√ Kunci Jawaban Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 Tema 4 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 Tema 4 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1

Kunci jawaban tema 4 Globalisasi kelas 6 halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan pada kesempatan ini dapat adik-adik manfaatkan sebagai alternatif jawaban dalam menjawab dan menyelesaikan soal-soal latihan yang menjadi tugas sekolah. Dengan ini, semoga saja adik-adik dapat menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu dan tidak tertinggal dalam mengumpulkannya kepada guru kelas, serta bisa mendapatkan nilai yang bagus juga.

Kunci Jawaban Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 Tema 4 Kelas 6

Kami menyadari jika alternatif jawaban seperi ini memang membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Apalagi tugas-tugas yang segera dikumpulkan dan adik-adik tidak bisa banyak waktu dalam mencari jawabannya. Seperti yang selalu kami sampaikan pada setiap artikel kami, bahwa kami membuat jawaban ini sepemahaman kami terkait materi pelajaran yang ada. Namun kami juga menyarankan adik-adik untuk meneliti kembali jawaban yang kami sediakan ini, jika memang dirasa masih ada sebagian jawaban yang kurang tepat, maka silahkan adik-adik perbaiki.

Pada postingan kami kemarin, kami juga telah banyak ngeposting Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6. Adik-adik bisa melihatnya kembali dan mencari alternatif jawaban yang masih diperlukan dalam menyelesaikan tugas sekolah. Atau adik-adik juga tertarik untuk melihat alternatif jawaban untuk kegiatan belajar sebelumnya, silahkan lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 89, 91, 92, 94, 95, 96. Dengan adik-adik memanfaatkan jawaban yang kami buat ini, semoga saja menjadi hal baik pula dalam hal nilai yang nantinya akan adik-adik dapatkan setelah guru mengoreksi tugas ini.

Lanjutan Jawaban :

Kita tahu jika saat ini banyak sekolah yang meniadakan kegiatan belajar tatap muka seperti biasanya, dan menggantikannya dengan kegiatan online atau belajar mandiri di rumah. Anak-anak diharuskan bisa belajar sendiri di rumah, dan para orang tuapun harus ikut berperan dalam mengawasi dan membimbing anaknya. Serta guru hanya bisa memantau dan memberikan penugasan lewat online atau group belajar.

Hal ini tentunya sedikit banyaknya membuat siswa kurang aktif dan efektif dalam belajar, sehingga tak sedikit juga para guru mengeluhkan hal ini. Serta siswa akan lebih banyak diberikan tugas-tugas sekolah yang harus mereka kerjakan dan mengumpulkan segera tugas-tugas yang diberikan oleh guru mereka.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104

Namun meskipun begitu, sudah menjadi tanggung jawaban siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru. Dari tugas-tugas inilah kelak guru akan mengambil nilai-nilai siswanya. Dan nilai-nilai inilah yang nantinya menjadi salah satu nilai yang akan diperhitungkan dan dimasukan menjadi nilai akhir di raport semester. Untuk itu, kami sarankan kepada adik-adik agar mengerjakan dengan maksimal setiap tugas sekolah.

Dengan adanya alternatif jawaban seperti ini tentunya akan lebih memudahkan adik-adik, namun kami juga ingin mengingatkan, agar adik-adik terlebih dahulu mengerjakan sendiri tugas sekolahnya. Jangan dulu menggunakan alternatif jawaban ini, sebisa mungkin untuk berusaha sendiri, dan jikapun setelah diusahakan, ternyata masih ada soal-soal yang belum terjawab, maka alternatif jawaban seperti ini bisa adik-adik manfaatkan.

Selain itu, adik-adik juga harus sudah mulai mempersiapkan diri untuk kegaitan akhir semester, karena tak akan lama lagi, kegiatan belajar mengajar akan berakhir. Setelah itu kegiatan persekolahan akan dilanjutkan dengan kegiatan ulangan akhir semester. Untuk itu,  manfaatkan pula jawaban ini sebagai bahan belajar mandiri di rumah, untuk mendalami pemahaman materi pada buku siswa.

Kunci Jawaban Halaman 99 Tema 4 Kelas 6

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 98!

Tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada digram berikut.

