√ Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103 Tema 4 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103 Tema 4 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 4 Berbagai Pekerjaan kelas 4 halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103 subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini bisa adik-adik jadikan sebagai alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang harus segera dikumpulkan kepada guru masing-masing. Alternatif jawaban ini dibuat dengan terlebih dahulu membaca, mempelajari dan memahami materi yang ada pada buku pelajaran, baru kemudian dijawab soal-soalnya dengan jawaban yang tepat.

Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103 Tema 4 Kelas 4

Untuk itu, adik-adik tidak usah ragu dalam menjadikan alternatif jawaban ini sebagai jawaban soal-soal latihan yang ada. Karena jawaban yang kami sediakan ini merupakan jawaban yang bagus. Namun tentunya kami hanya berusaha sebisa kami dan memahami materi pelajaran dan menjawab soal-soalnya, jika memang setelah adik-adik lihat jawaban ini, ternyata masih ada kekurangan, silahkan saja diperbaiki sesuai pemahaman adik-adik. Atau bisa sampaikan kepada kami melalui kolom komentar.

Dan sebenarnya, pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 yang dapat adik-adik lihat juga dan cari alternatif jawaban sesuai dengan halaman tugas yang saat ini tengah dikerjakan. Atau adik-adik dapat melihat alternatif jawaban untuk kegiatan belajar sebelumnya pada postingan kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 90, 91, 94. Harapan kami, dari tugas-tugas yang sudah adik-adik kerjakan dan kumpulkan kepada masing-masing guru, bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Lanjutan Jawaban :

Kami memahami kalau alternatif jawaban seperti ini tengah sering dicari oleh para siswa. Melihat hal inilah kami mencoba menyediakan alternatif jawaban yang lebi baik dari yang lain. Jika kita melihat kondisi persekolahan saat ini, memang hampir sebagian besar sekolah banyak meniadakan kegiatan belajar tatap muka, dan menggantikannya dengan kegiatan belajar online atau belajar di rumah.

Dengan kegiatan belajar mandiri di rumah, sedikit banyaknya para siswa atau murid akan kurang dalam belajar dan mempelajari materi pada buku pelajaran. Dan seorang gurupun pastinya akan lebih banyak memberikan tugas kepada siswa dibandingkan menerangkan materi. Siswa diruntut untuk aktif dan bisa belajar sendiri serta bisa memahami materi pada buku siswa. Maka tak heran jika tak sedikit siswa yang mengeluhkan hal ini.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103

Berbicara tentang tugas-tugas sekolah, memang sudah menjadi kewajiban para murid untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh gurunya. Namun kenyataannya tak sedikit pula orang tua yang turut serta membantu anak-anaknya dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah ini. Dan banyak juga para orang tua mencari alternatif jawaban seperti ini. Dari tugas-tugas seperti inilah seorang guru bisa menilai kemampuan siswanya dalam belajar dan memahami materi pelajaran.

Nilai-nilai yang didapatkan oleh siswa, akan menjadi nilai tambahan bagi siswa tersebut. Pada akhir semester, seorang guru akan menghitung keseluruhan nilai, termasuk nilai tugas seperti ini, baru kemudian memasukannya pada nilai akhir raport semester. Maka dari itu, kami selalu mengingatkan adik-adik, agar selalu maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

Dan sebenarnya, kami selalu menyarankan para siswa, untuk terlebih dahulu mengerjakan sendiri semua tugas sekolah. Baca dan cari materinya pada buku. Dan jika memang kemudian masih terdapat soal-soal yang sulit yang belum ditemukan jawabannya, maka manfaatkanlah alternatif jawaban yang kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Halaman 96 Tema 4 Kelas 4

(Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa tema 4 kelas 4)

Berdasarkan cerita tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut.

Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103 Tema 4 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 97 Tema 4 Kelas 4

Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut?

Cerita tersebut sangat menarik karena menceritakan tentang persahabatan dua jenis binatang.

Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?

Cerita tersebut mengajarkan kepada kita untuk saling tolong menolong sesama teman.

Kunci Jawaban Halaman 98 Tema 4 Kelas 4

(Teks dapat dibaca pada buku siswa)

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Produk apa yang dihasilkan oleh ayah Beni?

Produk yang dihasilkan oleh ayah Beni adalah meja dan kursi.

2. Apakah pekerjaan ayah Beni termasuk menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan alasanmu?

Pekerjaan ayah Beni termasuk mengasilkan barang karena mengolah kayu menjadi meja dan kursi.

3. Apa saja yang harus dikerjakan oleh pengrajin kayu?

Hal pertama yang harus dilakukan pengrajin kayu adalah membeli kayu dan memotongnya. Kemudian kayu yang sudah dipotong dibentuk menjadi kursi atau meja, selanjutnya menghaluskan dan mengecat kursi atau meja tersebut. Hal terakhir yaitu menjualnya ke toko mebel.

Kunci Jawaban Halaman 99 Tema 4 Kelas 4

Diskusikan hasilnya dengan temanmu!

Adakah pengrajin di sekitarmu?

Tulislah tentang pengrajin tersebut dengan memuat produk yang dihasilkan, sumber daya alam yang dipakai, jenis pekerjaan yang dilibatkan, dan manfaat terhadap masyarakat sekitar.

Di sekitar rumahku ada beberapa pengrajin kayu atau kami biasa menyebutnya tukang kayu. Mereka menghasilkan barang berupa meja, kursi, dan lemari. Tukang kayu menggunakan sumber daya alam kayu sebagai bahan bakunya. Tukang kayu termasuk jenis pekerjaan produksi. Barang-barang yang mereka hasilkan biasanya dijual ke toko mebel. Penjual di toko mebel merupakan jenis pekerjaan distribusi. Masyarakat dapat membeli meja, kursi, dan lemari untuk digunakan sebagai perabotan rumah tangga.

Sumber daya alam yang digunakan oleh ayahku adalah kayu. Dari manakah kayu berasal? Apakah kayu tersebut dapat diperbarui?

Berikut adalah proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi.

Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103 Tema 4 Kelas 4

Bersama dengan kelompokmu diskusikan pertanyaan berikut!

1. Jelaskan proses yang terjadi sehingga meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!

Pohon di hutan di tebang dan kemudian diangkut sampai ke pengrajin kayu. Pengrajin kayu mengolah kayu tersebut hingga menjadi barang seperti kursi dan meja. Kursi dan meja kemudian dijual ke toko mebel. Masyarakat yang membutuhkan meja dan kursi dapat membelinya di toko mebel.

2. Profesi apa saja yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumahmu?

Penebang kayu, pengangkut barang, pengrajin kayu, penjual di toko mebel.

Kunci Jawaban Halaman 100 Tema 4 Kelas 4

3. Ternyata perjalanan meja dan kursi hingga bisa ada di rumahmu cukup panjang, ya. Bagaimana sebaiknya kamu merawat meja dan kursi di rumahmu?

Sebaiknya meja dan kursi di rumah dirawat dengan baik agar awet. Jangan memukul-mukul meja dan kursi agar tidak rusak.

Kunci Jawaban Halaman 101 Tema 4 Kelas 4

Menurutmu bagaimana perkembangan pohon yang ada di hutan Kalimantan dari tahun ke tahun? Diskusikan hasilnya dengan teman kamu.

Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103 Tema 4 Kelas 4

1. Bandingkan kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010.

Pada tahun 1950 kenampakan hutan di Kalimantan masih sangat hijau. Sedangkan pada tahun 2010 kenampakan hutan di Kalimantan banyak yang gundul.

2. Menurutmu, mengapa kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010 sangat berbeda?

Karena pada tahun 1950 hampir seluruh wilayah Kalimantan tertutupi oleh hutan. Sedangkan pada tahun 2010 hutan di Kalimantan sudah berkurang karena dijadikam pemukiman.

3. Bagaimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?

Jika pohon-pohon di hutan ditebang terus-menerus maka akan menyebabkan hutan gundul dan ekosistem di hutan akan terganggu.

4. Apa yang akan terjadi jika pohon di hutan semakin berkurang?

Jika pohon di hutan semakin berkurang maka akan banyak hewan di hutan yang kehilangan tempat tinggal dan terjadi kelangkaan kayu.

5. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?

Membatasi penebangan pohon di hutan, melakukan reboisasi, memberikan sanksi terhadap penebang hutan yang liar, tidak membuang sampah di hutan, bijak dalam pemakain kertas.

Kunci Jawaban Halaman 102 Tema 4 Kelas 4

6. Sikap apa yang sebaiknya dimiliki oleh pengrajin kayu agar kelestarian hutan tetap terjaga?

Sebaiknya pengrajin kayu dapat bersikap bijak dalam penggunaan kayu, melakukan tebang pilih dan menanam pohon kembali.

Ayo Mencoba

Menurut kamu, bagaimana kenampakan hutan di Kalimantan pada tahun 2030? Jelaskan pendapatmu!

Warnai peta di bawah ini dengan warna hijau untuk menunjukkan masih adanya pohon di hutan!

Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103 Tema 4 Kelas 4

Kunci Jawaban Halaman 103 Tema 4 Kelas 4

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan hutan?

Menerapkan sistem tebang pilih, melakukan reboisasi terutama pada lahan-lahan yang kritis, menindak tegas orang-orang yang terbukti merusak hutan, mengadakan penyuluhan pentingnya hutan bagi kehidupan.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya mempelajari tentang kawasan hutan di daerah pulau Kalimantan. Serta pemanfaatan kayu bagi pengerajin.

Apa yang bisa kamu pelajari dari pekerjaan orang tuamu?

Untuk jawaban ini bisa menyesuaikan dengan pekerjaan orang tua masing-masing, misalnya :

Yang dapat saya pelajari dari pekerjaan orang tua saya sebagai seorang Penjahit adalah ketekunan, kesabaran, ketelitian dan semangat dalam mencari nafkah untuk keluarga.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa yang dihasilkan dari pekerjaan orang tuamu? Sumber daya alam apa yang sering dipakai? Nilai baik apa yang bisa kamu pelajari dari pekerjaan orang tuamu? Diskusikan hal tersebut dengan orang tuamu.

Alternatif Jawaban :

  • Yang dihasilkan oleh pekerjaan orang tua saya ialah Pakaian
  • Sumber daya yang dipakai oleh orang tua saya dalam pekerjaannya ialah Kain, Listrik, Mesin Jahit.
  • Nilai baik yang saya pelajari dari pekerjaan orang tua saya ialah, ketekunan, kesabaran, ketelitian, pelayanan, semangat dan konsistensinya dalam pekerjaan.

Demikianlah postingan kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103. Adik-adik sekalian, selain mengerjakan tugas-tugas seperti ini, adik-adik juga harus mulai giat dalam belajarnya, karena kegiatan penilaian akhir semester tak lama lagi akan dilaksanakan, maka dari itu mulai dari sekarang manfaatkan alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah untuk mendalami materi yang ada pada buku.

Dan semoga saja, alternatif jawaban ini, yang adik-adik pergunakan untuk menjawab soal-soal latihan pada buku siswa, bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar saat tugas-tugas ini dikoreksi oleh guru. Dengan itu pastinya adik-adik bisa meraih nilai terbaik dan bagus. Dan jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, tentu akan baik untuk prestasi adik-adik di sekolah. Dan kami juga mengajak adik-adik untuk melihat kelanjutan alternatif jawaban ini untuk tugas berikutnya, terima kasih.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103 Tema 4 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1"