√ Kunci Jawaban Halaman 36, 38, 39, 40 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 36, 38, 39, 40 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 halaman 36, 38, 39, 40 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi ini kami buat dan sediakan sebagai alternatif jawaban yang bisa adik-adik manfaatkan dengan baik untuk mengisi dan menjawab soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami tentunya berharap dengan jawaban ini, adik-adik terbantu dan segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan mengumpulkannya kepada guru kelas untuk nantinya dikoreksi dan dinilai.

Kunci Jawaban Halaman 36, 38, 39, 40 Tema 7 Kelas 4

Perlu adik-adik ketahui, kalau kami membuat jawaban ini tentunya dengan terlebih dahulu mempelajari materi dan soal-soal yang ada pada buku siswa. Baru kemudian kami cari dan jawab soal-saolnya dengan jawaban-jawaban pilihan yang menurut kami sudah tepat dan benar. Dengan jawab ini kami cukup yakin, kalau adik-adik nantinya bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal. Dan dengan nilai tersebut adik-adik bisa memperbaiki nilai akhir di raport semester, serta jika selalu mendapatkan nilai yang tinggi, tak menutup kesempatan adik-adik bisa juara kelas pada semester ini.

Pada postingan kami sebelumnya, kami juga sudah berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 yang mungkin saja adik-adik telah memanfaatkan jawabannya. Kami harap dari dengan jawaban tersebut, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 33, 34 yang belum lama ini juga sudah kami bagikan pada blog Pojok Edukasi.

Lanjutan Jawaban:

Kenyataannya memang alternatif jawaban yang kami buat dan sediakan ini akan sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Namun kami selalu menyarankan dan menganjurkan kepada adik-adik agar terlebih dahulu adik-adik bisa berusaha mencari dan menjawab sendiri soal-soal tersebut. Hal ini bertujuan agar adik-adik bisa sambil belajar dan memahami materi yang ada dan tidak selalu bergantung pada alternatif jawaban sehingga kami takutnya adik-adik  jadi malas untuk belajar.

Kunci Jawaban Halaman 36, 38, 39, 40 Tema 7 Kelas 4

Mengerjakan tugas-tugas sekolah memang sudah seharusnya adik-adik kerjakan. Dengan mengerjakan tugas-tugas sekolah, adik-adik bisa mendapatkan nilai tugas harian. Dan nilai-nilai yang adik-adik peroleh bisa menjadi nilai tambah buat adik-adik. Dimana biasanya seorang guru akan menghitung keseluruhan nilai pada akhir semester untuk kemudian dimasukan pada raport.

Tentunya adik-adik sangat berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari setiap tugas yang dikerjakan. Maka dari itu, kami selalu berpesan, agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan tugas sekolah, meskipun kami berbagi jawaban ini, adik-adik juga harus memeriksa dan memastikan kembali jawaban tersebut, abru kemudian menyalin pada buku tugas.

Dan memang kami disini menyediakan jawaban-jawaban terbaik menurut kami dan sesuai pemahaman kami. Akan tetapi kamipun tidak bisa menjamin semua jawaban tersebut akan benar dan tepat semuanya. Maka dari itu, silahkan diteliti dan periksam jikapun masih ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan siganti dan perbaiki.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 36

Ayo Mencoba

1. Pada teks lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”, tandailah syair lagu bernada tinggi dan syair lagu bernada rendah.

2. Cobalah menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”. Perhatikan tinggi rendah nadanya.

3. Mintalah temanmu membunyikan alat musik bernada (misalnya: pianica atau seruling) sesuai notasi lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”. Dengan mengikuti nada alat musik yang dimainkan temanmu itu, kamu akan lebih terbantu dalam menyanyikan sesuai nada yang benar. Lakukan bergantian hingga kamu dapat menyanyikan dengan tepat.

Alternatif Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 36, 38, 39, 40 Tema 7 Kelas 4

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 38-39

Ayo Berdiskusi

Bersama teman sekelompokmu, carilah informasi-informasi berikut.

  1. Nama kitab suci setiap agama di Indonesia
  2. Tempat beribadah setiap agama di Indonesia.
  3. Hari-hari besar setiap agama di Indonesia.

Tuliskan hasil diskusimu dalam sebuah peta pikiran seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Halaman 36, 38, 39, 40 Tema 7 Kelas 4

Alternatif Jawaban:

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki beragam aliran kepercayaan dan keagamaan. Di Indonesia, terdapat 6 agama yang diakui, antara lain ada agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Setiap agama di Indonesia memiliki hari raya keagamaannya masing-masing.

Beberapa nama kitab suci, nama tempat ibadah, nama hari besar keagamaan/nama hari raya, serta nama upacara keagamaan agama islam, kristen, katolik, hindu, budha, dan konghuchu, antara lain :  

AGAMA ISLAM

  • Nama kitab suci : Al-Qur’an
  • Nama tempat ibadah : Masjid
  • Nama hari raya keagamaan : Idhul Fitri, Idhul Adha, Tahun Baru Hijriyah, Isra Mi'Raj.
  • Nama upacara keagamaan  : Jum’atan, Puasa Ramadhan, Maulid Nabi Muhammad ﷺ

AGAMA KRISTEN

  • Nama kitab suci : Al-Kitab
  • Nama tempat ibadah : Gereja, Kapel
  • Nama hari raya keagamaan : Natal, Paskah, Pantekosta, Hari Jumat Agung, Kenaikan Isa Almasih, Wafat Isa Almasih.
  • Nama upacara keagamaan  : Upacara Paskah, Natal, Angkat Sidi  

