√ Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami sediakan untuk membantu adik-adik dalam menjawab soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah saat ini.

Seperti yang adik-adik tahu, jika kami selalu berusaha menyediakan jawaban-jawaban terbaik untuk adik-adik, dimana dengan jawaban tersebut adik-adik bisa menyelesaikan semua tugas sekolah dan juga dari jawaban tersebut nilai yang diperoleh juga semoga bagus.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4

Kami sangat memahami, jika alternatif jawaban seperti ini cukup membantu adik-adik maupun para orang tua yang juga membantu mencari jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku tugas. Maka dari itu, kami selalu mencoba memberikan jawaban-jawaban yang tepat dan benar. Dan seperti yang sudah sering kami sampaikan, bahwa memang kami disini membuat jawaban ini berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal-soal yang ada pada buku pelajaran adik-adik. Setelah kami paham, baru kemudian kami jawab soal-soalnya dengan jawaban yang benar menurut kami.

Dan pada postingan kami yang lalu, kami sudah memposting lengkap Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 yang mungkin juga pernah adik-adik manfaatkan sebagai alternatif jawaban. Dan terakhir kami memposting Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 153, 154, 157, 162, 165, 168, 171, 174. Kami berharap tentunya, semoga saja jawaban-jawaban yang kami sediakan dengan maksud mempermudah adik-adik dalam mengerjakan tugas, bisa bermanfaat dan membantu, serta nilai yang adik-adik peroleh dari tugas-tugas sebelumnyapun bisa maksiamal.

Lanjutan Jawaban:

Dan memang harus diakui jika adik-adik sangat-sangat dimudahkan dengan adanya alternatif, bagaimana tidak, adik-adik tidak perlu lagi bersusah payah mencari jawabannya pada buku, tinggal menyalin saja jawaban yang sudah ada. Akan tetapi, kami tak henti-hentinya mengingatkan, agar sebelum memanfaatkan alternatif jawaban ini, adik-adik seharusnya bisa berusaha sendiri, mencari jawaban pada buku siswa, hal ini kami maksudkan agar adik-adik nantinya bisa sambil belajar dan membaca, serta tidak melulu bergantung pada alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4

Seperti yang adik-adik ketahui, kalau tugas pada kegiatan belajar satu ini, merupakan tugas pertama sekali yang adik-adik kerjakan di buku siswa tema 7 kelas 4, setelah sebelumnya adik-adik sudah menyelesaikan kegaitan belajar dan tugas-tugas pada buku siswa tema 6. Dan kami harap tentunya jawaban yang kami sediakan pada artikel kami yang lalu, untuk buku siswa tema 6, bisa bermanfaat untuk adik-adik.

Sama seperti tugas-tugas sebelumnya, pada tugas di buku siswa tema 7 inipun adik-adik akan mengerjakan bebera jenis tugas, seperti soal-saol latihan, tugas membuat poster atau kesenian, melakukan pengamatan, membuat laporan percobaan, tugas praktek dan lainnya. Kami berusaha menyediakan semua jawaban yang adik-adik perlukan, baik jawaban langsung, atau hanya sekedar contoh saja, yang bisa dipergunakan untuk menjawab dan menyelesaikan soalnya.

Nilai-nilai dari tugas yang adik-adik kerjakan inilah yang kelak akan menjadi salah satu nilai tambahan bagi adik-adik. Dimana pada akhir semester nantinya, semua nilai akan dihitung dan dimasukan pada raport semester. Dan tak hanya nilai dari tugas-tugas harian saja, namun ada juga beberapa nilai yang sangat membantu nilai akhir adik-adik, seperti nilai ulangan, praktek. Maka dari itu, kami selalu mengingatkan, agar adik-adik selalu giar dalam belajarnya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 2-3

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Suku Bangsa di Indonesia”.

1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4

2. Ada berapa paragraf pada teks “Suku Bangsa di Indonesia”? Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf.

Pokok pikiran paragraf 1:

  • Bangsa Indonesia hidup dalam keragaman.

