√ Kunci Jawaban Halaman 21, 23, 24, 28 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 21, 23, 24, 28 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 halaman 21, 23, 24, 28 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini kami hadirkan sebagai alternatif jawaban yang bisa adik-adik manfaatkan sebaik mungkin untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang soal-saol tersebut menjadi tugas adik-adik sekarang ini.

Kami tahu jika adik-adik sekarnag ini tengah sibuk-sibuknya mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal pada buku siswa. Dan kamipun tahu kenapa adik-adik memilih alternatif jawaban untuk membantu menjawab soal-saol tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 21, 23, 24, 28 Tema 7 Kelas 4

Tak bisa dipungkiri, memang soal-saol pada buku siswa tematik kurikulum 2013 ini sebagian soalnya cukup sulit untuk dijawab. Hal ini karena pembelajaran pada kurikulum 2013 sangat menuntut siswanya aktif dan bisa berfikir dan bernalar dalam memahami materinya, dan tak terkecuali dengan soal-saolnya. Soal-soal yang ada harus dijawab dengan pendapat dan pemahaman sendiri, maka tak heran jika kami masih menemukan ada siswa yang kurang paham dan percaya diri dalam menjawab soal-soal tersebut.

Dan pada postingan kami yang lalu, kamipun sudah pernah memposting Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4, jika adik-adik belum melihatnya, silahkan dibuka kembali artikel kami, dan manfaatkan jawabannya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang masih belum terselesaikan sampai saat ini. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 14, 15, 16, 17, 18, 19 yang baru-baru ini juga sudah kami posting. Kami tentunya berharap, semoga jawaban yang kami buat dan siapkan untuk adik-adik ini, dapat menjadi solusi dan memberikan kemudahan buat adik-adik yang tengah sibuk menyelesaikan tugas sekolah.

Lanjutan Jawaban:

Kami tahu kalau alternatif jawaban saat ini menjadi hal penting untuk adik-adik dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Namun meskipun kami juga disini menyediakan alternatif jawaban yang bisa adik-adik manfaatkan, kami tetap menyarankan agar adik-adik terlebih dahulu bisa berusaha mencari jawabannya pada buku pelajaran. Adik-adik dapat membaca dan mencari jawabannya. Hal ini kami maksudkan agar adik-adik tidak terlalu bergantung dengan alternatif jawaban seperti ini dan juga agar adik-adik bisa sekalian belajar dan memperdalam materi yang ada.

Kunci Jawaban Halaman 21, 23, 24, 28 Tema 7 Kelas 4

Tugas kali ini menjadi tugas ketiga yang adik-adik kerjakan pada buku siswa tema 7 kelas 4 subtema 1. Dan adik-adik tahu jika buku siswa tema 7 ini adik-adik pelajari pada semester genap yang melanjutkan buku siswa tema 6 pada kegiatan belajar sebelumnya. Semester ini menjadi semester penentu buat adik-adik sekalian, karena pada semester inilah adik-adik akan mengetahui, adik-adik bisa naik ke kelas 5 atau tidak.

Dan tentunya semua siswa akan berharap dan mau untuk naik kelas. Namun untuk bisa naik kelas, adik-adik harus bisa lulus dari nilai-nilai yang sudah ditentukan standar kelulusannya dan juga harus berkelakukan baik di sekolah. Nah salah satu hal yang saat ini bisa adik-adik perjuangkan adalah dengan memaksimalkan nilai-nilai pada tugas harian seperti ini.

Maka dari itu, kami sering mengingatkan adik-adik untuk selalu maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Manfaatkan dengan baik alternatif jawaban yang sudah kami sediakan ini, dan periksa kembali setiap jawabannya sebelum disalin pada buku tugas.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 21

Ayo Berdiskusi

Dari gambar peta Indonesia tersebut, diskusikan jawaban pertanyaanpertanyaan berikut dengankelompokmu.

1. Di pulau mana kalian tinggal?

Jawaban disesuaikan oleh siswa, misalnya Saya tinggal di Kepulauan Bangak Belitung.

2. Banyak atau sedikitkah pulau-pulau di Indonesia?

Banyak, jumlah pulau di Indonesia menurut data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia adalah sebanyak 17.504 buah. 7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama.

3. Menurut kamu, bagaimana jarak dari pulau satu ke pulau lain? Jauh atau dekat?

Jauh, hal ini dikarenakan masih sulitnya transportasi antar pulau, masih terdapat banyak pulau yang belum merasakan fasilitas sama halnya seperti di kota besar.

4. Bagaimana kondisi alam setiap daerah di Indonesia?

Secara umum, Indonesia beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi terutama di beberapa daerah, namun memiliki beberapa jenis hutan di berbagai wilayah, yaitu hutan hujan tropis (di sumatra, kalimantan dan papua), hutan musim (di jawa), sabana/ padang rumput (di aceh gayo dan madura) serta stepa (di nusa tenggara).

