√ Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 89, 90 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 89, 90 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5

Kunci jawaban tema 5 Ekosistem kelas 5 halaman 85, 86, 87, 89, 90 subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan berikut ini dapat adik-adik gunakan sebagai alternatif jawaban jika adik-adik masih belum bisa atau belum menemukan jawaban untuk soal-soal pada tugas yang sedang dikerjakan. 

Kami berusaha semampu kami untuk menyediakan jawaban yang tepat dan benar, yang kemudian jawaban tersebut dapat adik-adik manfaatkan untuk mengisi dan menyelesaikan semua tugas sekolah. Bukan hanya menyelesaikan tugas saja, namun kami juga berharap, setelah guru selesai mengoreksi tugas tersebut, nilai yang adik-adik peroleh bisa tinggi dan maksimal.

Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 89, 90 Tema 5 Kelas 5

Kami memahami jika saat ini siswa cukup membutuhkan alternatif jawaban seperti ini. Hal ini dapat kami lihat dari banyaknya pencarian terkait dengan kunci jawaban untuk soal-soal pada buku pelajaran. Hal ini dipicu karena banyaknya tugas-tugas sekolah yang harus siswa kerjakan dan kumpulkan segera kepada guru kelas. Jadi tak heran jika siswa lebih memilik alternatif jawaban untuk membantunya dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan kami berharap jawaban ini bisa menjadi solusi buat adik-adik semua.

Sebelumnya, kami sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 yang bisa adik-adik buka kembali postingan tersebut dan cari jawaban yang masih adik-adik perlukan dalam menjawab soal-soal latihan pada buku siswa. Dan lihat juga alternatif jawaban yang telah kami posting kemaren, lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 78, 81. Kami tentunya sangat senang jika jawaban yang kami sediakan ini bisa berguna dan membantu adik-adik menyelesaikan tugas sekolah. Selain itu, semoga nilai yang adik-adik peroleh juga akan bagus.

Lanjutan Jawaban :

Kenyataannya memang alternatif jawaban ini sangat membantu adik-adik. Meskipun begitu, kami selalu menyarankan, agar adik-adik juga bisa dan terbiasa mencari sendiri jawabannya pada buku siswa. Hal ini suaya adik-adik jangan bergantung pada alternatif jawaban seperti ini. Selanjutnya, jika adik-adik sudah berusaha dalam mencari jawabannya, dan belum juga menemukan yang tepat,  maka manfaatkan sebaik mungkin jawaban yang kami baut ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 89, 90

Dengan adanya alternatif jawaban ini kami yakin adik-adik akan lebih semangat dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Tugas-tugas yang ada pada buku siswa tema 5 ini tak hanya soal-soal latihan saja, adik-adikpun tahu jika ada tugas lainnya yang harus adik-adik kerjakan juga, seperti tugas pengamatan, membuat laporan hasil percobaan, tugas bernyanyi dan lainnya.

Tugas-tugas seperti ini tentunya sangat penting bagi adik-adik sekalian, karena dari tugas sepeti inilah nantinya adik-adik akan mendapatkan nilai tugas. Dan nilai-nilai tugas inilah yang menjadi nilai tambah buat adik-adik dalam menentukan nilai akhir pada raport semester. Dan kami disini berupaya menyediakan jawaban terbaik untuk adik-adik manfaatkan sebagai jawaban dalam menyudahi semua tugas sekolah yang harus dikumpulkan kepada guru kelas.

Dan tak lama lagi adik-adik akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester. Setelah menyelesaikan pembelajaran pada buku siswa tema 5 ini, adik-adik mulai melaksanakan kegaitan UAS pada awal bulan desember. Artinya tak lama lagi kegaitan tersebut akan dimulai. Maka dari itu, jika adik-adik memimpikan nilai yang bagus, harusnya mulai dari sekarang adika-dik sudah mempersiapkan diri dengan banyak belajar di rumah.

Kunci Jawaban Halaman 85-86 Tema 5 Kelas 5

Ayo Berkreasi

Sekarang, buatlah sebuah pamflet tentang simbiosis. Pastikan penjelasan mengenai simbiosis dalam pamflet harus dapat dimengerti oleh pembacanya. Perhatikan petunjuk pengerjaan pamflet berikut.

Kumpulkan semua informasi yang kamu perlukan untuk pamfletmu:

  • Definisi dari tiap-tiap jenis simbiosis.
  • Cari contoh dari tiap-tiap jenis simbiosis dan penjelasannya
  • Gambar dari contoh tiap-tiap jenis simbiosis
  • Perhatikan salah satu pamflet berikut.

Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 89, 90 Tema 5 Kelas 5

  • Pamflet adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak yang dicantumkan pada selembar kertas di satu permukaan atau pada kedua permukaan.
  • Jika dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, akan terlihat lebih kecil (dapat juga disebut selebaran).

Alternatif Jawaban :

Berikut ini salah satu pamflet mengenai hubungan makhluk hidup dalam ekosistem.

Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 89, 90 Tema 5 Kelas 5

Di dalam pamflet sendiri penggunaan gambar tidak wajib disertakan, gambar hanya dijadikan tambahan untuk lebih menarik minat orang-orang dengan pamflet yang diberikan. Pamflet pendidikan berisi tentang informasi-informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti contohnya acara seminar, lomba-lomba akademik dan lainnya. Pamflet merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang suatu informasi yang terdiri dari tulisan termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.

Kunci Jawaban Halaman 87 Tema 5 Kelas 5

Sepenggal tulisan di atas merupakan bagian dari teks nonfiksi tentang simbiosis mutualisme yang dapat kita temukan dalam sebuah ekosistem. Buatlah sebuah teks nonfiksi mengenai salah satu simbiosis yang telah kalian pelajari sebelumnya. Sebagaimana yang telah kita pelajari sebelumnya, simbiosis terdiri atas simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Pilihlah salah satu bentuk simbiosis dan makhluk hidup yang melakukan. Tuliskan teks tersebut di selembar kertas A4 dengan rapi. Perhatikan penggunaan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Alternatif Jawaban :

Simbiosis Komensalisme Tanaman Anggrek pada Pohon Mangga

Dalam suatu ekosistem terdapat beraneka macam komponen biotik dan abiotik yang saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Adanya interaksi antara komponen biotik dan abiotik di dalam suatu lingkungan tentu akan menimbulkan suatu simbiosis. Dimana di area lingkup biologi sendiri terdapat macam macam simbiosis, mulai dari yang saling untung sampai untung satu pihak saja.

Simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik, di mana satu pihak mendapatkan untung sedangkan pihak lain tidak dirugikan maupun diuntungkan. Ada beberapa contoh simbiosis komensalisme yang ada di sekitar kita.

Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 89, 90 Tema 5 Kelas 5

Salah satu contoh simbiosis komensalisme adalah interaksi antara tanaman anggrek dengan pohon mangga. Dalam hubungan ini, tanaman anggrek menumpang di pohon manga. Tanaman anggrek akan melekat atau merambat pada pohon mangga dengan tujuan untuk mendapatkan air, sinar matahari dan senyawa lainnya. Semuanya dibutuhkan untuk melaksanakan fotosintesis.

Tanaman Anggrek hidup menumpang pada pohon mangga tanpa mengganggu proses tumbuh pohon tersebut. Tanaman anggrek mendapatkan tempat untuk tumbuh sehingga diuntungkan. Sedangkan pohon rambutan tidak mendapat untung atau mengalami rugi.

Kunci Jawaban Halaman 89-90 Tema 5 Kelas 5

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut.

1. Menjawab pertanyaan

a. Sebutkan properti tari yang dipergunakan dalam Tari Turuk Langgai!

Properti tari yang dipergunakan dalam Tari Turuk Langgai adalah dedaunan dan bulu-bulu unggas.

b. Apakah tujuan dari tarian Turuk Langgai?

Tujuan dari Tari Turuk Langgai adalah memberi hiburan kepada orang sakit yang telah berobat agar segera sembuh.

c. Sebutkan gerakan-gerakan yang terdapat dalam tarian Turuk Langgai!

 Beberapa gerakan dalam Tari Turuk Langgai antara lain :

  • Membungkukkan badan sambil berjingkat-jingkat.
  • Menengadahkan kepala ke atas sambil mengepakkan daun telinga.
  • Menghentakkan kaki ke lantai.
  • Berputar-putar berkeliling yang terkadang saling mengejar atau berjajar berhadapan.

2. Cobalah untuk memperagakan gerakan tari Turuk Langgai seperti dijelaskan dalam bacaan di atas. Kalian juga dapat mencoba beberapa gerakan hewan lain seperti monyet atau ular.

Adik-adik memperagakan gerakan tasri Turuk Langgai sesuai perintah.

3. Gunakan properti tari yang berasal dari alam sebagaimana yang terdapat dalam Tari Turuk Langgai, seperti dedaunan atau bulu-bulu unggas.

Lakukan sesuai dengan intruksi yang ada, gunakan properti tersebut.

4. Lakukan tarian tersebut secara berkelompok. Bagilah kelompok menjadi dua, penari dan pemain musik ritmis. Gunakan alat musik ritmis sederhana yang dapat ditemukan di kelas. Pastikan semua gerakan memiliki ketukan yang sama. Berlatihlah untuk pementasan pada hari berikutnya.

Aik-adik mulai melakukan gerakan sesuai dengan kelompok masing-masing. Lakukan dengan percaya diri.

Ayo Berlatih

1. Apakah persamaan dan perbedaan antara ketiga jenis simbiosis yang kamu ketahui?

Persamaan dan perbedaan antara ketiga jenis simbiosis adalah sebagai berikut

Persamaan :

  • Terdapat interaksi antar makhluk hidup pada ketiga jenis simbiosis.
  • Ketiga jenis simbiosis melibatkan lebih dari 1 makhluk hidup.

Perbedaan :

  • Simbiosis mutualisme memberikan keuntungan bagi semua pihak.
  • Simbiosis parasitisme memberikan keuntungan pada satu pihak dan memberikan kerugian bagi pihak lain.
  • Simbiosis komensalisme memberikan keuntungan bagi satu pihak, namun tidak memberikan kerugian bagi pihak lain.