AGAMA KATOLIK

  • Nama kitab suci : Al-Kitab
  • Nama tempat ibadah : Katedral, Gereja.
  • Nama hari raya keagamaan : Natal, Paskah, Pantekosta
  • Nama upacara keagamaan  : Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci

AGAMA HINDU

  • Nama kitab suci : Weda
  • Nama tempat ibadah : Pura
  • Nama hari raya keagamaan : Nyepi, Saraswati, Galungan, Kuningan, Pagerwesi, Saraswati
  • Nama upacara keagamaan  : Upacara Ngaben, Potong Gigi, Tingkeban, Sedekah Bumi

AGAMA BUDHA

  • Nama kitab suci : Tripitaka
  • Nama tempat ibadah : Vihara
  • Nama hari raya keagamaan : Waisak, Asadha, Kathina, Maghapuja, Ulambana
  • Nama upacara keagamaan  : Waisak

AGAMA KONGHUCHU

  • Nama kitab suci : Shishu Wujing
  • Nama tempat ibadah : Klenteng/Litang
  • Nama hari raya keagamaan : Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh, Cheng Beng, Peh Cun.
  • Nama upacara keagamaan  : Cap Go meh, Cheng Beng, Membagikan Angpau.
  • Tugas

Perhatikan kembali teks “Keragaman Agama di Indonesia”.

1. Tuliskan gagasan pokok dari setiap paragraf.

Gagasan pokok dari setiap paragraf:

  • Paragraf ke 1 "letak geografis Indonesia"
  • Paragraf ke 2 "keagamaan di Indonesia"

2. Tuliskan pengetahuan baru yang kamu dapat dari teks tersebut.

Bisa belajar lebih menghargai meskipun beda agama/ keyakinan

3. Tulislah kembali teks “Keragaman Agama di Indonesia” dengan bahasamu sendiri. Tulislah menggunakan ejaan yang tepat. Serahkan hasil tugasmu kepada Bapak/Ibu guru.

Keragaman Agama di Indonesia

Letak geografis Indonesia di antara dua samudera dan dua benua menjadikan Indonesia sebagai pusat lalu lintas perdagangan internasional. Salah satu akibatnya, terjadilah persebaran agama dari para pedagang asing yang berdagang dan singgah di Indonesia. Pada awalnya masuk agama Hindu dan Buddha yang dibawa bangsa India. Selanjutnya, datang bangsa Gujarat membawa ajaran agama Islam, bangsa Eropa membawa ajaran agama Katolik dan Kristen, serta bangsa Cina membawa ajaran agama Konghucu. Jadi, keragaman agama telah ada sejak zaman dahulu. Dalam suasana keragaman beragama itu, setiap warga negara Indonesia dijamin haknya untuk memeluk keyakinan atau kepercayaan masing-masing. Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui negara. Keenam agama/kepercayaan itu yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. 

Pemeluk agama diwajibkan menjalankan ajaran agama masing-masing. Setiap agama memiliki tata cara beribadah, kitab suci, dan tempat ibadah yang berbeda. Negara memberikan kebebasan bagi semua pemeluk agama untuk menjalankan ibadah sesuai ajarannya masing-masing.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 40

Ayo Renungkan

Di Indonesia terdapat keragaman agama. Namun, negara menjamin kebebasan setiap pemeluk agama untuk menjalankan ibadah sesuai ajaran agamanya masing-masing. Apa yang kamu lakukan agar temanmu dapat menjalankan ibadah sesuai ajaran agamanya?

Tindakan yang kulakukan agar temanku dapat menjalankan ibadah sesuai ajaran agamanya:

  1. Menghormati agamanya
  2. Tidak memaksakan mengikuti agama kita sendiri
  3. Tidak mengejek teman yang berbeda agama
  4. Tidak mengacau teman yang sedang beribadah
  5. Tidak memilih teman yang hanya agama kita saja, tetapi yang berbeda agama juga

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, identifikasilah agama yang dianut oleh penduduk di kampungmu. Identifikasilah juga tempat ibadah yang ada di kampungmu.

Nama kampungku: Maju Jaya

Agama yang dianut penduduk:

  • Islam, Kristen, Katholik, Khinghucu, Hindu Budha.

Tempat ibadah yang ada:

  • Masjid, Gereja, Vihara, Pura

Demikianlah postingan kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 36, 38, 39, 40. Semoga dengan kami menyediakan jawaban-jawaban ini, adik-adik bisa terbantu dan segera menyelesaikan tugas sekolah dan tidak telat dalam mengumpulkannya kepada tugas tersebut. Dan yang lebih pentingnya, semoga saja adik-adik bisa mendapatkan nilai yang maksimal dari tugas kali ini dan juga tugas-tugas berikutnya.

Kamipun tak henti-hentinya mengingatkan adik-adik agar selalu mengerjakan dengan maksimal setiap soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas adik-adik saat ini. Adik-adik wajib mengecek dan memeriksa kembali jawaban diatas, untuk memastikan jawaban memang sudah sesuai dengan soal yang ada pada buku. Dengan begitu kami cukup yakin kalau nantinya tugas yang adik-adik kumpulkan bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Dan jangan lupa untuk selalu mengikuti blog kami, karena kami disini akan memposting lengkap, untuk semua tugas yang ada pada buku pelajaran adik-adik. Serta selalu manfaatkan jawaban yang kami posting pada postingan baru kami. Kami juga menyarankan kepada adik-adik, agar selalu berbagi kepada tema lainnya, share saja postingan kami ke mereka. Karena kami yakin merekapun sangat memerlukan jawaban seperti ini.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 36, 38, 39, 40 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5"