√ Kunci Jawaban Halaman 133, 134 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 133, 134 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 halaman 133, 134 subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku pembelajaran 6 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan pada postingan kali ini dapat adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk menjawab soal-saol pada buku pelajaran yang kini menjadi tugas sekolah dan tengah dikerjakan adik-adik untuk dikumpulkan ke guru kelas.

Kunci Jawaban Halaman 133, 134 Tema 7 Kelas 4

Kami memahami jika alternatif jawaban sangat diperlukan oleh adik-adik maupun para orang tua yang terlibat dalam membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah. Maka dari itu kami berupaya untuk menyediakan jawaban-jawaban terbaik yang nantinya bisa adik-adik pergunakan untuk menjawab soal-soal yang menjadi tugas adik-adik. Tak hanya itu saja, tujuan kami dengan kami menyediakan jawaban ini adalah agar adik-adik bisa mendapatkan nilai terbaik.

Pada postingan kami sebelumnya, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 yang bisa adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk mengerjakan tugas-tugas yang masih ada atau belum selesai sampai saat ini. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 127, 129, 130 yang beberapa waktu yang lalu juga sudah kami sediakan pada blog ini. Semoga saja dengan adanya jawaban-jawaban ini, dapat menjadi solusi dan jalan bagi adik-adik dalam meraih nilai terbaik.

Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan guru dengan memanfaatkan alternatif jawaban memang sangat membantu adik-adik. Namun kami selalu menyarankan, agar adik-adik tidak sepenuhnya bergantung dengan alternatif jawaban, kami takutnya malah akan membuat adik-adik malas dalam belajar. Maka dari itu, sebelum menggunakan jawaban ini, lebih baik adik-adik berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku.

Kunci Jawaban Halaman 133, 134 Tema 7 Kelas 4

Tugas yang saat ini tengah adik-adik kerjakan merupakan tugas terkahir pada kegiatan belajar di buku siswa tema 7 kelas 4 subtema 3. Setelah ini adik-adik akan melanjutkan lagi kegiatan belajar pada buku siswa tema 8 kelas 4 dan tentunya juga akan mengerjakan tugas-tugas yang seruap dengan tugas-tugas yang ada pada buku siswa tema 7 ini.

Seperti yang adik-adik ketahui, jika mengerjakan tugas-tugas sekolah memang telah menjadi tugas wajib adik-adik selaku murid. Dengan mengerjakan tugas ini, adik-adik bisa mendapatkan nilai tugas. Nilai yang diberikan guru sesuai dengan jumlah benar dari tugas tersebut. Dan nilai ini akan bermanfaat sekali untuk adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir raport semester.

Untuk itu, mulai saat ini silahkan adik-adik kerjakan semua tugas dengan maksimal. Dan persiapkan juga diri adik-adik dengan sering-sering belajar di rumah dan sering mengulang materi pelajaran yang ada. Dengan begitu kami yakin adik-adik akan siap dalam mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan ahrian dan ujian akhir semester.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 133

Tugas

Bacalah teks “Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia”.

1. Tuliskan kata sulit pada teks, lalu carilah artinya.

Beberapa kata sulit pada teks tersebut diantaranya:

  • Gelar artinya sebutan kehormatan, kebangsawanan, atau kesarjanaan. Contoh : raden, tengku, doktor, sarjana ekonomi.
  • Merintis artinya memulai/memelopori suatu pekerjaan/usaha untuk pertama kalinya.
  • Ningrat artinya golongan orang-orang mulia; bangsawan; borjuis.
  • Kebangsawanan artinya keturunan orang mulia (terutama raja dan kerabatnya); ningrat; orang berbangsa.
  • Politik artinya usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles).
  • Mengkritik artinya memberikan saran berupa pujian ataupun hal hal yg perlu diperbaiki.
  • Konsep artinya rancangan atau buram surat dan sebagainya.
  • Jasa artinya perbuatan yang baik atau berguna dan bernilai bagi orang lain, negara, instansi, dan sebagainya.