Kunci Jawaban Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 Tema 4 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 100 Tema 4 Kelas 6

Ayo Berdiskusi

Cermati pertanyaan berikut berdasarkan teks tersebut

  1. Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara tersebut di era globalisasi ini?
  2. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?

Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman, dan tuliskan jawabannya dalam diagram berikut.

Kunci Jawaban Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 Tema 4 Kelas 6

Alternatif Jawaban :

Bentuk Kerja sama :

  1. Kerja sama regional merupakan suatu kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu wilayah yang memiliki tujuan sama. Kerja sama ini mencakup pada bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Contohnya adalah ASEAN.
  2. Kerja sama bilateral merupakan kerja sama yang dilakukan oleh dua negara kerja sama ini mencakup pada bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Kerja sama bilateral untuk menyelesaikan masalah dan perdamaian. Contohnya adalah usaha yang dilakukan untuk penghentian penyelundupan di daerah perbatasan Indonesia Timur dan Malaysia.
  3. Kerja sama multilateral merupakan kerjasama yang dilakukan dan memiliki anggota lebih dari dua negara. Contoh kerja sama ini adalah PBB.

Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara :

  1. Ikut sertanya indonesia di dalam ajang olahraga yaitu sea games. Indonesia pernah menjadi tuan rumah dalam sea games ajang olahraga  se asia tenggara.
  2. Memberikan berbagai bantuan kemanusiaan , indonesia mengirimkan bantuan ke negara negara yang sedang terkena bencana atau konflik. 
  3. Program pertukaran pelajar, program ini bertujuan  untuk meningkatkan kualitas pendidikan antar negara.
  4. Indonesia juga mengikuti AFNAM yaitu kegiatan untuk memperkenalkan mahasiswaa tentang ruanglingkup ASEAN dalam bekerja.
  5. ASEAN film festival, indonesia juga ikutvmenjadi salah satu anggota dalam kegiatan ini.

Kunci Jawaban Halaman 101-102 Tema 4 Kelas 6

Ayo Mengamati

Teks bacaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 101!

Sekarang, amati cara kerja panel listrik tenaga surya berikut.

Kunci Jawaban Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 Tema 4 Kelas 6

Diskusikan bersama teman, tentang proses kerja sel surya.

Tuliskan secara runtut pada kolom berikut.

Alternatif Jawaban :

Cara kerja dari pembangkit listrik jenis ini cukup sederhana :

  1. Komponen utama dari sumber energi ini adalah sel foltovotaik. Sel tersebut memiliki peranan untuk menangkap panas matahari yang kemudian akan diubah menjadi energi listrik.  Pada siang hari panel surya menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh sel-sel kristal melalui proses photouoitaic.
  2. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya disalurkan ke Elektronoc Box Sistem.. Electric Box System merupakan system khusus yang praktis dan flexible yang digunakan sebagai tempat pengisian daya listrik yang dihasilkan dari solar panel.
  3. Dari Elektric Box Sistem inilah energi listrik akan disalurkan ke peralatan listrik seperti lampu, tv, radio dan peralatan lainnya.
  4. Bila listrik DC ingin digunakan menyalakan perangkat AC: pompa air, kulkas, dsbnya maka diperlukan inverter yang dapat mengubah listrik DC menjadi AC. Sesuaikan kebutuhan daya yang dibutuhkan dengan panel sel surya, inverter, aki. Inverter adalah perangkat elektrik yang digunakan untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi DC dari perangkat seperti batere, panel surya / solar cell menjadi AC.

Kunci Jawaban Halaman 103 Tema 4 Kelas 6

Ayo Mencoba

Penjelasan percobaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 102!

Buatlah laporan dari percobaan sumber alternatif energi listrik, yang kamu lakukan.

Kunci Jawaban Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 Tema 4 Kelas 6

Alternatif Jawaban :

Laporan Kegiatan Percobaan Sumber Alternatif Energi Listrik

Nama Percobaan :

  • Percobaan Membuat Baterai Kentang

Tujuan Percobaan :

  • Mengidentifikasi alternatif lain sumber energi listrik
  • Mengetahui seberapa besar energi listrik dari kentang

Alat dan Bahan :

  1. Kentang (bisa diganti lemon atau umbi-umbian yang lain)
  2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil)
  3. Kabel
  4. Penjepit buaya
  5. Lempengan tembaga
  6. Lempengan seng
  7. Untuk pengganti tembaga dan seng, dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam

Langkah Kerja : 

Kunci Jawaban Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 Tema 4 Kelas 6

  • Persiapkan kabel
  • Potong kabel sesuai dengan kebutuhan
  • Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang mentah.
  • Jepitkan kabel kepada lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu.
  • Lihat nyala lampu yang terjadi.
  • Jika nyala lampu belum kelihatan, maka tambah kentang tersebut  agar arus listrik yang dihasilkan bertambah.