2. Sebutkanlah beberapa contoh simbiosis yang terjadi di ekosistem darat dan air.

Beberapa contoh simbiosis di ekosistem darat dan laut diantaranya adalah Ekosistem darat yaitu hubungan antara kerbau dengan burung jalak, lebah dengan bunga, dan nyamuk dengan manusia.

Sedangkan pada ekosistem air yaitu hubungan antara ikan badut dengan anemon laut dan ikan hiu dengan ikan remora.

3. Temukan sebuah tarian daerahmu yang menggunakan alam sebagai sumber inspirasi! Ceritakanlah makna dan gerakan tari tersebut.

1) Tarian berjudul “Tangkap Cakalang”

Tarian tersebut berasal dari daerah Bitung. Tarian tersebut menceritakan tentang sejarah awal Kota Bitung yang berasal dari pohon Witung, kehidupan sehari-hari kota pelabuhan tersebut, dan ikan cakalang yang jadi makanan khas Bitung. Daerah Bitung (Sulawesi Utara) terletak di bibir Pasifik menyebabkan kota ini menjadi simpul pertemuan beragam budaya dan gerbang pertemuan berbagai bangsa dari Timur Indonesia seperti Filipina hingga Asia Timur. Karena letaknya yagn strategis memunculkan keragaman budaya Kota Bitung sebagai kota multietnis serta multikultur, berwarna-warni.

2) Tari Gantar

Tari Gantar merupkan tarian tradisional dari Kalimantan. Gerakan dari tari Gantar seperti orang yagn menanam padi. Karena tarian ini terinspirasi saat petani zaman dahulu sedang menanam padi. Penari menggunakan tongkat yang mempunyai arti sebgai kayu penumbuk yang juga membawa bamboo dan biji-bijian yang memberikan gambaran seperti benih padi dan wadah padi.

3) Tari Kancet Lasan

Tarian Kacet Lasan menceritakan tentang kehidupan burung Enggang. Burung Enggang merupakan burung yang sangat dihormati dan diagung-agungkan oleh masyarakat suku Dayak khususnya Dayak Kenyah. Burung Enggang dianggap sebgai lambing kepahlawanan dan juga lambing keagungan. Tarian ini hanya dilakukan oleh seorang wanita dari suku Dayak Kenyah. Gerakan dan posisinya mementingkan gerakan burung Enggang ketika akan terbang melayang dan hinggap serta bertengger pada dahan pohon.

4. Sebutkan manfaat menari bagi kesehatan.

Manfaat tarian bagi kesehatan antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kelenturan otot, dan dapat menurunkan berat badan.

Ayo Renungkan

Pelajaran penting apa sajakah yang kamu dapatkan pada hari ini? Ceritakanlah pengalamanmu itu kepada teman sebangkumu. Pertanyaan apa sajakah yang belum terjawab dari kegiatan belajar hari ini Sikap apakah yang kamu kembangkan pada hari ini?

Pada hari ini saya sudah belajar membuat pamflet yang berisi penjelasan simbiosis,  membuat sebuah teks nonfiksi tentang salah satu hubungan khas antarmakhluk hidup, dan mengenal tarian Turuk Langgai. Sikap yang saya kembangkan diantaranya adalah Cermat, Teliti, dan Mandiri.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Guntinglah gambar-gambar makhluk hidup di halaman berikut ini dan tempelkan secara berpasang-pasangan. Tentukan jenis simbiosis yang terjadi di antara kedua makhluk hidup tersebut.

Adik-adik dapat melakukan kegiatan bersama orang tua ini sesuai dengan perintah. Cari informasi terkait symbiosis makhluk hidupnya.

Demikianlah pembahasan yang bisa kami sampaikan kepada adik-adik sema terkait dengan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 89, 90 ini. Selalu usahakan untuk mengerjakan setiap tugas sekolah dengan maksimal. Dan kami sarankan kepada adik-adik, agar terlebih dahulu mengecek dan memastikan lagi jawaban diatas sudah sesuai dengan soalnya. Hal ini kami maksudkan, agar nantinya tidak ada kekeliruan pada jawaban dan soalnya. Karena kami juga disini tak lepas dari kesalahan. Semoga jawaban ini bisa bermanfaat untuk adik-adik, serta hasil yang nantinya diperoleh dari tugas ini bisa maksimal dan bagus.

Adik-adik sekalian, perbanyaklah dalam belajarnya, karena saat ini adik-adik sudah memasuki kegiatan belajar pada buku siswa tema 5. Dan tema 5 ini merupakan buku materi terkahir yang adik-adik pelajari pada semester ganjil atau semester satu. Setelah semua kegiatan belajar selesai dan adik-adik sudah memuntaskan materi pada buku tema 5 ini, selanjutnya adik-adik akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester atau UAS. Nilai yang kelak adik-adik peroleh dari kegiatan UAS akan sangat menentukan sekali, nilai pada raport semester, makanya jik adik-adik ingin mendapatkan hasil yang maksimal, giatlah belajar dari sekarang.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 89, 90 Tema 5 Kelas 5 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 5"