2. Tuliskan gagasan pokok setiap paragraf pada teks “Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia”.

Paragraf 1 : Ki Hajar Dewantara diberi gelar sebagai bapak pendidikan Indonesia.

Paragraf 2 : Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga Ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.

Paragraf 3 : Tulisan tulisan beliau mampu membangkitkan semangat kebangsaan orang Indonesia.

Paragraf 4 : Indische Partij merupakan partai yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.

Paragraf 5 : pada tahun 1913, Ki Hajar Dewantara mengkritik perayaan 100 tahun bebasnya Belanda dari penjajahan Prancis.

Paragraf 6 : Jasanya terus dikenang oleh bangsa Indonesia.

3. Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari teks tersebut.

Beberapa informasi baru yang saya dapatkan yaitu:

  • Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarganingrat di yogyakarta
  • Ki Hajar Dewantara dinobatakan sebagai bapak pendidikan pada tahun 1959 oleh bapak ir. Soekarno
  • Tanggal 2 Mei diperingati sebagai hari pendidikan nasional
  • Nama asli dari Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Suryaningrat
  • Beliau tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas,karena beliau ingin lebih dekat dengan rakyat

4. Buatlah laporan tertulis tentang teks tersebut. Serahkan hasil tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Ki.Hajar Dewantara adalah bapak pendidikan nasional.Di tetapkan 1959 oleh Soekarno.Beliau lahir pada tanggal 2 Mei 1889 dan nama aslinya adalah raden mas soewardi soeryaningrat dan tanggal 2 mei di peringati sebagai hari pendidikan nasional karena hari kelahiran ki.hajar dewantara.Beliau lulusan ULS (sekolah dasar belanda).

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 134

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari?

Yang saya pelajari hari ini ialah cara membuat mozaik, mengetahui bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Sikap apa yang dapat kamu tiru dari Ki Hajar Dewantara?

Sikap yang bisa di contoh dari Ki Hajar Dewantara:

  1. Tidak mudah putus asa, seperti terlihat dari perjuangan Ki Hajar Dewantara melawan penajjahan
  2. Berani menyuarakan kebenaran, seperti Ki Hajar Dewantara yang mengkritik kebijakan Belanda merayakan kemerdekaanya di wilayah jajahan
  3. Menyadari pentingnya pendidikan, seperti Ki Hajar Dewantara yang mendirikan yayasan pendidikan Taman Siswa

Kerja Sama dengan Orang Tua

Buatlah karya montase/kolase/mozaik/aplikasi bersama orang tuamu. Buatlah sebaik-baiknya, lalu pajanglah di dinding rumahmu.

Untuk tugas bersama orang tua, silahkan adik-adik kerjakan dengan baik, dan sebelumnya sudah pernah kami sediakan beberapa conoth kolase atau mozaik, silahkan tiru.

Sekian artikel kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 133, 134. Kami yakin jika adik-adik memaksimal jawaban yang kami sediakan ini dalam menjawab dan menyelesaikan soal-soal yang ada, nilai yang nantinya akan adik-adik perolehpun akan maksimal dan bagus. Dengan demikian adik-adik bisa meningkatkan nilai, baik pada nilai tugas ataupun raport semester.

Kami juga mengingatkan akan kegiatan lainnya yang juga sangat perlu persiapan dengan memperbanyak belajar dan mengulang materi sebelumnya. Kegiatan yang kami maksud yaitu ulangan harian maupun ulangan semester. Karena kegiatan tersebut sangat mengandalkan pemahaman adik-adik. Jika adik-adik sering mengulang materi, maka kami yakin adik-adik bisa mengerjakan dan menjawab soal-saolnya.

Adik-adik tahu kalau sekarang ini sudah memasuki semester genap. Semester genap atau semester dua ini sangat menentukan sekali, apakah adik-adik bisa naik kelas dengan nilai yang bagus, atau malah akan tinggal kelas. Maka dari itu, maksimalkan kesempatan yang ada, kerjakan tugas dengan baik, dan belajarlah yang rajin.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 133, 134 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Tematik"