Hasil Percobaan :

  • Pada percobaan menghubungkan antara satu, dua, tiga buah kentang dengan kabel yang telah dipasang lampu LED, yang terjadi lampu tidak menyala. Hal itu terjadi karena kuat arus satu, dua, dan tiga buah kentang tidak cukup untuk menyalakan satu buah lampu. 
  • Pada ada saat menghubungkan empat buah kentang lampu menyala namun redup, 
  • Pada saat menghubungkan lampu dengan lima buah kentang ternyata lampu menyala terang.

Simpulan :

Dari penelitian yang kami lakukan, dapat disimpulkan bahwa kentang dapat mengalirkan arus listrik karena mengandung senyawa kimia seperti asam sitrat, asam amino, glikosida, klsium, fosfor, dll. Kentang mempunyai banyak sekali kandungan dan manfaat yang berguna untuk kesehatan kita. Selain itu, kentang mengandung unsur kimia. Unsur kimia yang terdapat dalam kentang dapat. menghailkan arus listrik karena mengandung asamsitrat, asam amino,glikosida, fosfor, dll. Dari hasil percobaan yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa kentang dapat menyalakan lampu setelah dihubungkan secara seri.

Kunci Jawaban Halaman 104 Tema 4 Kelas 6

Ayo Renungkan

Apakah kamu telah mempraktikan sikap ‘Berpikir global, bertindak lokal’?

Bagaimana rencanamu untuk melaksanakan sikap tersebut dalam keseharian?

Alternatif Jawaban :

  • Ya, saya sudah menerapkan dan mempraktekkan sikap Berfikir Global dan Bertindak Global.
  • Rencana saya adalah dengan pemikiran maju dan mendunia, akan tetapi tetap bertindak sesuai budaya luhur bangsa Indonesia.dan 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan pada orang tuamu tentang pentingnya memiliki sikap ‘Berpikir global, bertindak lokal’.

Diskusikan tentang contoh-contoh wujud nyata dalam keseharian di rumah.

Alternatif Jawaban :

Berpikir global diawali dengan adanya kesadaran bahwa kita merupakan warga atau penduduk dari suatu masyarakat di mana saat ini kita tinggali, warga desa atau kota, warga propinsi, warga dari negara Indonesia, warga dari negara anggota ASEAN, dan juga sekaligus warga dunia. Sebagai warga negara yang baik, harus berfikir secara global tetapi tindakan yang dilakukan harus secara lokal dalam arti tidak akan mengikuti gaya orang luar negeri.

Contoh :

  • Menggunakan barang produksi dalam negeri.
  • Berbelanja di pasar tradisional
  • Mengkonsumsi buah-buahan lokal

Demikianlah artikel kami kali ini, terkait dengan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104. Adik-adik jangan lupa untuk selalu mengecek dan mencocokan jawaban yang kami sediakan ini dengan soalnya, jangan sampai ada jawaban yang keliru dan kemudian adik menuliskannya. Semoga saja jawaban yang kami buat dan sediakan ini bisa membantu adik-adik semua serta dapat menjadi jawaban yang benar saat guru kelas mengreksi tugas ini.

Serta kamij juga ingin mengingatkan adik-adik untuk mulai giat dalam belajarnya, karena selain tugas-tugas seperti ini, ada hal lain juga yang perlu adik-adik persiapkan, yaitu persiapan untuk mengikuti kegiatan ulangan akhir semester yang tak lama lagi akan dilaksanakan. Nilai-nilai yang nantinya diperoleh dari kegiatan UAS juga akan sangat menentukan nilai akhir pada raport semester, maka dari itu mulailah persiapkan diri dari sekarang.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 99, 100, 101, 102, 103, 104 Tema 4 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 3 Pembelajaran 1"