√ Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 33, 34 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 33, 34 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci jawaban Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 halaman 29, 30, 31, 33, 34 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini dapat adik-adik jadikan sebagai alternatif jawaban untuk mengisi soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah adik-adik saat ini.

Kami tahu kalau alternatif jawaban seperti ini sangat dibutuhkan oleh adik-adik dan para orang tua saat ini, dalam menyelesaikan tugas sekolah. Maka dari itu kami sangat serius dalam menyediakan jawaban-jawaban terbaik yang nantinya bisa adik-adik manfaatkan sebagai jawaban.

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 33, 34 Tema 7 Kelas 4

Kita sama-sama tahu jika saat ini kegiatan belajar mengajar di beberapa daerah harus dialihkan menjadi kegiatan daring atau belajar secara online. Dan hal ini tentu akan sangat berdampak kepada siswa. Siswa harus bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Dan dalah satu hal yang harus siswa sesuaikan ialah belajar secara online. Dalam pembelajaran secara online, tentunya guru kurang maksimal dalam menyampaikan materi dan guru pastinya akan lebih banyak memberikan tugas kepada siswanya.

Melihat hal tersebut, maka tidak heran jika alternatif jawaban seperti ini banyak dimanfaatkan juga sebagai alternatif jawaban dalam menyelesaikan tugas-tugas yang sudah menumpuk dan harus segera dikumpulkan kepada guru kelas. Dan seperti yang adik-adik ketahui, kalau kami disini menyediakan jawaban-jawaban terbaik yang sebelumnya, kami sudah mempelajari materi dan soal yang ada pada buku, baeru kemudian menjawab dengan jawaban terbaik kami.

Lanjutan Jawaban:

Dan pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 yang mungkin juga sebelumnya adik-adik sudah pernah melihatnya dan memanfaatkan jawaban tersebut untuk menyelesaikan tugas sekolah. Kami harap nilai yang adik-adik peroleh bisa maksimal. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 21, 23, 24, 28 yang belum lama ini juha sudah kami sediakan pada blog ini dan dapat adik-adik manfaatkan sebagai jawaban.

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 33, 34 Tema 7 Kelas 4

Adik-adik tahu jika saat ini kegiatan belajar sudah memasuki semester genap, dan buku siswa tema 7 ini merupakan buku materi pelajaran kedua yang adik-adik pelajari pada semester ini setelah sebelumnya telah menyelesaikan semua kegiatan belajar pada buku siswa tema 6. Adik-adik tentu sangat berharap bisa naik kelas dengan nilai maksimal.

Namun perlu adik-adik ketahui, untuk bisa naik kelas adik-adik harus tuntas nilai KKM, dan berprilaku baik di sekolah. Saat ini salah satu hal yang bisa adik-adik maksimalkan adalah dengan mengerjakan dan meraih nilai terbaik pada kegaitan tugas-tugas harian seperti ini. Maka dari itu kami selalu menyarankan agar adik-adik teliti dalam mengerjakan soal-saolnya.

Adika-dik harus memeriksa, dan mengecek kembali jawaban yang kami sediakan berikut ini, untuk memastikan jawaban memang sudah sesuai dengan soalnya, baru kemudian adik-adik dapat menyalinnya pada buku tugas. Dengan begitu, kami cukup yakin adik-adik bisa memaksimalkan tugas dan meraih nilai terbaik.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 29-30

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.

1. Di provinsi mana kamu tinggal?

Saya tinggal di Jawa Barat

2. Dalam berkomunikasi, bahasa apa yang biasa digunakan penduduk di provinsimu?

Bahasa yang digunakan masyarakat: bahasa Indonesia, bahasa Sunda, bahasa Jawa

3. Tuliskan beberapa kata dalam bahasa daerah di tempat tinggalmu beserta padanannya dalam bahasa Indonesia.

Tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah.

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 33, 34 Tema 7 Kelas 4

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 31

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”. Lakukan kegiatan berikut bersama teman sebangkumu. Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf. Tuliskan dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 33, 34 Tema 7 Kelas 4

Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dalam bentuk berikut menggunakan ejaan yang tepat.

Informasi dari Bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”

Beberapa informasi yang saya dapat:

  1. Punah yang dimaksud adalah jumlah penutur bahasa yang mengalami penuruan atau sudah tidak ada lagi, sehingga tidak ada lagi yang menggunakannya.
  2. Selain di NTT dan Maluku, bahasa daerah di Papua juga mengalami ancaman kepunahan.
  3. Disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adanya bencana, kejadian perang dan perkawinan campuran.
  4. Posisi pertama negara dengan jumlah bahasa terbanyak ditempati oleh Papua Nugini.
  5. Indonesia memiliki 742 bahasa
  6. Generasi muda sekarang ini tidak lagi menggunakan bahasa daerah

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 33-34

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui keragaman bahasa daerah di Indonesia. Kamu juga mengetahui bahwa bahasa daerah di Indonesia terancam punah. Diskusikan dengan kelompokmu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk mencegah kepunahan bahasa daerah?