5. Samakah kondisi penduduk di seluruh wilayah Indonesia? Mengapa?

Tidak, dikarenakan Indonesia memiliki bentuk relief yg tidak rata seperti kenampakan dataran tinggi, dataran rendah. Sehingga menyebabkan konsentrasi penduduknya banyak yg menetap dan bekerja di daerah dataran rendah

Bacakan hasil diskusi kelompokmu dengan kelompok-kelompok lain. Apa yang dapat kalian simpulkan?

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 23

Itulah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan dalam masyarakat Indonesia.

Bagaimana dengan kondisi di daerahmu?

Kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalku yang berupa dataran rendah adalah lingkungan sekitarnya memiliki suhu yang cukup panas namun masih tergolong sejuk, masyarakatnya mayoritas bermatapencahariannya sebagai pedagang dan penyedia jasa, selain itu masih banyak pepohonan yang terdapat di lingkunganku sehingga menjadikan tanahnya subuh dan ketersediaan air bersihnya sangat baik.

Faktor apa yang menyebabkan suku bangsa di daerahmu berbeda dengan daerah lain?

Faktor penyebab keragaman suku bangsa di Indonesia adalah :

  • Letak Strategis Wilayah Indonesia.
  • Kondisi Negara Kepulauan.
  • Perbedaan Kondisi Alam.
  • Keadaan Transportasi dan Komunikasi.
  • Penerimaan Masyarakat Terhadap Perubahan.

Bagaimana sikap kita terhadap keragaman suku bangsa di Indonesia?

Saling menghormati satu sama lain. Saling menghargai satu sama lain. Tidak membeda-bedakan suku , ras , agama. Menjunjung tinggi asaz bhinneka tunggal ika. Saling membantu antar suku . Saling gotong royong antar suku.

Keragaman suku bangsa hendaknya menjadi kekayaan bangsa. Hendaknya kita dapat menerima keragaman itu. Kita saling menghargai dan bekerja sama dengan semua suku bangsa di Indonesia.

Dengan bekerja sama dan saling menghargai, kita akan hidup damai.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 24

Ayo Berdiskusi

Dari bacaan “Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia” di depan, tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan. Diskusikan bersama teman sebangkumu, lalu bacakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Di Indonesia ada ribuan suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Suku bangsa apa yang kamu lihat pada gambar di samping?

6 Suku, diantaranya: Suku Jawa, Batak, Asmat , Dayak, Betawi, melayu.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 28

Ayo Renungkan

Apakah kamu mengetahui suku bangsa yang mungkin ada di provinsi tempat tinggalmu?

Saya tinggal di provinsi Kepulauan Bangka Belitung (jawaban disesuaikan)

Suku bangsa yang mungkin ada di provinsi tempat tinggalku:

  • Suku Melayu
  • Suku Jawa
  • Suku Cinta
  • Suku Batak

Kerja Sama dengan Orang Tua

Identifikasilah suku bangsa yang kamu temui di lingkungan tempat tinggalmu.

Suku bangsa yang ada di wilayah tempat tinggalku:

Jawaban dapat adik-adik sesuaikan dengan keadaan sebenarnya, pilihan beberapa suku yang ada, misalnya:

  • Suku Jawa
  • Suku Osing
  • Suku Madura
  • Suku Sunda
  • Suku Betawi
  • Suku Batak
  • Suku Dayak

Sekian postingan kami kali ini yang mengulas tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 21, 23, 24, 28. Adik-adik pastinya sangat berharap dari tugas kali ini bisa mendapatkan nilai yang maksimal. Kamipun cukup yakin jika jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar nantinya, sehingga adik-adik bisa meraih nilai yang bagus. Dengan demikian, nilai tersebut dapat meningkatkan nilai akhir pada raport adik-adik.

Tugas-tugas seperti ini menjadi salah satu cara adik-adik bisa mendapatkan nilai. Namun kami juga ingin mengingatkan, jika adik-adik juga harusnya mempersiapkan diri untuk kegiatan lainnya, yaitu ulangan harian, atau pada kurikulum 2013 ini disebut dengan penilaian harian. Untuk bisa mengikuti ulangan harian dan mengerjakan soal-soalnya adik-adik haruslah punya persiapan.

Persiapan yang kami maksudkan disini yaitu dengan memperbanyak belajar. Pelajari kembali materi-materi yang lalu, untuk mendalami pemahaman adik-adik, sehingga jika materi tersebut keluar pada kegiatan ulangan harian, adik-adik bisa dengan mudah untuk menjawabnya. Serta ikuti terus blog kami, dan lihat lanjutan dari alternatif jawabannya untuk tugas pada halaman berikutnya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 21, 23, 24, 28 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3"