√ Kunci Jawaban Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera kelas 6 halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90 subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini bisa jadikan sebagai alternatif jawaban untuk mengisi dan menjawab soal-soal latihan pada buku tematik yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban-jawaban terbaik yang kami rasa juga jawaban ini sudah tepat dan benar, yang nantinya bisa adik-adik manfaatkan untuk menyelesaikan tugas sekolah. Dan semoga nilai yang nantinya adik-adik dapatkan dari tugas kali ini bisa maksimal.

Kunci Jawaban Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90 Tema 6 Kelas 6

Pada kenyataannya, memang alternatif jawaban seperti ini banyak dicari oleh para siswa maupun orang tua siswa yang juga terlibat dalam membantu anaknya mengerjakan tugas-tugas sekolah. Bukan tanpa alasan mengapa adik-adik lebih memilih alternatif jawaban seperti ini ketimbang mengerjakan sendiri dan mencari jawabannya pada buku pelajaran, karena memang banyak dari soal-soal latihan pada buku siswa harus dijawab dengan pendapat sendiri. Maka tak heran jika masih ada siswa yang kurang percaya diri dalam menjawab soal-soal latihan pada buku siswa. 

Sebelumnya, kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6, mungkin sebagian jawaban ada yang sudah adik-adik manfaatkan untuk mengerjakan tugas pada halaman sebelumnya. Jik iya, maka kami harap nilai yang adik-adik peroleh dari tugas tersebut juga akan maksimal. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80, 81, 82 yang bebrapa waktu lalu baru kami posting, dan kami rasa adik-adik juga masih memerlukan alternatif jawaban tersebut untuk menyelesikan tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Lanjutan Jawaban:

Disaat tugas-tugas sekolah menumpuk dan harus segera dikumpulkan kepada guru, maka tak heran jika laternatif jawaban seperti ini menjadi pilihan terkahir adik-adik. Namun kami tetap menyarankan supaya adik-adik mengusahakan untuk bisa menjawab dan mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran untuk soal-soal yang jawabannya ada pada buku siswa. Namun jika memang waktu dan jawabannyapun harus dijawab dengan pendapat sendiri, maka tak ada salahnya adik-adik menggunakan alternatif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90

Dan seperti yang sering kami sampaikan sebelumnya, bahwa buku siswa tema 6 kelas 6 ini menjadi buku materi pertama yang adik-adik pelajari pada semester genap. Dan saat ini adik-adik sudah memasuki kegaitan belajar pada sebtema 3, artinya tak lama lagi adik-adik akan menyelesaikan pembelajaran pada buku siswa tema 6 ini dan akan dilanjutkan dengan buku siswa tema 7.

Tugas-tugas yang ada pada subtema 3 inipun sama halnya seperti tugas-tugas sebelumnya. Adik-adik akan mengerjakan tugas-tugas sekolah seperti soal-soal latihan, membuat kesenian, membuat poster, berdiskusi, melakukan percobaan, membuat laporan hasil percobaan dan lainnya. Dari semua tugas yang ada, kami sebisa mungkin menyediakan semua alternatif jawabannya, yang bisa adik-adik manfaatkan nantinya untuk menjawab dan menyelesaikan tugas sekolah.

Karena dari tugas-tugas seperti inilah adik-adik bisa mendapatkan nilai untuk tugas harian. Dan guru pastinya akan mencatat nilai yang adik-adik dapatkan pada buku nilai, untuk kemudian pada akhir semester, semua nilai akan dihitung dan dimasukan pada raport semester. Maka jika adik-adik ingin mendapatkan nilai yang bagus, tentu adik-adik juga harus mengerjakan tugas-tugas dengan sungguh-sungguh.

Kunci Jawaban Halaman 84 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berdiskusi

Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Coba, diskusikan bersama satu orang temanmu. Tuliskan yang kalian ketahui mengenai tanggung jawab pada kolom berikut.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan melaksanakan kewajiban. Tanggung jawab adalah keadaan seseorang menanggung perbuatan yang dilakukan.

Kata tanggung jawab sering kita dengar. Setelah berdiskusi mengenai tanggung jawab, apakah kamu sudah dapat menjelaskan arti tanggung jawab dan menyebutkan perilaku bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari? Coba, perhatikan bacaan di bawah. Sebelum membaca, lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 86 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

Setelah membaca bacaan di atas, coba sebutkan gagasan utama setiap paragraf dan letaknya! Kemudian, tuliskan pada kolom berikut!

Kunci Jawaban Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90 Tema 6 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 87-88 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui tentang tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Bergabunglah dengan temanmu membentuk kelompok, kemudian carilah beberapa contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari!

Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  2. Menjalankan tugas dan kewajiban yang dibebankan negara kepadanya dengan penuh tanggungjawab.
  3. Menjadi teladan bagi rakyat dalam bertindak sebagai negarawan yang arif dan bijaksana.
  4. Mematuhi berbagai aturan, hukum, dan norma yang berlaku di negaranya.
  5. Selalu menjaga dan memelihara nama baik bangsa dan negara.
  6. Selalu menjaga persatuan dan kesatuan, menjauhkan dari sikap dan perilaku yang diskriminatif atau membeda-bedakan.
  7. Meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan
  8. Melaksanakan kewajiban membayar pajak dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan upacara bendera.
  9. Melestarikan warisan budaya bangsa dengan lebih mencintai budaya leluhur dan mempertahankannya agar tidak tersingkir oleh budaya asing
  10. Belajar giat untuk meraih cita-cita mewujudkan warga bangsa yang cerdas.
  11. Cerdas dan cermat dalam bertindak dan mengambil keputusan

Tuliskan kesimpulan tentang pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan terbentuknya negara Indonesia yang kuat dan tangguh.

Kesimpulan:

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dapat mewujudkan negara Indonesia yang kuat dan tangguh.

Saat Udin dan teman-temannya mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di halaman sekolah, ada pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Kunci Jawaban Halaman 89 Tema 6 Kelas 6

Ayo Menulis

Kamu telah mengetahui tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Sekarang lakukan identifikasi tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Tuliskan hasilnya menggunakan bahasa dan kalimatmu sendiri.

Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera.

  1. Saling toleransi antarwarga negara atas perbedaan masing-masing.
  2. Saling menghormati antarindividu walaupun bertentangan.
  3. Meratakan pembangunan ke seluruh pelosok negeri.
  4. Membayar pajak tepat waktu yang nantinya juga berguna bagi kesejahteraan bersama.
  5. Memperbaiki fasilitas umum agar penggunannya menjadi aman dan nyaman.
  6. Memperbanyak lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran

Kunci Jawaban Halaman 90 Tema 6 Kelas 6

Ayo Mencoba

Cobalah melakukan wawancara dengan pejabat pemerintah atau tokoh masyarakat yang ada di sekitarmu tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera. Selanjutnya buatlah laporan hasil wawancara dan serahkan pada gurumu untuk dinilai.

Laporan Hasil Wawancara: (contoh : Kepala Desa)

Pernyataan Proklamasi mencerminkan tekad kemandirian bangsa Indonesia untuk terlepas dari penjajahan bangsa asing. Kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia adalah hasil perjuangan seluruh rakyat yang telah berlangsung sangat lama. Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa dalam membangun masyarakat sejahtera lain sebagai berikut.

  1. Desa harus mampu mengurus dirinya sendiri dengan kekuatan yang dimilikinya;
  2. Pemerintah desa memiliki kewenangan dalam mengatur dan mengelola pembangunan yang ada di wilayahnta
  3. Sistem pemerintahan desa menjunjung tinggi aspirasi dan partisipasi warga desa
  4. Sumber daya pembangunan desa dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan sosial seluruh warganya.

Ayo Renungkan

Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia harus didukung oleh semua pihak. Apa yang akan terjadi jika masyarakat hanya diam berpangku tangan, tidak ikut berupaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera, namun hanya menuntut pemerintah untuk bisa menyejahterakannya. Tuliskan hasil evaluasi atau penilaiannya pada kolom berikut.

Hasil Renungan: (Contoh)

Jika masyarakat tidak ikut berupaya mewujudkan masyarakat sejahtera maka negara tidak akan maju . Hal ini disebabkan keikutsertaan warga masyarakat akan mempercepat proses peyejahteraan masyarakat.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, diskusikanlah peran keluarga dalam mewujudkan masyarakat sejahtera. Upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan oleh keluarga untuk ikut serta dalam mewujudkan masyarakat sejahtera.

Upaya yang dapat dilakukan oleh keluarga dalam mewujudkan masyarakat sejahtera yaitu :

  • Saling menghargai antar sesama;
  • Saling tolong menolong dalam kebaikan dan kemajuan;
  • Bekerja sama;
  • Aktif dalam bersosial dalam masyarakat;
  • Melaksanakan normal aturan serta nilai dalam masyarakat.

Demikian ulasan kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyediakan jawaban-jawaban terbaik, dimana dengan jawaban ini nantinya adik-adik bisa mendapatkan nilai tugas yang bagus dari teman-teman lainnya.

Kami juga tak hentinya mengingatkan adik-adik, agar selalu teliti dalam mengerjakan tugas yang ada. Jangan lupa untuk memeriksa dan memastikan jawaban tersebut memang sudah sesuai dengan soalnya. Dan jikapun nantinya adik-adik masih menemukan jawaban yang kurang tepat dari jawaban yang kami sediakan ini, silahkan adik-adik perbaiki saja.

Saat ini adik-adik sudah memasuki kegiatan belajar pada subtema 3 pada buku siswa tema 6. Artikel tak lama lagi adik-adik akan menyelesaikan semua materi pada buku siswa tema 6 ini. Selain mengerjakan tugas-tugas seperti ini, kami juga selalu mengingatkan adik-adik untuk giat dalam belajarnya.

Manfaatkan pula alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar. Dan persiapkan diri untuk kegiatan lainnya, seperti ulangan harian atau penilaian harian yang bisa saja sewaktu-waktu akan diadakan oleh guru kelas.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1"