Pokok pikiran paragraf 2:

  • Hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010 mengenai suku-suku di Indonesia.

Cara menentukan pokok pikiran pada paragraf sebagai berikut.

  1. Membaca seluruh kalimat dalam paragraf.
  2. Menandai kalimat awal, kalimat akhir, atau kalimat awal dan kalimat akhir paragraf.
  3. Menandai pikiran pokok yang terdapat di awal, akhir, atau awal dan akhir pada paragraf.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 4-5

… Perhatikan lagi gambar bendi, pedati sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kamu melihat persamaan dari ketiga alat transportasi tradisional tersebut? Ada banyak persamaan, salah satunya adalah ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama-sama menarik beban berupa bendi atau pedati.

Apa yang terjadi saat kuda menarik bendi?

Yang akan terjadi Bendi akan bergerak mengikuti arah kuda.

Apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?

Yang akan terjadi Pedati akan bergerak sesuai arah kerbau atau kuda yang menariknya.

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan-kegiatan sederhana berikut.

  1. Dorong meja belajarmu pelan-pelan hingga bergeser sedikit, lalu tarik ke posisi semula.
  2. Angkat tas sekolahmu, lalu letakkan lagi ke posisi semula.
  3. Ambil selembar kertas tak terpakai, lalu lipat atau remaslah kertas tersebut.

Dari kegiatan tersebut, isilah tabel berikut.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4

Aktivitas yang telah kamu lakukan terhadap meja sehingga bergeser disebut gaya. Aktivitas yang kamu lakukan terhadap tas sekolah yang kamu angkat disebut gaya. Aktivitas yang kamu lakukan terhadap kertas sehingga bentuknya berubah disebut gaya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 6-7

Tugas

Tuliskan pada buku catatanmu, gaya apa yang telah kamu lakukan atau kamu lihat dari pagi sampai saat ini. Tulislah dengan menggunakan ejaan yang tepat. Kemudian, bacakan catatanmu di depan teman-teman dan gurumu.

Gaya Gravitasi : Tadi siang saya melihat di dekat rumah kakek saya ada Buah kelapa yang jatuh dengan sendirinya dari pohonnya tanpa adanya bantuan.

Ayo Mengamati

Kamu telah mengetahui pengertian gaya. Sekarang, perhatikan gambargambar berikut. Lalu, jawablah pertanyaan pada setiap gambar.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4

Jawab: Penyebab mobil bergerak adalah karena dorongan dari manusia yang menggunakan gaya otot

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4

Jawab: Karena adanya aliran arus listrik, yang kemudian diubah menjadi energi cahaya melalui pijaran pada filamen di lampu.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4

Jawab: Karena jarum berbahan besi, medan magnet menarik benda yang terbuat dari besi.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4

Jawab: Saat buah sudah mengalami kematangan buah akan jatuh karena adanya gaya tarik gravitasi bumi.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4

Jawab: Adanya gaya gesek antara roda dan lantai yang disebabkan gaya dorong atau otot membuat kursi mudah dipindahkan.

Gaya mempunyai banyak jenis sesuai dengan sumber yang melakukan gaya. Macam-macam gaya antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 8

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Apa yang dimaksud gaya otot?

Gaya otot adalah gaya yang dilakukan oleh otot atau suatu energi yang dihasilkan otot.

2. Perhatikan gambar contoh-contoh gaya otot di depan. Apa pengaruh gaya otot terhadap benda yang dikenai gaya pada setiap gambar?

  • Gambar 1 : Tarikan kuat yang dihasilkan oleh para pemain tarik tambang diakibatkan adanya gaya otot yang bekerja pada organ tubuh bagian tangan dan kaki, sehingga dalam permainan tarik tambang kekuatan tarikan sangant menentukan kemenangan.
  • Gambar 2 : Gaya otot yang dihasilkan pengrajin gerabah adalah untuk membuat bentuk yang di inginkan.
  • Gambar 3 : Gaya otot yang digunakan adalah bahu dan bertumpuh pada kaki sehingga membuat benda atau anak lebih mudah di angkat atau di gendong.
  • Gambar 4 : Tarikan yang kuat yang dihasilkan dari gaya otot kerbau saat menarik pedati membuat pedati bergerak mengikuti arah kerbau.

