), ing ngarsa sungtulada (di depan member teladan) akan selalu menjadi dasar pendidikan di Indonesia. Untuk mengenang jasa-jasa Ki Hadjar Dewantara pihak penerus perguruan Taman Siswa mendirikan Museum Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta, untuk melestarikan nilai-nilai semangat perjuangan Ki Hadjar Dewantara.

2. Mengapa Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai Bapak Pendidikan?

Karena Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa. Taman Siswa sangat menekankan pendidikan rasa kebangsaan kepada peserta didik agar mereka mencintai bangsa dan tanah air dan berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.

3. Sikap apa yang bisa kita contoh dari Ki Hajar Dewantara?

Yang bisa kita contoh dari sikap Ki Hajar Dewantara adalah sikap kepahlawanan Ki Hajar Dewantara antara lain memiliki sikap kepahlawanan rela berkorban, cinta tanah air, selalu mengedepankan kepentingan bersama, jiwa persatuan dan kesatuan, semangat nasionalisme yang tinggi.

4. Dapatkah kamu bayangkan, apa yang akan terjadi dengan Indonesia jika tidak ada Ki Hajar Dewantara?

Jika tidak ada Ki Hajar Dewantara mungkin pendidikan di negara kita tidak seperti yanga ada saat ini. Sebagai bapak Pendidikan Nasional beliau telah meletakan dasar-dasar pendidikan saat itu yang menjadi dasar pendidikan pada saat ini Ki Hajar Dewantara mempersiapkan diri dan peserta didik untuk melindungi bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara adalah pahlawan pendidikan Indonesia. Berkat beliau, kita bisa bersekolah seperti sekarang.

Kunci Jawaban Halaman 84 Tema 5 Kelas 4

Ayo Bernyanyi

Setelah kamu berlatih menyanyikan notasi dan lirik lagu Maju Tak Gentar, sekarang saatnya kamu menampilkan lagu tersebut di depan kelas secara berkelompok.

Sebelum kamu tampil, perhatikan arahan dari guru tentang kriteria menyanyikan lagu dengan baik.

Ajukan pertanyaan kepada guru jika ada hal-hal yang belum kamu pahami.

Ketika kelompok lain tampil, kamu dapat membuat catatan tentang penampilan mereka dalam berbagai aspek, misalnya tinggi rendah nada, tempo, kekompakan, serta ekspresi.

Jawaban disesuaikan dengan penampilan kelompok. Catat hal-hal yang kurang dari penampilan kelompok lain.

Kunci Jawaban Halaman 85 Tema 5 Kelas 4

Ayo Berlatih

Amati gambar berikut.

Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 Tema 5 Kelas 4

Tulis penjelasan tentang kabel-kabel pada tiang listrik tersebut sehubungan dengan pelajaran garis dan sinar yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Dari gambar tersebut dapat dijelaskan beberapa hal terkait dengan pelajaran garis dan sinar, yaitu :

  • Terdapar garis sejajar
  • Garis berpotong tidak tegak lurus
  • Sudut lancip dan tumpul

Diskusikan penjelasanmu secara berpasangan dengan temanmu.

Kunci Jawaban Halaman 86 Tema 5 Kelas 4

Apa yang terjadi jika kabel-kabel tersebut saling berpotongan?

Tidak ada arusnya, karna jika kabel itu sendiri berpotongan artinya 1 sama yang lain tidak menyatu dan tidak terjadi arus aliran listrik.

Perhatikan pula gambar berikut. Apakah kamu menemukan garis sejajar dan garis berpotongan pada gambar tersebut?

Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 Tema 5 Kelas 4

Jelaskan jawabanmu!

Garis berpotong tegak lurus sudut yang dihasilkan sudut siku-siku

Apakah kamu menemukan sudut akibat pertemuan garis-garis tersebut? Sudut apa saja yang kamu temukan? Jelaskan jawabanmu!

Ya, sudut yang dihasilkan adalah sudut siku-siku.

Kunci Jawaban Halaman 87 Tema 5 Kelas 4

Gambarlah pertemuan garis yang membentuk sudut pada kertas berpetak berikut. Tukarkan gambar yang kamu buat dengan temanmu. Minta temanmu menjelaskan tentang garis dan sudut yang terbentuk akibat pertemuan garis tersebut!

Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 Tema 5 Kelas 4

Tulis kesimpulanmu pada kolom berikut!

Dari gambar yang telah dibuat, dapat disimpulkan bahwa akibat dari pertemuan garis yang dibuat, dihasilkan Siku-siku dan Sudut Lancip serta Sudut Tumpul.

Kunci Jawaban Halaman 88 Tema 5 Kelas 4

Ayo Renungkan

Materi pelajaran bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik? Jelaskan!

Materi pelajaran yang sudah saya pahami dengan baik adalah Garis dan Sudut.

Bagian mana yang belum kamu pahami?

Jawaban adik-adik sesuaikan sendiri, jika ada bagian materi yang belum dipahami maka silahkan dituliskan.

Apakah materi tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?

Ya, materi tersebut sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari saya, saya dapat menerapkan hal-hal yang baik dari materi pelajaran tersebut pada kehidupan sehari-hari saya.

Bagaimana perasaanmu selama belajar?

Perasaan saya sangat senang dan bersemangat sekali dalam belajar.

Apakah ada materi lain yang ingin kamu ketahui?

Iya, ada materi yang ingin saya ketahui lebih lanjut, yaitu tentang Tokoh nasional.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kepada orang tuamu tentang perjuangan KI Hajar Dewantara. Minta orang tuamu menuliskan komentar tentang ceritamu!

Adik-adik mencerikan kembali informasi yang sudah adik-adik dapatkan dari kegiatan belajar, sampaikan kepada orang tua.

Adik-adik sekalian, itulah yang dapat kami ulas terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 ini. Kami selalu ingatkan adik-adik, untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal, jawab setiap pertanyaan dengan jawaban terbaik, kalau memang adik-adik melihat ada jawaban yang kami sediakan ini kurang tepat, maka perbaiki saja, atau sampaikan kekami, kami akan segera melihat dan memperbaikinya.

Dan adik-adikpun tahu jika saat ini adik-adik sudah memasuki kegiatan akhir pembelajaran di buku siswa tema 5. Setelah adik-adik menyelesaikan kegiatan pembelajaran pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik akan melanjutkan ke kegiatan Ulangan Akhir Semester. Adik-adik tahu jika nilai yang kelak adik-adik peroleh dari kegiatan UAS juga akan sangat penting sekali, maka dari itu kami selalu ingatkan adik-adik, untuk mulai giat dalam belajarnya, persiapkan diri dari sekarang. 

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 87, 88 Tema 5 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5"