Beberap kegiatan tersebut:

  1. Tetap memahami bahasa daerah sendiri meskipun di sekolah wajib menggunkan bahasa indonesia
  2. Memahami bahasa dari setiap daerah mesikipun sedikit setidaknya kita mengerti
  3. Belajar bahasa daerah bersama teman dengan cara menggunakan internet agar lebih mudah.

Bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain. Di antara kegiatan untuk mencegah kepunahan bahasa daerah, apa yang dapat kalian lakukan segera? 

Jawab : belajar bahasa daerah bersama teman dengan cara menggunakan internet agar lebih mudah.

Buatlah kesepakatan seluruh siswa dalam satu kelas, lalu laksanakan kesepakatan itu.

Tugas

Carilah sebuah cerita rakyat, lalu tuliskan kembali ke dalam bahasa daerahmu. Pada Pembelajaran 6, kamu akan membacakan tulisanmu ini di depan teman-temanmu.

Contoh : Cerita Timun mas bahasa jawa

Timun Emas Inggih Menika

Ing jaman mbiyen wonten salah sawijining dusun, wonten mbok randa ingkang urip piyambak mboten wonten lare utawi sederek. Amarga urip piyambak mbok randa kepengen anggadahi lare. Saben dinten mbok randa ndonga rino lan wengi marang ngarsane Gusti Allah SWT supados diparingi lare. Piyambake yakin menawi panyuwune bakal dikabulake dening Gusti Allah SWT.

Tanpa sak ngertose mbok randa, anggone donga rino lan wengi ten daleme niku wau dimirengke dening buto ijo ingkang kebeneran liwat sacakete mriko. Buto ijo banjur nyeluk mbok randa supados medal saking daleme. Mbok randa kaget mangertosi wonten buto ijo ten ngajeng daleme.

Sawise mboten miris maleh ngertosi buto ijo ingkang ageng lan medeni niku, buto ijo ngendika menawi saget nulungi ajeng diwenehi lare. Mbok randa bungah atine mireng sanjange buto ijo niku wau lan nyaguhi sedoyo panyuwune buto ijo menawi diparingi lare.

Panyuwune buto ijo inggih menika menawi larene mbok randa sampun ageng ajeng dipundut lan mangkeh dimadang dening buto ijo. Sabanjure buto ijo niku maringi wiji timun ingkang kedah ditandur mbok randa. Sawise buto ijo niku wau kesah, mbok randa nanem wiji timun niku wonten ladange. Wiji niku dirumat lan diopeni kanthi gemathi, disiram, diresiki sukete, lan dirabuk supados cepet tukule.

Sawise tukul lan dados wit timun ingkang subur, wit timun niku wau sampun uwoh, ing antarane katahe who timun, winten salah sawijining timun kang aneh, rupane kuning emas lan agenge sak guling. Timun niku banjur pecah lan ing njero timun wau wonten bayi manungsa.

Mbok randa bungah atine amargi panyuwune kepengin anggadahi lare sampun kalaksenan. Mbok randa ngucapaken syukur marang Gusti Allah SWT amargi pandungane sampun diijabah.

Ayo Renungkan

Apa yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kepunahan keragaman bahasa daerah di Indonesia?

Dengan cara terus melestarikannya. Tetap menggunakan bahasa daerah. Dan terus mempelajari bahasa daerah agar bahasa daerah tidak sampai hilang dan punah.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tuliskan sedikitnya sepuluh kosakata bahasa daerah yang biasa digunakan dalam komunikasi di keluargamu.

Kosakata bahasa daerah:

  1. Makan : dhahar / nedha
  2. Duduk : pinarak
  3. Bertanya : tangled
  4. Siapa : sinten
  5. Kamu : panjenengan
  6. Silahkan : monggo
  7. Orangtua : tiyang sepuh
  8. Teman : rencang

Nah itulah adik-adik ulasan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 33, 34. Semoga dengan memanfaatkan jawaban ini, adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan mengumpulkan tugas tersebut kepada guru kelas. Serta setelah tugas tersebut dikoreksi oleh guru, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang maksimal dari tugas kali ini. Dengan begitu, nilai yang diperoleh bisa membantu meningkatkan nilai pada raport akhir nantinya.

Seperti yang sudah adik-adik tahu, jika nilai-nilai dari tugas harian seperti ini akan sangat berguna, maka dari itu kerjakan dengan maksimal soal-soal tersebut. Dan Kami juga ingin mengingatkan jika selain mengerjakan tugas harian seperti ini, adik-adik juga harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar, karena bisa saja sewaktu-waktu guru kelas mengadakan ulangan harian. Dan nilai dari ulangan harianpun akan sangat penting bagi adik-adik nantinya.

Dengan memaksimalkan dalam mengerjakan tugas harian, dan selalu mempersiapkan diri untuk kegiatan ulangan harian atau penilaian harian, kami cukup yakin jika pada semester ini adik-adik bisa meraih nilai terbaik. Dan selalu ikuti blog kami dengan terus melihat dan memanfaatkan alternatif jawaban yang kami posting. Serta jangan lupa untuk selalu berbagi jawaban ini ke teman lainnya, share postingan kami ke teman-teman adik-adik, agar mereka juga bisa memanfaatkan jawaban yang kami buat ini.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 33, 34 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4"