Kamu telah mengetahui salah satu jenis gaya, yaitu gaya otot. Salah satu contoh penggunaan gaya otot yaitu pada pembuatan gerabah. Tahukah kamu bahwa seni membuat gerabah tersebar di Indonesia?

Kerajinan gerabah di indonesia dikenal sejak zaman Neolitikum (zaman prasejarah/zaman batu baru) sekitar 3000–1100 SM. Gerabah juga dikenal dengan istilah tembikar atau keramik. Gerabah yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia berupa barang pecah belah seperti tempayan, periuk, belanga, kendi, dan celengan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 10-11

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama teman sebangkumu tentang informasi-informasi baru yang kamu dapatkan dalam teks “Seni Gerabah di Indonesia”. Tuliskan hasilnya pada buku catatanmu, lalu kumpulkan kepada Bapak/Ibu Gurumu.

Informasi-informasi tentang Seni Gerabah di Indonesia:

  • Gerabah adalah alat-alat dapur (untuk masak- memasak dan sebagainya) yang dibuat dari tanah liat yang kemudian dibakar (misalnya kendi, belanga).
  • Di Jawa, tempat yang terkenal dengan pembuatan gerabah adalah Kasongan, Yogyakarta sejak tahun 1970-an.
  • Daerah Banyumalek di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat terkenal dengan seni pembuatan gerabah dengan karyanya “kendi maling”.
  • Kendi maling lubang untuk mengisi air pada bagian bawah. Konon, pada zaman dahulu, kendi ini dibuat untuk raja sebagai pengaman supaya “maling” yang berniat meracuni raja kebingungan mencari lubang di bagian atas kendi.
  • Karya gerabah sempeh berasal dari masyarakat Pulau Ouw di Maluku Tengah. Tradisi pembuatan gerabah ditemukan di pesisir utara Papua, tepatnya di Kampung Abar

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

Yang saya pelajari hari ini adalah tentang Suku Bangsa di Indonesia, Jenis Gaya dan Seni Gerabah di Indonesia.

Berapa banyak suku bangsa di Indonesia?

Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statisti (BPS) tahun 2010, Indonesia terdiri dari 1.331 suku.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bertanyalah kepada ayah dan ibumu, asal suku bangsa mereka masingmasing.

  • Asal suku bangsa ayahku: Jawaban dapat adik-adik sesuaikan sendiri! (tanyakan pada Ayah)
  • Asal suku bangsa ibuku: Jawaban dapat adik-adik sesuaikan sendiri! (tanyakan pada Ibu)

Demikianlah postingan kami yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 ini. Untuk bisa mendapat nilai yang bagus pada setiap tugas yang adik-adik kerjakan, salah satu caranya ialah dengan teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Meskipun kami sudah menyediakan jawaban untuk soal-soal pada tugas kali ini. Namun adik-adikpun haruslah teliti, periksa kembali setiap jawaban untuk memastikan jawaban memang sudah sesuai dengan soalnya.

Baru kemudian jika adik-adik merasa jawaban Sudha tepat, maka barulah adik-adik menulis atau menyalinkannya pada buku tugas. Dan kalaupun setelah adik-adik periksa, dan ternyata masih ada jawaban yang kurang tepat menurut adik-adik, maka silahkan adik-adik perbaiki dan jawaba sesuai pemahaman adik-adik.

Dan semoga jawaban-jawaban yang kami buat dan sediakan ini, dapat menjadi penyebab adik-adik bisa mendapatkan nilai yang maksimal. Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti dan melihat kelanjutan dari alternatif jawaban yang kami buat ini untuk tugas-tugas sekolah pada halaman berikutnya. Jangn berbagi juga kepada teman lainnya, share artikel kami ke media sosial, terima kasih.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1"